Info jurusan, syarat masuk, dan biaya FIKOM UNPAD

Info Kuliah, Syarat Masuk, dan Jurusan di FIKOM UNPAD

Fakultas Ilmu Komunikasi atau FIKOM UNPAD punya enam pilihan jurusan di jenjang sarjana. Penasaran apa aja? Yuk, cari tahu infonya bareng-bareng!

“Elo mau jago ngomong di depan banyak orang? Coba aja kuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi!”

Sobat Zenius, elo sering dengar nggak sih pernyataan kayak gitu? Katanya, kalau mau punya kemampuan public speaking yang bagus, kita harus masuk Fakultas Ilmu Komunikasi. Kira-kira benar atau nggak, ya? 

Nah, untuk menjawabnya, elo bisa cari tahu di Fakultas Ilmu Komunikasi atau FIKOM UNPAD (Universitas Padjadjaran). Di fakultas ini, elo memang bakal dapet materi soal public speaking.

Tapi, elo dan temen sekelas elo bisa dapet materi yang sama, tapi hasil yang beda banget nantinya. Mungkin setelah lulus dari jurusan di FIKOM UNPAD, kemampuan elo mengolah bahasa verbal jadi terasah banget. Di saat yang sama, temen elo justru lebih jago nulis. 

Makanya seperti gue bilang, kalau mau ngebuktiin omongan orang, elo harus cobain sendiri! Dengan catatan, elo memang bener-bener pengin kuliah di jurusan ini, ya.

Setiap tahunnya, jurusan di FIKOM UNPAD cukup populer, lho. Karena itu, tingkat persaingannya juga lumayan ketat. Bahkan, melansir dari website FIKOM UNPAD, Ira Mirawati, Ketua Prodi Manajemen Komunikasi FIKOM UNPAD, lewat acara Sosialisasi SNMPTN UNPAD 2021 menyampaikan kalau fakultas ini masuk sebagai 10 fakultas yang seleksinya terketat se-Indonesia, yaitu 1:67.

Eh, tapi nggak usah panik dan takut, guys. Biar persiapan elo makin mantap buat masuk FIKOM UNPAD, gue punya banyak informasi yang penting buat elo. Mulai dari sejarah, jurusan, mata kuliah, syarat masuk, sampai biaya masuk FIKOM UNPAD. Langsung simak aja, yuk!

Mengenal FIKOM UNPAD

Seperti pepatah ‘tak kenal maka tak sayang’, elo harus tahu dulu nih asal muasalnya FIKOM UNPAD. Nah, gimana dengan sejarah FIKOM UNPAD? Sejak kapan fakultas ini berdiri dan bagaimana awalnya sampai terbentuk?

Sini-sini, gue kasih info lengkapnya. Jadi, sejarah FIKOM UNPAD dimulai sejak 18 September 1960. Awalnya, fakultas ini bernama Fakultas Djurnalistik dan Publisistik. Pada saat itu, FIKOM UNPAD dibentuk untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan tenaga ahli publisistik.

Nah, namanya berubah menjadi Institut Publisistik dan nggak lama berganti lagi jadi Fakultas Publisistik. Terus, baru sejak tahun 1982 namanya ditetapkan sebagai Fakultas Ilmu Komunikasi sampai sekarang.

Gedung FIKOM UNPAD yang berlokasi di area kampus Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.
Tampak depan gedung FIKOM UNPAD di Kampus Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. (Dok. Nur Cholis via Wikimedia Commons)

Setiap program studi di FIKOM UNPAD dilengkapi berbagai fasilitas. Ada laboratorium CMC (Computer Mediated Communication), fotografi, grafika, news room, radio dan audio processing, dan perpustakaan. Semuanya bisa elo akses sebagai mahasiswa FIKOM UNPAD nantinya.

Kalau elo mau mampir ke FIKOM UNPAD, langsung dateng aja ke kampusnya di Jalan Raya Ir. Sukarno No.KM 21, Hegarmanah, Jatinangor, Sumedang.

Sejarah fakultasnya udah elo ketahui. Nggak lengkap dong, rasanya kalau belum tahu apa aja jurusan di FIKOM UNPAD. Langsung aja kita bahas tiap jurusannya di bawah ini.

Baca Juga: Kenalan Sama Jurusan Ilmu Komunikasi, Yuk!

Jurusan di FIKOM UNPAD

Selain sarjana (S1), FIKOM UNPAD juga mempunyai jenjang pendidikan vokasi (D4), magister (S2), sampai doktor (S3). 

Meskipun judulnya Fakultas Ilmu Komunikasi, bukan berarti FIKOM UNPAD cuma punya Jurusan Ilmu Komunikasi, ya. Untuk program studi vokasi, magister, dan doktor, ketiganya memang hanya memiliki satu jurusan. Tapi, ada enam jurusan di program studi sarjana yang bisa elo pilih.

Di bawah ini adalah jurusan-jurusan yang bisa elo pilih di FIKOM UNPAD.

pilihan jurusan di fikom unpad
Pilihan jurusan di FIKOM UNPAD. (Arsip Zenius)

Wah, luas banget kan, cakupan ilmu komunikasi? Makanya, biar elo nggak bingung harus milih jurusan apa yang sesuai sama minat dan bakat, gue bakal kasih sedikit penjelasannya. Untuk artikel kali ini, gue bahas jenjang sarjananya aja, ya.

Jurusan Ilmu Komunikasi UNPAD

Ilmu Komunikasi UNPAD jadi salah satu jurusan terfavorit. Jelas aja, karena akreditasi dari jurusan ini udah berpredikat A dari BAN-PT. Jadi, mutunya udah terjamin bagus banget.

Kalau elo berminat ke jurusan ini, nantinya gelar yang bakal didapat adalah Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom). Tapi sebelum itu, elo harus menyelesaikan 144 SKS (Satuan Kredit Semester) selama 8 semester.

Pastinya, di jurusan ini elo akan belajar hal-hal terkait komunikasi. Nah, mata kuliah Ilmu Komunikasi UNPAD di antaranya

  1. Komunikasi Interpersonal
  2. Komunikasi Media dan Massa
  3. Komunikasi Risiko dan Krisis 
  4. Literasi Media
  5. Perencanaan Komunikasi

Dari belajar dan kuliah jurusan Ilmu Komunikasi UNPAD, diharapkan elo bisa merencanakan program komunikasi, mengembangkan media secara kreatif, dan memenuhi kebutuhan industri komunikasi profesional.

Dengan keterampilan-keterampilan yang gue sebutkan itu, elo bisa menjajal berbagai pilihan profesi, contohnya public relations, perencana komunikasi digital, analis dan konsultan komunikasi, sampai juru bicara tokoh publik.

Jurusan Perpustakaan dan Sains Informasi UNPAD

Kualitas Jurusan Perpustakaan dan Sains Informasi UNPAD juga nggak perlu elo ragukan karena udah terakreditasi A dari BAN-PT.

Di jurusan ini, elo akan mempelajari dan mempunyai kompetensi di bidang pengelolaan sumber daya informasi. Contohnya, bahan pustaka, data, arsip, dokumen, pengetahuan, dan berbagai jenis format informasi lainnya.

Nggak cuma sampai di situ, elo juga belajar cara mengelola berbagai jenis informasi, seperti perpustakaan, pusat informasi, pusat dokumentasi, lembaga atau arsip, bahkan museum.

Terus, berbagai kemampuan di bidang manajemen, pemasaran, komunikasi, teknologi dan sistem informasi, public relations, serta kajian masyarakat juga bakal elo pelajari.

Nah, ada sedikit perbedaan sama Jurusan Ilmu Komunikasi. Setelah lulus dari Jurusan Perpustakaan dan Sains Informasi, elo nantinya dapat gelar Sarjana Sains Informasi (S.S.I.).

Eh, tapi elo penasaran nggak sih, lulusan dari jurusan ini bakal punya karier seperti apa?

Jadi, setelah lulus dari Jurusan Perpustakaan dan Sains Informasi, elo punya kesempatan untuk jadi ahli informasi, pustakawan, pengelola aset digital, dan infopreneur. Infopreneur di sini maksudnya, elo berpeluang untuk berkarier di dunia perencanaan dan penyelenggaraan bisnis yang produk atas jasanya berbentuk informasi.

