ftmd itb

FTMD ITB – Passing Grade, Tips Masuk, dan Program Studi

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB (FTMD ITB) punya tiga pilihan jurusan. Kira-kira mana yang cocok buat elo, nih? Simak info lengkap tiap jurusan, yuk!

Terbayang nggak, sih, apa jadinya jika teknologi mesin belum berkembang seperti sekarang? Kayaknya aktivitas kita akan terasa lebih sulit buat dijalani, ya. 

Bayangin saja, sebelum ada pesawat terbang, gimana caranya orang-orang di negara kita bisa pergi beribadah haji ke Mekkah? Berangkat via jalur laut jadi satu-satunya pilihan mereka saat itu. Pastinya, butuh waktu yang lama banget, bisa sampai 9 bulan perjalanan, lho!  

Tapi, sekarang elo sudah bisa menggunakan pesawat yang tentunya lebih cepat dan nyaman. Jangankan ke Mekkah, Jakarta – Bandung saja sekarang sudah bisa naik pesawat, lho. Bukan cuma pesawat, moda transportasi cepat dan efisien lainnya pun semakin bermunculan, mulai dari KRL, MRT, LRT, hingga mobil listrik. Keren banget, ya! 

Tertarik mempelajari perkembangan teknologi mesin ini? Jika iya, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (FTMD ITB) bisa jadi tempat belajar yang tepat buat elo, nih. Kira-kira seperti apa, ya, perkuliahan di fakultas satu ini? Simak penjelasannya berikut ini, yuk! 

Kenalan dengan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB (FTMD ITB)

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (FTMD ITB) berfokus pada pengajaran di bidang teknik mesin, teknik dirgantara, dan teknik material. Segala hal tentang teknik penerbangan bakal elo pelajari di fakultas yang lokasinya bisa elo temukan di Jl. E ITB Jl. Ganesa No.10, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Peresmian FTMD ITB dilakukan pada tahun 2008, namun sejarah pembentukannya sudah dimulai sejak1941. Lama juga, ya! 

Pada 1941, Institut Teknologi Bandung (ITB) yang saat itu masih bernama Technische Hogeschool (TH) Bandoeng, mendirikan Program Teknik Mesin di bawah Departemen Teknik Mesin. Pada 1973, Fakultas Teknologi Industri pun berdiri untuk menaungi program studi tersebut. 

Dua puluh tahun setelahnya, tepatnya pada 1962, Departemen Teknik Mesin menambah banyak sub-program dan program studi baru, salah satunya adalah Program Teknik Penerbangan dan Program Teknik Material. 

Akhirnya, pada 2008, Program Studi Teknik Mesin, Program Studi Teknik Penerbangan, dan Program Teknik Material resmi bernaung di bawah Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB. Elo bisa nyimak sejarah pendirian FTMD ITB di infografis berikut, ya! 

sejarah berdirinya FTMD ITB
Infografis Timeline Sejarah Berdirinya FTMD ITB (Arsip Zenius)

Baca juga: Syarat Masuk Kuliah dan Daftar Jurusan di Fakultas Teknik UI

Jurusan FTMD ITB

Mungkin udah banyak yang tahu kalau sistem penerimaan mahasiswa baru di ITB agak unik dibanding kampus-kampus lain. Kalau lazimnya kita bisa langsung memilih jurusan kuliah saat pendaftar jalur masuk, ITB nggak mengenal aturan itu, nih. 

Jadi, elo hanya bisa memilih fakultasnya saja, sedangkan jurusannya bakal elo pilih nanti di semester 3. Waduh, kenapa gitu, ya? 

Well, tahapan ini dikenal dengan nama Tahapan Persiapan Bersama (TPB), yaitu masa 2 semester yang harus dijalani mahasiswa ITB sebelum memilih jurusan. Jadi, di TPB ITB ini, elo bakal diperkenalkan dengan mata kuliah pengantar dari jurusan yang ada di fakultas pilihan elo. 

Misalnya, elo keterima di FTMD ITB. Nah, di semester 1 dan 2 nanti, elo bakal mendapatkan mata kuliah pengantar dari 3 jurusan yang ada di FTMD ITB, yaitu Program Studi Teknik Mesin, Program Studi Aeronautika dan Astronautika, serta Program Teknik Material. Setelah itu, baru, deh, elo bisa memilih jurusan yang elo mau di semester 3. 

Ibaratnya, TPB ITB ini semacam test drive gitu, deh, supaya elo nggak salah pilih jurusan. Mau tahu lebih banyak tentang semua jurusan FTMD ITB? Kenalan lebih lanjut sama jurusan FTMD ITB berikut, yuk! 

Jurusan FTMD ITB
Pilihan Jurusan FTMD ITB (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB) (Arsip Zenius)

Program Studi Teknik Mesin

Program studi atau prodi pertama yang bakal kita bahas sama-sama adalah Program Studi Teknik Mesin FTMD ITB. Sesuai dengan namanya, di Program Studi Teknik Mesin FTMD ITB, elo bakal banyak belajar hal-hal seputar permesinan, seperti konversi energi dalam mesin, perancangan mesin, sampai teknik produksi mesin. 

Buat menguasai hal-hal itu, ada beberapa mata kuliah yang nantinya akan elo pelajari: 

  1. Kinematika & Dinamika Permesinan
  2. Elemen Mesin Dasar
  3. Statistika
  4. Getaran Mekanik Dasar
  5. Pengantar Sistem Kendali, dan sebagainya. 

Program Studi Aeronautika dan Astronautika

Buat elo yang tertarik dengan perkembangan mesin pesawat dan kedirgantaraan, Program Studi Aeronautika dan Astronautika FTMD ITB bisa jadi pilihan jurusan elo nanti, nih. 

Program Studi Aeronautika dan Astronautika, atau yang dulunya dikenal dengan nama Teknik Penerbangan, mempelajari seluk-beluk permesinan alat dirgantara seperti pesawat dan alat antariksa. 

Tapi, perlu diingat, nih, walaupun prodi ini mempelajari mesin pesawat, bukan berarti prodi ini sama kaya sekolah pilot, ya. Prodi Aeronautika dan Astronautika ini lebih berfokus pada pengajaran sistem mesinnya, mulai dari perencanaan, pembuatan, sampai teknik pengoperasiannya. 

Terus, apa aja mata kuliah yang bakal elo dapetin di jurusan ini? Nih, gue kasih bocorannya!

  1. Analisis Teknik dan Metode Numerik
  2. Sistem Pesawat Udara
  3. Dinamika Terbang
  4. Astronotika
  5. Komunikasi, Navigasi, dan Pengamatan Penerbangan, dan sebagainya. 

Program Studi Teknik Material

Kita sampai pada program studi terakhir yang ada di FTMD ITB, yakni Program Studi Teknik Material. Di jurusan FTMD ITB satu ini, mahasiswanya mempelajari karakteristik suatu material. Hmm.. memangnya apa, sih, material itu? 

Material itu merupakan bahan yang digunakan untuk membuat barang lainnya. Misalnya seperti kain untuk buat baju atau kulit untuk buat tas. Nah, di prodi ini, elo bakal belajar mengenai karakteristik materi untuk membuat mesin atau teknologi. Dengan begitu, mesin-mesin yang diproduksi bisa lebih berkualitas karena materi yang digunakan pun telah teruji unggul. Menarik, ya! 

Sebagai mahasiswa Prodi Teknik Material FTMD ITB, ada beberapa mata kuliah yang bisa elo ambil, nih: 

  1. Material Elektronik & Magnetik
  2. Termodinamika Material
  3. Elektrokimia dan Korosi
  4. Manajemen dan Entrepreneurship dalam Teknik Material
  5. Analisa Numerik Teknik Material, dan sebagainya. 

Baca juga: Seluk Beluk Perkuliahan di ITB

Akreditasi Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB (FTMD ITB)

Wah, ternyata hal-hal yang dipelajari di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB menarik sekali, ya. Tapi, apakah kualitas pendidikannya semenarik pembelajarannya? Jelas iya, dong! 

Dilihat dari akreditasinya, seluruh program studi atau jurusan di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara sudah mendapatkan akreditasi Unggul dari BAN-PT. Nggak cuma itu, jurusan FMTD ITB untuk jenjang S1 juga telah mengantongi akreditasi internasional ASIIN (Accreditation Agency for Study Programmes in Engineering, Informatics, Natural Sciences and Mathematics). 

Daya Tampung dan Passing Grade Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB (FTMD ITB)

Mengingat keunggulan kualitas pendidikannya, nggak heran, deh, jika FTMD ITB nggak pernah sepi peminat. Nah, bagi elo yang berminat mendaftarkan diri di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB, sudah tahu belum informasi daya tampungnya? Gue udah siapin data lengkapnya buat elo, nih!

daya tampung dan peminat FTMD ITB
Daya Tampung dan Peminat FTMD ITB 2021 (Arsip Zenius)

Informasi daya tampung dan peminat fakultas atau jurusan yang elo minati ini penting banget untuk elo ketahui. Hal ini dikarenakan dengan informasi tersebut, elo jadi bisa memprediksi peluang masuknya dan menyusun strategi pembelajaran dengan tepat. 

