sbmptbr unej 2022

Seleksi Mandiri UNEJ (SBMPTBR) 2022: Informasi Pendaftaran dan Tips Lengkap

Halo Sobat Zenius! Di antara elo ada yang punya wishlist buat masuk ke Universitas Jember nggak, nih? Kalau ada, gue mau ngajak elo semua buat ngebahas informasi lengkap tentang seleksi mandiri UNEJ (SBMPTBR) 2022 dalam artikel ini, mulai tanggal pelaksanaan hingga tata cara pendaftarannya.

Buat elo yang belum tahu, SBMPTBR adalah seleksi mandiri UNEJ bagi para siswa kelas 12 atau gap year yang mau masuk ke universitas negeri di Jawa Timur ini.

Seleksi ini tentu saja menjadi alternatif yang bagus buat Sobat Zenius yang belum beruntung di tahapan SNMPTN atau SBMPTN, lho!

Lantas, apa itu seleksi mandiri? Seleksi mandiri atau disebut juga ujian mandiri merupakan seleksi yang diadakan dan dikelola sendiri oleh perguruan tinggi. 

Jadi, PTN tersebut mengadakan seleksi di luar jalur SNMPTN dan SBMPTN. Salah satu kampus dari tanah Jawa Timur yang menyelenggarakan seleksi mandiri adalah Universitas Jember yang seleksinya lebih dikenal dengan nama SBMPTBR UNEJ. 

Penasaran seperti apa seluk beluk dari seleksi mandiri UNEJ tersebut? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini!

informasi SBMPTBR UNEJ 2022
Universitas Jember, Jawa Timur memiliki tagline “Tradition of Excellence”

Apa Itu SBMPTBR UNEJ?

SBMPTBR (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya) merupakan seleksi mandiri yang dilaksanakan oleh universitas negeri maupun swasta se-Besuki Raya.

Universitas yang tergabung dalam Besuki Raya adalah mereka yang berada di wilayah bekas Karesidenan Besuki, Probolinggo, dan Lumajang.

Selain itu, universitas yang bisa mengikuti SBMPTBR adalah mereka yang juga tergabung dalam Forum Silaturrahim PTN-PTS Se-Besuki Raya, termasuk Universitas Jember. Dari jalur mandiri inilah UNEJ mendapatkan mahasiswa jenjang S1 dan D3.

Tahun 2022, UNEJ berencana menerima mahasiswa baru dengan kuota 30% lewat jalur SNMPTN, 50% lewat SBMPTN, dan sisanya 20% lewat jalur SBMPTBR. Kuota tersebut tentu bisa Sobat Zenius maksimalkan dengan baik!

Jalur seleksi mandiri memang tidak boleh dianggap enteng. Pasalnya, mereka menerima mahasiswa yang cukup banyak juga. Terlebih, bagi elo yang berminat kuliah di UNEJ. 

Elo juga harus mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi mandiri ini, seperti melakukan research terkait jadwal dan persyaratan SBMPTBR UNEJ, belajar materi ujian, dan sering

Jadwal SBMPTBR UNEJ 2022

Sebelum mengetahui persyaratan dan tata cara pembayaran SBMPTBR UNEJ, elo harus mengetahui terlebih dahulu tentang jadwal pelaksanaan SBMPTBR UNEJ 2022.

Untuk melihat jadwalnya, elo bisa cek uraian berikut ini:

  • Pendaftaran Online
    20 – 30 Juni 2022 (kuota ujian terbatas)
  • Pelaksanaan Ujian
    4 – 10 Juli 2022
  • Pengumuman
    13 Juli 2022 Jam 13.00 WIB
  • Pengisian Data Online (Verifikasi Data)
    14 – 20 Juli 2022
  • Pembayaran UKT dan SPI
    18 – 25 Juli 2022
  • Registrasi Mahasiswa Baru
    23 -29 Juli 2022

Jadwal tersebut sewaktu-waktu bisa saja berubah ya, guys. Jadi, elo bisa pantengin terus, nih, blog dari Zenius buat dapetin informasi terbaru mengenai seleksi mandiri UNEJ (SBMPTBR). 

Nah, kalau elo sudah melaksanakan semua sesuai prosedur dan jadwal, selamat, elo resmi menjadi mahasiswa baru UNEJ Tahun Akademik 2022/2023! 

