mata pelajaran sd

Rangkuman Materi Kelas 7 Lengkap dengan Pembahasannya Khusus untuk Sobat Zenius!

Sobat Zenius baru masuk masuk SMP, tapi udah kepikiran apa saja materi pelajarannya? Tenang saja, gue akan coba membuatkan rangkuman materi kelas 7 SMP buat elo dalam artikel ini supaya lebih siap duduk di bangku SMP!

Sebagai gambaran dasar, mata pelajaran yang akan disajikan di kelas 7 tentu tidak jauh berbeda ketika elo berada di kelas 6 SD. Elo akan belajar mapel seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPS dan juga IPA.

Akan tetapi, materi yang akan disampaikan di SMP akan berbeda jauh dengan SD. Oleh karena itu, elo perlu tahu dari sekarang apa saja materinya supaya bisa mempersiapkannya dengan matang.

Nah, kira-kira, apa saja, ya, pelajaran SMP kelas 7 dan materi-materinya? Tanpa basa-basi lagi, yuk, simak sampai selesai artikel ini!

Materi Kelas 7 SMP Semester 1

Dapatkan rangkuman materi kelas 7 smp di artikel ini.
Ilustrasi buku-buku (Dok. Pixabay)

Supaya elo lebih enak dalam belajarnya nanti, gue akan membagi rangkuman materi kelas 7 SMP dalam artikel ini menjadi semester 1 dan semester 2. 

1. Matematika

Sobat Zenius pasti suka sama mata pelajaran yang satu ini. Yap, meski terlihat sulit, beberapa orang justru menjadikan Matematika sebagai mata pelajaran favoritnya. Terlebih, sekarang elo udah bisa tanya-tanya kepada ZenBot saat nemu soal Matematika yang sulit!

Secara garis besar, materi Matematika SMP kelas 7 semester 1 terdiri dari bab-bab berikut:

Pada bab Bilangan, elo akan belajar materi-materi seperti bilangan bulat, pecahan dan operasinya, hingga bilangan berpangkat bulat.

Bab selanjutnya, yaitu himpunan, elo akan belajar tentang konsep himpunan dan himpunan dengan venn.

Memasuki bab aljabar, elo akan menemui gabungan huruf dengan angka. Misalnya, 2x+5 atau 3x+2y, dll.

Baca Juga: Contoh Soal PAT Matematika Kelas 7 dan Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban

2. IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

materi kelas 7
Ilustrasi DNA bagian dari IPA (Dok. Pixabay)

Bagi Sobat Zenius yang tertarik mempelajari tentang cara kerja atau fenomena alam, gue yakin IPA akan menjadi salah satu mata pelajaran favorit lo di SMP nanti. 

Materi kelas 7 IPA semester 1 terdiri dari beberapa bab, yaitu:

Di semester 1 ini, elo akan belajar banyak hal tentang bagaimana mengetahui suhu suatu benda hingga cara mengklasifikasikan makhluk hidup.

Seperti yang kita ketahui, makhluk hidup di dunia ini tidak hanya manusia, melainkan ada tumbuhan dan hewan. Nah, di sinilah elo akan mengenal lebih dalam mengenai semua makhluk hidup tersebut.

Nggak cuman itu, elo juga akan belajar tentang metabolisme sel, sistem pencernaan, hingga sumber energi manusia.

3. Bahasa Inggris

Di semester 1, materi kelas 7 bahasa Inggris yang akan dipelajari Sobat Zenius yaitu:

Di sini, elo akan belajar banyak hal mengenai greetings atau kata sapaan, seperti penggunaan good bye, good night, good morning dan sebagainya. 

Di sisi lain, elo juga akan diajarkan mengenai pengucapan kata terima kasih dan maaf, seperti penggunaan thanks, thank you, sorry, i’m sorry, i’m really sorry, dan masih banyak lagi.

4. Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia tentu akan menjadi mata pelajaran kelas 7 yang akan elo pelajari. Lalu, apa saja materi kelas 7 Bahasa Indonesia semester 1?

Di sini, elo akan belajar bagaimana cara mendeskripsikan sesuatu. Misalnya, elo habis makan atau minum sesuatu, lalu elo mendeskripsikan bagaimana rasanya. Selain itu, elo juga bisa mendeskripsikan diri sendiri ataupun orang lain.

Nggak hanya itu, elo juga akan belajar bagaimana teks yang ada di hikayat, novel, dan cerpen.

Baca Juga: Latihan Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 7, 8, 9 SMP dan Pembahasannya

Materi Kelas 7 Semester 2

materi kelas 7
Ilustrasi orang sedang belajar (Dok. Freepik)

Setelah membahas mengenai apa saja yang dipelajari selama semester 1, kini saatnya beralih ke materi kelas 7 semester 2.

