Belajar Cara Mengajar dalam Fakultas Ilmu Pendidikan 17

Belajar Cara Mengajar dalam Fakultas Ilmu Pendidikan

Sobat Zenius, dalam artikel ini gue akan membahas tentang fakultas ilmu pendidikan. Gue akan kasih overview tentang materi kuliah ilmu pendidikan, jurusan yang ada di dalam fakultas ilmu pendidikan, serta universitas mana aja yang memiliki fakultas ilmu pendidikan.

Simak hingga akhir, ya!

Kuliah yang Mempelajari Strategi Mengajar

Salah satu hal yang bikin belajar dan sekolah jadi asik adalah ketemu sama guru-guru yang fun. Iya, nggak, Sobat Zenius? Menurut gue, guru yang fun itu bukan berarti yang selalu lucu di kelas, melainkan guru yang bisa jelasin materi dengan enak. Jadi, materi yang berat sekalipun bisa kita pahami dengan mudah.

Nah, kalau elo perhatikan kembali, biasanya para guru punya cara dan metode sendiri untuk membantu murid-muridnya dalam belajar. Ada guru-guru yang mengajar dengan bantuan lagu seperti di sekolah dasar, ada juga yang menerapkan praktikum, tugas kelompok, atau diskusi di dalam kelas.

Kok guru-guru ini punya beragam metode untuk mengajar, ya? Jawabannya, tentu karena mereka juga pernah mempelajari tentang strategi mengajar.

Nah, strategi mengajar ini adalah salah satu mata kuliah yang dipelajari kalau elo menjadi mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan.

Yuk, Kenalan dengan Fakultas Ilmu Pendidikan!

ilustrasi fakultas ilmu pendidikan

Sobat Zenius, Fakultas Ilmu Pendidikan adalah fakultas yang mendalami segala hal tentang dunia pendidikan. Fokus utama dari fakultas ini adalah mengembangkan pemahaman tentang proses pembelajaran dan pengajaran.

Beberapa mata kuliah yang akan didalami di dalam fakultas ini adalah strategi dan evaluasi siswa dalam pengajaran, psikologi pendidikan, pengembangan kurikulum, manajemen kelas, serta evaluasi pendidikan.

Biasanya, fakultas ini terdiri dari beberapa program studi. Ada program studi yang fokus pada pendidikan anak, konseling siswa di institusi pendidikan, juga perkembangan teknologi di dalam pendidikan.

Pada beberapa program studi dan mata kuliah, mahasiswa ilmu pendidikan juga akan melakukan praktik dan pelatihan di lapangan alias praktik magang sebagai guru di berbagai sekolah. Elo udah pernah ketemu mahasiswa yang sedang praktik mengajar ini, kan?

Baca juga:

Download Panduan Jurusan Kuliah dari Zenius

Jurusan di Fakultas Ilmu Pendidikan

Ada banyak universitas di Indonesia yang memiliki Fakultas Ilmu Pendidikan, Sobat Zenius. Nah, biasanya jurusan atau program studi di setiap universitas itu berbeda-beda.

Namun, beberapa program studi yang umum ada di Fakultas Ilmu Pendidikan adalah studi pendidikan dasar, studi pendidikan luar biasa, studi pendidikan anak usia dini, dan bimbingan & konseling. Coba gue bahas beberapa program studi ini, ya!

Pendidikan Non Formal

Di beberapa universitas, program studi Pendidikan Non Formal disebut Pendidikan Luar Sekolah. Nah, elo udah kebayang kira-kira program studi ini mempelajari tentang apa?

Yup! Program studi ini mempelajari pendidikan di luar konteks formal seperti sekolah. Jadi, tujuan dari program studi ini adalah menyediakan pendidikan yang fleksibel dan relevan dengan berbagai kebutuhan masyarakat, tanpa terikat dengan kerangka waktu dan kurikulum yang ketat.

Di dalam program studi ini mahasiswa akan belajar tentang berbagai metode dan strategi dalam memberikan pembelajaran kepada beragam jenis kelompok masyarakat. Nah, lulusan dari program studi ini diharapkan mampu berkontribusi untuk membuka akses pendidikan bagi semua lapis masyarakat.

Pendidikan Luar Biasa

Program studi lain dari Fakultas Ilmu Pendidikan adalah Studi Pendidikan Luar Biasa atau Pendidikan Khusus. Elo tentu pernah dengar tentang SLB atau Sekolah Luar Biasa, kan? Nah, program studi ini fokus untuk pada pengembangan pendidikan untuk siswa berkebutuhan khusus.

Secara umum, program studi akan mengajarkan elo berbagai strategi pengajaran dan asesmen yang dirancang khusus untuk mendukung perkembangan peserta didik yang memiliki perbedaan fisik, intelektual, dan emosional.

Tentu elo juga akan belajar tentang psikologi pendidikan, teori yang relevan dengan pendidikan luar biasa, serta cara mengintegrasikan teknologi bantu yang sesuai untuk setiap individu.

Menariknya, dalam program studi ini elo juga akan belajar gimana cara bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, seperti orang tua dan tenaga medis, untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, tepat, dan bermakna bagi setiap orang.

Pendidikan Anak Usia Dini

Zen, emang ngajarin anak-anak kecil sulit, ya? Sampe ada pendidikannya segala~

Eits, mengajar anak usia dini bukan perkara sulit atau nggak sulit, Sobat Zenius! Fokus program studi Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan yang berkualitas dengan memperhatikan aspek tumbuh kembang anak dari berbagai sisi.

Nah, fokus program studi ini juga bukan hanya tentang pelatihan mengajar, tetapi juga penelitian. Hasil penelitian ini bisa digunakan untuk pengembangan metode pembelajaran atau sebagai dasar untuk pengambilan keputusan dan kerjasama berbagai mitra dan lembaga.

Peluang Karir Lulusan Ilmu Pendidikan

Peluang karir lulusan ilmu pendidikan
Berbagai peluang karir lulusan ilmu pendidikan (Arsip Zenius)

Zen, gue udah mulai tertarik untuk masuk fakultas ilmu pendidikan, tapi gue nggak ingin jadi guru TK atau guru SD. Bisa nggak, ya, Zen?

Bisa banget, dong!

Bekerja di Institusi Pendidikan

Selain menjadi guru, lulusan fakultas ilmu pendidikan juga bisa bekerja di institusi pendidikan sebagai konselor sekolah, administrator pendidikan, pengembang kurikulum, atau peneliti pendidikan.

Biasanya, di setiap fakultas ilmu pendidikan juga ada kok program studi yang fokus pada setiap pekerjaan tadi. Jadi, kalau elo memang ingin memilih bidang-bidang ini, coba pikirkan matang-matang program studi yang elo pilih, ya!

Fasilitator

Di luar sektor pendidikan luar sekolah, lulusan ilmu pendidikan juga bisa bekerja sebagai fasilitator di berbagai lembaga.

Fasilitator adalah orang yang bertanggung jawab untuk memandu pelatihan atau diskusi. Nah, fasilitator harus mampu menciptakan lingkungan aman, mendukung peserta dalam pembelajaran, serta mendorong kolaborasi dan partisipasi.

Fasilitator juga harus netral, empatik, serta punya pengetahuan dan keterampilan terkait materi yang disampaikan. Nah, skill-skill ini cocok dengan materi yang dipelajari dalam fakultas ilmu pendidikan, kan?

Pendamping Sosial

Lulusan fakultas ilmu pendidikan juga bisa bekerja sebagai pendamping sosial. Pendamping sosial adalah orang-orang yang bekerja secara kolaboratif dengan lembaga atau dinas terkait untuk menyelesaikan masalah dalam masyarakat.

Tugas pendamping sosial adalah membantu suatu kelompok untuk mengidentifikasi potensi mereka sehingga mereka bertumbuh dan berkembang. Pendamping sosial juga menjadi penghubung berbagai pihak agar program yang dapat mendukung perbaikan kondisi sosial di suatu lingkungan dapat terlaksana.

