fakultas psikologi unpad

Syarat Masuk, Akreditasi, dan Passing Grade Fakultas Psikologi UNPAD

Tertarik buat lanjutin pendidikan di Fakultas Psikologi UNPAD (Universitas Padjadjaran)? Pas banget nih, gue bakal kasih informasi seputar jurusan, mata kuliah, akreditasi, hingga syarat masuknya.

Akhir-akhir ini elo pasti sering denger istilah self-healing. Itu lho kegiatan yang dilakukan buat menghibur diri. Contohnya, liburan, jalan-jalan, atau makan makanan enak.

Jujur aja nih, awalnya gue mengenal istilah self-healing dari bahasa Jaksel. Banyak banget anak gaul Jaksel yang pakai campuran bahasa Indonesia dan Inggris di video Instagram atau cuitan Twitter-nya. Dari situ, gue mengira kalau self-healing juga bahasa buatan mereka.

Tapi, ternyata, self-healing adalah istilah dalam ilmu Psikologi yang berarti proses penyembuhan atau pemulihan diri. Menurut ilmu ini, self-healing juga punya caranya tersendiri. Mulai dari meditasi, latihan pernapasan, sampai latihan visualisasi batin.

Nah, kalau tertarik buat mempelajari ilmu ini secara lebih dalam, elo bisa masuk Jurusan Psikologi, salah satunya di Fakultas Psikologi UNPAD (Universitas Padjadjaran).

Penasaran nggak sih, apa aja yang bakal dipelajarin kalau elo masuk fakultas ini? Yuk, cari tahu informasi selengkapnya tentang Fakultas Psikologi UNPAD bareng-bareng!

Mengenal Fakultas Psikologi UNPAD

Selain identik dengan Gedung Sate, Bandung juga terkenal karena universitasnya. Salah satu universitas yang banyak dituju calon mahasiswa adalah Universitas Padjadjaran atau dikenal juga dengan singkatan UNPAD.

UNPAD sendiri punya 16 fakultas dan sekolah pascasarjana yang di dalamnya meliputi berbagai program studi.

gedung psikologi unpad
Tampak depan Gedung Fakultas Psikologi UNPAD. (Dok. Wikimedia Commons)

Fakultas Psikologi UNPAD didirikan atas SK Menteri PTIP Nomor 037/SEK/PU/61 yang dikeluarkan pada 18 Agustus 1961. Meski begitu, fakultas ini baru diresmikan pada 2 September 1961 di Aula UNPAD.

Nah kalau elo mau lihat-lihat kampusnya, bisa langsung datang ke Fakultas Psikologi UNPAD yang beralamat di Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Siapa tahu awalnya mampir, besok-besok bisa beneran belajar di sini. Aamiiin ….

Eh, tapi, elo udah tahu belum apa aja program studi yang ada di fakultas ini? Coba gue jelasin sedikit, ya.

Baca Juga: Mengenal Jurusan Psikologi – Materi Kuliah dan Prospek Kerja

Jurusan Fakultas Psikologi UNPAD

Fakultas Psikologi UNPAD mempunyai tiga program studi/jurusan. Nah, jurusan psikologi menjadi satu-satunya jurusan sarjana (S1) di fakultas ini. Lebih jelasnya, elo bisa lihat jurusan-jurusan Fakultas Psikologi UNPAD lewat gambar di bawah ini.

program studi psikologi unpad
UNPAD mempunyai 3 pilihan program studi. (Arsip Zenius)

Untuk program Sarjana Fakultas Psikologi UNPAD, perkiraan waktu studinya selama 4 tahun dengan 149 SKS (Satuan Kredit Semester). Nah, yang bikin lebih menarik, akreditasi Psikologi UNPAD untuk program studi Psikologi udah terakreditasi A. Jadi, kualitasnya udah terjamin jempolan.

Sekarang gue mau tanya nih ke Sobat Zenius. Kalian tahu nggak, jurusan Psikologi UNPAD termasuk IPA atau IPS?

Tenang, jangan bingung! Sebagian besar Program Studi Psikologi masuk ke kelompok IPS atau soshum. Tapi, program studi Psikologi UNPAD ini termasuk dalam bidang saintek atau IPA, ya.

Terus, elo pasti bertanya-tanya, memang apa aja sih yang dipelajari di Fakultas Psikologi UNPAD?

Jadi, selain mata kuliah umum seperti Bahasa Indonesia, Pancasila, Statistik, dan sebagainya, pastinya elo juga akan belajar ilmu-ilmu khusus Psikologi. Gue kasih bocoran beberapa mata kuliahnya, ya:

  1. Psikologi Kognitif, mempelajari proses mental.
  2. Perkembangan Rentang Hidup, mempelajari perkembangan aspek kejiwaan individu.
  3. Psikometrika, mempelajari perbedaan antar-individu atau kelompok.
  4. Psikologi Pendidikan, mempelajari proses pembelajaran dari sudut pandang psikologi.
  5. Modifikasi Perilaku, mempelajari perubahan perilaku individu secara psikologis.

Gelar dan Prospek Karier Lulusan Fakultas Psikologi UNPAD

Kalau kuliah sarjana di sini, nantinya elo bakal dapat gelar Sarjana Psikologi atau S.Psi. Kebayang yang tertulis di ijazah pas lulus nanti: Tartila Aryani, S.Psi. Wuih, keren banget nggak, tuh?

Meskipun udah bergelar sarjana psikologi, elo belum bisa langsung dapat izin praktik. Kenapa? Karena untuk sampai ke situ, perjalanannya masih panjang, Sobat Zenius.

Biasanya, ruang lingkup sarjana psikologi berkaitan dengan kegiatan penelitian, pengajaran, atau layanan masyarakat. 

Sementara, kalau mau membuka praktik sebagai psikolog, elo harus melanjutkan program magister (S2) psikologi profesi, serta terdaftar menjadi anggota HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia) dan mengikuti sidang profesinya. 

Belum selesai sampai di situ, elo juga harus mendapatkan izin sebagai psikolog, yaitu berupa SIPP (Surat Izin Praktik Psikologi) dan SIPPK (Surat Izin Praktik Psikolog Klinis). 

Eh tapi, nggak cuma jadi psikolog aja. Lulusan sarjana psikologi punya peluang karier menjadi manajer HRD, konselor, trainer, sport psychology, pengembang alat ukur evaluasi, sampai content creator. Bahkan ada lho, lulusan psikologi yang berprofesi sebagai UX researcher

Baca Juga: 7 Daftar Universitas Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik yang Perlu Sobat Zenius Tahu!

Syarat Masuk Fakultas Psikologi UNPAD

Selain melalui SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), Fakultas Psikologi UNPAD juga menerima lewat jalur mandiri (SMUP UNPAD).

syarat masuk psikologi unpad
Syarat masuk Fakultas Psikologi UNPAD melalui Jalur Mandiri SMUP. (Arsip Zenius)

Jalur mandiri SMUP (Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran) diselenggarakan secara internal oleh pihak UNPAD. Bagi elo yang mau daftar SMUP, ada dua skema yang bisa dipilih yaitu

  1. peserta menggunakan nilai UTBK 2022,
  2. peserta menggunakan nilai SMUP, untuk siswa lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022.

Nah, gue juga mau kasih tahu tanggal-tanggal penting yang berkaitan sama pendaftaran SMUP nih. Jangan lupa dicatat ya, atau kalau bisa elo simpan gambar di bawah ini!

jadwal pelaksanaan SMUP
Jadwal pelaksanaan Seleksi Mandiri Universitas Padjadjaran. (Arsip Zenius)

Baca Juga: Tips Masuk, Seleksi, & Info Kuliah di Fakultas Psikologi UGM

Daya Tampung dan Passing Grade Psikologi UNPAD

Setelah tahu jalur dan syarat masuknya apa aja, sekarang waktunya elo simak daya tampung Fakultas Psikologi UNPAD.

