Informasi kuliah di FKIP UNS.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP UNS) – Daftar Jurusan dan Daya Tampungnya

Hai, Sobat Zenius!

Kita bakal membahas jurusan di FKIP UNS, nih. Sebelum ngomongin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Surakarta, gue pengin nanya dulu, dong.

Sebenernya, apa motivasi elo sehingga memutuskan untuk mendaftar di fakultas ini? Motivasi ini sumbernya bisa banyak, ya, entah itu dari diri sendiri, keluarga, teman, atau mungkin kondisi pendidikan di Indonesia.

Jadi, apakah elo sudah menentukan alasan mendaftar di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), khususnya di Universitas Sebelas Maret (UNS)?

Kalau elo adalah penggemar drama Korea, ada salah satu series yang bisa menggambarkan gimana sebenernya profesi menjadi seorang guru. Dari series tersebut, elo mungkin bisa kebayang tentang dinamika yang dihadapi oleh profesi ini.

Ini adalah series yang gue maksud.

God of Study adalah series tentang guru di Korea Selatan.
Series Tentang Guru, God of Study (2010) (Sumber. IMDb)

Di series yang berjudul God of Study (2010) ini, kita bakal mengikuti kehidupan Kang Seok-Ho  sebagai pengacara sepi job dan mantan anggota geng motor. Tapi, dia dapet tanggung jawab mengajar lima murid badung di SMA Byeong-Mun.

Nggak sampai di situ doang. SMA Byeong-Mun juga terkenal punya akreditasi rendah. 

Oleh karena itu, Kang Seok-Ho dapet misi yang kayaknya mustahil: bikin kelima murid yang bermasalah itu lolos ujian masuk perguruan tinggi bergengsi. Tujuannya lainnya, sih, supaya  meningkatkan reputasi sekolah yang awalnya dinilai jelek oleh lingkungan sekitar.

Dari cerita tersebut, apakah elo udah tergambar tentang motivasi Kang Seok-Ho dalam mengajar siswa-siswinya?

Kalau elo belum pernah menonton series itu, gue saranin elo untuk nonton. Selain bisa tahu tentang gimana perjuangan seorang guru, elo juga bakalan dapat motivasi untuk tembus masuk ke perguruan tinggi yang elo impikan.

Ngomong-ngomong, gimana dengan motivasi elo untuk mendaftar di jurusan keguruan?

Kalau begitu, kita langsung aja berkenalan dengan jurusan di FKIP UNS! 

Ilustrasi tentang FKIP UNS.
Ilustrasi FKIP UNS (Arsip Zenius)

Berkenalan dengan FKIP UNS

FKIP UNS memiliki sejarah yang cukup panjang dan berkaitan dengan terbentuknya Universitas Sebelas Maret (UNS).

Awalnya, UNS masih bernama Universitas Gabungan Surakarta dan terdiri dari penggabungan beberapa perguruan tinggi, yaitu IKIP negeri Surakarta, STO Negeri Surakarta, Akademi Administrasi Niaga (AAN) Surakarta, dan Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional Veteran (PTPN) Cabang Surakarta.

Pada tahun 1976, terbentuklah Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret (UNS Sebelas Maret) yang isinya merupakan penggabungan berbagai perguruan tinggi yang udah gue jelasin di atas. Dalam perjalanannya, kampus ini ditetapkan sebagai Universitas Sebelas Maret yang disingkat UNS pada tahun 1982.

Nah, gabungan beberapa kampus tadi, yaitu IKIP Negeri Surakarta dan STO Negeri Surakarta, kemudian menjadi Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan. Pada tahun 1982, dua fakultas tersebut bergabung menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo
Klik banner di atas untuk cek kampus yang

Elo mau mampir ke kampusnya nggak, nih? Tinggal dateng aja ke Gedung FKIP Universitas Negeri Surakarta di Jalan Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta, Jawa Tengah. Barangkali buat calon mahasiswa perantauan mau cari kosan terdekat, kan.

Baca Juga: SPMB UNS 2022: Pendaftaran dan Jadwal Lengkap

Jurusan di FKIP UNS

Waktu menelusuri pilihan jurusan di FKIP Universitas Negeri Surakarta, gue takjub banget. Ternyata, fakultas ini punya sampai 24 pilihan jurusan! Siap-siap bingung memilih, ya, hehehe.

Tapi, kalau elo udah tahu tujuan karier elo apa, pastinya pilihan elo bakal lebih terarah, sih. Jadi, sesuaikan aja dengan minat elo, ya. 