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

Prosedur Pendaftaran SBMPTBR UNEJ

Eitsss… bukan hanya jadwal yang harus elo perhatikan, tetapi prosedur pendaftaran juga penting banget nih, guys

Kalau proses elo salah atau ada yang terlewat, bisa-bisa gugur di tahap awal. 

Prosedur di bawah ini diambil untuk tahun 2021, ya. Sejauh ini di website unej.ac.id belum di-update mengenai hal tersebut.

Sobat Zenius bisa mengikuti update-an SBMPTBR UNEJ 2022 lewat blog Zenius juga, ya! Jadi pantengin terus!

Berikut prosedur yang perlu elo ketahui:

Persiapkan Pilihan Program Studi

Yap, langkah pertama yang harus elo lakukan adalah dengan memilih manakah program studi (prodi) yang akan dipilih. Karena ini merupakan seleksi universitas se-Besuki Raya, jadi elo harus punya trik juga seperti SBMPTN.

Di mana, UNEJ akan memprioritaskan mahasiswa yang memilih prodinya di urutan pertama.

Periksa Persyaratan Peserta/Calon Mahasiswa

Setelah elo mempersiapkan pilihan prodi, selanjutnya elo juga harus memperhatikan persyaratan untuk mengikuti SBMPTBR.

Berikut ini adalah persyaratan yang harus dipenuhi:

  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA/Paket C Tahun 2019, 2020, dan 2021 dapat memilih semua Perguruan Tinggi peserta SBMPTBR Tahun 2021.
  • Usia maksimal lulusan paket C adalah 25 tahun pada bulan Juli 2021 bagi yang memilih Universitas Jember.
  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA/Paket C  sebelum tahun 2019 dapat memilih Perguruan Tinggi selain Universitas Jember
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya
  • Pelamar beasiswa KIP-Kuliah tidak diakomodir dalam SBMPTBR 2021.

Di antara ketiga poin di atas, apakah elo sudah sesuai dengan persyaratannya? Kalau sudah, lanjut ke prosedur selanjutnya, yaitu registrasi.

Registrasi Akun Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan secara daring pada laman sbmptbr.unej.ac.id, yang akan dibuka pada tanggal 14 – 25 Juni 2021 pukul 17.00 WIB. Isi data diri secara lengkap pada menu “pendaftaran” yang mencakup sebagai berikut:

  1. Nama sesuai ijazah
  2. NIK (Nomor Induk Kependudukan)
  3. Jenis kelamin
  4. Jurusan di SMA/SMK/MA
  5. Pilihan kelompok ujian
  6. Tanggal lahir

Setelah elo mengisi data diri secara lengkap, maka elo akan mendapatkan KAP (Kode Akses Pembayaran) dan PIN. Selanjutnya, elo cetak KAP dan PIN tersebut untuk proses pembayaran.

Pembayaran Biaya Pendaftaran

Perlu Sobat Zenius ketahui bahwa KAP dan PIN yang elo dapatkan setelah proses pendaftaran hanya berlaku selama 1×24 jam.

Sehingga, setelah mendapatkannya, silakan langsung lakukan pendaftaran ya, guys. Karena, kalau KAP dan PIN tersebut expired, maka elo harus mengulangi tahap 3 di atas.

Untuk tahun 2022 belum tahu pasti berapa jumlah biaya pendaftaran. Namun, untuk tahun kemarin cara pembayaran SBMPTBR UNEJ bisa dilakukan lewat bank BNI sebesar Rp350.000 dan berikan KAP sebagai ID pembayaran dan kode/tipe pembayaran “3”.

Login, Lengkapi Data Diri, dan Upload Dokumen

Data diri Sobat Zenius tidak sebatas pada poin 3 di atas lho, guys. Setelah pembayaran sukses dilakukan. Selanjutnya elo login menggunakan KAP dan PIN yang telah diberikan sebelumnya ya.

Di sana, terdapat dua pilihan untuk elo yaitu “Menggunakan Nilai UTBK SBMPTN 2021” atau “Mengikuti UTBK SBMPTBR 2021”. Pilih sesuai dengan keinginan dan peluang elo.

