rumus medan magnet

Rumus Medan Magnet pada Kawat Lurus dan Kawat Melingkar

Artikel ini akan membahas pengertian dan rumus medan magnet dengan disertai contoh soal. Yuk simak penjelasan lengkapnya!

Halo sobat zenius! Siapa nih yang di pintu kulkasnya banyak tempelan magnet? Kalian penasaran ga sih kenapa magnet-magnet itu bisa menempel di pintu kulkas dan nggak jatoh alias melawan gaya gravitasi?

Hmm menarik ya untuk dibahas, gimana kalau kita mulai bahas dari pengertian medan magnet dulu nih.

rumus medan magnet
medan magnet

Medan magnet adalah daerah disekitar magnet yang masih dipengaruhi oleh gaya magnet. Gaya magnet ini sendiri seperti yang kalian ketahui ada 2 jenis, tarik-menarik dan tolak-menolak. 

Coba kalian letakkan peniti dengan jarak 2-3 cm dari magnet kalau peniti masih menempel itu berarti peniti tersebut berada di dalam medan magnet. Tapi coba kalian letakkan pada jarak yang lebih jauh, ketika peniti sudah tidak lagi tertarik dan menempel pada magnet itu artinya peniti tersebut sudah berada di luar jangkauan medan magnet.

Gimana? Sampai sini sudah paham dong pasti! Jadi, besar gaya magnet yang dialami suatu benda berbanding terbalik dengan jaraknya terhadap sumber magnet. Alias semakin dekat benda dengan sumber magnet maka akan semakin besar gaya magnet yang dialami, dan sebaliknya semakin jauh benda dengan sumber magnet maka akan semakin lemah gaya magnet yang diterima.

Sekarang kita bahas penjelasan lebih lanjut dari rumus medan magnet yuk!

Rumus Medan Magnet di sekitar kawat lurus berarus listrik

Hukum oersted

Ternyata medan magnet juga ditemui di daerah sekitar kawat yang dialiri arus listrik loh! Hal ini ditemukan dengan tidak sengaja oleh Hans Christian Oersted (1770-1851) yang sedang mengajar mahasiswanya. Pak Oersted menemukan kalau ternyata di sekitar kawat berarus listrik jarum kompas yang menggunakan basis magnet akan bergerak.

Penyimpangan jarum kompas ini akan semakin besar seiring dengan semakin besarnya arus listrik yang mengalir pada kawat. Arah pergerakan jarum kompas ini ternyata juga bergantung pada arah arus listrik yang mengalir.

Tonton lebih lanjut Sejarah Dan Hubungan Antara Listrik Dan Magnet

medan magnet arus listrik

Dari percobaan ini kemudian Oersted menarik kesimpulan nih, kalau ternyata arus listrik yang dialiri pada kawat ini menghasilkan medan magnet yang bentuknya melingkar dan menyebabkan jarum kompas bergerak

Rumus Medan Magnet pada Kawat Lurus dan Kawat Melingkar 81

Biar lebih paham dengan arah medan magnet yang dihasilkan oleh arus listrik kalian bisa nih gunakan tangan dan jari jemari kanan kalian. Ibu jari kalian disini berperan sebagai arah arus listrik, sedangkan ke-4 jari lainnya yang menggenggam menunjukkan arah medan magnetnya. Arah arus listrik disimbolkan sebagai I dan arah medan magnet disimbolkan sebagai B

Besarnya daya medan magnet pada kawat lurus dapat dirumuskan sebagai berikut

Rumus Medan Magnet pada Kawat Lurus dan Kawat Melingkar 82

dan

Rumus Medan Magnet pada Kawat Lurus dan Kawat Melingkar 83

Dengan

B  : Medan magnet (T atau Wb/m²)

I    : Kuat arus listrik (A)

r   : Jarak titik ke kawat (m)

μ0: Permeabilitas vakum (4 x 10⁻⁷ Wb/Am)

N : Jumlah lilitan

Nah dari rumus medan magnet diatas langsung kita coba ke contoh soal aja yuk!

