Gimana sih caranya meningkatkan motivasi belajar? Baca di Zenius ya!

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Kamu Mulai dari Sekarang

Tuntutan sebagai seorang pelajar saat ini memang semakin tinggi. Hal ini tentunya sejalan dengan modernitas dunia global dan kebutuhan akan sumber daya manusianya. Untuk itu dibutuhkan cara meningkatkan motivasi belajar yang juga disesuaikan dengan zamannya.

Beberapa Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Menyenangkan untuk Diri Sendiri

Beberapa Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Menyenangkan untuk Diri Sendiri Zenius Education
Photo by Bich Tran from Pexels

Membentuk motivasi dalam diri sendiri untuk semangat belajar bukanlah hal mudah. Dibutuhkan strategi khusus agar rasa malas benar-benar pergi. Ada beberapa cara bisa Kamu lakukan dan mulai dibiasakan secara rutin. Jika butuh panduan maka bisa simak penjelasan dibawah ini:

1. Buatlah Agenda Pribadi

Mencari Studi Kasus yang Pernah Dipakai
Image by Methawee Krasaeden from Pixabay

Menentukan target ketika masih muda bukanlah suatu hal yang berlebihan. Kamu bisa mengawalinya dengan membuat agenda pribadi beriskan berbagai macam kegiatan atau rencana harian. Rencana ini akan membanti Kamu untuk selalu produktif dan tidak membuang waktu untuk hal tidak penting.

Agenda membantu Kamu untuk bisa lebih fokus pada tujuan awal. Biasakan untuk mengisikan agenda dengan bulat hitam sebagai poin penting. Gunakan batasan waktu saat beralih ke kegiatan lainnya. Kemudian pisahkan antara agenda mingguan serta bulanan. Lakukan secara konsisten dan rutin.

2. Ikuti Gaya Belajar Favorit

Mengusahakan untuk Selalu Datang Sesuai Waktu yang Ditentukan
Photo by Max Fischer from Pexels

Kenyamanan harus sangat diperhatikan dalam meningkatkan motivasi belajar karena belajar juga sangat berpengaruh untuk memberikan motivasi memahami pembelajaran. Pahami gaya belajar kesukaan, karena masing-masing orang memang punya kepribadian berbeda, sehingga tipe fokusnya untuk menyerap pembelajaran juga berbeda.

Beberapa tipe belajar antara lain ada visual, yakni menggunakan media foto atau pemahaman gambar. Jika Kamu termasuk dalam tipe ini maka bisa gunakan grafik atau diagram. Setiap tema bisa menggunakan warna yang berbeda-beda. Selain itu adapula auditori atau lewat musik.

3. Jangan Selalu Memaksakan

Mengobrol dan Sekaligus juga Mengenal Para Orang Tua Muridnya
Image by 14995841 from Pixabay

Ngomongin soal meningkatkan motivasi belajar, jika rasa lelah sudah mendera karena terlalu lama fokus, kamu jangan memaksa untuk terus memahami pelajaran itu. Akan lebih baik diberikan jeda untuk istirahat, membuat indera mata rileks sejenak. Hal ini sangat membantu dalam meningkatkan motivasi belajar kita. Bisa juga diselingi dengan berbagai kegiatan lain seperti perenggangan, atau makan.

Perlu diingat, tidak ada orang yang mampu untuk melakukan belajar secara terus menerus di depan komputer dalam jangka waktu lama. Mendapatkan energi penting sekali untuk menumbuhkan motivasi belajar. Setidaknya Kamu harus sediakan waktu rehat sejenak dari 10 sampai 20 menit.

4. Cari Tempat yang Tenang dan Tidak Bising

Mengajaknya Ke Sekolah Sebelum Hari Pertama Masuk
Image by Wokandapix from Pixabay

Tidak selamanya belajar harus selalu di dalam kamar, terkadang banyak orang lebih senang menggunakan tempat umum namun punya suasana mendukung. Misalnya cafe yang memang menyediakan workspace khusus. Selain tenang juga terhindar dari beberapa gangguan.

Bentuk dari gangguan sendiri sebenarnya macam-macam, tidak melulu dari faktor lingkungan. Bisa saja dari dalam diri sendiri, misalnya tidak bisa lepas dari gadget. Pasti akan sangat mengganggu dan buang-buang waktu. Oleh karena itu Kamu juga harus tegas dengan diri sendiri.

5. Kontrol Mood agar Tetap Baik dan Bersahabat

Membuat Mata terlihat dan terbiasa dengan Jalan Membaca
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Belajar dalam keadaan suasana hati sedang tidak menyenangkan bukanlah hal yang bagus. Nantinya Kamu akan sulit memahami pelajaran, sulit merasa fokus. Oleh karena itu upayakan untuk membentuk suasana terbaik menurut versi sendiri. Bisa dengan play instrumen musik atau sediakan cemilan. Dengan demikian, kamu bisa meningkatkan motivasi belajar untuk diri kamu, atau mungkin buat orang terdekat kamu.

Disini perlu digaris bawahi, jika sebenarnya tidak ada suasana terbaik, melainkan Kamu harus membentuknya. Jika hanya menunggu maka tidak akan ada habisnya, rasa malas, atau lebih mementingkan bermain akan lebih dominan. Intinya tergantung dari niat masing-masing aja ya.

6. Buatlah Peningkatan Secara Bertahap

Penganalisisan Data yang Digunakan
Image by GraphicMama-team from Pixabay

Untuk berhasil meningkatkan motivasi belajar untuk diri sendiri, kamu harus siap dengan upgrade kemampuan. Hal ini sangat penting agar pencapaian terus menujukkan kemajuan positif. Misalnya pakai target pribadi hari ini mengerjakan 10 soal matematika, besok tambah 5 dan seterusnya.

Dengan begitu Kamu bisa juga bisa mengukur kemampuan pribadi. Mengetahui hal mana saja yang belum dipahami secara benar. Motivasi juga bisa muncul dari target semacam ini, catat juga progress dari hari ke hari agar nantinya bisa dijadikan evaluasi suatu saat jika membutuhkannya.

7. Jangan Lupa Me Time dan Bersenang- Senang

Melakukan Penerapan Pola Hidup yang Sehat
Image by Pezibear from Pixabay

Meningkatkan motivasi belajar juga tidak melulu harus dalam konteks pelajaran. Sesekali jangan lupa untuk rileks, bermain di alam atau melakukan me time sebagai reward atau penghargaan kepada diri sendiri. Hal ini sangat penting agar saat kembali hati sedang dalam kondisi baik dan senang.

Dengan bermain juga bisa meluapkan rasa penat yang selama ini menumpuk dan mengganggu fokus belajar. Bersenang-senang akan membuat Kamu jadi pribadi yang mampu berpikir lebih luas dan mendapatkan berbagai macam kemungkinan untuk menyelesaikan persoalan rumit sekalipun.

Membuat belajar menjadi kegiatan menyenangkan dan terasa tidak membosankan memang bukanlah perkara mudah. Harus dilakukan cara meningkatkan motivasi belajar dengan penuh konsistensi namun tetap santai. Untuk hasil akhir tentunya tergantung dengan usaha masing-masing. Untuk itu, sebelum terlambat langsung maksimalkan dari sekarang juga.

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Membantu Anak Belajar dengan Menyenangkan
Cara Cepat Menghafal yang Mudah Dilakukan
Cara Menyerap Informasi yang Baik

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini