Apa Pentingnya Kepo Sama Kehidupan Orang Lain?

Gua cukup yakin seenggaknya lo pernah denger temen-temen lo pada ngegosipin artis atau kenalannya kayak gini:

  • “Eh tau gak, si artis X tuh habis diet trus jadi langsing dan mantan-mantan pacarnya pada ngajak balik semua!”
  • “Tau gak sih, si artis Y lagi pergi liburan ke Arab trus pulang-pulang bawa oleh-oleh minyak zaitun ratusan botol!”
  • “Waaah, ternyata aktor Z selingkuh sama temen mantan istri dari gebetan pamannya!”

Sering nggak sih, lo semua denger kalimat-kalimat itu dari temen-temen lo? Kadang-kadang, di timeline twitter gue, adaaa aja temen-temen gue yang sering nge-tweet tentang kehidupan orang lain yang menurut gue rada-rada gak penting buat dibahas. Mungkin ada juga sebagian dari lo yang kepikiran hal yang sama, kenapa sih banyak orang di sekitar kita yang suka banget ngurusin kehidupan pribadi orang lain, terutama para selebriti dan public figure lainnya. Sampai-sampai fenomena seperti ini bisa jadi ladang bisnis tersendiri, di mana banyak infotainment dan para penggiat social media yang menjadikan kehidupan pribadi para selebriti ini menjadi topik hangat yang selalu laku untuk dibahas.

Pernah penasaran nggak sih kenapa manusia demen banget kepo sama aktivitas dan kehidupan orang lain? Kenapa acara gosip di TV nasional yang mengangkat kehidupan pribadi orang tertentu hampir gak pernah kekurangan penggemar dari generasi ke generasi? Menurut hasil penelitian Wert & Salovey (2004), gosip itu nggak cuman hanya obrolan remeh yang nggak ada gunanya. Ternyata gosip juga bisa bermanfaat lho agar kita belajar dari pengalaman orang lain dan menerapkannya dalam kehidupan kita.

Nah, berarti ada bagusnya juga dong kalo sering-sering ngegosip? hehehe.. Nggak juga sih, point gue sebetulnya bukan di situ. Point gua sebetulnya adalah dengan memahami pola kehidupan dan pengalaman yang dijalani oleh orang lain, sebetulnya kita bisa banyak belajar tentang apa aja sih kesulitan yang mereka hadapi, sikap dan tindakan apa yang sebaiknya dilakukan, dan gimana reaksi lingkungan terhadap permasalahan tersebut.

Sayangnya, budaya masyarakat kita cenderung justru lebih melihat detail kehidupan permasalahan orang lain yang justru gak terlalu banyak bermanfaat, seperti contohnya gosip artis yang gua sebutin di atas. Coba ya kalo misalnya kita bisa mau ngulik tentang kehidupan orang-orang hebat yang berhasil melakukan perubahaan besar terhadap masyarakatnya, kemerdekaan negaranya, revolusi ilmu pengetahuan, tentang jerih payah seseorang menghasilkan karya seni, atau tentang kegigihan seorang atlit meraih medali olimpiade. Kebayang nggak sih lo, kualitas pembicaraan yang sangat berbeda kalo aja kita bisa lebih banyak mengalokasikan waktu untuk ngulik tentang orang-orang hebat?

  • Budi: "Eh lo tau nggak sih kalo pembuktian dari teori relativitas Einstein yang mematahkan (sebetulnya menyempurnakan) konsep teori gravitasi Newton yang udah bertahan 200 tahun itu dibantu sama ilmuwan Inggris bernama Eddington!"
  • Tono: "Wah serius lo?? Berarti dulu sempet drama banget dong yah?! Waktu jaman itu kan Jerman lagi perang gila-gilaan sama Inggris, masa saintis Inggris malah ngebantuin saintis Jerman buat "mematahkan" teori yang dihasilkan oleh ilmuwan dari negaranya sendiri (maksudnya Newton)."
  • Budi: "Yoi, bukan drama lagi itu Bro... berita itu bikin para saintis dari seluruh dunia geleng-geleng kepala. Mungkin kalo ada twitter waktu itu pasti udah jadi worldwide trending topic deh!"
  • Tono: "Astaga, itu kan seolah-olah mencoreng ego sebuah negara sebesar Inggris Raya di waktu yang paling buruk. Tapi dari situ kita bisa melihat bahwa bagian sains, kebenaran adalah kebenaran. Sains harus terus berkembang secara netral tanpa melihat situasi politik."

