Contoh Soal Kimia UTBK Saintek dan Pembahasan

Ilustrasi Belajar Kimia

Sobat Zenius, gimana, nih persiapannya dalam menghadapi UTBK? Gue harap elo tetap konsisten, ya. Meskipun sudah mempelajari seluruh materi dan latihan soal, enggak ada salahnya buat review ulang materi dan latihan soal, lho. Biar persiapan elo makin kece. 

Kenapa? Karena di tes UTBK, nilai bagus aja nggak cukup. Elo harus bersaing untuk mendapat nilai setinggi-tingginya dengan peserta lain. 

Gue bilang begitu, karena UTBK berbeda dengan tes di sekolah. Apa, tuh, bedanya? Nah, kalau tes sekolah biasanya dirancang untuk mengevaluasi hasil belajar elo dan saingan elo, ya diri sendiri. Sedangkan tes UTBK merupakan tes seleksi yang bertujuan untuk menyaring peserta terbaik untuk masuk ke Perguruan Tinggi. Dan tentunya saingan elo berasal dari seluruh penjuru negeri.

Baca Juga: Tes Evaluasi VS Tes Seleksi

Nah, salah satu tes yang diujikan di UTBK adalah kimia. Biar persiapan belajar elo lebih matang, pastikan elo pantengin terus artikel ini, ya. Khusus di artikel ini gue akan sharing soal-soal UTBK Kimia yang pernah muncul beberapa tahun belakangan dan persebaran topiknya. Penasaran, kan? Makanya, yuk, simak.

Apa itu TKA Kimia?

“Duh, denger kata kimia aja udah pusing, apalagi belajarnya?”

Hayo, siapa ngerasa gini, juga? Bisa jadi, salah satu penyebabnya adalah cara belajar elo nggak secara runut dan terkonsep.

Nah, supaya pemahaman kimia elo makin jago, elo bisa cek juga Video Materi UTBK – Kimia. Di sana elo bisa dapet banyak banget pembahasan materi dan soal kimia yang dijelaskan secara bertahap dan runut.

Di tes UTBK TKA Kimia, topik-topik yang diujikan meliputi konsep struktur atom dan sistem periodik, ikatan kimia, stoikiometri, termokimia, kecepatan reaksi, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: Panduan Belajar UTBK Kimia

Untuk lebih jelasnya terkait topik-topik yang sering muncul di UTBK TKA Kimia, elo bisa cek di bawah ini, ya. 

Sebaran Topik UTBK TKA Kimia

Persebaran Topik TKA Kimia di UTBK Tahun 2018 - 2021
Persebaran Topik TKA Kimia di UTBK Tahun 2018 – 2021 (Sumber: Arsip Zenius)

Di atas merupakan sebaran topik UTBK TKA Kimia dari yang paling sering muncul, yaitu topik ikatan kimia, hingga yang paling jarang muncul, yaitu struktur atom.

“Tapi, kok persebaran topiknya cuma tahun 2018, 2019, 2021, aja?”

Yap. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, akibat adanya pandemi, LTMPT selaku penyelenggara UTBK memutuskan hanya menguji Tes Potensi Skolastik (TPS) di UTBK tahun 2020. 

Tapi, hal tersebut hanya berlangsung satu tahun karena di tahun 2021 pihak penyelenggara kembali menguj Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA), termasuk kimia.

Selain sebaran topik, elo juga harus kenali, nih, contoh soal dari topik-topik yang pernah muncul di UTBK. Gue harap elo juga sambil mencoba mengerjakan, ya. 

Topik: Ikatan Kimia

Ikatan kimia merupakan gaya yang mengikat dua atom atau lebih untuk membuat senyawa atau molekul kimia. Nah, ikatan inilah yang kana menjaga atom tetap bersama dalam suatu senyawa yang dihasilkan. 

Ngomongin tentang ikatan kimia, topik ini menjadi topik yang paling sering muncul di UTBK Kimia, lho. Sebagai gambaran, elo bisa cek contoh soal di topik ikatan kimia beberapa tahun ke belakang. Cekidot! 

Contoh Soal 1

Atom pusat Br dalam molekul BrF5 dikelilingi oleh enam domain pasangan elektron, yaitu lime domain merupakan pasangan elektron ikatan dan satu domain merupakan pasangan elektron bebas. Geometri molekul BrF5 adalah ….

A. Piramida segiempat

B. Planar segiempat

C. Trigonal bipiramida

D. Piramida segilima

E. Piramida segitiga

Jawaban dan pembahasan:

Geometri molekul atau bentuk molekul dapat dijelaskan dengan teori VSEPR, di mana ketika ada suatu molekul terdapat pasangan elektron. Di mana pasangan elektron dibagi lagi menjadi dua, yaitu pasangan elektron ikatan langsung (PEI) dan pasangan elektron bebas (PEB).

