Mengenal Cara Baca Angka Romawi dan Contoh Hitungnya

Mengenal Angka Romawi dan Contoh Hitungnya

Halo Sobat Zenius, kamu tentu sudah belajar tentang angka romawi di sekolah kan? Sebenarnya menulis angka 1,2,3,4 sampai angka romawi 2020, 2021 dan yang lebih besar sebenarnya tidak sulit lho.

Nah, lewat artikel ini, aku mau jelasin lengkap tentang sejarah munculnya angka romawi, hingga menulis dan menghitung dalam angka romawi.

Sejarah Angka Romawi

ilustrasi prajurit bangsa romawi
Ilustrasi prajurit bangsa Romawi (Source: Pixabay).

Eits, tapi sebelum lebih jauh, aku mau tanya dulu nih, IV angka berapa? XI angka berapa?

Beberapa di antara Sobat Zenius pastinya sudah tahu jawabannya kan? Yap, betul sekali IV adalah 4 dalam angka romawi, dan XI adalah 11 romawi. 

Nah, biar makin jago lagi menghitung angka-angka yang lebih besar, yuk belajar bareng!

Munculnya angka romawi berasal dari adanya peradaban yang paling lama berkuasa di muka bumi bernama Peradaban Romawi. 

Melansir Britannica, peradaban Romawi Kuno tercatat mulai berkuasa pada tahun 27 SM (Sebelum Masehi) hingga 476 M (Masehi).

Meski sekarang bangsa ini sudah tidak lagi berkuasa, peninggalan Peradaban Romawi masih bisa kita saksikan dan pelajari sampai sekarang. Salah satunya adalah sistem angka romawi. 

Selain angka, bangsa romawi juga memiliki peninggalan lainnya seperti Colosseum dan Bahasa Latin atau Bahasa Yunani yang menjadi induk dari berbagai bahasa di dunia. 

Ngomong-ngomong mengenai peninggalan, angka romawi termasuk dalam sistem angka tertua yang masih terus digunakan dan dipelajari hingga sekarang lho. 

Kalau kamu gak percaya, kamu bisa tengok peta dan temukan beberapa nama jalan yang terselip angka romawi di dalamnya. 

Bahkan bahasa Indonesia juga memiliki sederet kata-kata yang diserap dari bahasa Latin seperti:

  • Kata demokrasi yang berasal dari bahasa Latin demokratia.
  • Kata filosofi yang berasal dari bahasa Latin philosophia.
  • Kata mitos yang berasal dari bahasa Latin mythos.
  • Kata stadion yang berasal dari bahasa Latin stadion.

Iyes, bahasa Latin meskipun sudah tidak lagi digunakan dalam percakapan sehari-hari, masih tetap digunakan dalam bentuk tulisan. 

Bahkan banyak istilah hukum yang dituliskan dalam bahasa Latin seperti:

  • Fiat justitia ruat caelum artinya meskipun langit runtuh hukum harus tetap ditegakkan.
  • Homo homini lupus artinya manusia adalah serigala bagi manusia lain. 

Nah, itu tadi sekilas sejarah dan asal muasal dari angka romawi. Selanjutnya kita akan mulai menghafal bentuk dan cara penggunaan angka romawi ya. 

Buat kamu yang belum punya aplikasi Zenius, yuk download dulu apps-nya dengan klik banner di bawah ini!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Macam-Macam Angka Romawi

Sebelum menulis menggunakan angka romawi, ada baiknya kamu mengenal dan menghafal bentuk-bentuk angka romawi di bawah ini:

Sebenarnya tidaklah sulit untuk membaca angka romawi. Namun karena barangkali kita jarang menggunakannya dalam keseharian, kita jadi lupa dan sering tertukar. Berikut aku bagikan sedikit kiat yang bisa kalian gunakan sebagai bahan bantuan. 

Hanya ada 7 simbol yang perlu kamu ketahui dalam mengenal angka romawi. Setiap simbol melambangkan suatu bilangan. 

7 Simbol Angka Romawi
7 Simbol Angka Romawi

Perhatikan dengan baik tujuh simbol tersebut. Jangan sampai tertukar karena setiap simbol mewakili jumlah angka yang besar perbedaannya. 

Peraturan Menggunakan Angka Romawi

Nah, tadi kamu udah tau kalau angka romawi punya tujuh simbol penting. Karena simbol dalam angkanya terbatas, maka untuk menulis angka romawi ada beberapa peraturan yang harus kamu pahami dan ikuti. 

Berikut ini adalah beberapa peraturan dalam menggunakan angka romawi, di antaranya adalah:

  • Penjumlahan Dimulai dengan Angka yang Lebih Besar

Sederhananya, penjumlahan dalam angka romawi terdiri dari angka besar yang kemudian diikuti oleh angka kecil. 

Maksudnya gimana tuh? Jadi gini misalkan kamu bertanya-tanya, XI angka berapa ya? 

Maka simbol pertama yang kamu baca adalah simbol X (angka 10) diikuti dengan simbol I (angka 1). 

  • Artinya: XI = X + I = 10 + 1 = 11.

Contoh lain dalam peraturan ini adalah sebagai berikut:

  • VI: 5 + 1 = 6
  • MDC: 1000 + 500 + 100 = 1600
  • LXXX: 50 + 10 + 10 + 10 = 80

Perlu kamu ingat juga bahwa penambahan dalam simbol angka romawi selalu berada di sebelah kanan. 

Jadi semakin kanan angka romawi dalam sebuah simbol akan semakin kecil nilainya. 

Sekarang aku mau tes pemahaman kamu dalam menulis angka romawi. Kali ini coba tulis  angka romawi 2020 dengan menggunakan prinsip penjumlahan dan dimulai dari angka yang lebih besar. 

Untuk mempermudah menjawab angka romawi 2020, coba pecah dahulu mulai dari yang terbesar. 

Nilai 2020 = 1.000 + 1.000 + 10 + 10 

Maka angka romawi 2020 adalah M + M + X + X = MMXX.

  • Pengurangan Dimulai dengan Angka yang Lebih Kecil

Peraturan selanjutnya adalah mengenai sistem pengurangan dalam angka romawi. 

Jika kamu mendapati ada angka yang lebih kecil sedang berada di depan angka besar (di sebelah kiri), artinya sedang terjadi pengurangan di situ. 

Namun satu hal yang perlu kamu ingat, pengurangan hanya bisa terjadi sekali dan dalam jarak yang tidak jauh. 

Misalkan satuan bisa dikurangi satuan atau ribuan bisa dikurangi ratusan. 

Peraturan ini bisa kamu gunakan, misalnya kamu bingung, angka 9 romawi gimana ya?

Atau apa simbol dari angka romawi 4? 

Nah di daftar tujuh simbol di atas kan gak ada tuh angka 9 dan angka 4. Gampangnya gini nih:

  • Tulis dulu angka 10 atau simbol X 
  • Kemudian pikirkan, kira-kira 10 dikurangi berapa hasilnya 9
  • Artinya 10 dikurangi 1
  • Maka tulis X dengan simbol I di sebelah kiri = IX

Artinya IX adalah angka romawi dari 9.

Ini juga cara yang sama untuk menulis angka romawi 4, berikut langkahnya:

  • Tulis dulu angka 5 atau simbol V
  • Kemudian pikirkan kira-kira 5 dikurangi berapa hasilnya 4
  • Artinya 5 dikurangi 1
  • Maka tulis V dengan simbol I di sebelah kiri = IV

Artinya IV adalah angka romawi 4. 

Contoh lainnya dalam menulis angka romawi menggunakan sistem pengurangan, bisa kamu lihat di daftar berikut ini:

  • XL = 50 – 10 = 40
  • XC = 100 – 10 = 90
  • MCM = 1000 + (1000 – 100) = 1900

Kalau kamu sudah menghafalkan bentuk dan aturan dalam menulis angka romawi akan sangat mudah bagi kamu akan bisa menulis angka menggunakan angka romawi.

Contohnya adalah seperti ini:

Daftar Simbol dalam Angka Romawi
Daftar Simbol dalam Angka Romawi

Untuk mempermudah kamu untuk menghafal angka romawi, berikut ini adalah tabel perkalian dengan menggunakan angka romawi, yang bisa kamu hafalkan.

tabel perkalian dalam angka romawi
tabel perkalian dalam angka romawi

Kategori Angka Romawi yang Rumit

jam dengan angka romawi
Jam adalah instrumen keseharian yang masih melibatkan peninggalan angka romawi (Source: Pixabay).

Di awal artikel tadi kamu udah memahami simbol dalam angka romawi. Tapi gimana ya kalau kamu pengen mengetahui atau tiba-tiba ketemu sama angka romawi kayak gini: MCMLXXXIV.

Kira-kira berapa ya ini?

Okay, bilangan tersebut tampaknya akan rumit jika kamu baca langsung begitu saja. Tapi tidak ada yang tidak mungkin kan. Kamu bisa coba perlahan dengan memecah bilangan tadi satu per-satu. 

Jadinya akan seperti ini:

  • M + CM + L + X + X + X + IV atau 
  • 1000 + 900 + 50 + 10 + 10 + 10 + 4 = 1984

Kurang lebih begitu sih sederhananya. Sebenarnya masih ada simbol lain dari angka romawi tetapi cukup jarang digunakan dalam bahasa sehari-hari.

Nah kalau kamu masih penasaran tentang angka romawi, kamu juga bisa akses materi yang lebih lengkap soal membaca angka romawi yang sudah dibahas oleh salah seorang tutor Zenius di link ini

Untuk dapat menguasai angka romawi sebenarnya tidak sulit. Sebagaimana trik dalam mempelajari bahasa yang lain, kamu hanya perlu untuk lebih sering dalam mempraktikkannya. 

Semakin sering kamu melakukannya, kamu akan semakin mudah dalam menguasainya.

Bagaimanapun juga angka romawi atau bahasa Latin adalah salah satu peninggalan dari peradaban manusia. 

Hari ini mungkin semakin sedikit orang yang bisa memahaminya. Terlebih lagi karena bahasa latin bukan merupakan bahasa pergaulan. 

Dan salah satu upaya untuk melestarikan angka romawi adalah dengan mempelajari dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Sama halnya ketika kamu mengetahui adanya bahasa daerah di Indonesia yang juga terancam punah karena kehilangan penutur.

Kalau kamu memiliki perhatian khusus terhadap kelestarian bahasa yang ada di dunia, cobalah untuk melakukan upaya pelestarian yang sederhana terlebih dahulu dengan menggunakannya dalam percakapan sehari-hari.

Oh iya, selain materi Matematika tentang angka romawi, kamu bisa mengasah kemampuan matematika kamu dari materi yang lain lho.

Caranya cukup cobain Zencore aja! Lewat adaptive learning dan Core Practice ini, kamu bisa upgrade otak biar cerdas beneran sekaligus tahu seberapa jago kemampuan fundamental. 

Ditambah, kamu juga bisa ajak sekalian temen-temenmu buat push rank! Langsung klik banner di bawah ini ya buat cobain.

cek fundamental skill-mu di zencore

Khusus buat Sobat Zenius yang ingin meningkatkan nilai rapor, sekaligus menambah pemahaman semua materi pelajaran, kamu bisa berlangganan paket Zenius Aktiva Sekolah lho.

Di paket ini, kamu akan diberikan akses ke ribuan video belajar premium, dibimbing langsung sama tutor di Live Class, Try Out untuk persiapan ujian dan akses latihan soal lho. Yuk, lihat informasi lengkapnya dengan klik banner di bawah ini!

indeks harga

Baca Juga Artikel Lainnya

Cara Membaca Angka dan Huruf Braille dengan Cepat

Cara Membaca Kaliper dengan Tepat

Reference:
Roman Empire – Encyclopedia Britannica (2021)
The universal history of numbers: from prehistory to the invention of the computer (2000)

Originally Published: 13 January, 2020
Updated by: Sabrina Mulia Rhamadanty & Rizaldi Abror

Bagikan Artikel Ini!