Pendamping Wisata Edukasi

Zen, lulusan fakultas bisa bekerja di luar bidang pendidikan dan masyarakat, nggak?

Jelas bisa! Lulusan fakultas ilmu pendidikan bahkan bisa bekerja di bidang pariwisata sebagai pendamping wisata edukasi.

Peran pendamping wisata edukasi adalah memberikan pengalaman wisata yang nggak hanya menghibur, tapi juga memberikan pemahaman dan apresiasi mendalam terhadap nilai-nilai dan konteks tempat yang dikunjungi.

Pendamping wisata edukasi menggunakan pendekatan pendidikan untuk menjelaskan tentang destinasi wisata. Jadi, mereka nggak hanya bertugas menjelaskan tentang informasi dasar tempat wisata, tapi juga aspek sejarah, budaya, alam, atau fenomena lain terkait wisata itu.

Baca juga:

Informasi Kuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran

Universitas yang Memiliki Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas yang memiliki Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas yang memiliki Fakultas Ilmu Pendidikan

Baca juga:

Informasi Kuliah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret

Beberapa Pertanyaan Tentang Ilmu Pendidikan

Apa bisa jadi guru olahraga dengan kuliah di ilmu pendidikan?

Ada banyak universitas yang memiliki jurusan pendidikan olahraga, namun seringkali jurusan-jurusan itu berada di fakultas yang berbeda, yaitu ilmu olahraga dan kesehatan. Tapi, ada juga jurusan ilmu olahraga yang masuk ke dalam fakultas ilmu pendidikan. Saran dari gue, cari tahu lebih jauh di universitas yang ingin elo tuju.

Untuk masuk ilmu pendidikan, gue harus belajar IPA atau IPS?

Nah, ini tergantung dengan jurusan dan program studi yang ingin elo pilih. Kalau elo ingin memilih program studi manajemen pendidikan, biasanya elo harus punya pemahaman dasar tentang ilmu sosial. Sebaliknya, kalau elo memilih program studi pendidikan fisika, maka sebaiknya elo punya pengetahuan dasar tentang ilmu pengetahuan alam.

Apakah kalau lulus dari Ilmu Pendidikan gue akan jadi guru?

Kalau elo ingin jadi guru, tentu bisa. Tapi, kalau elo ingin memilih profesi lain, tentu juga bisa. Kalau elo masih bingung, elo bisa baca lagi tentang peluang karir di atas.

Apa Ada Universitas Swasta yang Punya Fakultas Ilmu Pendidikan?

Ada, dong. Unika Atma Jaya di Jakarta punya Fakultas Pendidikan dan Bahasa. Di Universitas Ahmad Dahlan dan Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, juga ada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Elo bisa coba cari berbagai informasi universitas lainnya supaya elo lebih tau.

Apakah Ini adalah Jurusan yang Tepat untuk Elo?

Sobat Zenius, apa pendapat elo setelah membaca seluruh penjelasan tadi? Apakah elo ngerasa bahwa jurusan ini adalah jurusan yang tepat untuk elo? Kalau elo masih belum yakin, nggak apa-apa, Sobat Zenius!

Elo masih bisa cari tau dan explore berbagai jurusan lain bersama Zenius dengan Kampus 101. Klik banner di bawah ini untuk download panduan jurusan gratis!

Belajar Cara Mengajar dalam Fakultas Ilmu Pendidikan 18

Sobat Zenius, gimana persiapan elo untuk mencapai kampus impian?

Zenius hadir di sini untuk membantu elo mencapai impian elo dengan berbagai paket belajar yang sesuai untuk elo. Paket belajar ini dilengkapi dengan materi video, live class dengan tutor-tutor Zenius, serta latihan dan pembahasan soal.Segera klik banner di bawah ini untuk memilih paket belajar yang sesuai dengan elo, ya!

Langganan Zenius
Bagikan Artikel Ini!