5 Dampak Negatif dan Positif Game Online pada Anak

dampak game online secara negatif dan positif

“Kakak, ayo game-nya dipause dulu, sekarang waktunya makan.”

Ibu dan Ayah, apakah si Kecil pernah bermain game online dengan asyik, dan jadi lupa waktu makan? Memang, bermain game adalah kegiatan yang menyenangkan, terutama untuk si Kecil yang sedang gemar-gemarnya mengeksplorasi dunia di balik layar gawai tersebut.

Namun, seperti aktivitas lainnya, bermain game online juga memiliki dampak negatif dan positifnya masing-masing. Sehingga, sudah sewajarnya bila Ibu dan Ayah ikut memperhatikan, apakah game tersebut mulai memberi dampak negatif kepada si Kecil.

Dampak game online pada anak dilihat dari sisi negatif dan positif
Ilustrasi Dampak Game Online pada Anak (Arsip Zenius)

Walaupun begitu, tidak perlu terlalu khawatir dengan anak yang gemar bermain game online. Tentu, game yang dimainkan tersebut akan memberikan dampak positif kalau dikelola dengan baik, contohnya dengan tidak bermain secara berlebihan.

Oh, ya, game online adalah jenis permainan secara daring yang terkoneksi langsung dengan internet, alias real time. Oleh karena itu, permainan ini tidak bisa dipause, karena bukan jenis game offline yang bisa dijeda sejenak, hehe.

Ibu dan Ayah sedang menemani si Kecil yang asyik bermain game? Atau, Ibu dan Ayah sedang memilah game online apa yang tepat untuk usia anak-anak Anda? Sebaiknya, ketahui dampak game online pada anak, baik secara negatif dan positif ini, ya. Semoga tulisan ini bisa memberikan informasi untuk Ibu dan Ayah, terutama bila  si Kecil sedang gemar bermain game online.

Dampak Negatif Game Online

Dampak negatif dalam bermain game online ini bisa muncul ketika anak bermain berlebihan atau terlalu sering. Dilansir melalui laman Kementerian Kesehatan, dikatakan kalau kecanduan game online, memiliki akibat yang fatal.

Akan terjadi gangguan pada otak yang mengakibatkan sebuah ketergantungan atau kecanduan. Seseorang yang mengalami kecanduan tersebut, akan kehilangan beberapa fungsi otaknya, yaitu kemampuan untuk memusatkan perhatian, merencanakan tindakan, dan kemampuan untuk membatasi.

Ibu dan Ayah, selain akibat yang fatal di awas, agar semakin mengenal dampak game online, ayo kita bahas bersama dampak game online dari sisi negatifnya terlebih dahulu.

Daftar dampak game online pada anak dilihat dari sisi negatif
Ilustrasi Dampak Negatif Game Online (Arsip Zenius)
  1. Risiko terhadap Kesehatan Mata

Menatap layar gawai berlama-lama tentu akan berdampak pada kesehatan mata si Kecil. Kesehatan mata yang terganggu ini bisa dalam bentuk kelelahan yang dialami mata, muncul atau bertambahnya minus pada mata, sampai gangguan atau kerusakan di saraf mata.

  1. Tingkat Konsentrasi Anak Menurun

Bermain game online secara berlebihan atau sampai kecanduan, bisa berdampak pada gangguan konsentrasi anak. Hal ini karena adanya perubahan pada saraf otak yang membuat konsentrasi anak menurun, sehingga anak  gagal fokus serta mudah lupa.

  1. Gangguan Motorik

Seharian hanya duduk dan bermain game bisa membuat anak menjadi kurang bergerak. Lama kelamaan hal ini bisa berdampak bagi kemampuan motoriknya yang akan menurun. Akibatnya, pertumbuhan badan anak tidak maksimal dan muncul risiko obesitas. 

  1. Komunikasi Anak Bermasalah 

Kecanduan bermain game online bisa membuat anak mengalami kesulitan dalam berkomunikasi. Dalam hal ini, komunikasi tidak hanya merupakan kegiatan mendengarkan dan merespons ucapan orang lain, tetapi juga membaca ekspresi lawan bicara.

  1. Anak Menjadi Lebih Agresif

Kecanduan bermain game online yang memiliki unsur kekerasan bisa memicu anak menjadi pribadi yang lebih agresif dan emosi yang tinggi.

Setelah mengetahui dampak negatif game online, Ibu dan Ayah juga perlu tahu bahwa game online punya dampak positif. Manfaat baik dalam bermain game online ini bisa didapatkan ketika bermain tidak secara berlebihan.

Kalau begitu, apa saja dampak positifnya?

Baca Juga: Tantangan Belajar Online untuk Anak

Dampak Positif Game Online

Bermain game online memang dapat memberikan efek yang buruk kepada anak, jika dilakukan secara berlebihan. Namun, kita tidak dapat sepenuhnya mengabaikan dampak positif yang ada dari bermain game online.

Sebuah studi oleh The Queensland University of Technology mendapatkan temuan bahwa bermain game online dapat meningkatkan kemampuan berpikir pada anak. Hal ini dikarenakan game yang mengharuskan anak untuk mengikuti instruksi, mempertimbangkan tindakan, dan menanggapi masalah.

Hal tersebut dapat membantu anak dalam mengembangkan keterampilan berpikir yang penting, yaitu literasi, pemecahan masalah dan perencanaan, dan perhatian terhadap detail.

Nah, setelah mengetahui fakta bahwa game online punya peran penting terhadap kemampuan berpikir, berikut ini adalah dampak game online pada anak, dilihat dari sisi positifnya.

Daftar dampak game online pada anak dilihat dari sisi positif
Ilustrasi Dampak Positif Game Online (Arsip Zenius)
  1. Memicu Bertambahnya Aktivitas Otak

Dampak positif pertama yang bisa dirasakan anak adalah menambah dan mengasah aktivitas otak. Permainan dapat memicu anak untuk konsentrasi tinggi sehingga fokus dalam meraih skor yang tinggi.

Tidak hanya itu, strategi yang tepat juga dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu misi. Hal ini akan memicu otak untuk mencari inovasi agar menang melawan musuh.

  1. Melatih Sportivitas

Anak dapat menjadi pribadi yang siap untuk menerima kekalahan ketika bertemu musuh. Dengan begitu, kekalahan tidak direspons dengan rasa putus asa atau rendah hati ketika berhadapan dengan kemenangan. Hal ini bisa membuat anak menjadi jujur dalam bermain karena mengikuti aturan yang ada.

  1. Menambah Pengetahuan Baru

Bermain game online dapat memicu anak untuk belajar sesuatu yang baru. Hal ini karena pengetahuan tidak hanya didapat lewat pelajaran sekolah, karena game online juga dapat memberikan pembelajaran. Contohnya adalah pengetahuan tentang budaya, sejarah, geografi, dan beragam hal lainnya yang menjadi isi dari game tersebut.

  1. Melatih Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Dalam game online, anak bisa mendapatkan dampak positif secara tidak langsung untuk melatih kemampuan menyelesaikan masalah. Hal ini membuat anak mampu menyusun rencana, melakukan berbagai cara agar maju, dan mengambil keputusan yang tepat.

  1. Meningkatkan Kreativitas

Dampak positif bermain game online yang terakhir adalah meningkatnya kreativitas dan keterampilan pada anak. Hal ini mencakup kemampuan menggambar, mewarnai, dan menulis cerita.

Nah, pasti Ibu dan Ayah ingin si Kecil mendapatkan dampak positif dalam bermain game online dan mengurangi risiko negatifnya, bukan?

Untuk itu, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan ketika anak sudah kecanduan atau berlebihan dalam bermain game online.

Baca Juga: 5 Manfaat Cerita Dongeng bagi Anak, Seberapa Penting?

Mengatasi Kecanduan Anak Bermain Game Online

Berikut ini adalah beberapa cara  yang bisa Ibu dan Ayah lakukan agar anak terhindar dari dampak negatif bermain game online. Hal-hal di bawah ini juga mencakup cara yang dapat dilakukan ketika anak telah kecanduan dalam bermain game online.

  1. Memberikan batasan waktu pada anak ketika bermain game online.
  2. Mendampingi anak saat bermain game online.
  3. Melakukan aktivitas menyenangkan bersama anak, selain bermain game online.
  4. Memberikan konsekuensi pada anak ketika aturan tidak ditaati.

Setelah mengetahui  dampak negatif dan positif dari bermain game online, Ibu dan Ayah pasti juga ingin anak bermain game yang dapat memberikan wawasan atau pengetahuan. Bukan hanya merasakan keseruan dalam bermain game, tetapi anak juga mengalami proses belajar yang menyenangkan karena dilakukan dengan bermain.

Nah, Ibu dan Ayah dapat memberikan momen belajar sambil bermain secara menyenangkan lewat ZeniusLand. Di sini, materi belajar anak diberikan dengan cara yang bisa membuat anak happy dan tidak terasa seperti sedang belajar.

Di ZeniusLand, anak dapat belajar bersama karakter Disney kesayangannya. Selain itu, terdapat juga tokoh Tiga Sekawan yang akan memandu anak dalam mempelajari materi belajar, tentunya lewat permainan yang asyik.

Kalau ingin mencari tahu lebih dalam tentang ZeniusLand dan ingin melihat-lihat bagaimana keseruan di dalamnya, Ibu dan Ayah bisa mendapatkan informasi selengkapnya di bawah ini.

Belajar Rasa Main ZeniusLand

Baiklah, kalau begitu, pembahasan tentang dampak negatif dan dampak positif dari game online sudah selesai dibahas. Semoga si Kecil mendapatkan manfaat positif dalam bermain game online, ya.

Selain itu, Ibu dan Ayah tentunya juga telah siap ketika anak bermain game online secara berlebihan, sehingga dampak negatif dari game online sebisa mungkin dicegah atau dihindari.

Kalau begitu, sekian pembahasan kali ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, terima kasih!

Baca Juga: 6 Permainan Anak Tradisional Indonesia dan Manfaatnya

zeniusland

Download ZeniusLand

Aplikasi edukasi online dipenuhi dengan cerita seru dan permainan interaktif, untuk mengasah kemampuan berpikir kritis. Dirancang khusus untuk anak usia 7–12 tahun.

5 Dampak Negatif dan Positif Game Online pada Anak 17
5 Dampak Negatif dan Positif Game Online pada Anak 18
Bagikan Artikel Ini!