Coba lo bayangin, beda banget kan kualitas pembicaraan seperti ini dibandingin ngomongin tentang tas merk apa yang lagi dipake sama para artis? Ya emang sih, informasi tentang selebritis lebih mudah diakses daripada orang-orang hebat itu. Lo nyalain tv aja, dikit-dikit pasti acara gosip. Tapi bukan berarti lo kekurangan resource buat ngulik cerita orang hebat. Cerita tentang Einstein dan Eddington di atas bisa lo simak lebih detail di tulisan Pras di artikel zenius sebelumnya. Terus gimana dong caranya kita bisa lebih mengalokasikan waktu buat ngulik dan kepo sama kehidupan orang-orang yang hebat dan keren?

Nah, salah satu cara yang paling praktis adalah dengan membaca Biografi mereka. Yup, membaca biografi itu ibaratnya lo membaca catatan perjuangan orang-orang keren yang berhasil berkarya besar dalam hidupnya! Bayangin aja dengan baca buku biografi, lo bisa seolah-olah masuk dan menyelami kehidupan seseorang yang telah berhasil melakukan hal-hal keren dalam hidupnya. Lo bisa tau gimana perjuangan Issac Newton untuk bisa memahami teori Gravitasi itu gak sesederhana cuma gara-gara kejatohan buah Apel dari pohon doang. Percaya deh, ada buanyak banget manfaat dari membaca Biografi. Nah, berikut ini gua mau kasih beberapa point tentang apa aja hal yang bisa lo dapetin dengan memahami kehidupan orang lain melalui Biografi mereka.

 

Manfaat Pertama: Kita bisa tau bahwa setiap orang yang berhasil memberi kontribusi terhadap kehidupan kita juga melewati tantangan dan perjuangan yang nggak gampang.

Resep pertama untuk mendapatkan manfaat dari membaca biografi harus dimulai dari rasa penasaran dalam diri lo sendiri. Sekarang pernah gak sih lo ngerasa penasaran sama berbagai hal yang lo liat di sekeliling lo? Kenapa benda kecil di tangan lo bisa dipake buat denger lagu, foto, dan komunikasi sama banyak orang? Gimana mobil bisa bergerak untuk ngebawa lo jalan-jalan di Malam Minggu? Pernah gak lo berusaha mikir, apa yang ada di otak si pencipta benda yang sekarang sering banget lo lihat dan lo pake sehari-hari? Hal-hal yang seolah-olah remeh seperti itu sebetulnya seru banget untuk ditelusuri dan bakal nambah wawasan lo.

Zaman sekarang, gampang banget deh buat nemuin buku Biografi. Coba aja lo mulai baca komik keluaran Elex Media Komputindo yang Seri Tokoh Dunia. Serius deh coba untuk awal-awal lo baca komik aja dulu, seri tokoh dunia itu cukup enak dibaca lho. Bayangin deh kalo lo seenggaknya tau gimana perjuangan orang-orang yang menemukan barang-barang yang paling bermanfaat buat lo. Dengan begitu, lo juga jadi bisa lebih ngehargain benda itu. Ngomong-ngomong siapa aja sih yang berkontribusi terhadap gadget yang biasa kamu pake?

