bilangan cacah

Metode Pengenalan Materi Bilangan Cacah ke Siswa SD

Adakah Bapak/Ibu guru yang kesulitan mengenalkan materi bilangan cacah ke siswa? Materi ini merupakan topik yang diajarkan dalam pelajaran Matematika. Umumnya materi ini disampaikan di kelas awal atau kelas 1 Sekolah Dasar (SD). Karena itu, diperlukan cara penyampaian yang sesuai untuk siswa kelas awal dalam mengenal bilangan cacah.

Nah, sebelum ke metode penyampaian materi bilangan cacah ke siswa, kita simak dulu yuk penjelasan mengenai bilangan itu sendiri!

Apa yang Dimaksud Bilangan Cacah?

Bilangan cacah adalah bilangan yang memiliki anggota terkecil yaitu nol (0) dan anggota terbesar adalah tak terhingga. Ketika kita ingin menyebutkan banyaknya suatu barang, maka kita menggunakan bilangan cacah. Bilangan ini terdiri dari angka nol (0), satu (1), dua (2), tiga (3), empat (4), dan seterusnya. Dalam matematika, bilangan ini dinotasikan dengan C dan anggotanya yaitu:

C = {0,1,2,3,4,5, …}

Bilangan cacah berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. Mulai dari menentukan jumlah makanan yang dibeli, label harga pada barang, menulis absensi siswa, hingga nilai yang tertulis di lembar ujian siswa adalah bilangan cacah. Mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali di malam hari, bilangan ini selalu mengelili kita semua. Karena itu, untuk memperkenalkan bilangan ini ke siswa SD, guru bisa menggunakan pendekatan kegiatan sehari-hari agar mereka bisa lebih mudah memahaminya. 

Cara Mengenalkan Materi Bilangan Cacah 

Bapak/Ibu guru bisa memanfaatkan objek-objek yang ada dalam kehidupan sehari-hari untuk mengenalkan bilangan cacah secara efektif ke siswa. Contohnya, Bapak/Ibu guru bisa menggunakan gambar hewan, alat transportasi, atau menggunakan objek secara langsung seperti buah-buahan dan alat tulis. Dengan begitu, siswa bisa lebih memahami konsepnya karena contoh-contoh yang diberikan sangat erat dengan kehidupan mereka sehari-hari. 

  • Gambar Himpunan Objek

Dalam mengenalkan bilangan cacah, Bapak/Ibu guru bisa menggunakan gambar himpunan objek. Objek-objek yang ada di gambar harus diketahui oleh siswa sehingga akan lebih mudah untuk mereka dalam mengingatnya. Gambar himpunan dapat ditampilkan secara urut dari angka terkecil ke terbanyak, atau dengan menampilkan gambar himpunan secara acak.

bilangan cacah
Gambar himpunan objek.
  • Penunjukkan Angka

Selain menggunakan gambar himpunan objek, Bapak/Ibu guru juga bisa menggunakan angka secara langsung. Pastikan siswa sudah hafal dan memahami arti angka-angka yang tertulis. Seperti gambar himpunan objek, penunjukkan angka bisa dilakukan secara urut dari paling besar ke paling kecil atau secara acak.

materi bilangan cacah
Gambar penunjukkan angka.

Hubungan Antar Bilangan: Kurang Dari, Lebih Dari, dan Sama Dengan

Terdapat hubungan antar bilangan cacah yang umumnya diajarkan di SD dengan konsep “kurang dari”, “lebih dari”, dan “sama dengan”. Istilah “lebih banyak”, “lebih sedikit”, atau “sama dengan” digunakan untuk membandingkan bilangan atau jumlah benda yang satu dengan yang lain.

Untuk mengajarkan konsep hubungan tersebut kepada siswa SD, Bapak/Ibu guru bisa mengajak mereka untuk membedakan sebuah himpunan melalui gambar yang dipasangkan. Jika saat memasangkan gambar siswa menemukan himpunan yang jumlahnya tidak sama atau tidak memiliki pasangan, maka gambar himpunan tersebut mempunyai jumlah lebih dari atau kurang dari gambar himpunan lainnya. Jika setiap gambar himpunan terpasang satu-satu dengan gambar himpunan yang lain, maka seluruh gambar himpunan memiliki jumlah bilangan yang sama.

Secara sederhana, Bapak/Ibu guru bisa menjelaskan konsep hubungan antar bilangan menggunakan gambar benda seperti di bawah ini. Siswa dapat menghitung jumlah benda di gambar pertama dan kedua, kemudian menentukan gambar mana yang memiliki jumlah benda atau bilangan lebih banyak, lebih sedikit, atau sama dengan.

bilangan cacah lebih dari
Hubungan antar bilangan cacah.

Contoh Soal Bilangan Cacah

Selain metode pengajaran yang menggunakan gambar, Bapak/Ibu guru juga bisa memberikan latihan soal bilangan cacah melalui media gambar agar siswa bisa lebih memahaminya. Umumnya soal-soal bilangan ini meliputi konsep hubungan antar bilangan yang sudah dijelaskan di atas dimana siswa diminta untuk menentukan jumlah yang lebih banyak/lebih dari, lebih sedikit/kurang dari, dan sama dengan. Soal lainnya adalah siswa diminta untuk mengurutkan bilangan, dari yang terkecil ke terbesar atau sebaliknya.

soal bilangan cacah
Contoh soal bilangan cacah.

Setelah siswa memiliki pemahaman yang mendalam tentang bilangan cacah dan perwujudannya dalam sebuah objek atau sekumpulan objek, serta dapat menyebutkan dan menuliskan bilangan, Bapak/Ibu guru dapat mengenalkan konsep penjumlahan, pengurangan, dan pola bilangan sederhana. Bilangan ini menjadi pengetahuan dasar sebelum siswa kelas SD memahami konsep matematika yang lebih lanjut.

Bapak/Ibu guru juga bisa mengajarkan materi bilangan cacah dan materi Matematika kelas 1 SD lainnya menggunakan video materi yang ada di Zenius. Selain video materi, Bapak/Ibu guru juga bisa membagikan video latihan soal melalui Zenius untuk Guru dan membahasnya bersama siswa. Video-video materi matematika kelas 1 SD ini bisa Bapak/Ibu guru akses secara gratis di sini, klik: Materi Matematika Kelas 1 SD.

Baca Artikel Lainnya

Mengenal Apa Itu Bilangan Prima dan Contohnya

Rumus Persegi Panjang: Luas, Keliling, dan 3 Contoh Soal

Mengenal Angka Romawi dan Contohnya