SMUP UNPAD 2021

Informasi Lengkap SMUP UNPAD 2021

Mau kuliah di UNPAD? Berikut ini penjelasan tentang Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP UNPAD) 2021. Simak penjelasannya baik-baik ya!

Hi, guys! Di artikel kali ini, aku akan membahas tentang salah satu PTN favorit di tanah Jawa Barat, yaitu Universitas Padjadjaran (UNPAD). Hayoo.. Siapa yang tertarik masuk sini dan menjadi salah satu dari puluhan ribu mahasiswanya? Perlu kamu ketahui, bahwa pada SBMPTN 2021, UNPAD menempati urutan ketiga PTN dengan peminat terbanyak lho. Sudah jelas ada banyak sekali peminat yang juga merupakan saingan kamu. 

Meskipun SNMPTN dan SBMPTN 2021 sudah berlalu, kamu jangan putus ada dulu kalau belum bisa masuk UNPAD. Ada salah satu jalur yang bisa kamu tempuh lagi dalam mengejar impian kamu, yaitu SMUP UNPAD. Kita telusuri lebih jauh tentang seleksi mandiri ini, yuk

Apa Itu SMUP UNPAD?

SMUP UNPAD 2021
Rektorat Universitas Padjadjaran Kampus Jatinangor (sumber gambar: wikipedia)

SMUP UNPAD adalah seleksi mandiri yang diadakan dan dikelola langsung oleh Universitas Padjadjaran pada semua jenjang pendidikannya, yaitu program sarjana, sarjana terapan, magister, profesi, spesialis dan subspesialis, serta doktor. Seleksi ini diadakan setelah SNMPTN dan SBMPTN. Jadi, buat kamu yang belum beruntung atau gagal masuk UNPAD diseleksi sebelumnya, masih ada kesempatan untuk mengikuti seleksi mandiri ini. 

Jangan berpikir kalau seleksi mandiri ini hanya diperuntukkan bagi orang-orang dengan kemampuan ekonomi tinggi ya, guys. Seleksi ini tetap memperhitungkan prestasi dan perkembangan akademik dari calon mahasiswa. Nah, biaya yang dikenakan akan berbeda-beda antar calon mahasiswa tergantung dari kemampuan ekonominya. Jadi, tidak ada keraguan lagi untuk mengikuti seleksi mandiri di UNPAD, ‘kan?

Jadwal SMUP UNPAD 2021

Buat kamu yang tertarik masuk UNPAD melalui jalur SMUP, berikut adalah informasi mengenai biaya dan jadwal pendaftarannya:

jadwal SMUP UNPAD 2021

Berhubung pendaftaran seleksi mandiri program sarjana jalur prestasi sudah ditutup pada 15 April lalu, jadi aku akan merinci jadwal atau timeline pada program sarjana jalur mandiri ya, guys. Ini dia jadwal lengkapnya:

  • Pengumuman pembukaan jalur mandiri

15 Maret 2021

  • Pendaftaran dan pembayaran biaya seleksi

5 Mei – 8 Juni 2021, terakhir pukul 15.00 WIB

  • Masa isi data dan unggah dokumen persyaratan

5 Mei – 8 Juni 2021, terakhir pukul 15.00 WIB

  • Simulasi ujian

24 Juni 2021 (waktu akan disampaikan kepada peserta melalui SMS)

  • Pelaksanaan ujian seleksi

26 Juni 2021

  • Pengumuman

2 Juli 2021

Nah, buat kamu yang akan mengikuti SMUP UNPAD 2021 pada jenjang program lainnya (Sarjana Terapan, Magister, Doktor, Profesi, Spesialis dan Subspesialis) bisa langsung cek website resminya ya.

Prosedur Pendaftaran SMUP UNPAD 2021

Sudah cek jadwal pendaftarannya? Langsung aja yuk simak langkah-langkah pendaftaran seleksi pada program sarjana jalur mandiri berikut ini.

  • Periksa Persyaratan Umum dan Khusus

Sebelum melakukan registrasi pendaftaran, kamu harus mengetahui dulu persyaratan peserta yang diberikan pada setiap program pendidikannya. Untuk program sarjana jalur mandiri, persyaratan dan ketentuan bagi pesertanya, yaitu:

a. Warga Negara Indonesia (WNI)

b. Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2019, 2020, atau 2021

Nah, kamu perlu memastikan bahwa kamu hanya dapat memiliki maksimal 2 (dua) program studi saat mendaftar SMUP. Selain itu, kamu hanya bisa memilih salah satu dari ketiga skema pendaftaran seleksi yang diadakan, yaitu:

a. Skema 1 : peserta hanya menggunakan nilai ujian SMUP (khusus untuk lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021)

b. Skema 2 : peserta hanya menggunakan nilai UTBK 2021

c. Skema 3 : peserta menggunakan nilai UTBK 2021 dan nilai SMUP (diseleksi berdasarkan nilai tertinggi)

Kamu pilih salah satu skema yang menurutmu paling potensial ya, guys. Biaya yang dibebankan untuk tiap skemanya juga berbeda-beda, yang selanjutnya terkait biaya akan dibahas pada poin-poin selanjutnya. Nah, tahun ini, ujian akan dilaksanakan dengan sistem daring atau online dari rumah masing-masing peserta.

  • Registrasi Akun Pendaftaran

Setelah mengetahui bahwa kriteria kamu sesuai dengan persyaratan, maka kamu bisa melakukan registrasi akun pendaftaran. Nah, akun yang dibuat saat registrasi nanti, bakal kamu gunakan untuk login dan masuk ke sistem pendaftaran SMUP UNPAD. Caranya bagaimana?

a. Buka website pendaftaran UNPAD di pendaftaran.unpad.ac.id

b. Masuk ke pembuatan account dan isi data diri secara lengkap dan benar, yaitu:

    1. Nama lengkap
    2. NIK
    3. Email
    4. Nomor HP
    5. Kewarganegaraan
    6. Mengisi password yang diinginkan untuk keperluan login

Oh ya, sebelum membuat akun, pastikan juga bahwa kamu sudah menyiapkan scan foto formal terbaru kamu ukuran 3×4 dan scan foto KTP atau Kartu Keluarga. Setelah semua data dicek dan sudah benar, klik setuju dan buat account.

  • Input dan Upload Dokumen

Login dengan akun yang sudah kamu buat tadi, lalu input atau upload dokumen asli, seperti:

a. Ijazah SMA/MA/SMK

b. Kartu peserta UTBK tahun 2021 (bagi yang memilih skema 2 dan 3)

c. Nomor peserta UTBK 2021 (bagi yang memilih skema 2 dan 3)

d. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang putih ukuran 3×4

e. KTP

f. KK

Tips supaya lebih mudah dan cepat dalam upload dokumen, kamu pastikan bahwa dokumen-dokumen di atas sudah dipersiapkan. Jadi, kamu tinggal upload tanpa perlu menyiapkannya lagi.

  • Pembayaran Biaya Pendaftaran

Untuk membayar biaya pendaftaran, kamu perlu menyiapkan atau mencetak nomor tagihan yang diperoleh saat pendaftaran online. Selanjutnya, kamu membayar biaya pendaftaran ke Bank yang ditunjuk oleh UNPAD.

Berapa biaya pendaftarannya? Biaya dikelompokkan menjadi tiga skema sebagai berikut:

a. Skema 1: Rp 150.000,00.

b. Skema 2: Rp 100.000,00.

c. Skema 3: Rp 250.000,00

  • Cetak Kartu Peserta Ujian

Setelah melakukan proses pembayaran, langkah selanjutnya adalah dengan mencetak dan menyimpan kartu peserta ujian yang telah kamu peroleh. Simpan baik-baik ya kartunya, itu akan menjadi bukti bahwa kamu sudah menjalankan pendaftaran sesuai prosedur dan bisa mengikuti ujian seleksi mandiri.

Tips dan Trik Lulus SMUP UNPAD

Setelah kamu mengetahui persyaratan hingga jadwal pelaksanaan seleksi, sekarang kamu tinggal mempersiapkan diri kamu. Berikut ini aku sajikan tips dan trik supaya kamu bisa maksimal dalam mengerjakan setiap ujian dan mendapatkan pengumuman yang menyatakan bahwa kamu lulus seleksi mandiri UNPAD. Bangga nggak? Bangga lah, masa nggak?! 

  • Pilih Jalur Masuk dan Program Studi Favorit Kamu!

Supaya kamu dalam melakukan persiapan dan menjalankan seleksi semakin bersemangat, maka kamu harus memiliki tujuan yang memang sesuai dengan keinginan kamu. Jadi, kamu harus melakukan research terlebih dahulu tentang jalur masuk UNPAD dan prodi yang kamu inginkan.

Setelah kamu menentukan mana prodi yang kamu ingin masuki, langkah selanjutnya adalah mengecek berbagai persyaratan dan catat tanggal penting dari pelaksanaan SMUP. Jangan hanya mengecek persyaratannya, tetapi persiapkan juga berbagai dokumen dan penuhi semua persyaratannya, jangan sampai ada yang terlewat!

  • Daftar, Jangan Tunggu Nanti!

Kalau kamu sudah membuat keputusan tentang prodi apa yang akan kamu pilih dan telah melakukan research mendalam, maka langkah kamu selanjutnya adalah mendaftar. Yap, jangan ditunda-tunda lagi, terlebih kalau semua persyaratan dan dokumen sudah kamu siapkan. Kalau ditunda-tunda bisa mengakibatkan lupa dan akhirnya jadwal pendaftaran sudah kelewat deh, sedih kan kalau sudah begitu?

  • Persiapkan Diri dan Perbanyak Latihan Soal

Orang sukses bisa mencapai kesuksesannya karena terus berusaha dan pantang menyerah. Kamu juga harus seperti itu. Perbanyak latihan soal bisa membuatmu terbiasa dan lebih santai saat mengerjakan ujian nanti. Pastikan juga bahwa kamu selalu menjaga kesehatan dengan memakan makanan sehat serta rajin berolahraga. Meskipun sudah belajar dengan sungguh-sungguh, ketika ujian kamu sakit kan hasilnya tidak akan maksimal. Jadi, tetap jaga kesehatan kamu ya, guys! Terakhir, berdoa sesuai dengan kepercayaanmu.

Materi Ujian SMUP UNPAD

Materi ujian seleksi mandiri Universitas Padjadjaran untuk jenjang sarjana yaitu Tes Kemampuan Belajar (TKB). Tes tersebut akan dilakukan secara daring atau online. TKB ini diadakan untuk mengukur kemampuan berpikir dan menyelesaikan masalah. Jadi, materi yang mungkin akan muncul pada tes tersebut, antara lain:

  1. Kemampuan memahami bacaan
  2. Berpikir logis dan analitis
  3. Penalaran numerik
  4. Penalaran figural

Lalu, bagaimana sistem penilaian TKB UNPAD?

UNPAD menggunakan sistem IRT (Item Response Theory) untuk menilai hasil TKB. IRT adalah sistem yang mengutamakan karakteristik setiap soal. Maksudnya gimana kak? Maksudnya, semakin susah jenis soal yang kamu jawab, maka semakin tinggi juga bobot skor yang kamu dapatkan. Jadi, penilaiannya bukan hanya mempertimbangkan jumlah soal yang berhasil kamu jawab benar, tetapi juga mempertimbangkan tingkat kesulitan soal yang disuguhkan.

Nah, kamu harus gerak cepat juga nih dalam mengerjakan. Jangan terpatok pada satu soal saja, sehingga mengesampingkan soal lainnya. Karena, waktu yang akan diberikan untuk mengerjakan adalah 107 menit dengan jumlah soal sebanyak 110 nomor. Tapi tenang, guys. TKB ini gak kayak SBMPTN yang menggunakan sistem minus. Seleksi TKB ini gak menggunakan sistem minus.

Perbedaan TKB dan TPS

TPS merupakan jenis soal yang tujuannya untuk mengukur kemampuan kognitif yang dimiliki oleh peserta. Soal ini terdiri dari beberapa bagian lagi, yaitu kemampuan penalaran umum, kemampuan memahami bacaan dan menulis, pengetahuan dan pemahaman umum, dan kemampuan kuantitatif yang mencakup pengetahuan dan penguasaan Matematika Dasar. Selain itu, sebagian dari soal TPS ini akan disajikan dalam bahasa Inggris. Jadi, secara tidak langsung juga akan menguji kemampuan bahasa Inggris kamu nih, guys.

Meskipun dilihat dari materi yang mungkin diberikan pada seleksi TKB mirip dengan TPS, keduanya juga memiliki perbedaan lho, guys. Perbedaan tersebut terletak pada bagian matematika dasar dan jenis soalnya.

Itu dia informasi seputar SMUP UNPAD 2021, termasuk persyaratan, cara pendaftaran, jadwal, hingga tips dan trik supaya lolos seleksi. Semoga informasi di atas bermanfaat buat kamu ya, guys. Semangat terus dalam mengejar impian kamu dan jangan patah semangat! 

Baca Juga Artikel Lainnya

SIMAK UI

UM UNAIR

UTUL UGM