Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan – Materi Biologi Kelas 11

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan dalam Biologi

Sebagai makhluk hidup, baik tumbuhan maupun hewan tentunya memiliki sel. Kira-kira apa sih perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan? Yuk, kita cari tahu bersama-sama.

Sobat Zenius, kali ini kita akan membahas perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan, nih. Elo tahu nggak sih, apa itu sel?

Coba gue tanya dulu, siapa yang di sini pernah main lego? Atau seenggaknya, tahu apa itu lego?

Elo tahu lego nggak?

View Results

Loading ... Loading ...
Apa itu sel
Analogi lego dan sel. (Arsip Zenius)

Nah, layaknya lego kecil yang disusun untuk membentuk sesuatu, sel itu merupakan unit terkecil yang membentuk makhluk hidup, termasuk untuk hewan dan tumbuhan.

Namun, ada beberapa perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan. Kira-kira apa ya perbedaannya?

Yuk, kita bahas bareng-bareng dari apa itu sel, serta gimana perbedaan antara sel hewan dan tumbuhan.

Apa itu Sel

Tadi kita sudah sempat membahas bahwa, sederhananya sel merupakan penyusun makhluk hidup. Di pelajaran Biologi, kita mengenal sel sebagai unit struktural fungsional terkecil dari makhluk hidup. 

Sel ini biasa dibagi menjadi dua jenis berdasarkan ada atau tidaknya membran inti, yaitu prokariotik dan eukariotik. Nah, manusia, hewan, dan tumbuhan itu dibentuk oleh sel eukariotik, yang memiliki membran inti sel.

Makhluk hidup seperti animalia dan plantae memiliki sel eukariotik.
Ilustrasi makhluk hidup dan sel eukariotik. (Arsip Zenius)

Walau hewan dan tumbuhan sama-sama memiliki sel eukariotik, ada beberapa perbedaan pada strukturnya, lho. Kita bahas di bagian selanjutnya, ya.

Baca Juga: Siklus Sel, Tahapan & Fase Pada Manusia

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sobat Zenius, coba deh lihat gambar sel hewan dan sel tumbuhan di bawah ini.

Gambar sel hewan dan sel tumbuhan.
Gambar sel hewan dan sel tumbuhan. (Arsip Zenius)

Pas melihat gambar tersebut pertama kali, gue langsung kepikiran sama kuah bakso deh. Seperti ada beberapa bakso, daun bawang, bihun, dan saos, wkwkwk.

Sekilas, sel hewan dan sel tumbuhan sebenarnya terlihat mirip ya, punya membran inti sel dan organel sel. 

Kalau Sobat Zenius mulai lupa apa itu organel sel, elo bisa lihat penjelasan detailnya pada artikel di bawah ini ya.

Baca Juga: Organel Sel – Pengertian, Macam, Ciri, Struktur, dan Fungsinya – Materi Biologi Kelas 11

Sederhananya, organel sel itu mengacu pada struktur di dalam sel yang punya tugas atau fungsi khusus. Jadi, kalau dilihat dari gambar di atas, kita bisa lihat bahwa struktur organel sel itu ada nukleus, ribosom, badan golgi, dan lain sebagainya.

Dari gambar tersebut, elo sudah bisa membayangkan perbedaan kedua sel tersebut belum?

Ada hal-hal yang dimiliki oleh sel tumbuhan namun tidak dimiliki sel hewan, dan sebaliknya.

Utamanya, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan itu terletak pada keberadaan dinding sel. Kalau sel tumbuhan punya dinding sel, sel hewan nggak punya dinding sel tersebut.

Dinding sel ini sendiri berfungsi untuk membentuk dan melindungi sel. Mungkin, saat ini elo bertanya-tanya, apakah kok bisa hewan nggak punya dinding sel?

Berbeda dengan tanaman yang kaku dan statis diam aja di satu tempat, hewan itu banyak bergerak sehingga perlu menjadi fleksibel.

Selanjutnya, ukuran sel. Ukuran sel tumbuhan itu lebih besar dari sel hewan, lho. Sel tumbuhan memiliki ukuran yang lebih besar dari sel hewan.

Ukuran sel tumbuhan berkisar pada 10 -100µm (mikrometer). Sedangkan ukuran sel hewan kira-kira 10 – 30 µm (mikrometer). 

Oh ya, µm itu maksudnya mikrometer, yang berarti satu juta kali lebih kecil dari satu meter. Kecil banget, ya!

Biar perbedaan lainnya lebih mudah untuk dipahami, kita lihat tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan di bagian selanjutnya saja, kuy.

Tabel Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Berikut ini tabel yang menunjukkan apa perbedaan ciri sekaligus fungsi sel hewan dan sel tumbuhan.

Aspek PerbedaanSel HewanSel TumbuhanFungsi/Keterangan
UkuranLebih kecil (10 – 30 µm)Lebih besar (10 -100µm)Ukuran sel tumbuhan cenderung lebih besar dibanding ukuran sel hewan.
Dinding SelTidak adaAdaFungsinya untuk membentuk dan melindungi sel.
PlastidaTidak adaAdaTempat fotosintesis.
VakuolaTidak ada/kecilAdaPenyimpanan berbagai zat. Dalam sel hewan biasanya nggak ada atau berukuran kecil.
LisosomAdaTidak adaMencerna/mendaur ulang senyawa. 
Sentrosom/sentriolAdaTidak adaBerhubungan dengan pembelahan sel.

Gimana, Sobat Zenius, apakah perbedaannya sudah jelas? Kalau ada pertanyaan, boleh banget ya tanyakan di kolom komentar.

Contoh Soal 

Wah, akhirnya kita sudah selesai membahas berbagai perbedaan sel hewan dan tumbuhan nih, Sobat Zenius.

Sekarang, kita coba cek beberapa contoh soal yang sering muncul pada kuis dan ujian serta pembahasannya, yuk.

Contoh Soal 1

Sel hewan berbeda dengan sel tumbuhan karena sel hewan memiliki.…

  1. Membran.
  2. Sentriol.
  3. Kloroplas.
  4. Rongga Sel.

Pembahasan:

Hayoo, masih ingat nggak sama perbedaan yang sudah disebutkan pada tabel tadi? Nih, gue kasih lihat lagi deh tabelnya.

Tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.
Tabel perbedaan ciri-ciri sel hewan dan sel tumbuhan. (Arsip Zenius)

Nah, di situ kita bisa lihat, bahwa yang dimiliki hewan saja adalah sentriol. Sentriol sendiri merupakan sebuah struktur dalam sel yang berperan dalam pembelahan sel,yang membentuk benang spindel.

Selain itu, sentriol juga berperan membentuk silia dan flagela, yang berfungsi sebagai alat sensorik untuk memberikan gaya dorong pada organel sel.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.

Contoh Soal 2

Perhatikan data berikut!

  1. Kloroplas
  2. Membran sel
  3. Inti Sel
  4. Dinding sel
  5. Mitokondria
  6. Vakuola

Organel-organel sel berikut yang terdapat pada sel tumbuhan dan sel hewan adalah.…

  1. 1, 2, dan 4
  2. 3, 4, dan 6
  3. 4, 5, dan 6
  4. 2, 3, dan 5
  5. 1,4, dan 6

Pembahasan:

Oke, coba kita buat tabel untuk melihat mana yang ada pada sel tumbuhan dan sel hewan ya.

DataSel HewanSel Tumbuhan
KloroplasTidak adaAda
Membran SelAdaAda
Inti SelAdaAda
Dinding SelTidak AdaAda
MitokondriaAdaAda
VakuolaTidak Ada/kecilAda

Dari tabel ini, sudah bisa dilihat, bahwa yang ada pada baik sel hewan maupun sel tumbuhan itu adalah 2,3, dan 5. Sebenarnya, ini sudah kita sempat bahas sebelumnya ya. Sel hewan nggak punya dinding sel, karena harus fleksibel melakukan berbagai gerakan.

Selain itu, vakuola pada sel hewan itu biasanya nggak ada. Kalau ada pun kecil, sehingga sering dianggap nggak ada dalam ujian.

Untuk kloroplas, elo bisa lihat di gambar sel hewan dan sel tumbuhan di pertengahan artikel tadi, bahwa kloroplas hanya ada pada sel tumbuhan.

Maka, jawaban yang tepat adalah D.

Baca Juga: Pembelahan Sel – Pengertian, Macam-Macam, dan Fungsinya

*********

Oke Sobat Zenius, itulah pembahasan singkat mengenai sel. Kalo elo ingin mempelajari materi Biologi lainnya dengan lebih dalam dan asyik, coba deh nonton video materi Zenius dan akses soal-soalnya.

klik banner ini untuk mempelajari materi biologi lebih lanjut

Pastikan elo log in akun Zenius elo ya supaya bisa akses video dan soalnya. Sampai di sini dulu artikel kali ini, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Referensi

 Organel Sel – Pengertian, Macam, Ciri, Struktur, dan Fungsinya – Materi Biologi Kelas 11 – Zenius

Bagikan Artikel Ini!