What Does She Look Like (Describing People) – Materi Bahasa Inggris Kelas 5

describing people

Halo Bapak dan Ibu Guru, pernahkah ingin mendeskripsikan penampilan teman atau rekan guru dalam bahasa Inggris, tapi lupa kosakatanya? Hmm, mungkin hal ini juga terjadi sama siswa kita.

Menggambarkan penampilan fisik atau describing people jadi salah satu topik umum yang dipelajari dalam materi bahasa Inggris. Karena, topik ini sering ditemukan di buku-buku berbahasa Inggris dan paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Biasanya, describing people diawali dengan kalimat pertanyaan what does she/he look like?. Itulah kenapa materi bahasa Inggris kelas 5 SD ini berjudul pertanyaan yang sama. Meski begitu, tidak salah juga kalau kita mulai mendeskripsikan penampilan secara langsung.

Supaya semakin jelas dan tidak lupa lagi dengan kosakatanya, yuk kita bahas bersama cara mendeskripsikan penampilan fisik seseorang di bawah ini.

Mendeskripsikan Seseorang atau Describing People

Ngomong-ngomong soal penampilan, ada satu film Korea yang menceritakan perempuan bertubuh gemuk bernama Han-na yaitu 200 Pounds Beauty (2006). Karena penampilan itu, banyak orang yang menghinanya dan membuatnya minder untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Memang betul, biasanya hal pertama yang dilihat dari seseorang adalah penampilannya seperti gaya rambut, postur tubuh, atau pakaiannya. Karena terlihat jelas secara visual, penampilan itu menjadi karakter fisik yang menggambarkan ciri tubuh seseorang.

mendeskripsikan seseorang
Contoh mendeskripsikan seseorang dalam bahasa Inggris. (Arsip Zenius)

Nah, hal penting yang perlu kita ajarkan ke siswa adalah untuk tidak menilai seseorang dari penampilan fisiknya saja. Mereka boleh mendeskripsikan penampilan temannya untuk memberikan gambaran ke teman lainnya bagaimana karakter fisik seseorang. Tapi jangan sampai hal itu membuat seseorang itu tersinggung apalagi menghina penampilannya.

Balik lagi ke pembahasan describing people, siswa perlu memahami beberapa hal seperti kosakatanya dan tenses yang digunakan dalam kalimatnya seperti simple present serta present continuous.

contoh describing people
Contoh describing people. (Arsip Zenius)

Baca Juga: Introducing Yourself

Kosakata Describing People

Describing people bisa dibagi ke dalam dua kategori kosakata, yaitu secara umum dan spesifik.

Contoh kosakata umum atau keseluruhan antara lain:

  • He is handsome. (Dia tampan.)
  • She is young. (Dia muda.)
  • He is strong. (Dia kuat.)
  • She is short. (Dia pendek.)
  • She is slim. (Dia langsing.)

Sementara, untuk mendeskripsikan penampilan tubuh yang lebih detail, kita bisa menggunakan kosakata seperti di bawah ini:

  • He has a mustache. (Dia mempunyai kumis.)
  • He has a round face. (Dia mempunyai wajah yang bulat.)
  • He has narrow shoulders. (Dia memiliki bahu yang lebar.)
  • She has long hair. (Dia mempunyai rambut yang panjang.)
  • She has straight long hair. (Dia mempunyai rambut pendek yang lurus.)
  • She has a small pointed nose. (Dia mempunyai hidung mancung yang kecil.)

Selain secara umum dan spesifik, ada juga yang membagi kosakata untuk menggambarkan penampilan fisik ke dalam kategori seperti height, build, hair, eyes, type of hair, atau clothing.

Baca Juga: Parts of Body dan Artinya

Contoh Percakapan Describing People

Kalau di bagian sebelumnya kita hanya membahas penggambaran penampilan dalam bentuk kalimat, sekarang kita coba untuk mendeskripsikannya dalam sebuah percakapan.

Di sini, kita bisa minta siswa untuk langsung mempraktikkan hasil pembelajaran melalui percakapan di depan kelas dengan temannya. Contohnya seperti di bawah ini.

percakapan mendeskripsikan seseorang dalam bahasa inggris
Percakapan describing people. (Arsip Zenius)

Untuk meningkatkan kemampuan siswa, salah satu caranya memang dengan menghafal dan banyak berlatih karena ada banyak kosakata dan contoh pertanyaan atau percakapan yang bisa digunakan untuk mendeskripsikan penampilan dalam bahasa Inggris.

Saat sekolah dulu, materi describing people ini dijelaskan dengan cara praktik tanya jawab secara bergiliran tentang penampilan anggota keluarga atau teman-teman di kelas. Di sela-sela pembelajaran, guru juga memberikan tebak-tebakan karakter atau tokoh melalui deskripsi penampilannya. Karena dijelaskan dengan cara yang menyenangkan, siwa jadi lebih mudah untuk mengingat kosakatanya.

Baca Juga: Family Tree: Anggota Pohon Keluarga

Contoh Soal Describing People

Selain praktik langsung, latihan soal juga perlu diperbanyak. Nah, sekarang kita balik lagi ke gambar artis-artis Indonesia di atas. Coba tampilkan gambar tersebut ke siswa dan minta mereka untuk lengkapi kalimat di bawah ini ya.

  1. Afgan Syahreza is wearing …
  2. Wizzy has … hair.
  3. Luna Maya has … eyes.
  4. Paula Verhoeven is …
  5. Luna Maya and Paula Verhoeven have … skin.

Demikian pembahasan tentang materi describing people. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu Bapak dan Ibu Guru dalam meningkatkan pemahaman siswa ya.

Bapak dan Ibu Guru juga bisa gunakan LMS (Learning Management System) ZenRu untuk memudahkan pembelajaran. Mulai dari mencari bahan ajar, menambah latihan soal, dan melakukan proses penilaian.

LMS ZenRu

Referensi

How to Describe Physical Appearance – English Post (2021)

Personality Adjectives – ‘What is she like?’ – EC English (2008)

What Does She Look Like vs. What is She Like? Distinguishing Between Descriptions – Busy Teacher (n.d.)

Baca Juga Artikel Lainnya

Pembelajaran Kontekstual dan Kenyataan

Pentingnya Paham Karakteristik Peserta Didik

Bantu Siswa Belajar Efektif dengan Teknik Pomodoro

Bagikan Artikel Ini!