Info Fotografis Manusia

Ingatan Fotografis, Kemampuan Super Manusia

Ingatan fotografis atau yang sering disebut dengan Eidetik merupakan sebuah kemampuan dan dimiliki oleh manusia. Maksudnya adalah seseorang yang mampu mengingat sebuah momen ataupun berupa kenangan secara detail. Untuk selengkapnya simak ulasan berikut.

Info Fotografis Manusia

Cara Mengecek Ingatan Fotografis Atau Eidetik

Sebagian orang mungkin tak menyadari bahwa memiliki kemampuan yang satu ini. Hal itu terjadi dikarenakan, ingatan fotografis bersifat memori atau tak terlihat. Baik Kamu ingin memastikan diri sendiri, ada beberapa cara untuk mengeceknya. Berikut tahapannya.

1. Mengecek Kemampuan Ingatan Fotografis Melalui Kata

Metode pertama yang bisa Kamu lakukan untuk mengetahui apakah memiliki kemampuan ingata fotografis atau tidak yaitu melalui kata. Cobalah agar mengingat sekitar beberapa kata yang telah ditentukan oleh para penguji. Biasanya berupa bahasa Inggris atau lainnya.

Kata-kata tersebut ialah, Tree, Time, Pipe, Face, Mouse, Clock, Engine, Thunder, Planet, Necklace dan Catterpillar. Kemudian tambahkan juga, Treacle, Garden, Sleep, Ocean, Apple serta Book. Ingatlah kata tadi selama kurang lebih tiga menit tak perlu berurutan.

2. Mengecek Kamampuan Ingatan Fotografis Melalui Angka

Selain menggunakan kata, untuk mengetahui kemampuan ingatan fotografis juga bisa memakai metode angka. Caranya tak begitu berbeda dengan sebelumnya. Kamu harus mengingat beberapa bilangan angka selama 3 menit atau sesuai ketentuan penguji.

Angka-angka tersebut berupa, 5, 0, 3, 6, 7, 4, 4, 0, 9, 2, 8, 2, 0, 5, 7, 6, 7, 1, 2, 9. Kamu akn diminta untuk mengingatnya selama 3 menit atau lebih tapi tak boleh terlalu lama. Jika sudah ingat maka cobalah agar menuliskannya dan harus ditulis secara berurutan seperti ketentuan.

3. Mengecek Kemampuan Ingatan Fotografis Melalui Bentuk

Mengecek kemampuan ingatan fotografis juga bisa dengan menggunakan bentuk. Biasanya terdapat sebuah bentuk dengan berbagai macam jenis. Kamu akan diminta untuk mengingatnya beserta urutan sesuai permintaan penguji.

Biasanya bentuk tersebut berupa kotak, Diamond, bulat atau oval, kubus dan masih banyak lagi lainnya. Nantinya, gambar tersebut akan diurutkan secara acak dari nomor satu hingga 10 atau lebih. Kemudian, tugas Kamu adalah mengurutkannya kembali seperti sebelumnya.

4. Mengecek Kemampuan Ingatan Fotografis Melalui Bilangan Biner

Cara selanjutnya untuk mengecek kemampuan ingatan fotografis adalah dengan menggunakan bilangan biner. Biasanya terdapat sekitar 30 angka, kurang lebih. Tugas Kamu adalah mengingat dan menghafalnya selama 3 menit sebelum ke tahap berikutnya.

Bilangan biner tersebut yaitu, 1 1 0 0 0 0 0 1 1 0 1 1 1 0 1 1 0 0 1 1 0 1 0 1 0 1 0 0 1 1. Cobalah untuk mengingat setiap angka selama 3 menit. Kemudian Kamu akan diminta untuk menuliskannya kembali. Tulisan harus sesuai urutan.

5. Mengecek Kemampuan Ingatan Fotografis Melalui Permainan Kartu

Pada dasarnya, cara ini tak begitu berbeda dengan metode sebelumnya yang berupa bentuk. Hanya saja, disini media yang digunakan yaitu berbentuk kartu remi. Tugas Kamu adalah mengingatnya.

