cara membaca kaliper dengan baik dan benar

Cara Membaca Kaliper dengan Tepat

Mungkin alat yang satu ini sudah tak asing lagi, namun ternyata sebagian orang belum paham cara membaca kaliper dengan benar. Caliper merupakan sebuah tools atau alat pengukur suatu celah dan menghitung lebarnya. Untuk penjelasan lebih jelas, simak ulasa berikut ini.

cara membaca kaliper dengan baik dan benar

Tahapan Cara Membaca Kaliper dengan Baik dan Benar

Kaliper bukanlah suatu alat yang asing untuk sebagian orang terutama para pekerja lapangan. Jika bisa mengenai fungsinya, maka jawabannya cukup bervariatif. Hal tersebut bergantung pada media penggunaannya. Terlepas dari itu, berikut cara membaca kaliper dengan benar.

1. Identifikasi Kaliper dan Periksa Galat Nol

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah mengidentifikasi kaliper. Hal ini bertujuan agar mengenali setiap bagian dan juga jenis yang digunakan. Jika tersedia sebuah buku petunjuk maka manfaatkanlah. Terlebih apabila caliper tersebut terdapat dua jangka.

Apabila Kamu menggunakan kaliper dengan jenis digital atau elektronik maka ujuran akan ditunjukkan pada layarnya. Terlebih untuk kebutuhan mengubah diameter seperti MM (milimeter) atau in (inci). Sebelum menggunakannya, tutuplah jangkar terlebih dahulu.

2. Periksa Galat Nol

Tahap berikutnya agar bisa digunakan dengan benar adalah memeriksa galat nol terlebih dahulu. Cobalah untuk mengendurkan skrup guna meletakkan skala geser sesuai tempatnya. Lakukan hal tersebut sampai rahang berukuran lebih besar dibandingkan kaliper.

Hal tersebut bertujuan agar antara rahang dan kaliper dapat menekan satu dengan lainnya. Cobalah bandingkan posisi angka 0 bersama skala geser dan tetap. Apabila keduanya bersinggungan secara akurat, maka dapat menentukan langkah selanjutnya penyesuaian.

3. Gunakan Roda Penyesuaian

Pada dasarnya tahapan ini dilakukan apabila posisi angka 0 dan skala geser tidak akurat. Walaupun secara umum roda penyesuaian tak lazim digunakan karena jarang tersedia. Namun, tentunya metode ini bisa mendapatkan hitungan yang lebih akurat dan juga efisien.

Untuk menggunakan roda ini, pastikan kaliper yang Kamu miliki terdapat roda penyesuaian. Kemudian coba tekan untuk bisa mengubahnya tanpa harus menggeser rahang kaliper.

4. Hitung Galat Nol Positif (+)

Langkah selanjutnya adalah menghitung galat nol positif. Apabila angka 0 yang terdapat di skala geser berada pada titik kanan dari skala tetap, maka hitung ukurannya. Apabila diantara keduanya saling bersinggungan secara akurat, bisa dipastikan hal itu adalah galat nol positif.

Supaya Kamu tak keliru antara galat nol positif dan negatif maka berikan tanda atau tulislah simbol plus (+). Contohnya seperti, jika angka 0 dititik skala geser bersinggungan antara hitungan 0,9 pada skala tetap. Tulislah galat nol: + (plus) 0,9 MM (milimeter).

5. Hitung Galat Nol Negatif (-)

Setelah mendapatkan hitungan positifnya, maka selanjutnya adalah mencari negatif. Hal ini dilakukan apabila angka 0 pada skala geser terletak dititik sebelah kiri. Jika itu yang Kamu temukan, cobalah untuk menghitungnya dengan menggunakan beberapa cara dan tahap.

Pertama, cari garis dititik skala geser bersinggungan akurat dengan skala tetap di saat rahang tertutup. Cobalah untuk menggerakkan hingga mencapai angka terbesar dan dilakukan secara berulang. Kemudian kurangi jumlah dari jarak dengan nilainya, lalu tulislah (tandai).

6. Kurangi Seluruh Pengukuran

Setiap kali Kamu mencoba untuk melakukan pengukuran, maka cobala untuk mengurangi hasil yang didapatkan dari galat nol. Tentu lalangkah ini bertujuan agar menemukan ukuran yang sesungguhnya. Lalu jangan lupa juga menuliskannya dengan tanda galat nol (- atau +).

Contohnya, apabila galat nol memiliki nilai positif atau +0,9 MM dan Kamu menghitung ukuran bernilai 5,52 MM. Maka bisa disimpulkan hitungan sebenarnya adalah 5,52 – 0,9 = 4,62 MM. Begitu juga jika galan nol bernilai negatif akan menemukan jumlah sesungguhnya.

7. Pembacaan Ukuran

Tahap selanjutnya dari cara membaca kaliper dengan baik dan benar adalah menyesuaikan rahang. Langkah ini tentunya bertujuan untuk menemukan penyesuaian yang akurat. Cobalah menjepit bagian objek menggunakan rahang guna mengukur titik dimensi luar.

Kemudian masukkan rahang yang berukuran kecil serta lancip ke objek. Lalu, cobalah menggesernya ke arah kuar guna mengukur titik dimensi bagian dalam. Jangan lupa untuk mengunci skrup supaya leher tidak berubah posisinya seperti awal.

8. Baca Ukuran Skala Tetap

Apabila Kamu memastikan bahwa rahang kaliper telah berada pada posisi yang akurat dan tepat maka perhatikan skala tetap. Umumnya terdapat skala metrik dan imperial serta diantara salah satunya memiliki fungsi. Lakukan langkah tersebut dengan benar.

Cobalah menemukan angka 0 pada bagian skala geser yang cenderung lebih kecil. Temukan juga nilai dengan posisi yang paling dekat dari sebelah kiri. Bacalah nilai pengukuran seperti Kamu menggunakan penggaris biasa. Tetapi harus ingat setiap step sebelumnya

9. Periksa Skala Geser Dan Cari Hasil Akhir Perhitungan

Mencari skala geser tujuannya adalah guna menemukan digit tambahan. Namun, pastikan Kamu melakukan atau memeriksa skala geser secara hati-hati. Mulailah untuk dari angka 0 kemudian barulah bergerak ke kanan. Baca nilainya secara teliti dan jangan sampai salah.

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Mengetahui Resensi Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Membedakan Unsur Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Mengerti Bahasa Panda
Cara Menulis Puisi yang Baik
Cara Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Untuk bisa menemukan hasil akhir dari pengukuran bisa dengan cara menambahkan kedua nilai. Tulis dan beri tanda pada ukuran skala lalu tulis juga digit yang terdapat pada bagian skala geser. Periksa kembali dari setiap satuan skala agar memastikannya sudah benar.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa tahapan cara membaca kaliper dengan baik dan benar. Caliper adalah alat pengukur yang dianggap lebih efisien dibandingkan menggunakan penggaris ataupun pita. Oleh karena itu, kaliper sangat diandalkan dalam urusan mengukur.

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Bagikan artikel ini: