Mengenal Apa Itu Bilangan Prima dan Contohnya

Artikel ini membahas tentang bilangan prima atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan prime numbers.

Bilangan prima adalah bilangan lebih dari 1 dan hanya bisa dibagi dengan angka 1 atau bilangan itu sendiri. Angka 2 adalah bilangan prima karena hanya bisa dibagi dengan angka 1 dan angka 2. Angka 8 bukanlah bilangan prima karena selain bisa dibagi dengan angka 1 dan 8, 8 juga bisa dibagi dengan angka 2 dan 4. 

Beberapa dari kita mungkin telah akrab dengan bilangan prima terutama yang ada di antara angka 1-100 dan tidak terlalu tertarik untuk mengkaji secara lebih mendalam bilangan prima setelahnya. Padahal, bilangan prima bisa berbentuk sebagai bilangan dengan jumlah digit ribuan bahkan lebih. Sebelum kita bahas sebesar apa bilangan prima yang sejauh ini sudah ditemukan, mari bahas secara singkat terlebih dahulu sebenarnya sejak kapan bilangan ini dipelajari. 

Baca juga: 

Materi Matematika Himpunan

Sejarah Singkat Bilangan Prima

Bilangan prima sendiri sudah dikenal sejak lama sekali. Dari catatan yang ditemukan, diketahui bilangan prima telah dipelajari pada tahun sekitar 300 sebelum masehi oleh matematikawan Yunani bernama Euclid of Alexandria. Beliaulah orang yang menyatakan bahwa bilangan prima tidak terbatas. Sekitar seratus tahun setelahnya, ilmuwan Yunani lainnya bernama Eratosthenes of Cyrene menemukan metode screening untuk mengidentifikasi bilangan prima dalam daftar tertentu. 

Setelah studi yang dilakukan ilmuwan Yunani tadi, studi mengenai bilangan prima tidaklah terlalu banyak berkembang. Perkembangan pesat terjadi pada abad ke 17 ketika seorang biarawan Prancis bernama Marin Mersenne yang mendefinisikan bilangan prima sebagai berikut ini:

Mengenal Apa Itu Bilangan Prima dan Contohnya 49

Jika Mengenal Apa Itu Bilangan Prima dan Contohnya 50 adalah bilangan prima, ada kemungkinan, meskipun tidak pasti, bahwa Mengenal Apa Itu Bilangan Prima dan Contohnya 51 adalah bilangan prima juga. Sebelumnya, tepatnya pada tahun 1588, seorang matematikawan dari Italia bernama Pietro Cataldi menemukan bilangan prima yang menjadi bilangan prima terbesar yang diketahui di eranya yaitu  Mengenal Apa Itu Bilangan Prima dan Contohnya 52. Sedangkan untuk angka prima terbesar yang ditemukan dengan cara perhitungan manual adalah Mengenal Apa Itu Bilangan Prima dan Contohnya 53. Angka yang terdiri dari 39 digit ini ditemukan oleh matematikawan Prancis bernama Édouard Lucas pada tahun 1876.

Studi mengenai bilangan prima terus berlanjut dan pada tahun 1996 didirikanlah the Great Internet Marsenne Prime Search (GIMPS) oleh Gaorge Woltman dari Massachusetts Institute of Technology. Proyek ini didirikan untuk mengeksporasi bilangan-bilangan prima yang belum ditemukan. Menariknya, semua orang bisa ikut berpartisipasi dalam proyek ini dengan mengunduh software yang disediakan di website GIMPS. Dari proyek ini, pada tahun 2018 ditemukan bilangan prima baru yaitu Mengenal Apa Itu Bilangan Prima dan Contohnya 54, bilangan prima ini terdiri dari 23,249,425 digits yang kalau ditulis dalam lembaran kertas akan dibutuhkan kurang lebih 10.000 lembar.  

Wow, panjang sekali ternyata perjalanan bilangan prima ya. Dengan adanya penemuan tadi tidak menutup kemungkinan ke depannya akan ditemukan bilangan prima baru lainnya dengan jumlah digit yang jauh lebih banyak. Mungkin ada beberapa dari kamu yang tertarik untuk bergabung dalam proyek GIMPS dan menemukan angka prima baru. Tentunya kamu butuh lebih dari sekadar kemauan untuk dapat menemukannya. Kamu butuh berusaha dan belajar matematika lebih banyak lagi.

Baca juga: 

Kuliah di Jurusan Matematika Belajar Apa?

Contoh Bilangan Prima 1-100

Bilangan prima adalah bilangan yang bisa dibagi dengan angka 1 dan bilangan itu sendiri. Dari definisi tersebut dapat diketahui bahwa beberapa contoh bilangan prima yang ada di antara angka 1 – 100 adalah sebagai berikut:

235711
1317192329
3137414347
5359616771
7379838997

Kurang lebih segini aja sih yang bisa aku bahas dari bilangan prima yang ternyata wow sekali. Aku harap apa yang telah aku sampaikan dapat memberi manfaat dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.