Berdasarkan data LTMPT (2021), terdapat 754 peminat FTMD ITB di jalur SNMPTN dengan daya tampung 109 kuota. Jadi, keketatan seleksi fakultas ini di jalur SNMPTN ini sebesar 14.46%. 

Persaingan lebih ketat harus dihadapi peserta SBMPTN, nih, lantaran jumlah peminat FTMD ITB membludak hampir 2 kali lipat, yaitu sebanyak 1.282 peserta. Padahal, daya tampung di jalur SBMPTN lebih sedikit, lho, yaitu sebanyak 93 kuota. Dengan begitu, keketatan seleksinya pun menjadi 7.25%. 

Nah, selain informasi daya tampung dan peminat, elo pasti kepo juga, kan, dengan passing grade FTMD ITB. Sayangnya, nilai passing grade di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) ini baru bisa elo ketahui setelah seleksi. Makanya, biasanya PTN nggak menetapkan standar passing grade untuk seleksinya. 

Baca juga: Info Kuliah dan Jurusan di Fakultas Teknologi Pertanian UGM

Tips Masuk Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB (FTMD ITB)

Melihat keketatan seleksinya yang cukup tinggi di tahun 2021 lalu, elo mungkin jadi takut dan khawatir nggak keterima di fakultas satu ini, ya. Tapi, tenang saja, Sobat Zenius! Elo masih bisa menyusun strategi belajar untuk masuk ke FTMD ITB. Gue bagi ke beberapa poin, ya:

  • Seperti yang sebelumnya sudah gue bahas, mengetahui informasi seputar kampus, fakultas, dan jurusan yang elo minati bisa menjadi salah satu tips untuk lolos masuk fakultas impian. Informasi tersebut bisa elo pakai sebagai acuan strategi belajar supaya belajar jadi semakin efektif. 
  • Selain informasi seputar kampus dan jurusan yang elo mau, tips lolos masuk FTMD ITB selanjutnya adalah cari tahu tentang jalur seleksi yang mau elo coba. Misalnya, elo pengen coba peruntungan di jalur SNMPTN. Nah, berarti elo perlu menyusun strategi belajar dari awal masuk SMA, supaya nilai rapor elo di tiap semester selalu meningkat. 
  • Begitu pun kalau elo mau mencoba lewat jalur UTBK SBMPTN. Coba cari tahu tipe soal tes UTBK SBMPTN, waktu pengerjaan, sistem penilaian, sampai strategi pengerjaan soalnya.
  • Gimana kalau mau mencoba lewat jalur Seleksi Mandiri ITB? Jalur ini mensyaratkan hasil skor UTBK dan nilai rapor sekolah. Wah, kalau sejak awal elo udah mempersiapkan ikut SNMPTN dan UTBK, berarti elo udah siap juga buat ikutan SM ITB! Sekali menyelam minum air, deh.

Zenius udah nyiapin playlist belajar UTBK, lho. Semua bab tiap materi sengaja disusun secara runut supaya elo lebih enak buat mencernanya. Yuk, klik langsung link di bawah ini. 

Persiapan UTBK: Materi Belajar, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class 

Selain itu, elo juga bisa coba ikut berbagai try out ujian masuk kampus sebagai bentuk simulasi sebelum menghadapi ujian benerannya nanti. Makin banyak variasi soal ujian yang elo kuasai, makin bagus! Nah, elo bisa banget, nih, coba ikut Try Out Zenius dengan klik banner di bawah ini. 

try out online zenius

Itu dia, Sobat Zenius, informasi seputar Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB yang perlu elo tahu. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu persiapan elo untuk masuk ke FTMD ITB, ya! Good luck

Referensi:
Data PTN Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (2021)
Akreditasi – FTMD ITB (https://ftmd.itb.ac.id/id/akreditasi/#:~:text=Berdasarkan%20akreditasi%20terkini%20BAN%2DPT,menjadi%20yang%20terbaik%20di%20Indonesia)
Program Studi Sarjana Teknik Material – ITB
(https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-teknik-material#0)
Program Studi Sarjana Teknik Dirgantara – ITB
(https://itb.ac.id/program-studi-sarjana-teknik-dirgantara)
Program Studi Teknik Mesin – ITB
(https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-teknik-mesin)
Silabus dan Kurikulum – ITB
(https://ftmd.itb.ac.id/id/silabus-dan-kurikulum/)
Buku Panduan Mahasiswa Program Sarjana FTMD ITB (2021)
(https://www.ftmd.itb.ac.id/wp-content/uploads/sites/385/2021/06/FINALPRINT-S1-FTMD-INDONESIA-230621.pdf)

Bagikan Artikel Ini!