1. Matematika

Ketika di semester 1, elo banyak belajar tentang operasi bilangan, aljabar, hingga persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

Lalu, apa saja materi Matematika kelas 7 semester 2? 

Di semester 2, elo akan belajar tentang untung dan rugi serta istilah-istilah lain dalam bisnis seperti diskon, bruto, tara, dan netto. Elo akan belajar bagaimana cara menghitungnya.

Selain itu, elo juga akan belajar mengenai segitiga, di mana nanti akan ada banyak sekali materi menarik, seperti bagaimana cara menghitung keliling dan luas segitiga hingga mengetahui jenis-jenis segitiga berdasarkan panjang sisi dan besar sudut.

Bahkan, elo juga akan belajar bagaimana pengumpulan dan penyajian data melalui bab statistika.

2. IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Jika di semester 1 materi kelas 7 IPA berkaitan dengan klasifikasi makhluk hidup, sistem pencernaan, dan lain-lain, di semester 2 elo akan lebih banyak belajar tentang pemanasan global, sistem tata surya, dan lain-lain.

Berikut bab-bab yang akan elo pelajari di semester 2:

  • Sistem organisasi kehidupan makhluk hidup
  • Interaksi makhluk hidup dengan lingkungan
  • Pencemaran lingkungan
  • Pemanasan global
  • Lapisan bumi
  • Sistem tata surya

Dalam bab pemanasan global, elo akan belajar tentang penyebab perubahan iklim dan dampaknya terhadap keberlangsungan hidup manusia. Di sisi lain, elo juga mendalami bagaimana cara dan upaya untuk menanggulangi terjadinya perubahan iklim. 

Selain itu, elo juga akan belajar atmosfer, litosfer, dan hidrosfer pada bab lapisan bumi serta belajar sistem tata surya pada galaksi kita, termasuk kondisi bumi dan bulan.

3. Bahasa Inggris

Di semester 1 elo udah banyak belajar hal mengenai greetings dan expressions gratitude and apology. Selanjutnya, memasuki semester 2, materi Bahasa Inggris yang akan elo pelajari meliputi:

Dalam materi asking and giving informations, elo akan belajar bagaimana mengekspresikan diri saat meminta bantuan atau memberikan informasi kepada orang lain.

Lalu, elo juga akan belajar bagaimana cara mendeskripsikan sesuatu dengan bahasa Inggris lewat bab descriptive text. Selanjutnya, elo juga akan belajar membaca jam dengan menggunakan bahasa Inggris lewat bab telling time.

4. Bahasa Indonesia

Materi kelas 7 untuk Bahasa Indonesia di semester 2 akan lebih banyak belajar mengenai surat dan juga karya sastra seperti puisi dan buku fiksi/non fiksi. 

Berikut rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 7 semester 2:

Pada bab fiksi dan non fiksi, elo akan dilatih untuk mengidentifikasi unsur-unsur pembangun di dalamnya serta membuat rangkuman buku tersebut.

Selain itu, elo juga akan belajar bagaimana cara menulis surat pribadi dan surat dinas. Materi ini sangat cocok buat elo yang seringkali merasa kesulitan saat hendak menuliskan surat pribadi kepada orang terdekat ataupun orang yang ingin dikenal.

Lebih jauh lagi, elo juga akan belajar mengenai puisi rakyat dan juga cerita fabel.

Baca Juga: Mengenal Seluk Beluk Ilmu Sosiologi – Materi Sosiologi Kelas 10

Zenius juga memberikan rekomendasi paket belajar buat elo yang masih bersekolah di SD, SMP dan SMA, Paket Aktiva Sekolah ! Untuk berlangganan elo bisa klik banner di bawah ini dan dapatkan diskon hingga 80%!

cta zenius aktiva sekolah basic

Demikian rangkuman materi kelas 7 SMP yang bisa elo pelajari satu per satu dari sekarang. Nggak ada salahnya mulai mempersiapkan diri menyambut bangku sekolah kelas 7 SMP dengan mempelajari materi-materinya.

Nah, buat elo yang tertarik untuk mempelajari materi kelas 7 semester 1 dan 2 lewat video pembelajaran, Sobat Zenius bisa langsung cek di bawah ini!

Belajar itu bukan cuma menghafal aja. Zenius punya beberapa paket belajar yang bikin belajar nggak sekedar menghafal tapi belajar konsepnya sampai paham. Yuk, langsung aja klik banner di bawah ini!

Langganan Zenius

Originally published: December 22, 2021
Updated by: Maulana Adieb

Bagikan Artikel Ini!