belajar membaca anak sd

7 Cara Belajar Membaca yang Bisa Diterapkan untuk Anak SD

Membaca adalah salah satu kemampuan penting yang perlu dikuasai oleh anak, khususnya memasuki usia 5-6 tahun. Nah, Bapak dan Ibu bisa menerapkan tips belajar membaca anak SD di rumah yang efektif supaya mereka mampu membaca dengan baik.

Sebagai orang tua, memberikan support penuh kepada pendidikan anak adalah suatu kewajiban. Selain di dalam sekolah, orang tua mempunyai peran sebagai seorang guru saat anak sedang berada di rumah.

Nah, salah satu kemampuan yang bisa Bapak dan Ibu ajarkan kepada mereka sejak dini adalah membaca. Supaya dapat menerapkan sistem pembelajaran yang efektif, Zenius punya tips belajar membaca anak SD yang bisa Bapak dan Ibu terapkan di rumah untuk kelas 1 SD sampai 3 SD:

1. Persiapkan fasilitas belajar membaca dengan baik

belajar membaca anak sd
(Foto dari Freepik)

Sediakan fasilitas yang bantu tingkatkan semangat belajar membaca anak SD, mulai dari tempat belajar hingga buku-buku.

Buat tempat belajar senyaman mungkin di rumah. Sajikan tampilan ruangan dengan desain yang unik dan lucu. Biasanya, anak-anak suka dengan tampilan baru di dalam ruangan. 

Ketika ruang belajarnya sudah bagus, kemungkinan besar konsentrasi belajar anak jadi meningkat dan tidak mudah terganggu dengan hal-hal lain.

Tidak hanya itu, bapak dan ibu juga perlu mempersiapkan buku-buku penunjang belajar membaca kelas 1 SD hingga 3 SD. 

Bapak dan Ibu bisa mencari materi belajar membaca untuk anak SD melalui buku-buku rekomendasi dari orang terdekat atau bisa langsung mencarinya di toko buku terdekat.

Lewat buku-buku tersebut, bapak dan ibu juga jadi lebih mudah untuk mengajarkan membaca kepada anak.

Baca Juga: 8 Cara Mudah Belajar Matematika SD

2. Ucapkan huruf yang sedang dibaca dengan jelas

Saat mengajarkan membaca kepada anak, sebaiknya ucapkan dengan jelas huruf atau tulisan yang sedang dibaca. Hal ini akan mempermudah anak untuk menangkap apa yang diajarkan.

Misalnya, dalam buku yang sudah Bapak dan Ibu beli untuk belajar membaca ada tulisan “Budi pergi ke pasar”. Nah, ucapkan tulisan atau kalimat tersebut dengan jelas kepada anak.

Lalu, saat mengajarkan abjad dari A-Z, sebisa mungkin jangan hanya menunjuk saja. Lafalkan juga huruf yang sedang ditunjuk untuk mempermudah proses pembelajaran.

3. Ajarkan membaca dengan perlahan-lahan

belajar membaca anak sd
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Tips belajar membaca anak SD selanjutnya yaitu gunakan metode belajar perlahan-lahan alias alon-alon asal kelakon kalau kata pepatah Jawa.

Bapak dan Ibu nggak perlu memaksakan anak untuk belajar banyak dalam satu hari. Ajarkan mereka secara perlahan-lahan. Misalnya, dalam satu hari anak sudah belajar membaca dua-tiga paragraf. Kemudian, kalau si anak terlihat lelah, sebaiknya diistirahatkan terlebih dahulu.

4. Gunakan metode membaca bersama-sama

Ini merupakan metode yang perlu diterapkan oleh Bapak dan Ibu saat mengajari anak membaca. Yap, membaca bersama-sama akan membantu meningkatkan semangat anak dalam belajar membaca.

Tidak hanya itu saja, membaca bersama dengan anak juga membantu mereka untuk menghafalkan dan memahami setiap huruf atau kalimat yang dibaca.

Kalimat belajar membaca anak SD bisa Bapak dan Ibu rangkai sesederhana mungkin. Dengan demikian, bapak dan ibu dapat mempraktikkan membaca bersama dengan anak secara efektif.

Meski demikian, tetap perhatikan juga stamina anak, ya. Jika terlihat sudah merasa lelah, sebaiknya diselingi dengan hal-hal lain, seperti bermain atau membacakan cerita kepada anak.

Tips ini cocok diterapkan untuk belajar membaca kelas 1 SD sampai 3 SD. 

5. Pakai visual atau gambar yang menarik

belajar membaca anak sd
Credit Image by pixabay.com

Cara belajar membaca anak SD yang efektif nggak selalu lewat teks-teks atau tulisan. Bapak dan Ibu bisa memvariasikannya dengan menambah visual atau gambar di dalamnya.

Bagaimana caranya? Silakan cari buku membaca yang diisi dengan gambar juga. Saat ini, sudah banyak sekali buku membaca yang divariasikan dengan visualisasi yang menarik.

Misalnya, buku cerita dongeng kancil. Biasanya, di dalamnya terdapat gambar kancil dan di bawahnya terdapat teks ceritanya. 

Selain itu, Bapak dan Ibu juga bisa memberikan suatu gambar kepada anak, lalu mereka diminta untuk menyebutkan apa gambar tersebut.

Misalnya, Bapak dan Ibu sudah mempersiapkan beraneka ragam seperti pisang, baju, dan lain-lain. Nah, berikan kepada anak lalu minta untuk menyebutkan satu per satu gambar tersebut.

Baca Juga: 6 Cara Belajar yang Efektif untuk Siswa SMP Supaya Dapat Nilai yang Maksimal

6. Berikan contoh kepada anak

Anak-anak biasanya suka memperhatikan kebiasaan orang tuanya dan menirunya. Nah, hal ini yang perlu diperhatikan dengan saksama bagi orang tua. 

Apabila ingin menerapkan cara yang efektif untuk belajar membaca anak SD, sebaiknya Bapak dan Ibu juga mempraktikkan kebiasaan membaca supaya ditiru oleh anak.

Ketika orang tua sedang membaca, entah itu koran, majalah, atau buku, lama-kelamaan anak akan sadar kalau membaca itu adalah hal yang  penting. Dengan demikian, hal ini akan mendorong anak untuk semangat belajar membaca.

7. Pilih buku yang anak suka

7 Cara Belajar Membaca yang Bisa Diterapkan untuk Anak SD 9
Credit Image by pixabay.com

Saat kemampuan membaca anak sudah perlahan-lahan meningkat, cobalah untuk membelikannya buku baru lagi.

Nah, dalam memilih buku, sebaiknya tentukan sesuai apa yang diminati oleh anak. Jika perlu, ajak anak ke toko buku terdekat supaya mereka bebas memilih bukunya.

Minat membaca dapat ditingkatkan dari apa yang mereka suka. Semakin mereka menyukai sesuatu, otomatis rasa penasaran mereka akan tinggi. Dengan demikian, mereka akan melakukan segala cara untuk mengetahui hal tersebut, termasuk dengan membaca.

Baca Juga: 6 Cara Belajar Bahasa Korea yang Paling Efektif Biar Cepat Fasih

Demikian 7 cara belajar membaca anak SD yang bisa bapak dan ibu praktikkan di rumah. Perlu diingat, minat membaca sebaiknya ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Sebab, saat anak suka membaca, maka akan banyak sekali pengetahuan yang didapatkan.

Jadi, buat bapak dan Ibu, semangat, ya, dalam mengajari anaknya untuk gemar membaca!

Bagikan Artikel Ini!