Selanjutnya siapkan dan upload beberapa dokumen yang diperlukan, sebagai berikut:

  1. Pas foto berwarna terbaru dengan ukuran maksimal 100 KB (resolusi 600 x 400) dengan format jpg.
  2. Isi data personal.
  3. Pilih lokasi ujian (jika sebelumnya memilih mengikuti UTBK SBMPTBR)
  4. Buat yang memiliki prestasi dalam bidang akademik, seni, olahraga, maupun hafal kitab suci agama yang diakui RI beserta bukti/sertifikat yang bersangkutan dengan besar file maksimal 500 KB.

Itu dia prosedur pendaftaran SBMPTBR UNEJ 2021. Perlu elo ketahui juga, bahwa peserta tidak diperkenankan untuk mendaftar menggunakan NIK yang sama maupun NIK milik orang lain. Kala curang, elo akan langsung didiskualifikasi, guys. Ngeri nggak tuh?!!!

Tips dan Trik Lulus SBMPTBR UNEJ

Supaya lebih efektif dan efisien selama proses pendaftaran hingga pelaksanaan ujian, ada beberapa tips dan trik yang bisa elo lakukan supaya lulus SBMPTBR.

Kira-kira apa sajakah tipsnya? Ini dia langkah yang harus elo ikuti!

Pilih Jalur Masuk yang Sesuai dengan Keinginan dan Perhatikan Peluangnya

Kunci sukses lulus seleksi adalah dengan memperhatikan kapasitas diri. Ketika Sobat Zenius memilih prodi dari kampus impian, sebaiknya perhatikan juga besarnya peluang elo untuk bisa tembus.

Yap, nilai diri elo sendiri. Misalnya, Sobat Zenius ingin masuk prodi Ilmu Kedokteran, tapi elo sadar bahwa selama ini kurang menguasai materi Biologi dan Kimia. Selain itu, elo juga tidak belajar dan berusaha untuk bisa memahami materi tersebut.

Nah, kalau sudah begitu jangan coba-coba deh, guys. Mending pilih prodi yang lain yang sekiranya bisa elo kuasai.

Kalau pun tetap ingin mengambil prodi tersebut, elo harus siap untuk belajar lebih giat lagi supaya bisa mengejar materi yang elo masih kurang kuasai.

Kenapa? Karena, yang berjuang untuk mendapatkan prodi impian elo bukan hanya elo seorang, jadi elo harus rebutan kursi untuk menjadi mahasiswa baru UNEJ.

Cek Persyaratan dan Catat Tanggal Pentingnya

Setelah memastikan prodi yang Sobat Zenius inginkan dan kemungkinan peluang yang elo miliki cukup besar, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan research terkait persyaratan dan jadwal penting dari SBMPTBR 2022.

Cek dengan teliti dan jangan sampai ada yang terlewat ya, guys! Elo bisa mengikuti informasi updatenya dari laman unej.ac.id/pendaftaran.

Daftar, Jangan Suka Menunda!

Siapa yang masih suka menunda-nunda sesuatu? Semoga elo tidak termasuk di dalamnya ya, guys.

Ketika pendaftaran SBMPTBR 2022 sudah dibuka, segerakan untuk mendaftar, jangan ditunda-tunda apalagi sampai mepet ke waktu penutupan. Tidak ada yang tau ke depannya akan seperti apa.

Biasanya, menjelang penutupan akan ada banyak orang yang mendaftar. Untuk menghindari server website down akibat terlalu banyak yang mengaksesnya, elo harus mendaftar di awal-awal waktu.

Persiapkan Diri dengan Perbanyak Latihan Soal

Ingat pepatah, “Bisa karena terbiasa”?. Nah, elo juga harus memegang pepatah itu kuat-kuat.

Perbanyak latihan soal dan cari tau jawaban yang benar. Ketika elo terbiasa mengerjakan soal-soal ujian mandiri, maka elo akan terbiasa berhadapan dengan soal-soal seperti itu. Dengan begitu, saat pelaksanaan ujian tiba, elo bisa cepat dan tepat dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan.

Persiapan diri dengan latihan soal memang penting, namun ada yang tidak kalah penting, yaitu dengan menjaga kesehatan diri dan selalu berdoa supaya hasil yang diberikan kelak akan sesuai dengan harapanmu.

Materi Ujian SBMPTBR UNEJ 2022

sbmptbr unej 2022
Ilustrasi orang mengerjakan soal (Dok. Pexels)

Sebagai gambaran elo menghadapi seleksi mandiri UNEJ SBMPTBR, gue mau kasih materi ujian SBMPTBR tahun 2021.

Materi yang diujikan pada SBMPTBR yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) SAINTEK atau SOSHUM. TPS adalah jenis soal yang diujikan untuk mengukur kemampuan kognitif peserta.

Soal ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Kemampuan Penalaran Umum

Pada bagian kemampuan penalaran umum, elo akan bertemu dengan soal yang menuntut penalaran elo dalam memahami isi teks/tabel/diagram/grafik berdasarkan paragrafnya.

Selain itu, terdapat soal yang membuatmu menyimpulkan secara logis manakah sesuatu yang mungkin terjadi berdasarkan teks. Pada bagian ini juga disediakan mengenai analisis dan menjawab soal berdasarkan data yang telah disediakan.

Elo bisa mempelajari materi penalaran umum di sini.

Pengetahuan Kuantitatif

Nah, dari sekian jenis soal, bagian inilah yang dinilai paling susah oleh para peserta. Mencakup soal logika, pilihan dari pertanyaan dan empat informasi, menjawab pertanyaan dari dua informasi yang paling dibutuhkan atau penting, serta analisis perbandingan nilai yang harus ditentukan hubungan antar keduanya.

Elo bisa belajar materi pengetahuan kuantitatif bareng Zenius di sini.

Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Bagian ini memuat soal-soal yang melingkupi ide pokok, simpulan, kelemahan dan kelebihan paragraf, serta hubungan antarparagraf. Perhatikan juga konjungsi, tanda baca, makna kata, dan kata ganti.

Untuk bahasa Inggris, elo harus bisa memahami inti utama dari bacaan yang diberikan. Tidak hanya itu, elo juga harus bisa membuat kesimpulan berdasarkan fakta atau informasi ada teks.

Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis

Bagian ini terdiri dari dua subtopik, yaitu memahami bacaan dan menulis berdasarkan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Nah, untuk mengatasi soal-soal ini, rajinlah membaca supaya kamu bisa melihat seperti apa kaidah kebahasaan yang baik dan benar. Dengan elo terbiasa membaca, maka elo juga bisa dengan cepat memahami isi bacaan.

Tunggu apa lagi? Ayo pelajari berbagai materinya secara fokus untuk ujian mandiri! Elo bisa banget mulai mempersiapkan diri dengan belajar contoh-contoh soal ujian mandiri yang disediakan lewat aplikasi Zenius.

Nggak cuman contoh soal, di sana juga banyak sekali fitur menarik seperti fitur  mengerjakan try out. Fitur ini akan membuat elo seperti mengerjakan satu soal ujian karena dibatasi oleh waktu.

Selain itu, masih banyak fitur lainnya dari aplikasi Zenius yang bisa menunjang elo buat mempersiapkan diri menghadapi ujian mandiri.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera download aplikasi Zenius dengan klik banner di bawah ini, yuk!

Itu dia informasi seputar SBMPTBR UNEJ 2022, mulai dari pengertian SBMPTBR yang mungkin masih asing di telinga masyarakat, jadwal pendaftaran, prosedur pendaftaran, hingga tips dan trik supaya elo lulus SBMPTBR 2022. 

Buat Sobat Zenius yang mau mematangkan diri demi persiapan yang maksimal menghadapi seleksi mandiri UNEJ atau PTN lainnya, elo bisa banget, nih, ambil paket belajar dari Zenius!

Melalui bootcamp tersebut elo akan diberikan banyak sekali materi menarik beserta latihan soal yang menunjang persiapan elo menghadapi ujian mandiri. Klik banner di bawah ini, ya!

zenius ultima boot camp um

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat buat elo ya. Semangat!!!

Baca Juga Artikel Lain Tentang Ujian Mandiri

SMUP UNPAD 2022

Seleksi Mandiri ITS 2022

UM IPB 2022

Originally published: April 28, 2021
Updated by: Maulana Adieb

Bagikan Artikel Ini!