Tapi, nggak menutup kemungkinan bagi elo nantinya bisa jadi konsultan informasi, sampai berwirausaha dalam bidang jasa pengelolaan dan penyimpanan arsip atau dokumen.

Baca Juga: Syarat Masuk, Akreditasi, dan Passing Grade Fakultas Psikologi UNPAD

Jurusan Hubungan Masyarakat UNPAD

Jurusan Hubungan Masyarakat atau humas ada di dalam FIKOM UNPAD, lho. Karena udah terakreditasi A, jurusan yang satu ini juga udah terjamin sangat baik.

Sama seperti Jurusan Ilmu Komunikasi, gelar yang didapat kalau elo kuliah sarjana di jurusan ini adalah Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.). Wah, nggak kalah keren dong, ya.

mata kuliah yang ada di jurusan hubungan masyarakat fikom unpad
Mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Hubungan Masyarakat UNPAD. (Arsip Zenius)

Dengan gelar yang didapat, nantinya elo diharapkan bisa punya pemahaman prinsip-prinsip humas, kemampuan dan keterampilan praktik kehumasan, serta wawasan tentang filosofi, etika, dan legal humas.

Jurusan Jurnalistik UNPAD

Elo pasti udah sering dengar tentang Jurusan Jurnalistik. Nah, jurusan yang satu ini juga ada di FIKOM UNPAD, lho. 

Akreditasi Jurusan Jurnalistik UNPAD sama kayak jurusan sebelumnya, yaitu A juga dari BAN-PT. Selain akreditasinya yang sama, gelar yang bakal elo dapat juga nggak berbeda, yaitu Sarjana Ilmu Komunikasi atau S.I.Kom.

Setelah menempuh pendidikan di jurusan ini, elo bakal punya kemampuan khusus dalam jurnalistik, konsep penelitian sosial dan pengetahuan, keterampilan manajerial jurnalistik, serta kemampuan komunikasi dan teknologi dalam mengoptimalkan praktik jurnalistik.

Nah, elo pasti berpikir, kalau lulusan Jurnalistik punya kesempatan karier menjadi wartawan. Padahal, nggak cuma itu aja, lho. Dari jurusan ini, elo bisa bekerja sebagai produser konten media, periset media, pengajar jurnalistik, dan konsultan atau analis media.

Tuh kan, banyak banget peluang kerjanya. Jadi, nggak perlu ragu lagi deh buat elo yang tertarik sama dunia jurnalistik. Elo bisa pilih Jurusan Jurnalistik FIKOM UNPAD ini sebagai tujuan pendidikan selanjutnya.

Baca Juga: Berkenalan dengan Jurusan Bisnis Digital UNPAD

Jurusan Manajemen Komunikasi UNPAD

Nggak kalah sama jurusan yang lainnya, Jurusan Manajemen Komunikasi juga punya kualitas yang jempolan. Hal ini terbukti lewat akreditasinya yang udah berpredikat A dari BAN-PT.

Di Jurusan Manajemen Komunikasi UNPAD, fokus kajiannya ada di bidang corporate and marketing communication.

Wah, gimana tuh maksudnya?

Jadi, dengan ambil Jurusan Manajemen Komunikasi UNPAD, elo akan punya kemampuan untuk menjaga nama baik perusahaan dan meningkatkan kesadaran pengguna terhadap brand perusahaannya.

Karena itu, keterampilan dasar komunikasi, manajerial, pemahaman dan pengaplikasian aspek teoritis komunikasi, serta penguasaan teknologi informasi dan komunikasi juga jadi hal yang penting buat elo pelajari.

Setelah lulus dan mempelajari hal-hal yang gue sebutkan di atas, nantinya elo bakal dapat gelar yang sama dengan Jurusan Ilmu Komunikasi, Hubungan Masyarakat, dan Jurnalistik, yaitu Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.).

Tapi, berbeda sama Jurusan Ilmu Komunikasi, Jurusan Manajemen Komunikasi punya kajian utama seputar dasar manajemen, komunikasi, organisasional dan manajerial, perencanaan program, serta strategi komunikasi pemasaran.

Yah, elo bakal masih belajar cuap-cuap juga, sih. 

prospek kerja Jurusan Manajemen Komunikasi FIKOM UNPAD
Ilustrasi prospek kerja Jurusan Manajemen Komunikasi. (Arsip Zenius)

Prospek kerjanya nanti yang sedikit berbeda, nih. Setelah lulus dari Jurusan Manajemen Komunikasi, elo berkesempatan untuk jadi manajer komunikasi, konsultan komunikasi bisnis dan pemasaran, sampai analis komunikasi korporat.

Eits, masih ada satu lagi nih jurusan di FIKOM UNPAD. Jadi, baca sampai akhir, ya!

Jurusan Televisi dan Film UNPAD

Jurusan satu ini punya peran yang penting dalam pengembangan ilmu dan keahlian di bidang televisi dan film.

Di jurusan ini, gelar yang bakal elo dapat sama dengan jurusan-jurusan sebelumnya. Setelah lulus, elo bakal punya gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.).

Nah, yang membedakan Jurusan Televisi dan Film dengan jurusan lain di FIKOM UNPAD adalah akreditasinya. Untuk jurusan ini, akreditasi masih B.

Gimana dengan lapangan kerjanya? Elo tahu sendiri kan, dunia televisi dan film nggak ada matinya. Meskipun sempat terdampak pandemi Covid-19, kita mulai melihat industri hiburan mulai bangkit lagi.

Karena itu, lulusan Jurusan Televisi dan Film juga masih sangat dibutuhkan. Nantinya, elo bisa bekerja sebagai manajer program, manajer produksi, media analis, sampai tim kreatif.

Wah, keren-keren ya jurusan di FIKOM UNPAD ini. Sekarang, jadi semakin penasaran nggak gimana caranya buat masuk ke sana?

Baca Juga: Info Kuliah, Akreditasi, dan Prodi Fakultas MIPA UNPAD

Syarat Masuk FIKOM UNPAD

Secara umum, ada tiga jalur masuk sarjana di FIKOM UNPAD, yaitu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), dan seleksi mandiri.

Di jalur SNMPTN, modal utama yang elo harus punya adalah nilai rapor. Karena, proses seleksinya memang berdasar nilai rapor semester 1 sampai 5 yang sebelumnya udah diinput sekolah dalam PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).

Sementara untuk SBMPTN, elo harus melalui tahap UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer. Kalau elo pilih program studi Saintek, maka elo perlu mengerjakan soal TKA (Tes Kemampuan Akademik) Saintek, Bahasa Inggris, dan TPS (Tes Potensi Skolastik). 

Nah, kalau elo mau kuliah di FIKOM UNPAD, artinya elo harus mengikuti TKA Soshum, Bahasa Inggris, dan TPS.

Berbeda lagi sama seleksi mandiri. Ada banyak banget pilihan jalurnya, mulai dari sarjana jalur mandiri, sarjana jalur prestasi, sampai jalur program sarjana internasional.

Biar semakin jelas, gue coba tuliskan syarat masuk FIKOM UNPAD lewat seleksi mandiri dalam bentuk infografis, ya.

syarat masuk fikom unpad dari seleksi mandiri
Mengenal syarat masuk FIKOM UNPAD. (Arsip Zenius)

Baca Juga: Informasi Lengkap SMUP UNPAD 2022

Nah, bagi elo yang punya prestasi di bidang Sains serta Olahraga dan Seni, elo bisa ikut seleksi mandiri jalur prestasi. Selain nilai rapor dan nilai UTBK, penerimaan mahasiswa lewat jalur ini juga ditentukan berdasarkan peringkat prestasi atau penghargaan yang diterima. Karena itu, portofolio kegiatan atau prestasi elo jadi dokumen yang penting banget dan harus disertakan saat mendaftar.

Daya Tampung dan Passing Grade FIKOM UNPAD

Seperti yang gue sampaikan sebelumnya, FIKOM UNPAD punya peminat yang tinggi setiap tahunnya. Karena itulah, fakultas ini menyediakan daya tampung yang cukup banyak.

Di bawah ini, gue udah tulis data lengkap daya tampung FIKOM UNPAD tahun 2022 dan peminat di tahun sebelumnya. Jadi, elo punya gambaran seberapa tingkat keketatan setiap jurusannya.

daya tampung FIKOM UNPAD 2022 dan peminat tahun 2021
Daya tampung dan peminat FIKOM UNPAD. (Arsip Zenius)

Setelah lihat daya tampungnya, elo pasti jadi penasaran gimana soal passing grade FIKOM UNPAD. Sayangnya, passing grade ini baru bisa diketahui setelah proses seleksi. Karena itu, sebenarnya hal yang perlu elo perhatikan adalah daya tampung dan peminat di tahun-tahun sebelumnya.

Selain informasi jurusan, mata kuliah, syarat masuk, dan daya tampung, ada satu hal lagi yang perlu elo persiapkan. Yup, elo perlu tahu juga biaya kuliahnya.

Baca Juga: Cara Menghitung Skor UTBK dengan Zenius Rasionalisasi

Biaya Kuliah FIKOM UNPAD

Berdasarkan website UNPAD, biaya pendidikan program studi sarjana FIKOM UNPAD disesuaikan sama jalur masuknya. 

Untuk SNMPTN dan SBMPTN, biaya perkuliahan mengikuti kelompok UKT (Uang Kuliah Tunggal). Sementara, jalur mandiri sistem biaya pendidikannya meliputi UKT dan DP (Dana Pengembangan).

Biaya Kuliah FIKOM UNPAD Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Kelompok UKTIlmu KomunikasiPerpustakaan dan Sains Informasi Hubungan MasyarakatJurnalistikManajemen KomunikasiTelevisi dan Film
I500.000500.000500.000500.000500.000500.000
II1.000.0001.000.0001.000.0001.000.0001.000.0001.000.000
III2.500.0002.500.0002.500.0002.500.0002.500.0002.500.000
IV3.500.0003.500.0003.500.0003.500.0003.500.0003.500.000
V5.000.0005.000.0005.000.0005.000.0005.000.0005.000.000
VI6.000.0006.000.0006.000.0006.000.0006.000.0006.000.000
VII7.000.0007.000.0007.000.0007.000.0007.000.0007.000.000
VIII8.000.0008.000.0008.000.0008.000.0008.000.0008.000.000

Biaya Kuliah FIKOM UNPAD Jalur Mandiri

Ilmu KomunikasiPerpustakaan dan Sains Informasi Hubungan MasyarakatJurnalistikManajemen KomunikasiTelevisi dan Film
UKT per semester8.000.0008.000.0008.000.0008.000.0008.000.0008.000.000
Dana Pembangunan55.000.00055.000.00055.000.00055.000.00055.000.00055.000.000

Itulah informasi lengkap seputar FIKOM UNPAD yang perlu elo ketahui. Gimana? Udah makin mantap buat kuliah di sini?

Nah, buat elo yang lagi nunggu pelaksanaan UTBK 2022 gelombang 2, gue ucapkan semangat berjuang! 

Elo juga masih bisa tonton playlist belajar UTBK yang udah Zenius siapin kapanpun. Langsung klik aja link di bawah ini, ya!

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Selain itu, ada juga try out dari Zenius yang bisa bantu persiapan elo masuk PTN. Mulai dari try out UTBK sampai ujian mandiri universitas ada di sini. Yuk, coba sekarang dengan klik gambar di bawah ini!

try out ptn zenius

Referensi

Ayo Kenal Unpad 2021 – Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD (2021)

Tentang FIKOM – Sejarah (https://fikom.unpad.ac.id/sejarah/)

Akademik – Program Studi (https://fikom.unpad.ac.id/program-studi/)

Syarat Masuk – Sarjana Jalur Mandiri (http://smup.unpad.ac.id/sarjana-jalur-mandiri/)

Biaya Kuliah – SMUP UNPAD (https://smup.unpad.ac.id/)

Daya Tampung – Sidata PTN (https://sidata-ptn.ltmpt.ac.id/)

Bagikan Artikel Ini!