Info Kuliah, Biaya, dan Akreditasi Fakultas Psikologi UNDIP

Info Kuliah, Biaya, dan Akreditasi Fakultas Psikologi UNDIP

Tertarik masuk Fakultas Psikologi UNDIP? Yuk, cari tahu info lengkap terkait jurusan, akreditasi jurusan, mata kuliah, hingga biaya kuliah psikologi undip.

Sobat Zenius, elo tahu film Joker nggak? Itu lho, film yang menceritakan tentang seorang pria yang mengalami gangguan psikologis. Film ini dulu sempat menyita perhatian nih, karena jalan ceritanya yang menarik. Bahkan, film ini juga sering menjadi topik pembahasan para mahasiswa psikologi, lho.

film joker psikologi undip
Joker. (Dok. IMDB)

Buat elo yang tertarik dengan film ini, mungkin elo akan cocok masuk ke Jurusan Psikologi. Kenapa? Karena di jurusan ini, elo akan banyak belajar tentang kepribadian manusia. 

Makanya, gue mau mengajak elo kenalan dengan salah satu Jurusan Psikologi terfavorit di Indonesia yang berada di Fakultas Psikologi UNDIP (Universitas Diponegoro). Penasaran gimana perkuliahan di kampus yang berada di Semarang ini? Yuk, simak sampai selesai!

Mengenal Fakultas Psikologi UNDIP

Rencana pembangunan Fakultas Psikologi UNDIP (Universitas Diponegoro) sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980 nih, lho. Namun, izin mendirikan Jurusan S1 Psikologi baru didapat pada tanggal 18 Agustus 1995. 

Saat itu, Jurusan Psikologi masih berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran UNDIP. Hingga pada tanggal 24 April 2007, Jurusan Psikologi UNDIP resmi menjadi fakultas independen bernama Fakultas Psikologi UNDIP. 

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo
Klik banner di atas dan temukan kampus yang cocok buat elo!

Jurusan S1 Psikologi UNDIP

Pada dasarnya, psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia. Jadi, kalau masuk ke jurusan ini, elo akan mempelajari tingkah laku orang-orang. Bahkan, tingkah laku elo sendiri pun akan dipelajari. Nggak cuma itu, nantinya elo juga akan belajar mengenai tipe-tipe kepribadian manusia. 

Di Jurusan Psikologi UNDIP, ada pembagian hingga  6 cabang ilmu, yaitu: 

  • Psikologi Umum & Eksperimen
  • Psikologi Perkembangan
  • Psikologi Pendidikan
  • Psikologi Sosial
  • Psikologi Klinis
  • Psikologi Industri & Organisasi

By the way, elo udah tahu belum kalau Jurusan Psikologi terbagi menjadi dua rumpun lho, yaitu Soshum dan Saintek. Apa perbedaan Psikologi Soshum dan Saintek? 

Tenang, gue akan jelasin ke elo secara singkat, jelas, dan padat. 

Pada dasarnya, Psikologi Soshum dan Psikologi Saintek sama-sama mempelajari tentang perilaku manusia. Namun, kalau Psikologi Soshum, elo lebih banyak mendapat materi tentang psikologi sosial dan humaniora. Sedangkan kalau Psikologi Saintek, elo akan banyak belajar tentang ilmu psikologi berdasarkan sudut pandang kesehatan atau sains. 

Terus kalau Jurusan Psikologi UNDIP termasuk Soshum atau Saintek, nih? Kalau di UNDIP sendiri, Jurusan Psikologi termasuk ke dalam rumpun Soshum nih, guys. Jadi, siap-siap memilih kelompok ujian Soshum pas pendaftaran UTBK SBMPTN nanti, ya!

 Adapun mata kuliah Psikologi UNDIP yang akan elo pelajari nantinya, yaitu:

  • Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
  • Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
  • Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)
  • Mata Kuliah Berkehidupan dan Bermasyarakat (MBB)

Buat elo yang suka dengerin curhat orang, sepertinya cocok nih, untuk masuk jurusan ini. Kenapa? Soalnya, kalau masuk jurusan ini pasti banyak temen elo yang numpang curhat sekaligus nanyain solusi ke elo. Hehe. 

Baca Juga: 7 Daftar Universitas Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik yang Perlu Sobat Zenius Tahu!

Syarat dan Daya Tampung Fakultas Psikologi UNDIP

Lalu, bagaimana dengan syarat masuk Psikologi UNDIP? 

Untuk masuk ke Jurusan Psikologi UNDIP, ada tiga jalur penerimaan yang disediakan yaitu SNMPTN (jalur undangan), Jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB), UTBK SBMPTN (ujian tertulis), dan UM UNDIP (ujian mandiri). 

Nah, untuk daya tampung Fakultas Psikologi UNDIP jalur UTBK SBMPTN di tahun ini, elo bisa lihat gambar di bawah ini, ya!

daya tampung fakultas psikologi undip (universitas diponegoro)
Daya tampung Fakultas Psikologi UNDIP. (Arsip Zenius)

Untuk info passing grade UNDIP sendiri sebenarnya merupakan rahasia dapur penyelenggara ujian nih, guys. 

Jadi, nggak ada yang tahu pasti berapa angka passing grade Psikologi UNDIP. Maka dari itu, gue nggak tulis berapa passing grade-nya, ya.

Tapi, kalau elo masih mau tahu tentang passing grade. Elo bisa baca artikel Cara Menghitung Skor UTBK dengan Zenius Rasionalisasi ini, ya.

Biaya Kuliah Fakultas Psikologi UNDIP

Kira-kira berapa ya, UKT Jurusan Psikologi UNDIP?

Nah, pertanyaan seperti ini sering banget muncul, nih. Maka dari itu, gue udah rangkum biaya kuliah Psikologi UNDIP melalui gambar di bawah ini! 

Biaya kuliah psikologi undip (universitas diponegoro)
Biaya kuliah Psikologi UNDIP. (Arsip Zenius)

Akreditasi Fakultas Psikologi UNDIP

Akreditasi Psikologi UNDIP sudah mendapat akreditasi A dari BAN-PT. Makanya nggak heran, kalau jurusan ini menjadi salah satu jurusan yang menjadi incaran para murid SMA.

Bahkan, total peminat jurusan ini dari semua jalur masuk pada tahun 2021 mencapai 3.401 orang, lho. Kemudian, disusul oleh Fakultas Hukum yang mencapai 3.391 peminat. Wuih, elo harus bersiap untuk bersaing sengit, nih!

Gelar dari Fakultas Psikologi UNDIP

 gelar dari fakultas psikologi undip (universitas diponegoro)
Gelar Sarjana Psikologi UNDIP. (Arsip Zenius)

Mempunyai gelar pendidikan yang disematkan di akhir nama pastinya menjadi kebanggan tersendiri, bukan? Nah, kira-kira gelar apa ya, yang akan elo dapat kalau lulus dari S1 Psikologi?

Gelar yang akan elo sandang ketika lulus sarjana S1 adalah S.Psi (sarjana psikologi). Semisal nama elo Rudi Iskandar. Maka, kalau udah lulus nama elo menjadi Rudi Iskandar, S.Psi.

Gimana? Keren, kan?

Baca Juga: Tips Masuk dan Info Kuliah di Fakultas Psikologi UGM

Prospek Karier Sarjana Psikologi UNDIP

Peluang kerja lulusan sarjana psikologi bisa dikatakan sangat amat luas. Jadi, elo jangan mikir kalau lulusan psikologi cuma jadi HRD, ya. Berikut adalah beberapa bidang pekerjaan yang bisa elo pilih ketika sudah lulus nanti:

  • Ahli riset
  • Konsultan psikologi
  • Manajer
  • Trainer
  • Entrepreneur atau wirausaha
  • Program developer
  • Asesor
  • Ahli psikometri

Baca Juga: Syarat Masuk dan Info Kuliah di Fakultas Ilmu Psikologi UI

Oke, sekian informasi tentang Fakultas Psikologi UNDIP yang udah gue rangkum. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu elo dalam memilih jurusan yang tepat, ya. 

Nah, untuk membantu memahami materi yang akan diujikan saat UTBK nanti, elo bisa tonton video pembelajaran melalui link di bawah ini, ya. Manasin otak sedikit nggak ada salahnya, kok.

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

By the way, elo juga bisa ikutan Zenius Ultima Plus untuk persiapan ujian masuk PTN melalui link di bawah ini.

CTA Zenius ultima plus
Yuk, langganan Zenius Ultima Plus sekarang!

Referensi:

Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro – psikologi.undip.ac.id

Jurusan Psikologi UNDIP Masih Jadi Favorit – undip.ac.id (2021)

Penerimaan Mahasiswa Baru – pmb.undip.ac.id

Bagikan Artikel Ini!