Elo bisa memilih salah satu jurusan yang punya spesialisasi di pelajaran tertentu. Ke-24 jurusan yang ada di FKIP UNS seluruhnya termasuk dalam jenjang sarjana (S1). 

Berikut ini adalah daftar jurusan di FKIP UNS yang bisa elo pilih.

Jurusan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS.
24 Jurusan di FKIP UNS (Arsip Zenius)

Karena FKIP UNS memiliki jurusan yang banyak, hal ini perlu elo perhatikan baik-baik. Bukan hanya tentang spesialisasi pelajaran mana yang paling elo suka. Selanjutnya yang perlu elo pikirkan, apa pengaruh pilihan elo itu terhadap prospek kerja elo di masa depan?

Kayak yang tadi gue bilang, pilihan elo bakal lebih terarah kalau elo udah yakin tujuan karier elo apa. Daripada bingung prospek kerja apa aja yang bisa elo dapatkan selepas lulus dari FKIP UNS nanti, kita bahas langsung di bawah ini, ya!

Baca Juga: Memaknai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Pentingnya Pendidikan –  Zenius untuk Guru

Gelar dan Prospek Kerja Lulusan FKIP UNS

Setelah berhasil menamatkan studi di FKIP UNS, elo berhak atas gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.). Meski setiap jurusan di FKIP UNS akan mendapatkan gelar yang sama, tetapi pemilihan jurusan juga akan memengaruhi prospek kerja elo di masa depan.

Umumnya, mungkin elo udah tahu kalau salah satu prospek kerja lulusan keguruan adalah menjadi tenaga pengajar dan pendidik di SD, SMP, dan SMA.

Namun, selain memiliki prospek kerja seperti yang udah gue jelaskan sebelumnya, gelar yang elo dapetin ini juga memiliki berbagai prospek kerja lain. Ada profesi lain, lho, yang masih relate dengan dunia pendidikan.

Misalnya, elo lulusan dari Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, elo bisa mencoba berkarier di perusahaan manufaktur. Namanya perusahaan manufaktur, tenaga kerja dengan skill di bidang teknik mesin pasti dibutuhkan banget.

Selain itu, karena kita hidup di era digitalisasi, elo bisa memanfaatkan gelar dan pengetahuan di bidang keguruan sebagai  modal kerja di perusahaan educational technology (EdTech).

Saat ini, kita dapat mengakses berbagai konten-konten pendidikan yang dibuat oleh berbagai perusahaan EdTech kayak Zenius contohnya. Nah, penguasaan terhadap topik-topik di jurusan elo, bakal dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan tersebut.

Baca Juga: Menguasai Keterampilan Dasar Mengajar – Zenius untuk Guru

Daya Tampung FKIP UNS

“Kira-kira, gue bisa keterima nggak, ya, di FKIP UNS?”

Daripada banyak menduga-duga, gue langsung bocorin daya tampung dan peminat jurusan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS. Informasi daya tampung di bawah ini, bakal membuat elo bisa memperhitungkan seberapa besar kira-kira tingkat persaingan untuk tiap jurusan.

Daya tampung dari 24 jurusan yang ada di FKIP UNS.
Informasi Daya Tampung FKIP UNS (Arsip Zenius)

Elo bisa mempertimbangkan berbagai jalur buat masuk jurusan impian elo. Ada jalur SNMPTN yang bisa elo coba dengan melampirkan nilai rapor. Kalau lewat jalur tertulis, ada UTBK SBMPTN dan Seleksi Mandiri UNS (SM UNS). 

Nah, buat elo yang lagi ikutan UTBK 2022 gelombang 1, semangat berjuang! 

Elo bisa kapanpun tonton playlist belajar UTBK yang udah  Zenius siapin. Klik aja link di bawah ini, ya!

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Zenius juga punya program Ultima Bootcamp untuk bantu persiapan ujian mandiri elo . Yuk, langsung aja ikut programnya dengan klik banner di bawah ini!

zenius ultima boot camp um

Alumni Series: Belajar Sampai 10 Jam Sehari Demi Lolos SBMPTN

Referensi:

Profile – FKIP UNS

(https://fkip.uns.ac.id/profile/)

Sejarah UNS

(https://uns.ac.id/id/tentang-uns/sejarah-uns)

Diskusikan Prospek Kerja, PTM FKIP UNS Gelar Kegiatan Alumni Back to Kampus(https://fkip.uns.ac.id/2022/02/diskusikan-prospek-kerja-ptm-fkip-uns-gelar-kegiatan-alumni-back-to-kampus/)

Bagikan Artikel Ini!