Zenius Club TO 2017-2018

Anak Zenius Club udah 16 kali Try Out SBMPTN, kamu gimana?

Dari sejak awal tahun ajaran baru, Zenius Club mengadakan try out SBMPTN rutin setiap minggu sampai tahun ajaran berakhir. Untuk menjadi salah satu peserta try out (TO), kamu bisa bergabung bersama di forum Zenius Club!

Halo guys, masih dalam suasana tahun baru nih. Pada artikel kali ini gua gua berharap bisa memberikan suntikan semangat kepada para siswa kelas 12 & alumni SMA yang berencana untuk menghadapi proses seleksi masuk universitas beberapa bulan lagi. Hayo loh, udah sampai mana nih belajar untuk SBMPTN dan Ujian Mandirinya?

Nah, bagi lo para pengguna zenius.net dan belum gabung dengan Zenius sama sekali, gua cuma mau ngasih tahu aja nih, bahwa temen-temen lo  tergabung dengan forum Zenius Club, persiapan belajar SBMPTN-nya udah lumayan jauh loh. Tercatat sejak 29 September 2017 yang lalu sampai dengan akhir tahun 22 Desember 2017, member Zenius Club udah menjalani TRY OUT SBMPTN sampai 16 kali loh!

Anak Zenius Club udah 16 kali Try Out SBMPTN, kamu gimana? 33

Nah, bagi lo yang belum pernah ikut Try Out (berikutnya disebut TO) atau bahkan belum mulai belajar sama sekali, jangan sampai ketinggalan dong dengan mereka yang udah mulai belajar dari awal thaun ajaran!

“Wah, emangnya Try Out penting gitu? Gua ikut TO-nya nanti aja deh kalo udah siap belajar”

TO itu penting banget loh dalam persiapan ujian, apalagi yang materinya banyak banget seperti SBMPTN dan Ujian Mandiri. Dalam menghadapi ujian yang materinya banyak dan kompleks, TO itu sangat membantu kesiapan sebagai sarana simulasi ujian SBMPTN yang sesungguhnya. Semakin sering kita simulasi, semakin kita tahu letak kekurangan dan kecerobohan kita. Dengan sering-sering TO, kita jadi tahu apa saja hal yang perlu diperbaiki agar ketika hari-h ujian nanti, persiapan kita bener-bener mateng. Berikut manfaat dari TO yang gua rangkum menjadi 5 point utama:

  1. Dengan sering TO, lo tau topik materi mana yang masih perlu dievaluasi.
  2. Dengan sering TO, lo jadi terbiasa memanfaatkan durasi ujian dengan efektif.
  3. Dengan sering TO, otak lo jadi terbiasa fokus dengan kepadatan waktu ujian.
  4. Dengan sering TO, mental lo jadi lebih kuat ketika hari-H ujian.
  5. Dengan sering TO, lo bisa lebih realistis milih jurusan kuliah.

Nah, bagi lo yang penasaran dan ingin bukti gimana sih hasil TO temen-temen di Zenius Club. Berikut di bawah ini akan gua tampilkan hasil TO per mata pelajaran. Sebelumnya, ada beberapa disclaimer dulu terkait hasil TO ini:

  1. Try Out Zenius Club adalah service exclusive untuk anggota forum Zenius Club.
  2. Try Out Zenius Club sepanjang tahun 2017 dibagi per mata pelajaran dulu. Agenda berikutnya nanti akan dibikin per paket ujian (TKPA, Saintek, Soshum)
  3. Untuk menghargai privasi, gua menyamarkan nama peserta TO Zenius Club dengan nama generic “peserta 01, 02, dst”
  4. TO SBMPTN ini diset target waktunya, jadi untuk yang telat submit, ga dapet penilaian evaluasi. Biasanya untuk pelajaran yang jumlah soalnya 15 nomor, ditarget waktu 25 menit. Untuk soal TPA yang 45 soal, diberi target waktu 45 menit.
  5. Walaupun udah 16x TO, gua tampilkan 12 TO pertama aja yang merepresentasikan setiap mata pelajaran.
  6. Walaupun semua member Zenius Club memiliki akses untuk mengikuti TO, tapi tidak semua member Zenius Club mengikuti TO ini. Rata-rata yang ikut TO 400 peserta, padahal total member Zenius Club diperkirakan mencapai lebih dari 2.000+ member pada Januari 2018.

Hasil Try Out SBMPTN – Zenius Club (September 2018 – Desember 2018)

Oke, udah pada lihat kan hasil TO-nya? Hasilnya variatif ya, ada yang keliatannya udah siap banget. TPA ada 4 peserta yang bisa ngisi 45 soal dengan sempurna, di matdas ada 2 peserta nilai sempurna, di bahasa Inggris juga ada 2 peserta dengan perfect score. Wow, keren banget!

Eit, tapi ga sedikit juga nih peserta yang bahkan nilainya masih minus, alias lebih banyak soal yang salah daripada soal yang benar. Bagi lo yang nilai TO-nya masih belum bagus, berikut tips dari gua sebagai bahan evaluasi lo dalam ngerjain TO:

  1. Kalo lo ga bisa atau waktu udah hampir habis, jangan asal nembak. Biasakan lu ngerjain TO sebagai simulasi ujian. Kerjakan TO dengan mindset untuk mengejar point sebanyak-banyaknya. Mengandalkan keberuntungan dengan asal nembak itu hanya akan jadi senjata makan tuan.
  2. Mulai kerjakan TO dengan soal yang lo anggap mudah, kerjakan secepat dan seteliti mungkin.
  3. Kalo ada soal yang lo pikir gampang tapi ga nemu jawabannya, lewatin aja dulu. Jangan buang-buang waktu karena soal SBMPTN memang banyak jebakannya.
  4. Ketahui tipe-tipe soal yang lo ga bisa, jadikan itu bahan evaluasi untuk dipelajari kembali materinya.

Mau ikutan juga dong Try Out SBMPTN, gimana caranya?

Kambu bisa ikut Try Out Mandiri dengan ribuan paket soal yang bisa kamu akses di zenius.net

Bikin Try Out Mandiri

Wah, bikin TO Mandiri gimana nih, ribet gak sih? Nggak ribet, karena langkah step by step-nya udah gua jelasin semua di artikel ini. Kalo lo bingung mau dapetin paket soal TO dimana, lo bisa download gratis puluhan paket soal SBMPTN di artikel ini. Lo juga bisa akses video pembahasan setiap nomornya dengan memasukan kode soal ke kolom yang disediakan di homepage zenius.net seperti pada illustrasi di bawah ini:

Anak Zenius Club udah 16 kali Try Out SBMPTN, kamu gimana? 34

Intinya, cara kedua ini kuncinya cuma: PRO-AKTIF. Ribuan paket soal SBMPTN & soal Ujian Mandiri bisa lo akses di zenius.net. Tinggal lo mau pro-aktif dalam menyusun komposisi susunan soal & kerjain dengan target waktu yang sesuai. Untuk penyusunan komposisi soal & durasi TO-nya, lo bisa bikin semirip mungkin dengan hari-H SBMPTN seperti pada illustrasi berikut ini:

Anak Zenius Club udah 16 kali Try Out SBMPTN, kamu gimana? 35

Sistem penilaian yang ada di artikel ini menggunakan sistem penilaian SBMPTN tahun 2013-2017. Di SBMPTN 2018, sistem yang digunakan adalah sistem IRT yang berbeda dengan sistem ini. Untuk sistem penilaian SBMPTN 2019, sampai saat ini belum ada pengumuman resmi dari pemerintah maupun panitia resmi SBMPTN.

Kalo lo udah berhasil ngerjain TO Mandiri sesuai dengan komposisi soal & durasi ujian. Lo juga bisa kasih penilaian & evaluasi sendiri hasil TO lo dengan rumus berikut ini:

Anak Zenius Club udah 16 kali Try Out SBMPTN, kamu gimana? 36Untuk contoh perhitungannya secara lebih detil, lo bisa lihat pada artikel yang gua tulis sebelumnya, yaitu :

Penting gak sih TRY OUT dalam persiapan SBMPTN?

Contoh paket soal SBMPTN untuk bahan TO Mandiri

Oke, gua kasih 1 contoh paket soal SBMPTN untuk bahan TO Mandiri ya. Untuk selanjutnya, lo bisa secara pro-aktif download paket soal SBMPTN di artikel Zenius sebelumnya.

Soal bahan Try Out TKPA

Soal bahan Try Out TKD Saintek

Soal bahan Try Out TKD Soshum

Okay, sekian sedikit suntikan motivasi dari gua untuk memulai tahun 2018 ini untuk persiapan belajar SBMPTN dengan semangat. Pastikan semangat belajar lo untuk tetap terus konsisten untuk bisa masuk kuliah di universitas impian lo! Good luck semuanya! 🙂

==========CATATAN EDITOR===========

Untuk kamu siswa kelas 12 atau alumni yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi SBMPTN dan Ujian Mandiri. Berikut adalah beberapa link artikel atau video yang sangat gua rekomendasikan untuk lo baca/tonton berikutnya:

Bagikan Artikel Ini!