Diketahui sebuah kawat lurus panjang dialiri arus sebesar 4A. Coba hitung berapa sih besar gaya medan magnet yang berjarak 4 cm dari kawat tersebut?
(μ0= 4 x 10⁻⁷ Wb/Am)

Jawab

kita gunakan rumus medan magnet kawat lurus diatas yaitu

Rumus Medan Magnet pada Kawat Lurus dan Kawat Melingkar 84

Rumus Medan Magnet pada Kawat Lurus dan Kawat Melingkar 85

B = 2 x 10⁻⁵

Tonton juga Medan Magnet Kawat Berarus

Nah, kalau tadi kita sudah membahas medan magnet pada kawat lurus berarus listrik, sekarang kita bahas gaya medan magnet pada kawat yang melingkar yuk

Rumus Medan Magnet di sekitar kawat melingkar berarus listrik

Pada dasarnya kawat lurus berarus listrik dengan kawat melingkar berarus listrik memiliki prinsip yang sama, dimana medan magnet juga akan tetap melingkari disekeliling kawat. Jadi, konsepnya tetap saja mirip-mirip kok

Kita tetap bisa menggunakan kaidah tangan kanan nih gengs untuk menentukan arah medan magnet dan arus listrik pada kawat melingkar. Bedanya, ibu jari sekarang berperan sebagai penentu arah medan magnet dan ke-4 jarinya menentukan arah arus listrik.

Besar medan magnet pada kawat melingkar sendiri bisa dipengaruhi oleh besar arus listrik dan juga jari-jari lingkaran kawat loh! Semakin besar arus listrik yang diberikan, semakin kecil jari-jari lingkaran kawat maka semakin besar gaya medan magnet pada kawat melingkar.

Besarnya daya medan magnet pada kawat melingkar berarus listrik dapat dirumuskan sebagai berikut

Rumus Medan Magnet pada Kawat Lurus dan Kawat Melingkar 86

dan

Rumus Medan Magnet pada Kawat Lurus dan Kawat Melingkar 87

Dengan

B  : Medan magnet (T atau Wb/m²)

I    : Kuat arus listrik (A)

r   : Jarak titik ke kawat (m)

μ0: Permeabilitas vakum (4 x 10⁻⁷ Wb/Am)

N : Jumlah lilitan

Biar lebih paham dengan rumus medan magnet kawat melingkar berarus listrik diatas  coba langsung kita aplikasikan ke contoh soal yuk!

Diketahui sebuah kawat melingkar memiliki jari-jari sebesar 10 cm dialiri arus 4 A dengan banyak lilitan kawat 8 lilitan. Coba hitung berapa besar gaya medan magnet kawat tersebut?
(μ0= 4 x 10⁻⁷ Wb/Am)

Jawab

kita gunakan rumus medan magnet kawat melingkar diatas, yaitu

Rumus Medan Magnet pada Kawat Lurus dan Kawat Melingkar 88

Rumus Medan Magnet pada Kawat Lurus dan Kawat Melingkar 89

Rumus Medan Magnet pada Kawat Lurus dan Kawat Melingkar 90

Nah, gimana gengs sekarang kalian pasti udah lebih paham kan dengan rumus medan magnet. Bagi kalian yang masih pengen tahu lebih lanjut terkait rumus medan magnet dan permagnetan bisa langsung download aplikasi Zenius dan belajar dari tutor-tutor berpengalaman yang ahli di bidangnya

DOWNLOAD SEKARANG JUGA (ANDROID)

DOWNLOAD SEKARANG JUGA (APPLE)

Baca juga

Gelombang Elektromagnetik dan Cara Kerja Bluetooth

Rumus Gaya Lorentz dalam Fisika Beserta 3 Contoh Soal

Bagikan artikel ini: