Contoh Soal dan Pembahasan UM UGM – FISIKA

UM UGM FISIKA

Hai, Sobat Zenius! Siapa nih yang kampus impiannya adalah Universitas Gadjah Mada (UGM)? Pasti banyak banget di antara elo yang pengen banget bisa masuk ke salah satu perguruan tinggi favorit di Indonesia ini, kan?!

Yap, kampus yang letaknya di Kota Pelajar ini, emang punya daya tarik yang luar biasa buat para calon mahasiswa. Jadi, nggak heran dong kalau banyak banget peminatnya? Salah satunya pasti elo kan? 

Tapi, kalau peminatnya banyak, berarti saingannya juga banyak dong? Yap, bener banget. Kalau kayak gitu, tentunya elo harus udah mulai persiapan dong untuk menghadapi UM UGM tahun 2022 ini? Sudah sampai mana nih persiapan elo? Duh, jangan sampai nggak ada persiapan apa-apa ya!

Nah, kali ini gue akan coba bantu elo untuk mempersiapkan diri menghadapi UM UGM nanti. Di artikel ini, gue akan ngasih elo contoh soal dan pembahasan materi Fisika untuk UM UGM. Yuk, baca artikel ini sampai habis ya!

Alt: Ilustrasi Mahasiswa UM UGM
Mahasiswa UGM (Dok. ugm.ac.id)

Baca Juga: Tips Masuk, Seleksi, & Info Kuliah di Fakultas Psikologi UGM

Materi UM UGM – Fisika 

Sebelum masuk ke contoh-contoh soalnya, ada baiknya elo tahu dulu nih mata pelajaran apa saja yang nanti kemungkinan bakal keluar di soal-soal UM UGM. Nah, untuk saintek, elo akan dihadapkan dengan soal untuk mata pelajaran seperti  Biologi, Kimia, Fisika dan Matematika. Persebarannya kurang lebih sebagai berikut: 

  • Biologi: sel, sistem organ tubuh manusia, metabolisme sel, ekologi, bioteknologi
  • Kimia: hidrokarbon, struktur atom, termokimia, larutan asam-basa 
  • Fisika: zat dan kalor, mekanika, fluida, listrik
  • Matematika: matriks, integral, dimensi tiga, trigonometri, peluang

Nah, kali ini kita akan bahasa soal-soal UM UGM mata pelajaran Fisik. Yuk, simak terus ya!

Alt: Ilustrasi Balairung UM UGM
Balairung UGM (Dok. ugm.ac.id)

Baca Juga: Kumpulan Contoh Soal UTUL UGM Soshum dan Pembahasan 

Contoh Soal UM UGM – Fisika

Soal 1

Berikut ini merupakan berbagai pengamatan mengenai fenomena-fenomena yang berkaitan dengan kalor sebagai energi, KECUALI….

A. tinggi permukaan air yang mendidih di dalam panci berangsur-angsur berkurang

B. zat cair dapat dipanaskan menggunakan sebuah ketel bersumber tenaga listrik

C. es batu yang diletakkan di luar lemari pendingin pada hari yang panas lama-kelamaan akan mencair

D. semua pilihan di atas merupakan fenomena-fenomena yang berkaitan dengan kalor

E. tidak ada pilihan di atas yang merupakan fenomena-fenomena yang berkaitan dengan kalor

Pembahasan dan Jawaban:

Untuk menjawab soal di atas, terlebih dulu kita harus tahu nih, apa sih kalor itu? Nah, masih inget nggak kalor itu apa? Yap, kalor merupakan energi yang berpindah dari benda bersuhu tinggi ke benda dengan suhu yang lebih rendah

Soal di atas membahas tentang fenomena-fenomena yang berkaitan dengan kalor, namun terdapat kata kecuali, sehingga kita harus mencari pilihan jawaban yang tidak berhubungan dengan kalor. 

Manakah di antara pilihan jawaban tersebut yang tidak berhubungan dengan kalor? Yuk kenali dulu karakteristik kalor sebagai salah satu bentuk energi. 

Sebagai salah satu bentuk energi, kalor dapat:

  • Dikonversi dari atau menjadi bentuk energi yang lain (misalnya energi listrik dan mekanik)
  • Mengubah suhu suatu objek
  • Mengubah wujud suatu objek (umumnya tidak diiringi dengan perubahan suhu ketika perubahan wujud berlangsung)

Dilihat dari karakteristik tersebut, maka fenomena yang ada pada pilihan jawaban A, B, dan C dapat disimpulkan sebagai fenomena-fenomena yang masih berhubungan dengan kalor. Sehingga jawaban dari soal tersebut yang tepat adalah D. semua pilihan di atas merupakan fenomena-fenomena yang berkaitan dengan kalor.

Soal 2

Suatu benda mula-mula netral, lalu benda tersebut kehilangan 80 buah elektron. Setelah kehilangan elektron, muatan benda itu menjadi…. Contoh Soal dan Pembahasan UM UGM - FISIKA 89

A. -80 Coulomb

B. +80 Coulomb

C. -80e Coulomb

D. +80e Coulomb

E. tetap netral

Pembahasan dan Jawaban: 

Sebuah benda netral yang kehilangan elektron, maka benda itu akan mengalami kekurangan elektron atau bisa disebut bermuatan positif. Maka besar muatan benda adalah :

80×−e=+80e Coulomb

e = muatan elektron

Sehingga jawaban yang benar adalah D. +80e Coulomb

Soal 3

Penjelasan paling tepat mengenai fenomena listrik statis seperti terjadinya petir atau tertariknya potongan-potongan kertas kecil ke arah sebuah penggaris plastik yang baru digosok dengan rambut atau kain di antara pilihan-pilihan berikut adalah….

A. terjadi perpindahan muatan antara kedua objek sehingga salah satu obyek mengalami kelebihan muatan positif dan sebaliknya pada obyek yang lain

B. terjadi perpindahan muatan antara kedua objek sehingga kedua obyek mengalami keseimbangan muatan positif dan negatif

C. terjadi perpindahan muatan antara kedua objek sehingga kedua obyek mengalami polarisasi dengan sisi bermuatan positif salah satu objek berdekatan dengan sisi bermuatan negatif obyek yang lain

D. opsi 1 dan 3

E. opsi 2 dan 3

Pembahasan dan Jawaban:

Soal di atas membahas mengenai listrik statis. Apa sih listrik statis itu?

Listrik statis merupakan suatu fenomena listrik yang ditimbulkan ketika partikel bermuatan ditransfer dari satu benda ke benda lain. Perpindahan muatan ini terjadi karena adanya dua buah benda yang saling bergesekan.

Peristiwa induksi listrik statis terjadi antara dua objek yang bersentuhan atau bergesekan sehingga mengakibatkan: 

  • Terjadi polarisasi muatan pada masing-masing objek sehingga konsentrasi muatan positif pada salah satu objek berdekatan dengan konsentrasi muatan negatif pada objek lainnya.
  • Terjadi perpindahan muatan antara dua objek sehingga salah satu objek menjadi kelebihan muatan negatif dan sebaliknya untuk obyek yang lain.

Sehingga jawaban yang tepat ditunjukkan oleh D. opsi 1 dan 3

Nah, biar makin paham konsepnya, elo bisa tonton video pembelajarannya di sini ya!

Soal 4

Sebuah teleskop memiliki perbesaran sebesar 20 kali untuk mata yang tidak berakomodasi. Jika panjang teleskop 84 cm, maka panjang fokus lensa objektif adalah ….

A. 78 cm

B. 75 cm

C. 72 cm

D. 64 cm

E. 80 cm

Pembahasan dan Jawaban: 

Diketahui: 

M= 20 kali

d = 84 cm 

Ditanya: 

Fob = ….

Penyelesaian:

M = Fob/Fok

Fob = 20.Fok

d = Fob + Fok

84 = 20.Fok + Fok

84 = 21.Fok

Fok = 84/21 = 4

Sehingga 

Fob = 20.Fok

Fob = 20.4

Fob = 80

Sehingga jawaban yang tepat adalah E. 80 cm 

Soal 5

Sebuah bola bermassa m dijatuhkan dari ketinggian H tanpa kecepatan awal di daerah bermedan gravitasi g. Setelah sampai di permukaan tanah bola tersebut mempunyai energi sebesar E. Maka hubungan yang tepat adalah ….

A. Contoh Soal dan Pembahasan UM UGM - FISIKA 90

B. Contoh Soal dan Pembahasan UM UGM - FISIKA 91

C. Contoh Soal dan Pembahasan UM UGM - FISIKA 92

D. Contoh Soal dan Pembahasan UM UGM - FISIKA 93

E. Contoh Soal dan Pembahasan UM UGM - FISIKA 94

Pembahasan dan Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah

D. EmgH

Besar energi benda ketika tepat akan menyentuh tanah bisa sama dengan energi awal benda (energi potensial benda), jika tidak ada gaya gesek udara yang bekerja. Namun jika ada gaya gesek udara yang bekerja, maka energi saat benda tepat akan menyentuh tanah akan lebih kecil dari energi awal benda (energi potensial benda).

Biar elo makin paham, elo bisa tonton video pembelajaran tentang materi energi ini, di sini ya!

Soal 6

Hukum kekekalan energi menyatakan bahwa energi itu kekal, tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, tetapi dapat berubah bentuk dari satu bentuk energi ke bentuk energi lainnya. Pada setrika  terjadi perubahan energi dari ….

A. panas menjadi listrik

B. listrik menjadi panas

C. listrik menjadi bunyi

D. listrik menjadi gerak

E. listrik menjadi angin

Cara kerja setrika listrik adalah dengan cara mengubah energi listrik yang masuk pada setrika menjadi energi panas. Sehingga jawabannya adalah B. listrik menjadi panas.

Soal 7

Sebuah kawat berdiameter 10 mm dan mempunyai panjang awal 1 meter ditarik dengan gaya 314 Newton hingga panjang tali berubah menjadi 1,03 meter. Besar tegangan yang dialami oleh kawat adalah …. N/m2

Pilihan Jawaban:

A. 106

B. 2 x 106

C. 3 x 106

D. 4 x 106

E. 5 x 106

Diketahui:

Diameter kawat d = 10 mm = 10-2 m

Gaya tarik kawat F= 314 N

Ditanya: Tegangan kawat

Cari luas penampang kawat dengan persamaan luas lingkaran

Contoh Soal dan Pembahasan UM UGM - FISIKA 95

Soal 8

Sebuah kawat berdiameter 10 mm dan mempunyai panjang awal 1 meter ditarik dengan gaya 314 Newton hingga panjang tali berubah menjadi 1,03 meter. Besar regangan yang dialami oleh kawat adalah …. 

A. 0,03

B. 0,3

C. 1,3

D. 1,03

E. 0,01

Diketahui:

Panjang kawat mula-mula Contoh Soal dan Pembahasan UM UGM - FISIKA 96

Panjang kawat setelah ditarik oleh gaya Contoh Soal dan Pembahasan UM UGM - FISIKA 97

Ditanya : regangan tarik yang dialami kawat 

Cari perubahan panjang

Contoh Soal dan Pembahasan UM UGM - FISIKA 98

Soal 9

Akibat terjadinya polusi udara yang dihasilkan oleh pembakaran energi fosil salah satunya terjadi hujan asam. Hujan asam terjadi akibat ….

A. bercampurnya air hujan dengan gas karbon dioksida

B. bercampurnya air hujan dengan gas karbon monoksida

C. bercampurnya air hujan dengan debu sisa pembakaran

D. bercampurnya air hujan dengan gas sulfur oksida dan nitrogen oksida

E. bercampurnya air hujan dengan logam hasil pembakaran

Penyebab terjadinya hujan asam adalah bercampurnya air hujan dengan gas sulfur oksida dan nitrogen oksida. Sehingga jawaban yang tepat adalah D. bercampurnya air hujan dengan gas sulfur oksida dan nitrogen oksida. 

Alt: Materi UM UGM
Hujan Asam (Dok. Wikimedia Commons)

Soal 10

Sebuah silinder homogen bermassa M berjari R menggelinding tanpa selip turun dari ketinggian h pada sebuah bidang miring dengan sudut kemiringan a. Momentum sudut silinder terhadap sumbu pusat massanya setelah mencapai dasar bidang miring adalah…

soal saintek um ugm

Pembahasan: 

soal saintek utul ugm
soal saintek utul ugm

Oke deh, itu tadi beberapa contoh soal dan pembahasan untuk UM UGM. Gimana? Udah ada bayangan dong sekarang? Atau masih kurang? Tenang aja dong, elo masih bisa belajar dari latihan soal yang lain dengan klik banner di bawah ini!

Contoh Soal dan Pembahasan UM UGM - FISIKA 99

Jangan lupa asah pemahaman konsep elo dengan nonton live class dari Zenius yang bakal bikin elo makin paham konsep!

Biar persiapan elo makin mantap, Zenius juga punya fitur spesial nih yang bisa bantu fundamental konsep elo makin mantap buat persiapan UM UGM nanti. 

Fitur spesial ini adalah Zencore. Melalui fitur ini, elo bisa banget menutupi kekurangan fundamental konsep. Kenapa? Karena kemampuan fundamental konsep yang kuat itu sangat penting dalam mengikuti UM UGM. 

Sip deh, good luck guys!

Baca Juga: UM UGM – Cara Daftar dan Syarat UTUL UGM 

Cerita Sukses Andri Lolos SBMPTN UGM & Mendirikan 3 Startup

Bagikan Artikel Ini!