  • Bapak Komputer modern? Hayo jangan-jangan banyak yang nebak Bill Gates atau Steve Jobs. Yang benar adalah Alan Turing. Coba deh berapa banyak diantara lo yang tau tentang Alan Turing? Wah, kalo lo mau lanjut kuliah jurusan IT atau computer science, lo wajib tau Alan Turing. Buat lo yang belum tau, kontribusi Alan Turing sangat besar dalam berbagai bidang, terutama perkembangan computer science, algoritma, dan sistem komputasi. Bisa dibilang gimana cara seluruh alat digital di sekitar lo bekerja untuk memproses informasi (komputasi) itu adalah hasil jerih payah pemikiran dia. Kalo lo baca tentang kehidupan dia, lo bakal terperangah tentang gimana jerih payah dia untuk membongkar sandi rahasia NAZI untuk membantu sekutu memenangkan perang dunia II. Lo juga bisa ngeliat betapa keren dan jeniusnya Turing dalam mengembangkan konsep Morphogenesis, sebuah pendekatan matematis untuk memprediksi perubahan bentuk pada setiap organic life.
  • Dua Pendiri GOOGLE: pernah ngebayangin apa jadinya dunia tanpa google? Informasi juga sulit dijangkau, nyasar melulu karena gak ada google maps, susah nerjemahin buku karena gak ada google translate, bingung nyari bahan referensi tugas dari guru/dosen. Berterima kasihlah pada Larry Page dan Sergey Brin yang telah menciptakan keajaiban bernama google. Dengan ngeliat gimana sih kegigihan mereka untuk menciptakan suatu konsep yang mungkin gak pernah kepikiran sama sekali sama orang lain.

 

Manfaat Kedua: Jadi inspirasi buat kita

Pernah ngerasa bersemangat atau termotivasi ngelakuin sesuatu setelah mendengar suatu kisah, mengalami suatu kejadian, atau mendengar quote dari orang? Itu artinya lo lagi terinspirasi. Atau ada ngga dari lo yang merasa kurang termotivasi dalam belajar atau melakukan sesuatu? Mungkin lo butuh inspirasi, Men! Inspirasi tuh sebenarnya apa sih? Walaupun abstrak, sebenernya udah ada penelitian yang dilakuin sama Thrash & Elliot yang berhasil ngejelasin ciri-ciri inspirasi di tahun 2003.

  1. Pertama, inspirasi tuh ide, solusi, atau apapun itu yang nongol di otak lo, dan nongolnya secara spontan, tanpa lo duga-duga ataupun rencanain.
  2. Kedua, inspirasi bersifat transendental atau melampaui akal sehat yang kita miliki atau pengalaman fisik yang alami sebagai manusia. Kalo menurut kedua sesepuh di atas, ciri transendental ini termanifestasi lewat emosi positif yang kita rasain saat melihat hal yang indah dan baik, dan emosi itu ngebuat kita menyadari beragam kesempatan yang bisa kita ambil dalam hidup. Sesekali rada-rada Filosofis dikit gpp ye? hehe..
  3. Ketiga, inspirasi berkaitan banget dengan motivasi. Lo merasa terdorong untuk mewujudkan ide atau visi yang tadi udah nongol di kepala lo.

Tapi masalahnya, lo nggak bisa keinspirasi kalo nggak ada stimulus atau suatu hal yang bisa ngebangkitin inspirasi di dalam diri lo. Nah, dengan menelusuri kehidupan orang-orang hebat melalui biografi mereka, sebetulnya ada banyak banget pembangkit inspirasi di dalam kisah hidup orang-orang hebat yang unik. Dan sebenarnya ini bisa jadi cambuk yang bagus lho buat ngebakar semangat belajar dan eksplorasi diri lo.

 

  • Thomas Edison: pernah mikir nggak apa yang terjadi kalau tidak ada lampu di dunia ini? Lo kagak bisa belajar malem hari karena lo kagak gak ada penerangan yang memadai. Thomas Alva Edison, Si Penemu Bohlam itu gak langsung berhasil dan nemuin tuh bohlam, tapi dia gagal sampe 1000 kali. Namun, dia kagak langsung nyerah, sampe akhirnya dia nemuin tuh bohlam. Nggak hanya itu, dia dulu juga pernah dikeluarkan dari sekolah sampe dia akhirnya jualan koran di stasiun kereta api. Dia juga bukan berasal daari keluarga yang kaya dan berada. Udah jelas kalo hidupnya kagak mudah, tapi dia berhasil memberikan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi peradaban manusia dan lo bisa belajar dari dia.
  • Marie Curie: tau gak lo tentang kisah Marie Curie? Dia adalah orang pertama (dan satu-satunya cewek) yang memenangkan dua penghargaan Nobel Prize di dua bidang disiplin ilmu (fisika dan kimia) atas penelitiannya tentang radiokativitas dan isolasi radium murni. Lo tahu kagak kalau dia dulu nggak boleh masuk ke universitas yang formal karena dia perempuan. Jaman itu, cuma pria yang boleh masuk universitas. Akhirnya dia bekerja dan berusaha untuk mendapatkan uang untuk kuliah, hingga ahirnya dia bisa kuliah dengan uang yang sangat terbatas. Dia bahkan sering sakit-sakitan karena cuma makan roti, mentega, dan teh. Ketidakmampuan finansial seharusnya bukan jadi alasan lo untuk berhenti bermimpi dan belajar.MarieCurie

 

 

Manfaat Ketiga: Lo jadi memahami perkembangan sejarah ilmu pengetahuan yang berkesinambungan

Dengan baca biografi, lo bisa bandingin kalau pemikiran orang-orang tahun 1800-an tuh gimana, sih? Kenapa orang-orang di tahun 2000-an pemikirannya bisa beda sama orang-orang tahun 1900-an? Kenapa pemikiran seorang Marx bisa mengubah paradigma dunia tentang sistem ekonomi dan politik, gimana gagasan MK.Gandhi menjadi inspirasi Mandela, Martin Luther King, Jr, dan banyak aktivis kemanusiaan untuk memperjuangkan kesetaraan HAM di negaranya masing-masing. Trus, dari situ lo juga bisa belajar bahwa ilmu pengetahuan tuh sifatnya dinamis dan terus berkembang dari zaman ke zaman. Ada tiga pendekatan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan itu sendiri :

  • The cyclical hypothesis: melihat bahwa apa yang terjadi pada saat ini pernah terjadi pada masa lalu.
  • The linear-Progression Hypothesis: dalam pandangan ini, generasi sebelumnya berkontribusi untuk menciptakan keadaan sekarang. Biasanya terjadi dalam ilmu sains dan teknologi. Contoh, dulu Aristoteles menganggap bahwa makhluk hidup terbuat dari benda mati. Anggapan tersebut merupakan sesuatu yang baru pada jamannya dan luar biasa pada masanya, sampai hal tersebut dibuktikan salah oleh Fransisco Redi yang membuktikan bahwa makhluk hidup bukan berasal dari benda mati.
  • The Chaos Hypothesis: dalam pandang ini, sejarah adalah sesuatu yang chaos dan tidak dapat diprediksi. Contohnya tren pakaian dan tren bahasa. Dari dulu ampe sekarang, perkembangan tren pakaian tuh bener-bener gak bisa diliat pattern-nya secara jelas.

****

Mungkin membaca biografi nggak akan membuat IQ lo tiba-tiba langsung melejit 10 angka. Mungkin membaca biografi bukanlah hal yang bisa membuat lo diterima universitas yang lo pengin masukin. Tapi, dengan membaca biografi lo bisa belajar banyak dari tokoh-tokoh yang memanfaatkan waktu singkatnya di dunia ini untuk melakukan hal-hal keren luar biasa.

Okay sebagai penutup, gua cuma mau kasih rekomendasi beberapa tokoh yang menurut gua (dan zenius) penting banget buat lo ketahui dan baca/tonton biografinya. Tokoh-tokoh ini menurut gua pribadi sih wajib banget lo ketahui, jangan sampe deh kalo nanti lo kuliah, terus begitu ditanya siapa itu MK.Gandhi terus lo bengong. Nah, sebagian besar dari tokoh-tokoh rekomendasi dari gue dan zenius sebetulnya udah disebutin di atas, cuma gua sebut ulang deh biar lo lebih gampang ngeliatnya + ada beberapa rekomendasi tambahan juga:

Bidang saintis:

  1. Albert Einstein
  2. Issac Newton
  3. Marie Curie
  4. Charles Darwin
  5. Galileo Galilei

Bidang teknologi

  • Bill Gates
  • Steve Jobs
  • Alan Turing
  • Larry Page
  • Sergey Brin
  • Thomas Edison

Bidang sosial-politik

  • Karl Marx
  • Mahatma Gandhi
  • Nelson Mandela
  • Martin Luther King, Jr
  • Aung San Suu Kyi
  • Dalai Lama 14th
  • Pope John Paul II
  • Franklin D.Roosevelt