Biasanya, akan diletakan beberapa kartu yang berbeda secara urut. Kamu akan diminta untuk mengingat dan menghafalnya. Lalu, kartu tersebut akan diacak kembali. Kemudian cobalah agar menyusunnya sesuai urutan awal.

Beberapa Cara Memiliki Ingatan Fotografis

Pada dasarnya ingatan fotografis tak terjadi dan timbul begitu saja. Sebagian kasus mungkin hal ini memang muncul secara natural. Namun bagi Kamu yang tak memilikinya jangan khawatir karena ada beberapa langkah untuk dapat mengingat dengan detail. Berikut caranya.

1. Melatihnya Secara Terus Menerus

Untuk bisa mendapatkan atau memiliki ingatan fotografis tentu Kamu harus berlatih. Ada beberapa metode yang mungkin bisa dilakukan. Seperti halnya melakukan tes dasar dengan melihat dua gambar yang mirip. Kemudian menumpuknya kembali atau ikut jaringan tes.

Cara kedua yang bisa Kamu lakukan adalah masih dengan menggunakan media gambar. Cobalah untuk memulainya dari hal sederhana seperti mengingat judul buku, atau tempat meletakkan suatu barang. Setelah itu, visualisasikan melalui pikiran sesuai ingatan barusan.

2. Mengingat Semua Hal yang Dilihat dan Dibaca

Cara lainnya untuk melatih ingatan fotografis adalah dengan mengingat semua hal yang dilihat dan dibaca. Seperti membaca misalkan, cobalah agar membentuk tujuan ataupun alasan dari bacaan tersebut. Lakukan metode ini secara terus menerus serta mengingat alasannya.

Setelah membacanya dengan tujuan tertentu, cobalah memvisualisasikannya secara jelas dan detail. Membangun gambaran mental mengenai semua hal yang telah Kamu baca adalah salah satu langkah membentuk ingatan fotografis. Bayangkan secara terus menerus.

3. Mulai Merubah Gaya Hidup

Gaya hidup rupanya memiliki pengaruh cukup kuat terhadap ingatan fotografis. Oleh karena ini sangat disarankan untuk mulai mengubahnya menjadi lebih baik. Relaksasi merupakan salah satu metode paling tempat. Dengan begitu, secara tidak langsung mengurangi stres.

Selain itu, cobalah untuk bermain sesuatu yang mampu mengasah kemampuan otak seperti permainan teka-teki silang. Semakin sering dilakukan, maka hasilnya akan terasa. Saran selanjutnya ialah bacalah sesuatu setiap harinya secara konsisten, bacaan tentang apapun.

4. Konsumsi Makanan yang Bemanfaat Untuk Ingatan

Sepertinya berlatih saja tak cukup untuk bisa memiliki ingatan fotografi. Kamu juga harus mendukungnya dengan menjaga pola makan dan apapun yang dikonsumsi. Oleh karena itu, mulailah agar mengubahnya dengan mengonsumsi Makanan yang bermanfaat untuk otak.

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Mengetahui Resensi Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Membedakan Unsur Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Mengerti Bahasa Panda
Cara Menulis Puisi yang Baik
Cara Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Salah satu kandungan yang bagus untuk ingatan adalah omega-3. Kamu dapat menemukannya pada berbagai jenis ikan seperti salmon tuna atau lainnya. Selain itu, sayur juga sangat bagus dikonsumsi untuk mendukung perkembangan otak dan daya ingat.

Itulah tadi pembahasan mengenai cara mengecek dan memiliki ingatan fotografis atau sebutan lainnya Eidetik. Tentu kemampuan ini bisa Kamu rasakan jika terus melatih dan mencobanya. Bisa dikatakan, keuntungannya adalah bisa memiliki daya ingat lebih baik.

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini