job application letter

Job Application Letter – Materi Bahasa Inggris Kelas 12

Materi Bahasa Inggris kelas 12 dan Gap Year ini membahas cara membuat job application letter, cover letter, dan curriculum vitae, beserta contoh soal dan pembahasan.

Halo Sobat Zenius! Apa kabar? Di artikel Materi Bahasa Inggris ini, gue mau ngajak elo ngebahas tentang materi job application letter kelas 12 nih, mulai dari pengertian, konsep sampai struktur dan contohnya. Yuk baca artikel ini sampai selesai!

Bicara soal struktur application letter, gue punya cerita menarik nih tentang job application bagaimana gue bisa jadi content writer di Zenius. Singkatnya begini guys, gue lulus kuliah pada tahun 2019. Setelah lulus, gue langsung jadi ‘pengacara’. Acara gue ya…ngelamar kerja ke sana kemari. Hehehe.

Sampai suatu ketika, gue lihat informasi tentang lowongan kerja sebagai content writer di Zenius. Langsung aja deh gue kirim job application letter sesuai persyaratan yang diminta. Waktu itu, gue ngelamar Zenius di aplikasi pencari kerja bernama Kalibrr.

Contoh situs untuk job application letter.
Halaman utama Kalibrr.

Setelah bikin akun, gue mulai mengisi data diri, kontak, riwayat pendidikan sampai Curriculum Vitae (CV) yang gue jadiin satu sesuai struktur job application letter. Setelah semua data sudah lengkap, gue klik tulisan ‘Apply’ di bagian bawah lowongan kerja. 

Muncullah beberapa dokumen yang perlu di-upload dan sudah ready, seperti job application letter, cover letter dan curriculum vitae. 

Gue klik “Submit Application”, selesai deh…tinggal nunggu tanggapan dari Zenius.

Akhirnya gue jadi penulis konten yang lagi elo baca ini! :”) Tentunya, kelolosan gue juga bergantung pada usaha gue dalam memaksimalkan job application letter, cover letter dan curriculum vitae yang dibutuhkan.

Nah, buat Sobat Zenius, di artikel ini gue mau nge-share struktur application letter, sampai contoh soal dan pembahasan yang ada di materi surat lamaran Bahasa Inggris kelas 12. Eits, tapi sebelum lebih jauh, nggak ada salahnya kalau elo yang belum punya aplikasi Zenius, buat download app Zenius yuk. Langsung klik aja banner yang ada di bawah ini ya guys!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Perbedaan Cover Letter dan Job Application Letter

Sebelum gue kasih tau apa itu job application letter, elo perlu tau dulu nih apa perbedaan cover letter dan application letter?

Sebenarnya, job application letter dan cover letter beda tipis sih. Secara struktur, nggak ada yang beda. Isi job application letter adalah perkenalan, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan achievements. 

Cuma, cover letter menjabarkan secara singkat. Sementara itu, bagian-bagian application letter lebih menjelaskan secara rinci.

Fungsi application letter untuk menerangkan tentang skills, pengalaman kerja, dan tanggung jawab dari pekerjaan sebelumnya secara terperinci.

Intinya, isi body cover letter lebih singkat, sedangkan job application letter lebih rinci.

cta kuis zenius karir yang cocok
Klik banner di atas!

Struktur Job Application Letter

Struktur job application letter sebenarnya nggak jauh beda dari cover letter. Berdasarkan materi application letter kelas 12, berikut struktur surat lamaran yang benar, antara lain:

  1. Opening
  • Applicant information, yaitu informasi dasar pengirim surat. Isinya berupa nama lengkap, kontak, dan alamat.
  • Date, yakni tanggal berapa nulis surat.
  • Recipient information, yaitu informasi mengenai penerima surat. Isinya berupa nama penerima, posisinya di perusahaan, nama perusahaan, alamat perusahaan, dan kontak perusahaan.
  • Greetings, yakni berupa salam kepada penerima surat. Bisa menyapa dengan “Dear, Ms…”
  1. Body
  • Introduction. Isi dengan nama lengkap, posisi saat ini sebagai apa (fresh graduate atau kerja), posisi apa yang dilamar, dan dari mana mendapat info loker tersebut.
  • Self promotion. Saatnya mempromosikan diri sebagai kandidat yang cocok buat posisi tersebut. Bagian ini terdiri dari:
    • Skills. Sebutin apa aja kemampuan yang punya selama bekerja atau berorganisasi.
    • Achievements. Tulis pencapaian yang pernah diraih, tapi nggak usah muluk-muluk. Cukup ceritain rintangan yang pernah dihadapi di organisasi atau pekerjaan sebelumnya, dan bagaimana mengatasinya. Tulis juga paling doing the best dalam hal apa.
    • Experience. Tulis pengalaman kerja atau organisasi yang pernah dijalani sebelumnya.
    • Value to the company. Jabarin apa yang bisa kasih ke perusahaan buat mencapai tujuan. Poin ini bisa bikin perusahaan tertarik sama lamaran kerja.
  • Conclusion. Pada bagian ini, tulis kesimpulan dari apa yang diinginkan dari penulisan job application letter tersebut. Conclusion terdiri dari:
    • Expectations. Tutup surat dengan mengatakan ekspektasi pada perusahaan yang dilamar. Berharap agar dikontak balik buat lanjut tahap selanjutnya.
    • Willingness to work. Tunjukkan kemauan buat berdedikasi di perusahaan tersebut.
  • Closing. Ini jadi bagian paling bawah dalam surat. Dalam closing, elo perlu ngasih:
    • Sign off. Bisa nulis “Sincerely,” atau “Yours sincerely”.
    • Signature. Tulis tanda tangan di bawah sign off. Setelah itu, tulis nama terang di bawah tanda tangan.
    • Attachments. Setelah semua yang gue tulis di atas beres, lampirkan CV melalui attachments buat dikirim ke perusahaan.

Biar makin paham, elo bisa lihat contoh job application letter yang utuh di bawah ini:

Jakarta, August 20, 2021

Subject: Application for Employment

Attention To
Head of HRD
Zenius Education

Jl. Kuningan Raya No. 18
Jakarta

Dear Sir/Madam,

I am writing to apply for the position of SEO Writer which your company has advertised on Kalibr. Through the skills and experiences listed below, I believe to be a strong candidate for this job.

Having professional and academic experience in creative writings and media, I am able to create articles considering SEO and human friendliness.

I’m a Bachelor of Communication graduate from London School of Public Relation, Jakarta, Indonesia, specialized in Creative Media & Writings.

I am a fresh graduate. Even though I just graduated, I am able to learn new things quickly, of course with an enthusiasm of working in a field that I love. I am growth minded too.

I hope I meet the expectation to be a candidate for this job. For further questions, please feel free to contact me on 0812 111 111. Thank you for your time. I look forward to hearing from you soon.

Sincerely,

(Signature)

Arieni Mayesha

Catatan: Isi job application letter sesuai kebutuhan posisi yang dilamar dan pengalaman asli elo. Ingat, kalau bikin surat yang lebih ke perkenalan, bisa menggunakan cover letter. Kalau memang niatnya mau nonjolin skills dan achievements, elo menggunakan job application letter. Jadi, gunakan surat sesuai kebutuhan berkasnya.

Kemajuan teknologi bikin cara melamar kerja jadi berubah. Kalau dulu nih, orang-orang kudu capek-capek pergi naik bis, jalan ke sana kemari, ngedatengin perusahaan-perusahaan buat ngelamar kerja.

Generasi sekarang udah disediain fasilitas berupa teknologi. Kalau mau ngelamar kerja, tinggal download aplikasi pencari kerja, milih lowongan posisi yang lagi dibuka, apply lamaran, dan tinggal klik ‘Send’. Selesai deh, elo udah resmi ngelamar kerja tanpa harus capek-capek pergi ke sana kemari dan berkeringat.

Selain melalui cara di atas, bisa juga nyari lowongan pekerjaan melalui situs resmi perusahaan yang diincar. 

Biasanya, kalau lagi buka lowongan kerja, perusahaan bakal nampilin posisi yang lagi dibuka di situs resmi bahkan akun media sosial resminya. Info lowongan tersebut udah termasuk syarat yang dibutuhkan, deskripsi pekerjaan, dan ke email mana lamaran harus dikirim.

Kali ini, gue bakal jelasin cara membuat application letter dalam bahasa Inggris melalui email. Gue kasih dulu blank space buat gambaran ya.

job application letter. Contoh email berisi lamaran kerja.
Kolom yang perlu diisi ketika melamar kerja via email. (Arsip Zenius Education)

Nah, elo pasti bakal menghadapi tampilan kayak gini ketika akan mengirim email. 

Terus, gimana caranya nulis job application letter via email? Soalnya, elo nggak mungkin cuma ngirim berkasnya doang, tanpa ngisi body email. 

Gue kasih tahu nih cara membuat application letter dalam bahasa Inggris:

  1. Isi kolom ‘To’ dengan email penerima. Ketika menemukan info lowongan kerja, kan udah disebutin tuh, email lamarannya dikirim ke mana. Biasanya, alamat email yang dicantumkan adalah alamat email HRD atau pimpinan perusahaan. Isi kolom ‘To’ dengan alamat email tersebut.
  2. Ingat untuk mengisi subject. Isi subject harus nyambung dengan konteks email yang akan dikirim. Isi subject-nya dengan format: Nama Lengkap – Posisi yang dilamar. 
  3. Isi body email. Wajib hukumnya untuk mengisi body email. Isi dengan struktur job application letter sebagai berikut:
  • Greetings. Buka dengan menyapa penerima e-mail. Misalnya, kalau ingin ngelamar jadi tutor Bahasa Inggris di Zenius Education, tapi nggak tahu nama spesifik HRD-nya, bisa nulis, “Dear HR of Zenius Education,”. Ingat, akhiri dengan koma ya, bukan titik.
  • Introduction. Kenalin diri, dan kasih tahu dapat info lowongan itu dari mana.

Contoh: My name is Cinta Sendiriwati and I discovered that Zenius Education is currently searching for an English Tutor from jobex.id.

  • Short background. Kasih tahu posisi sekarang jadi apa, dan ceritakan secara singkat tentang riwayat pendidikan dan pengalaman kerja, kalau sudah pernah kerja.

Contoh: I am interested in applying for this position. I possess a bachelor degree in English Education and have been teaching in a school for two years.

  • Conclusion. Kasih tahu kalau sudah ngelampirin berkas-berkas yang dibutuhkan.

Contoh: Hereby I have attached my resume and certificates below to prove my capabilities. Thank you for your consideration.

  • Sign off. Tulis dengan ‘Sincerely,’. Cantumkan nama di bawahnya, ya.

Kalau digabung secara utuh, struktur job application letter di atas jadi kayak gini:

Contoh job application letter lewat email.
Job application letter email. (Arsip Zenius Education)

Catatan: Job application letter email emang lebih singkat dibandingkan job application letter atau cover letter. 

Soalnya, poin-poin penjabarannya udah ada di cover letter atau job application letter yang dilampirkan di email

Jadi, apa yang ditulis di badan email ini cuma jadi pengantar singkat aja buat ngasih tahu alasan kenapa ngirim email tersebut.

Baca Juga: Making Requests, Accepting and Declining – Bahasa Inggris Kelas 12

Contoh Soal Application Letter

Tadi kita udah belajar banyak tentang job application letter bahasa Inggris

Sekarang, saatnya uji pengetahuan elo dengan menjawab latihan soal application letter berikut:

Dear Mr. Amiruddin,

I read your ad regarding a vacancy for an English Teacher. I would be glad to apply for the role.

Teaching has always been my passion, and I have always been great with students. I have been a teacher at Sun and Moon School for 5 years. I have also taught class VI and VII for 2 years earlier. …

(1)

I have attached my resume for your consideration, and request you to consider my application for the role. If you find it suitable, please feel free to contact me at the below mentioned contact details.

Thank you.

Yours sincerely,

Alvin Alamsyah

Please fill the blank with a proper self promotion!

A. I might not have much experience, but I know I’m suitable for this position.

B. I’m confident that my qualifications and experience match your requirements.

C. Teaching isn’t really my passion but I know my qualification will meet your criteria.

D. I’m pretty sure that my qualification will match your criteria even though I have little experience with teaching.

E. It is important for me to inform you that my education is different from the one mentioned in the requirement.

Menurut elo, apa jawabannya?