Nah, sebetulnya masih banyak banget lagi yang pengen gua sebut tapi nanti jadi kepanjangan. Mungkin di antara lo sendiri ada yang bisa nambahin di comment section di bawah artikel ini dari bidang yang lain seperti musik, olahraga, seni, dll. Moga-moga nih, dengan baca biografi orang-orang keren ini, lo bisa belajar bahwa semua orang bisa memberikan kontribusi kepada lingkungannya, terlepas dari latar belakang kehidupannya, setiap orang hebat memiliki masalah dan perjuangannya masing-masing. Dan semua pengalaman tak ternilai itu, tertuang dalam sebuah buku (atau film) Biografi. The problem is… would you do that? Would you try to do that?

 

"No great man lives in vain.the history of the world is but the biography of great man" - Thomas Carlyle

 

Keterangan Sumber Jurnal:

Thrash, T. M., & Elliot, A. J. (2003). Inspiration as a psychological construct.Journal of Personality and Social Psychology.
http://www.biography.com/people/thomas-edison-9284349#early-career
http://www.britannica.com/EBchecked/topic/596034/time/61004/Cyclic-view-of-time-in-the-philosophy-of-history
Wert, Salovey. 2004. a Social Comparison Account of Gossip

 

Sumber Gambar:

http://www.thejournal.ie/alan-turing-code-breaker-pardon-1238152-Dec2013/
http://laramielive.com/marie-curie-portrayed-in-womens-history-month-program-tuesday/
https://www.etsy.com/listing/91048740/35-science-art-prints-8x10-rock-star
http://veodesign.com/wp-content/uploads/2011/08/03-da-peacekeepers-big.jpg

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau diskusi sama Annisa (Sasa), sharing pengalaman lo baca buku Biografi, atau mau kasih rekomendasi tokoh-tokoh yang menurut lo wajib buat dibaca biografinya - gak usah malu-malu langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini. Berikut di bawah ini adalah beberapa artikel biografi yang pernah dibahas di zenius blog:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Fisal Amarsyah

    Langsung ngubek2 biografi orang ..

  • Dhawy Farras Putra

    Wah makasih dikasih referensi nama orang yang berkontribusi di dunia sosial politik, dari dulu pengen ngulik sosial politik tapi bingung harus mulai darimana.
    Thanks.

  • Mohammad Anton Rizki Syahputra

    Marie Curie (y)

  • mustika rini

    nelson mandela.

  • bayu

    Tambahan:
    Bapak taksonomi "Carl Von Liinne" : apa jadinya klo tidak pnemuan taksonomi modern dri linnaeus' mngkin kita tdak bsa membedakan nma makhluk hidup.
    Dan mendel jga, kita Jadi bsa nentuin jenis klamin pda manusia,. Dll.

  • Muh. Hanif Muallif

    kalau Film tentang Biografi, Ane minta Recommend nya :3

  • Muhammad Fadel

    George Stephenson, seorang penambang di waktu kecil, terinsipirasi dari kereta penambang, dia belajar di sela-sela waktunya sambil mengumpulkan uang, berguru ke siapapun, akhirnya menemukan kereta api. Dia dijuluki BAPAK KERETA API

  • ilham

    mas mw nanya lg klo menurut lo tokoh biografi dari bidang kreatif apa yaa

  • Muhammad Al-Ghiffary

    nih biografi yang menginspirasi:
    - Al-Khawarizmi
    - Al- Biruni
    - Ibnu Sina
    - Andi Oktavian Latief
    - merry RIana
    - Richard Feynmann
    - Yohanes Surya

  • fajri

    Cristiano Ronaldo

  • Selvya Mulyani

    gue sering baca biografi beberapa scientis, tapi emang dasar kelewat kepo, gue jadi tahu marie curie punya skandal asmara dgn pria beristri setelah suaminya meninggal, terus einstein juga punya 5 pasangan gelap selama pernikahan dengan elsa, apalagi Newton katanya waktu bocah pernah ngebakar rumah, padahal emaknya ada di dalam. kayaknya gue salah fokus deh