6 Cara Belajar yang Efektif untuk Siswa SMP Supaya Dapat Nilai yang Maksimal 9

6 Cara Belajar yang Efektif untuk Siswa SMP Supaya Dapat Nilai yang Maksimal

Sobat Zenius yang saat ini mau masuk atau duduk di bangku SMP seringkali merasa kesulitan dalam menemukan tempo belajar? Hmm, sepertinya elo butuh cara belajar yang efektif untuk siswa SMP agar dapat mengikuti pelajaran dengan bagus. Beruntungnya, gue udah siapin caranya buat elo di artikel ini!

Memasuki masa SMP merupakan masa-masa di mana kita tidak boleh lengah sedikit pun. Pasalnya, apabila Sobat Zenius nggak tekun dalam belajar, kemungkinan elo akan mengalami kesulitan naik kelas.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, elo perlu taktik atau strategi yang tepat dalam belajar supaya dapat mengerjakan PAT, PTS, atau ujian-ujian lainnya dengan nilai yang maksimal.

Penasaran, kan, kira-kira bagaimana cara belajar yang efektif untuk siswa SMP? Tanpa berlama-lama lagi, yuk, simak artikelnya di bawah ini!

Materi Belajar Kelas 7, 8, 9 SMP

cara belajar yang efektif untuk siswa smp

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai cara belajar yang efektif untuk siswa SMP, gue akan mengulas sedikit mengenai apa saja materi yang dipelajari pada saat duduk di bangku SMP.

Sejatinya, ada empat mata pelajaran SMP kurikulum 2013 revisi yang patut elo perhatikan.

1. Matematika

Mata pelajaran yang pertama tidak lain tidak bukan adalah Matematika. Dalam bangku SMP, elo akan belajar banyak sekali materi-materi yang menyenangkan dan mungkin menantang buat elo.

Di kelas 7, elo akan belajar tentang Aljabar, operasi bilangan hingga persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

Memasuki kelas 8, elo mulai belajar pythagoras, statistika, bangun ruang, hingga sistem persamaan linear dua variabel.

Memasuki akhir SMP, elo akan belajar persamaan dan fungsi kuadrat, transformasi, hingga bangun ruang sisi lengkung.

Mungkin, dalam belajar Matematika elo seringkali salah dalam penghitungan. Padahal, rumusnya sudah benar sesuai dengan yang diajarkan.

Lantas, bagaimana cara cepat belajar Matematika SMP?

  • Pahami konsep dasar dengan baik, jangan cuman rumusnya aja
  • Jangan malu bertanya saat di kelas ketika ada materi yang kurang jelas
  • Kalau perlu, kerjain tugas bareng teman-teman supaya nggak bingung sendiri

Baca Juga: Latihan Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 7, 8, 9 SMP dan Pembahasannya

2. IPA

IPA juga akan elo pelajari saat duduk di bangku SMP. Di kelas 7, elo akan belajar tentang lapisan bumi, sistem tata surya, hingga klasifikasi makhluk hidup.

Terus, di kelas 8 elo akan belajar sistem peredaran darah manusia, sistem pencernaan manusia, hingga cahaya dan alat optik.

Lalu, materi IPA kelas 9 akan ada banyak sekali hal yang menarik, seperti sistem reproduksi manusia, pewarisan sifat makhluk hidup, hingga bioteknologi pangan.

3. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris akan selalu elo pelajari selama duduk di bangku pendidikan. Sebab, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dan akan berguna saat elo masuk ke dunia kerja nanti.

Di kelas 7, elo akan belajar tentang greetings dan juga expression asking and giving informations.

Lalu, memasuki kelas 8 elo belajar banyak hal tentang short functional message, showing obligation dan penggunaan there is there are.

Di kelas 9, elo akan belajar reading labels, expressing hope hingga showing intention.

4. Bahasa Indonesia

Sama seperti halnya bahasa Inggris, bahasa Indonesia akan selalu elo pelajari di bangku sekolah.

Memasuki kelas 7, elo akan belajar materi seperti teks deskripsi, surat pribadi, hingga puisi rakyat.

Lalu, memasuki kelas 8 elo akan belajar teks berita, teks iklan, dan teks eksplanasi.

Di kelas 9, elo akan eksplor banyak materi tentang teks cerita pendek atau cerpen, teks diskusi, teks tanggapan hingga teks cerita inspiratif.

Cara Belajar yang Efektif untuk Siswa SMP

cara belajar yang efektif untuk siswa smp
Credit Image by pixabay.com

Sebelum memasuki medan perang, masing-masing pasukan tentunya mempunyai strategi atau persiapan khusus supaya dapat memenangkan peperangan atas musuhnya nanti.

Begitu juga dengan sekolah. Sobat Zenius harus punya strategi yang tepat dalam belajar agar mampu menghadapi ujian-ujian yang ada dengan tenang dan maksimal.

Nah, gue punya beberapa trik cara belajar yang efektif untuk siswa SMP yang mungkin bisa elo praktikkan dari sekarang.