Pembahasan

Soal di atas merupakan contoh job application letter. Nama pelamarnya adalah Alvin Alamsyah. Alvin bermaksud buat ngelamar kerja sebagai guru Bahasa Inggris di tempat Mr. Amiruddin.

Dalam job application letter yang udah dibikin, Alvin menjabarkan passion-nya dalam mengajar anak-anak. 

Dia juga menuliskan pengalaman kerjanya sebagai guru di Sun and Moon School selama lima tahun. Sebelum ngajar di Sun and Moon School, Alvin pernah ngajar siswa kelas VI dan VII selama dua tahun. 

Selanjutnya, elo perlu mengisi bagian yang rumpang, berupa self promotion Alvin.

Namanya aja promosi kan, jadi Alvin perlu menuliskan hal baik tentang dirinya yang relevan dengan posisi yang dilamar, biar Mr. Amiruddin tertarik buat menerima lamarannya. Kita lihat satu per satu jawabannya:

A. I might not have much experience, but I know I’m suitable for this position.

Alvin ngerasa nggak punya banyak pengalaman, tapi dia pantang mundur aja buat ngelamar posisi sebagai guru Bahasa Inggris. Jawaban ini nggak meyakinkan banget, karena Alvin nggak menunjukkan kelebihan yang dia miliki. Bahkan dia ngaku kalau nggak punya banyak pengalaman. So, opsi A salah.

B. I’m confident that my qualifications and experience match your requirements.

Alvin merasa percaya diri kalau kualifikasi dan pengalamannya cocok dengan apa yang dibutuhkan perusahaan. Jawaban ini bersifat positif, karena Alvin yakin bahwa dirinya adalah kandidat yang tepat. Kita keep dulu opsi B.

C. Teaching isn’t really my passion but I know my qualification will meet your criteria.

Alvin mengaku dirinya sesuai kriteria yang dibutuhkan, tapi ngomong kalau mengajar bukanlah passion-nya. Pernyataan ini kontradiktif, karena di dalam surat yang dia tulis, Alvin menjelaskan bahwa dirinya punya passion dalam mengajar. So, opsi C salah.

D. I’m pretty sure that my qualification will match your criteria even though I have little experience with teaching.

Kalimat ini maknanya sama dengan opsi A, kalau Alvin mengakui dirinya nggak banyak pengalaman. Sedangkan, perusahaan nyari orang yang berpengalaman. Jadi, opsi D bukan jawaban yang benar.

E. It is important for me to inform you that my education is different from the one mentioned in the requirement.

Biasanya, lowongan kerja untuk posisi guru akan membutuhkan orang yang latar belakang pendidikannya sesuai dengan posisi tersebut. Sedangkan, jawaban ini menunjukkan kalau Alvin punya latar belakang pendidikan yang beda dari kriteria yang dibutuhkan. Oleh karena itu, opsi E salah.

Jadi, jawaban yang benar adalah B. I’m confident that my qualifications and experience match your requirements.

Baca Juga: Direct and Indirect Speech – Bahasa Inggris Kelas 12

Finally, itu dia pembahasan tentang materi job application letter kelas 12, mulai dari struktur application letter, sampai tips memasukkan skills dan cara agar email dilirik recruiter. Nah, buat Sobat Zenius yang ingin ningkatin nilai rapor dan makin paham semua materi pelajaran kelas 10, 11, 12, elo bisa bergabung dengan paket Aktiva Sekolah Zenius lho.

Di paket Aktiva Sekolah, elo bisa dapetin akses ribuan video belajar premium, live class, try out, rangkuman materi hingga latihan soal yang intensif. Jadi bisa banget elo manfaatin buat ningkatin nilai rapor dan pemahaman untuk semua materi belajar SMA. Yuk, langsung aja klik informasi lengkapnya pada banner di bawah ini, sekarang!

Langganan Zenius

Nah, buat elo yang mau memperdalam materi application letter kelas 12, setelah download aplikasi Zenius buat akses materi beserta soal, jangan lupa klik banner video materi belajar di bawah ini ya!

Pelajari materi Bahasa Inggris di video materi belajar Zenius

Baca Juga: Offering Help and Responding – Materi Bahasa Inggris Kelas 12

Originally published: December 3, 2021
Updated by: Arieni Mayesha & Rizaldi Abror

Bagikan Artikel Ini!