pengertian seisme zenius education

Pengertian Seisme dan Penyebab Terjadinya – Materi Geografi Kelas 10

Elo tau nggak sih apa pengertian seisme? Tapi, elo udah nggak asing dong dengan istilah gempa bumi? Nah, kira-kira seisme dan gempa bumi itu sama atau beda ya? Cari tau jawabannya di sini, yuk!

Halo, Sobat Zenius! Elo tau berita tsunami yang terjadi pada Desember 2004 lalu nggak? Ini merupakan bencana tsunami yang dahsyat. Tsunami ini diakibatkan karena gempa di laut dengan kekuatan 9,1-9,3 SR. Kita mengenalnya sebagai tsunami Aceh, tapi dunia lebih mengenalnya sebagai tsunami Samudra Hindia. Karena, dampaknya bukan hanya terasa di Indonesia aja, melainkan juga ke India, Somalia, Madagaskar, bahkan Afrika Selatan.

tsunami dan gempa samudra hindia desember 2004 zenius education
Peta bencana tsunami Samudra Hindia pada Desember 2004 (Dok. Wikimedia Commons).

Nah, kenapa sih kok bisa terjadi gempa dan tsunami? Hal itu diakibatkan oleh adanya aktivitas tenaga endogen atau aktivitas seisme.

Pengertian Seisme

Apa yang dimaksud dengan seisme? Simpelnya, pengertian seisme adalah sebagai berikut.

“Seisme merupakan guncangan secara tiba-tiba yang disebut juga dengan gempa bumi.”

Proses seisme itu begini, ketika ada aktivitas tenaga endogen (di dalam bumi) seperti aktivitas vulkanik, tenaga tektonik, dan gempa runtuhan. Maka, bebatuan di dalam bumi akan pecah dan terangkat yang dapat menimbulkan getaran dan menyebabkan gempa bumi di permukaan.

Ketika gempa tersebut terjadi di laut, maka akan menimbulkan potensi tsunami. Tapi, nggak semua gempa di laut menimbulkan tsunami ya, guys. Ketika pusat gempanya dekat dengan permukaan bumi, maka akan semakin besar potensi terjadinya tsunami. Dibandingkan dengan gempa yang pusatnya berada jauh dari permukaan bumi.

Sampai sini udah paham ya mengenai pengertian seisme? Gue ada referensi video belajar tentang pengertian seisme yang pastinya asik banget, karena dijelaskan langsung oleh tutor dan ada animasi-animasi yang akan membuat elo semakin kebayang dengan apa itu seisme. Yuk, langsung klik banner di bawah ini!

belajar materi pelajaran geografi di zenius

Baca JugaPengertian Tektonisme, Proses, dan Dampaknya – Materi Geografi Kelas 10

Penyebab Terjadinya Seisme

Sesuai dengan pengertian seisme bahwa ada tenaga yang terjadi di dalam bumi, sehingga muncul getaran pada permukaan bumi. Nah, penyebab terjadinya seisme bisa bermacam-macam, ada yang berasal dari tenaga tektonik, aktivitas vulkanik, dan gempa runtuhan.

penyebab seisme zenius education
Penyebab terjadinya seisme (Dok. Cuplikan video Zenius).

Akibat Tenaga Tektonik

Seisme akan terjadi akibat adanya tenaga tektonik di dalam litosfer berupa pergeseran lapisan batuan. Gempa bumi yang dihasilkan dari tenaga ini sangat besar dan meliputi daerah luas lho, guys. Salah satu contohnya yang terjadi pada tsunami Samudra Hindia dan gempa tektonik di Chile pada 1960.

Aktivitas Vulkanik

Penyebab yang kedua oleh aktivitas vulkanik atau gunung berapi. Jadi, sebelum erupsi atau saat bersamaan dengan erupsi akan terjadi gempa. Getaran akibat aktivitas ini juga dirasakan oleh daerah yang cukup luas. Contohnya yang terjadi pada gempa vulkanik Pinatubo di Filipina tahun 1991.

Gempa Runtuhan

Penyebab seisme ini nggak begitu besar jika dibandingkan dengan kedua aktivitas di atas. Ini terjadi karena kemiringan lereng yang curam. Sehingga bisa menyebabkan batu-batu raksasa di sisi gunung atau gua-gua besar runtuh. Nah, runtuhnya bebatuan tersebut akan menimbulkan getaran di permukaan bumi. Tapi, getaran tersebut hanya mencakup daerah yang sempit.

Baca JugaMengenal Gempa Megathrust, Gempa Bumi Terkuat di Dunia

Dampak Positif dan Negatif Seisme

Seringkali ketika ada bencana, kita akan menilai dampaknya dari sisi negatif terlebih dahulu. Alasannya karena memang dampak negatif yang sangat terlihat.

Dampak negatif seisme bisa kita lihat pada contoh kasus tsunami Samudra Hindia, khususnya di Aceh. Coba elo lihat citra satelit sebelum dan sesudah tsunami melanda Aceh berikut ini.

aceh sebelum dan sesudah tsunami desember zenius
Perbedaan sebelum (Juni) dan sesudah (Desember) tsunami Samudra Hindia di Aceh (Dok. Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh).

Bisa dilihat ya perbedaannya pada gambar di atas. Dari yang awalnya banyak bangunan, setelah dilanda tsunami bangunannya tersapu oleh ombak, jalan juga ada yang terputus. Bahkan, ada beberapa tempat yang daerahnya masih tergenang air. Selain bangunan, bencana tersebut juga memakan banyak sekali korban, yaitu mencapai ratusan ribu.

Tapi, sebenarnya ada lho dampak positif dari adanya seisme. Elo kebayang nggak apa sih dampak positif dari bencana ini?

Dampaknya memang nggak dirasakan langsung oleh kita, tapi adanya seisme bisa digunakan untuk mengetahui jenis mineral yang ada di dalam bumi. Elo udah tau kan proses seisme itu seperti apa. Nah, ketika aktivitas tenaga endogen menggeser batuan yang mengandung mineral untuk bahan tambang ke lapisan bumi, maka penambang akan mendapatkan batuan mineral tersebut. Selain itu, seisme juga bisa digunakan untuk mengetahui struktur lapisan bumi dan menentukan konstruksi bangunan.

Baca Juga: Pola Aliran Sungai dan Macamnya – Materi Geografi Kelas 10

Contoh Soal dan Pembahasan Seisme

Belajar teori udah, sekarang kita lanjut latihan soalnya, yuk! Gue udah menyiapkan beberapa contoh soal beserta pembahasannya di bawah ini, jadi elo bisa jadikan ini sebagai referensi.

Contoh Soal 1

Tenaga seisme dapat terjadi ketika ….

a. Terbentuk lipatan pada lapisan batuan.

b. Suatu batuan mengalami pelapukan.

c. Terbentuk patahan pada lapisan batuan.

d. Bumi memiliki kondisi iklim yang buruk.

e. Bumi mengalami pemanasan matahari yang berlebihan.

Jawab: c. Terbentuk patahan pada lapisan batuan.

Pembahasan: Salah satu penyebab terjadinya seisme adalah adanya tenaga tektonik. Itu terjadi ketika suatu lapisan batuan mengalami patahan/sesar. Ketika batuan mengalami patahan, maka akan ada energi yang dikeluarkan sebagai akibat dari patahnya batuan/lapisan tersebut. Energi itulah yang disebut dengan getaran gempa.

Sedangkan lipatan, biasanya nggak menghasilkan energi, karena masih dalam kondisi plastisnya.

Contoh Soal 2

Khusus untuk contoh soal kedua, gue nggak akan memberikan pembahasannya. Jadi, gue mau elo yang jawab di kolom komentar ya! Ini dia pertanyaannya.

Bagaimana tindakan yang tepat untuk mengurangi dampak negatif gejala seisme?

Nah, setelah elo mengetahui pengertian seisme, penyebab, dan dampaknya, pasti udah mulai kebayang kan gimana caranya kita mengurangi dampak negatif seisme. Yuk, langsung meluncur ke kolom komentar dan sampaikan pendapat elo!

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan tentang pengertian seisme, penyebab, proses, dan dampaknya? Buat yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa mengakses materi ini di video belajar Zenius menggunakan akun yang sudah didaftarkan di website dan aplikasi Zenius sebelumnya, ya!

Baca Juga: Mengenal Kearifan Lokal di Indonesia Beserta Contohnya – Materi Geografi Kelas 11

Bagikan Artikel Ini!