1. Ciptakan suasana belajar yang nyaman

Suasana belajar merupakan suatu hal penting yang perlu elo perhatikan dengan serius. Pasalnya, suasana yang baik tentu akan meningkatkan produktivitas elo dalam memulai belajar. 

Lantas, bagaimana suasana belajar yang baik? Hal ini tentu saja kembali ke diri elo masing-masing. Kira-kira, elo nyamannya seperti apa?

Kalau elo nyaman belajar di kedai kopi sambil mendengarkan musik, lakukan hal tersebut dengan baik.

Selain itu, mungkin elo lebih nyaman belajar di perpustakaan atau di tempat lain. Intinya, cari suasana yang tenang. Biasanya, kalau banyak suara berisik akan mengganggu konsentrasi belajar elo.

2. Bangun motivasi dalam diri

Nggak mudah emang menumbuhkan motivasi belajar siswa SMP. Akan tetapi, ini merupakan salah satu cara belajar yang efektif untuk siswa SMP, lo, Sobat Zenius! Tanpa motivasi, bisa jadi elo malas-malasan karena nggak ada tujuan.

Salah satu motivasi terbesar siswa SMP tentu adalah pendidikan. Saat elo nggak bisa naik kelas, otomatis elo akan lama masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya, yaitu SMA dan kuliah.

Tumbuhkan motivasi di dalam diri bahwa pendidikan itu penting. Terlebih, buat elo yang udah dikasih kesempatan untuk mengenyam bangku pendidikan. Dengan begitu, elo akan lebih bersemangat lagi untuk belajar supaya mendapatkan nilai yang bagus.

Baca Juga: Latihan Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 7 dan 8 Semester 2, Lengkap dengan Pembahasan dan Jawaban

3. Gunakan buku catatan

Salah satu kesalahan terbesar siswa SMP adalah tidak memanfaatkan atau menggunakan buku catatan. Padahal, buku catatan ini bisa jadi salah satu sumber penting saat elo belajar menjelang ujian nanti.

Supaya aktivitas belajar elo tetap efektif, mulai persiapkan buku catatan dari awal masuk sekolah. Nah, buku catatan itu bisa elo maksimalkan untuk mencatat setiap penjelasan atau materi yang disampaikan oleh bapak/ibu guru selama kegiatan belajar mengajar.

Kalau perlu, tiap mata pelajaran masing-masing mempunyai buku catatannya sendiri. Hal ini dilakukan agar tidak tercampur antara satu mata pelajaran dengan yang lain.

4. Pakai aplikasi belajar terbaik

Cara belajar yang efektif untuk siswa SMP selanjutnya adalah memanfaatkan aplikasi belajar offline SMP. Di era digital saat ini, ada banyak sekali aplikasi belajar yang bisa elo gunakan.

Aplikasi Zenius bisa elo manfaatkan guna meningkatkan produktivitas belajar sehari-hari. Dengan Zenius, elo bisa belajar materi SMP apa saja, mulai dari kelas 7, 8, dan 9. Uniknya, elo bisa belajar melalui video pembelajaran sehingga nggak bakalan cepat bosan tentunya!

Di sisi lain, Zenius juga menyediakan latihan-latihan soal buat elo yang ingin mengasah otak dan mempersiapkan diri menjelang ujian.

Elo bisa download aplikasi Zenius di handphone dari sekarang secara gratis! Selain itu, elo juga bisa akses semua materinya lewat Zenius.net.

Dijamin, aplikasi belajar buat SMP yang satu ini akan bantu elo semangat dalam belajar lagi!

5. Belajar bersama keluarga atau teman

Saat sedang buntu ketika belajar, sebaiknya elo langsung inisiatif untuk belajar bersama, entah itu bersama keluarga atau teman. Hal ini dilakukan guna membuat elo tidak jenuh dan segar pikirannya. Sebab, terkadang saat belajar sendiri otak terasa panas sehingga tidak bisa berpikir jernih.

Minta orang tua atau kakak untuk turut serta dalam kegiatan belajarmu di rumah. Jika sedang berada di kelas, jangan ragu untuk minta belajar bersama dengan teman-teman lain.

Cara ini dinilai sangat efektif dilakukan dalam proses pembelajaran, utamanya bagi siswa SMP.

6. Buat jadwal belajar secara rutin

Cara belajar yang efektif untuk siswa SMP yang bisa elo praktikkan dari sekarang yaitu buat jadwal belajar rutin.

Misalnya, tiap pagi selama 30 menit dari jam 06.00-06.30 elo wajib belajar. Untuk masalah waktu, sesuaikan dengan diri dan jadwalmu. Hal yang terpenting adalah jadwalnya rutin, nggak lama bukan masalah. 

Baca Juga: Tips Belajar Mandiri di Rumah

Demikian enam cara belajar yang efektif untuk siswa SMP yang bisa elo mulai lakukan dari sekarang. Lakukan strategi belajar di atas dengan maksimal. Kelak, elo akan mendapatkan hasil yang maksimal saat ujian nanti.

Nah, buat elo yang tertarik belajar materi belajar SMP lewat video pembelajaran, elo bisa klik link di bawah ini!

Bagikan Artikel Ini!