Kembali ke soal, lalu bagaimana cara mencari geometri molekul  BrF5?

  BrF5 6 PE di mana dari 6 PE terdapat 5PEI dan 1 PEB. sehingga, jika digambarkan maka geometri molekul BrF5 akan membentuk piramida segiempat seperti pada gambar di bawah ini.

Bentuk Geometri Molekul
Bentuk Geometri Molekul  (Sumber: Arsip Zenius)

Sehingga, jawaban yang paling tepat adalah a. Piramida segiempat.

Pelajari Juga: Video Materi UTBK Kimia – Ikatan Kimia

Contoh Soal 2

contoh soal ikatan kimia

Jawaban dan Pembahasan:

pembahasan topik ikatan kimia
Gambar Struktur Lewis Masing-Masing Senyawa
Struktur Lewis Masing-Masing Senyawa (Sumber: Arsip Zenius)
pembahasan topik ikatan kimia
pembahasan topik ikatan kimia

Kedua contoh soal terkait topik ikatan kimia di atas pernah muncul di tes UTBK tahun 2019 dan 2021, lho.

Baca Juga: Mengenal Ikatan Kimia dan Jenisnya.

Topik: Stoikiometri

Dalam kehidupan sehari-hari, stoikiometri sangat dekat dengan kita, lho. Seperti sabun mandi yang elo pakai, merupakan salah satu produk yang dihasilkan dari proses stoikiometri. Begitu pula proses pembuatan pupuk. 

Pada tes UTBK, topik ini juga sering muncul beberapa tahun belakangan. Tapi, apa, sih, stoikiometri? Singkatnya, perhitungan kimia terkait hubungan kuantitatif zat yang terlibat dalam reaksi. 

Baca Juga: Mengenal Reaksi Stoikiometri dan Pereaksi Pembatas.

Contoh Soal 1

soal topik stoikiometri

Jawaban dan pembahasan:

pembahasan topik stoikiometri
pembahasan topik stoikiometri
pembahasan topik stoikiometri

Elo juga bisa cek Video Materi UTBK Kimia – Stoikiometri untuk mempertajam pemahaman elo di topik ini. 

Contoh Soal 2

soal topik stoikiometri

Jawaban dan pembahasan:

pembahasan topik stoikiometri

Kedua contoh soal di atas merupakan soal yang pernah muncul di tes UTBK tahun 2019 dan 2021, lho.

Selain kedua soal di atas, elo juga bisa coba untuk mengerjakan Latihan Soal UTBK Kimia – Stoikiometri di sini, ya.

Topik: Laju Reaksi

Sebelum masuk ke contoh soal, coba tebak. Gue sekarang punya gula dan garam, masing-masing gue larutkan ke air yang berbeda, mana yang yang duluan larut?

Nah, kecepatan larut tiap bahan pasti nggak selalu sama. Dan inilah yang dinamakan laju reaksi, Sobat Zenius. Topik ini juga merupakan salah satu topik yang sering muncul di UTBK, lho. Untuk bentuk soal yang pernah munculnya bisa elo lihat juga di bawah. Eits, gue harap elo mengerjakan soalnya juga, ya. 

Contoh Soal 1

soal laju reaksi

Jawaban dan pembahasan:

pembahasan topik laju reaksi
pembahasan topik laju reaksi

Untuk mempertajam pemahaman elo di topik ini, elo bisa cek juga Video Materi UTBK Kimia – Laju Reaksi, ya. 

Contoh Soal 2

soal topik laju reaksi

Jawaban dan pembahasan:

pembahasan topik laju reaksi
pembahasan topik laju reaksi

Nah, kedua contoh soal di atas pernah muncul di tes UTBK tahun 2021. Pada bisa ngerjain, dong?

Dua soal? Mana cukup! Makanya, elo bisa perbanyak Latihan Soal UTBK Kimia – Laju Reaksi lainnya di sini, ya. 

Topik: Sistem Periodik Unsur

Sesuai namanya, topik sistem periodik unsur berkaitan erat dengan penempatan unsur tabel periodik. Pasti sudah pada enggak asing, dong? 

Topik ini juga menjadi salah satu topik langganan UTBK, lho. Gue harap elo nggak hanya mengandalkan hafalan tabel periodik, ya. Tetapi pahami konsepnya. Nah, sebagai gambaran, gue sudah rangkum contoh soal tentang sistem periodik unsur beberapa tahun ke belakang.

Contoh Soal 1

Data nomor atom dan nomor massa untuk lima atom diberikan dalam tabel berikut.

Nomor AtomSimbolNomor Massa
4M9
8L16
9Z19
12Q24
20X40
Nomor Atom dan Nomor Massa Kelima Atom (Sumber: Arsip Zenius)

Pasangan atom yang dalam tabel periodik unsur terletak dalam satu golongan adalah ….

A. M dan L

B. L dan Z

C. Z dan Q

D. Z dan X

E. Q dan X

Jawaban dan pembahasan:

  • Nomor massa: jumlah proton + jumlah neutron
  • Nomor atom: jumlah proton dan bisa juga didefinisikan sebagai jumlah neutron apabila atom tersebut dalam keadaan netral

Dari kelima atom tersebut, kita bisa tuliskan simbolnya sebagai berikut:

Simbol Atom
Simbol Atom (Sumber: Arsip Zenius)

Untuk mengetahui golongan suatu atom dalam tabel periodik unsur kita bisa lakukan dengan cara konfigurasi elektron.

Konfigurasi Elektron
Konfigurasi Elektron (Sumber: Arsip Zenius)

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa atom yang berada pada satu golongan merupakan M, Q dan X. Jadi, jawaban yang tepat adalah E. Q dan X

Supaya persiapan elo makin oke, elo bisa cek Video Materi UTBK Kimia – Sistem Periodik Unsur di sini, ya.

Contoh Soal 2

Nomor atom unsur yang memiliki enam orbital setengah penuh pada keadaan dasar adalah ….

A. 10

B. 17

C. 24

D. 29

E. 30

Jawaban dan pembahasan:

Sebelum menjawab soal di atas, kita inget-inget dulu, nih, untuk membuat konfigurasi elektron pada kondisi dasar, harus mengikuti beberapa aturan, diantaranya:

  • Aturan aufbau
  • Aturan Hund
  • Larangan Pauli

Nah, untuk konfigurasi pada soal di atas, bisa kita lihat terlebih dahulu dari masing-masing opsi.

Konfigurasi Elektron Pada Tiap Opsi
Konfigurasi Elektron Pada Tiap Opsi (Sumber: Arsip Zenius)

Nah, dari penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa jawaban yang paling tepat adalah opsi C. 24.

Kedua contoh soal di topik sistem periodik unsur di atas merupakan soal yang pernah muncul di tes UTBK tahun 2019 dan 2021, lho, Sobat Zenius.

Baca Juga: Sistem Periodik Unsur – Materi Kimia Kelas 10.

Topik: Redoks dan Elektrokimia

Sobat Zenius, tahu nggak, sih, kenapa apel kalau sudah dipotong dan dibiarkan di udara terbuka warnanya bisa berubah? Yap, hal ini merupakan salah satu reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari. 

Redoks merupakan akronim dari reaksi reduksi-oksidasi. Penjelasan lebih lanjut terkait topik ini bisa elo cek di Video Materi UTBK Kimia – Redoks.

Berikut adalah contoh soal pada topik redoks dan elektrokimia yang pernah muncul di UTBK.

Contoh Soal 1

soal topik redoks dan elektrokimia

Jawaban dan pembahasan:

pembahasan topik redoks dan elektrokimia

Baca Juga: Materi Pengertian Reaksi Redoks dalam Kimia.

Contoh Soal 2

soal topik redoks dan elektrokimia

Jawaban dan pembahasan:

pembahasan topik redoks dan elektrokimia
soal topik redoks dan elektrokimia

Kedua soal terkait topik redoks dan elektrokimia di atas pernah muncul di tes UTBK tahun 2019 dan 2021, lho, Sobat Zenius.

Elo juga bisa cek Latihan Soal UTBK Kimia – Redoks dan Elektrokimia lainnya, di sini, ya. So, nggak usah bingung cari latihan soal UTBK Kimia. Oke?

Penutup

Gimana, Sobat Zenius? Pada berhasil jawab berapa soal, nih? Gue harap artikel ini bisa membantu elo untuk memberi gambaran soal-soal Kimia yang sering muncul di UTBK, ya.

Jangan lupa pelajari topik lainnya juga, ya, Sobat Zenius. Bisa saja topik yang jarang muncul di tahun-tahun sebelumnya justru lebih banyak muncul

Yuk, persiapkan strategi belajar terbaikmu bareng Zenius yang pastinya buat elo cerdas beneran! Tetap semangat dan sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Zenius.

Selain itu, elo juga bisa kerjakan latihan soal lainnya, lho. Cuss, langsung klik banner di bawah ini aja, ya!

banner UTBK

Bagikan Artikel Ini!