Setiap jalur masuk jurusan di Fakultas Psikologi UNPAD punya kuota yang berbeda-beda. Di bawah ini, gue coba tampilkan daya tampung Psikologi UNPAD dalam bentuk infografis. 

daya tampung psikologi unpad
Daya tampung Program Studi Sarjana (S1) Psikologi UNPAD. (Arsip Zenius)

Selain daya tampung, mungkin elo juga penasaran sama passing grade Psikologi UNPAD. Kalau mengutip dari penjelasan Kepala Kantor Komunikasi Publik UNPAD, Bapak Dandi Supriadi, M.A. (SUT), PhD, pada artikel UNPAD, passing grade sebenarnya kurang menggambarkan peluang masuknya elo ke UNPAD.

Beliau menambahkan, sebaiknya saat memilih program studi, hal yang harus diperhatikan adalah daya tampungnya dan jumlah peminat di tahun-tahun sebelumnya. Dari situ, elo bisa memperkirakan besarnya peluang untuk masuk.

Baca Juga: Cara Menghitung Skor UTBK dengan Zenius Rasionalisasi

Biaya Kuliah Psikologi UNPAD

Jurusan udah tahu, syarat masuk dan daya tampungnya juga elo udah paham. Sekarang, waktunya ke bagian yang cukup bikin deg-degan, yaitu biaya kuliahnya.

Biaya pendidikan Program Studi S1 Psikologi UNPAD disesuaikan dengan jalur masuk. Untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN, ketentuan biayanya mengikuti sistem pembayaran PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang dibagi ke dalam BKT (Biaya Kuliah Tunggal) dan UKT (Uang Kuliah Tunggal). 

biaya kuliah psikologi unpad
Berapa biaya kuliah di Fakultas Psikologi UNPAD? (Arsip Zenius)

Sementara, untuk jalur mandiri, ketentuan biaya pendidikan didasarkan pada SK Rektor UNPAD terbaru pada tahun 2022 tentang Penetapan Dana Pengembangan Program Sarjana Jalur Mandiri, yang terdiri dari UKT dan DP (Dana Pengembangan).

Nah, itulah informasi seputar Fakultas Psikologi UNPAD yang perlu elo ketahui. Semoga membantu elo buat menentukan jurusan mana yang harus diambil selanjutnya, ya.

Sambil menentukan jurusan dan universitas, elo bisa baca panduan tentang informasi pendaftaran, alur pelaksanaan, dan sistem penilaian UTBK. Klik link di bawah ini untuk cari tahu info selengkapnya.

Panduan Lengkap UTBK

Nggak cuma itu, elo juga bisa tambah persiapan UTBK biar semakin mantap dengan ikut Try Out yang ada di Zenius. Nggak cuma try out UTBK, ada juga try out untuk berbagai ujian mandiri. Gimana cara ikutannya? Langsung klik aja gambar di bawah ini!

latihan soal UTBK

Referensi

Ramai Tren “Healing”, Apa Itu? Ini Penjelasan Psikolog – Kompas (2022)

“Passing Grade” Bukan Jadi Prediksi Peluang Diterima di Unpad – unpad.ac.id (2022)

Mata Kuliah – Kurikulum Pendidikan Fakultas Psikologi UNPAD (http://sarjana.psikologi.unpad.ac.id/kurikulum-pendidikan/)

Profil – Sejarah Fakultas Psikologi UNPAD (https://psikologi.unpad.ac.id/sejarah/)

Program Studi – Informasi Jalur Masuk Fapsi Unpad (https://psikologi.unpad.ac.id/studywithus/)

Syarat Masuk – Sarjana Jalur Mandiri (http://smup.unpad.ac.id/sarjana-jalur-mandiri/) 

Bagikan Artikel Ini!