Olahraga di rumah menyenangkan

10 Rekomendasi Olahraga di Rumah, Efektif Nan Hemat!

Artikel ini membahas berbagai bentuk olahraga di rumah yang mudah dan efektif.

Hai sobat Zenius, kembali lagi bersama gue, Grace! Gimana nih di tengah PPKM yang tak tentu ini? Semoga kalian tetap dalam keadaan baik dan sehat ya sambil menonton serunya Olimpiade 2021 Tokyo di rumah. 

Mungkin beberapa waktu yang lalu lo sempat melihat trend di mana banyak orang yang mulai berusaha menyusun rutinitas dan memperbaiki gaya hidup mereka selama mereka stay di rumah. Ada yang kulitnya semakin bersih dan halus, ada juga yang berhasil menurunkan berat badan agar lebih sehat. Perubahan ini sering juga disebut sebagai ‘glow up’ selama karantina.

Nah, apabila lo juga ingin olahraga di rumah entah untuk menjaga kesehatan atau menurunkan berat badan selama karantina ini, pas banget nih gue akan share beberapa bentuk olahraga di rumah yang simple namun efektif. Langsung aja yuk gas ke rekomendasi yang pertama.

Apakah lo olahraga di rumah?

View Results

Loading ... Loading ...

Ayo kita angkat botol air mineral

Nggak punya barbel di rumah? Ya nggak masalah! Bisa banget kok lo pakai botol air mineral sebagai pengganti barbel. Apabila lo mengangkat satu botol air mineral ukuran satu setengah liter, itu sama dengan mengangkat barbel dengan berat satu setengah kilo lho. Supaya olahraga botol air mineral lo lebih uhuy, nih coba lihat video dari FitFastuk  yang menunjukan variasi gerakan workout dengan botol air mineral. Oh ya, apabila lo merasa dua botol air mineral terlalu besar dan berat, bisa juga kok lo pakai botol air mineral berukuran sedang atau 600ml. Selamat berolahraga bersama botol air mineral!

 

Lagi main HP pun tetap bisa olahraga

Sebelum membaca lebih jauh, gue ingin menegaskan bahwa gue tidak menyarankan bermain HP sambil tiduran. Namun, bila ini adalah hal yang terjadi ya seenggaknya ada baiknya lo main HP sambil melakukan gerakan-gerakan kecil yang dishare oleh Yoga Delights Youtube . Gerakan ini mungkin terlihat simpel namun dapat melatih otot lo yang seringkali terdiam sepi nemenin lo main ZenCore hehe.

 

Nggak cuma botol air mineral, lo bisa olahraga dengan kursi di rumah lho!

Yap, sekarang waktunya kursi yang selama ini nangkring di dekat meja makan lo beraksi. Dengan bantuan kawan setia yang selama ini lo dudukin doang, lo bisa melakukan sepuluh variasi sesuai dengan panduan dari POPSUGAR Fitness YouTube. Namun, lo harus pastikan kursi yang lo pakai  Gimana sobat zenius, terasa banget kan kencangnya otot lo?

 

Lompat tali (Skipping), olahraga di rumah yang efektif untuk seluruh tubuh!

Olahraga di rumah dengan skipping
Dok:Gfycat

Ketika lo lompat tali, pasti berasa banget ya seluruh tubuh lo bergerak. Itu karena kita membutuhkan kombinasi gerakan dari otot bahu, tangan, kaki, serta otot perut untuk melompat. Ada banyak lho manfaat yang bisa lo rasakan dari lompat tali, seperti meningkatkan koordinasi mata, stamina, dan kesehatan jantung. Selain itu, lo juga bisa menghilangkan hingga 1600 kalori dengan lompat tali selama satu jam. Wah mantap banget ya olahraga ini. Jika lo butuh teman lompat tali, kebetulan banget nih ada video dari Holly Dolke yang bisa membuat sesi lompat tali lo terasa lebih menyenangkan.

Suka menari? Coba cardio dance aja pakai lagu favorit lo!

Sekarang gampang banget lho mencari video panduan tari kardio di YouTube sesuai dengan lagu kesukaan lo. Biasanya tarian yang disuguhkan memiliki karakteristik mirip dengan tarian asli lagu tersebut. Namun, gerakan yang dilakukan cenderung lebih repetitif dan tegas serta cukup menguras energi dan tentunya lemak kita. For info, lagu dan gerakan di atas membuat gue berhasil menurunkan dua kilo dalam seminggu atau dua minggu gitu deh. Tapi tentu saja olahraga ini harus dibarengi dengan pola makan yang sehat ya. Oh ya kalo lo demen lagu barat, gue mau merekomendasikan channel Fitness Marshall, gerakannya bisa diikuti dengan seru dan pastinya keringat lo akan mengalir deras dah kayak air terjun Niagara.

 

Variasi naik turun tangga yang impactful

Sebenarnya ketika kita naik turun tangga baik di rumah, di taman, atau di mana pun, bisa dibilang sedang berolah raga. Tapi kita biasanya hanya naik turun tangga sekali-kali saja sesuai dengan kebutuhan sehingga kita tidak memaksimalkan potensi tangga sebagai alat olahraga. Nah video YouTube dari THEDWARDO STYLE menunjukkan lima variasi gerakan yang lo bisa coba nih di tangga rumah atau taman dekat rumah lo. Namun, pastikan tangganya tidak terlalu tinggi dan berbahaya ya. Hati-hati dan selamat berolahraga, sobat Zenius!

 

Kalau nggak ada tangga di rumah, coba tangga lain aja (agility ladder)

Nggak ada tangga di rumah? Atau tangga rumah lo terlalu tinggi dan berbahaya? Nggak masalah! Ada kok tipe “tangga” lain yaitu agility ladder atau tangga ketangkasan yang bisa lo pake untuk olahraga. Ini video yang menunjukkan seperti apa agility ladder dan pemakaiannya.

Keren banget kan? Selain banyak banget variasinya, olahraga ini efektif banget untuk melatih otot dan kelincahan kaki lo. Apabila lo belum punya, lo bisa beli agility ladder di toko online atau membuatnya sendiri. Ini salah satu contoh video pembuatan agility ladder dengan tali dan kardus.

Suka seni bela diri? Coba deh rangkaian olahraga BodyCombat, dijamin seru!

BodyCombat adalah salah satu rangkaian olahraga yang didistribusikan oleh Les Mills International. Olahraga ini menggabungkan berbagai gerakan dari bermacam-macam seni bela diri seperti Muay Thai, Taekwondo, Kung Fu dan Karate. 

Gue sendiri pernah mencoba ikut kelas ini di salah satu gym komersial di Indonesia. Seru banget guys, rasanya jadi semangat banget dan keringat pun mengucur deras. Kalau gue harus mendeskripsikan kelas ini secara singkat, lo akan banyak menggunakan tangan dan kaki lo untuk memperagakan gerakan bela diri tanpa lawan seiring dengan musik. 

Apabila lo penasaran dan ingin mencoba, kebetulan banget nih ada video YouTube dari Les Mills International yang menampilkan salah satu contoh sesi BodyCombat dari pemanasan, aktivitas inti, dan pendinginan. Dicoba ya!

Olahraga sambil rebahan di kasur

Apakah sekarang lo sedang rebahan dikasur? Kalau iya, olahraga ini cocok banget nih buat lo lakuin sekarang juga. Coba deh lo play video YouTube dari SKWAD Fitness di atas. Nah sambil lo rebahan di kasur kesayangan lo, ikuti arahan dari video tersebut. Tadaa~ lo sedang olahraga di atas kasur untuk mengecilkan perut lho. Mantap banget kan? Have a nice time doing sports on your bed, sobat Zenius!

Last but not least, yoga bagus banget lho untuk postur tubuh dan ketenangan pikiran

olahraga di rumah yoga

Yoga itu sebenarnya ada banyak macam gaya gerakannya seperti Ashtanga, Yin, Hatha, Vinyasa,  dan masih banyak lagi. Perbedaannya terletak pada fokus dan bentuk gerakan yang dilakukan. Jika lo masih baru dengan dunia Yoga dan ingin mencicipi manfaat gerakan Yoga di rumah, gue merekomendasikan video YouTube yoga dasar dari SKWAD Fitness khusus buat lo. Nanti bila lo sudah lebih familiar dengan gerakan yoga, lo bisa mencari tahu lebih lanjut tentang variasi yoga yang lebih cocok dengan tujuan lo. Yoga tidak hanya melatih fleksibilitas dan kekuatan otot, namun juga memberikan ketenangan pikiran. Cocok banget buat olahraga di tengah pandemi yang kadang membuat stres ini.

*****

Nah sobat Zenius, itulah beberapa olahraga di rumah yang bisa lo lakukan selama PPKM ini. Gimana? Ada nggak olahraga di rumah yang akan atau sedang lo lakukan? Anyway, sampai di sini dulu ya pembahasan tentang olahraga di rumah. Kalau lo punya saran, pernyataan, atau pertanyaan, jangan ragu untuk komen di kolom komentar, ciao!

 

Baca juga: 5 Manfaat Bersepeda Tiap Hari, Berapa Kalori Terbakar?

 

Referensi

Beirne, G. 2014. Yoga: a beginner’s guide to the different styles. Diakses pada 27 Juli 2021 pada laman https://www.theguardian.com/lifeandstyle/2014/jan/10/yoga-beginners-guide-different-styles 

Frey, M. 2020. How to Use an Agility Ladder. Diakses pada  27 Juli 2021 pada laman https://www.verywellfit.com/how-to-use-an-agility-ladder-techniques-benefits-variations-4795800 

Mehta, Kriti.(2020). WHO recommends jumping rope during COVID-19 outbreak: 10 benefits of skipping your way to good health. Diakses pada 27 Juli 2021 pada laman https://www.timesnownews.com/health/article/who-recommends-jumping-rope-during-covid-19-outbreak-10-benefits-of-skipping-your-way-to-good-mental-and-physical-health/580686

Wikipedia. 2021(update). BodyCombat. Diambil pada 28 Juli 2021 pada laman https://id.wikipedia.org/wiki/BodyCombat