Kumpulan Soal PAT Semester 2 Ekonomi Kelas 12

Contoh Soal PAT Semester 2 Ekonomi Kelas 12

Sebelum mikirin liburan dan kehidupan pasca SMA nanti seperti apa, alangkah baiknya elo mempersiapkan diri untuk menghadapi PAT (Penilaian Akhir Tahun) yang akan datang sebentar lagi. Nih, gue sudah menyiapkan kumpulan soal PAT Semester 2 Ekonomi kelas 12.

Jalan-jalan ke Swedia

Pulangnya ke Raja Ampat

Daripada mikirin dia

Lebih baik siapkan PAT

Hayoo, siapa yang sudah nggak sabar mau liburan akhir semester? Mau ke mana, sih? Ke Swedia? Ke Raja Ampat? Sebelum itu, elo perlu ingat, bahwa sebelum liburan akhir semester, elo harus melalui yang namanya PAT (Penilaian Akhir Tahun).

PAT dilaksanakan setiap akhir tahun ajaran, yaitu pada semester genap. Zaman gue sekolah dulu, istilahnya bukan PAT, melainkan UKK (Ujian Kenaikan Kelas). Jadi, ujian ini digunakan sebagai syarat kenaikan kelas.

Nah, buat elo yang sekarang duduk di bangku kelas 12, pada tahap ini, artinya elo juga harus mempersiapkan diri untuk naik ke jenjang selanjutnya, yaitu perkuliahan. Bisa dibilang, PAT bagi kelas 12 adalah US (Ujian Sekolah) yang digunakan sebagai syarat kelulusan. Elo ingin lulus, nggak? Atau masih betah di SMA? Hehe.

Sebagai bahan persiapan elo dalam menghadapi PAT, gue punya kumpulan contoh soal PAT Semester 2 Ekonomi Kelas 12, nih. Sudah siap menghadapi berbagai persoalan ekonomi? Cuss, langsung meluncur ke soal dan pembahasannya di bawah ini!

Topik Soal: Pengantar Ilmu Ekonomi

Topik ini memang merupakan materi kelas 10, tapi pengantar ilmu ekonomi juga sering muncul dalam soal UTBK, lho. Secara garis besar, topik ini membahas tentang apa itu ilmu ekonomi.

Jadi, soal-soal yang mungkin muncul mengenai topik ini, kurang lebih tentang apa saja yang dipelajari di ilmu ekonomi, pengertian ekonomi secara bahasa, dan istilah-istilah dalam ekonomi.

Contoh Soal 1

Secara bahasa, Ekonomi diambil dari kata oikos dan nomos, yang artinya ….

A. aturan rumah tangga

B. anggaran rumah tangga

C. anggaran pemerintah

D. aturan pemerintah

E. aturan pemenuhan kebutuhan

Jawaban: A. aturan rumah tangga.

Pembahasan:

Pada soal, ditanyakan tentang istilah ekonomi secara bahasa. Nah, ekonomi itu berasal dari Bahasa Yunani, yaitu oikos yang artinya keluarga atau rumah tangga dan nomos yang artinya peraturan atau hukum.

Sehingga, kalau kita satukan pengertian dari kedua kata tersebut, diperoleh pengertian aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga.

Selain itu, pada pengantar ilmu ekonomi juga dipelajari tentang kurva produksi, alat pemuas kebutuhan, prinsip dan motif ekonomi, serta pengantar ekonomi mikro dan makro. Kurang lebih, soal yang akan elo temui akan seperti di bawah ini.

Contoh Soal 2

Dalam konsep ekonomi, ada yang namanya trade off. Apa yang dimaksud dengan trade off?

A. Perdagangan yang terjadi antara produsen dan konsumen dengan alat tukar yang berlaku.

B. Proses memilih dan menjatuhkan pilihan pada satu hal dengan mengorbankan hal lain.

C. Proses tawar menawar untuk mendapatkan harga termurah dengan kualitas yang terbaik.

D. Proses jual beli dengan tujuan mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli.

E. Proses menentukan prioritas dan memilih yang paling murah biayanya untuk dijalani.

Jawaban: B. Proses memilih dan menjatuhkan pilihan pada satu hal dengan mengorbankan hal lain.

Pembahasan:

Contoh trade off misalnya gini, elo dikasih pilihan soto, bakso, dan sate. Di antara ketiga makanan tersebut, elo memilih soto. Artinya, elo nggak makan bakso dan sate. Nah, proses memilih soto dan mengorbankan bakso dan sate itu yang disebut dengan trade off.

Contoh soal dan pembahasan PAT ekonomi kelas 12 tentang istilah ekonomi trade off.
Trade off merupakan memilih salah satu dan mengorbankan yang lain. (Arsip Zenius)

Contoh lainnya ketika elo dihadapkan pada pilihan kehidupan. Misalnya, elo ditawarkan untuk bekerja di bank dengan gaji Rp6 juta per bulan. Kemudian, datang tawaran lain yang meminta elo bekerja di pemerintahan dengan gaji Rp5 juta per bulan.

Tiba-tiba, saat elo akan memilih di antara kedua pekerjaan tersebut, Zenius merespon surat lamaran elo dan meminta elo bekerja di sana dengan gaji Rp8 juta per bulan. Orang tua elo juga meminta supaya elo membuka coffee shop dengan profit Rp3 juta per bulan. Kira-kira, manakah yang akan elo pilih?

Nah, ketika elo memilih salah satu dengan berbagai pertimbangan yang matang, misalnya elo memilih Zenius, artinya elo akan mengorbankan kerja di bank, pemerintah, dan mendirikan bisnis coffee shop. Iya, kan? Kasus seperti itu yang disebut dengan trade off.

Kalau elo lupa-lupa ingat tentang pengantar ekonomi, bisa cek lagi materinya di sini, ya!

Topik Soal: Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

Topik selanjutnya datang dari materi kelas 12. Topik ini sering muncul dalam soal PAT semester 2 ekonomi kelas 12. Apa saja, sih, yang dibahas dalam topik ini?

Tentu saja pembahasannya nggak jauh-jauh dari akuntansi, seperti prinsip dasar akuntansi, konsep akuntansi, dan komponen dasar dalam sistem informasi akuntansi. Soal-soal yang mungkin keluar kurang lebih setipe ini, ya.

Contoh Soal 3

Pada akhir tahun ajaran 2020, SMA Tunas Bangsa akan mengadakan pentas seni. Zahra ditunjuk sebagai ketua pelaksana. Setelah beberapa kali rapat koordinasi, Zahra mendapatkan beberapa informasi sebagai berikut:

  1. Akan ada 10 band sekolah dan 2 bintang tamu utama yang akan tampil.
  2. Tiket yang terjual ke khalayak umum sebanyak 300 tiket.
  3. Telah dibayar penuh honor untuk band bintang tamu sebesar Rp35 juta.
  4. Uang jajan rata-rata panitia pentas seni adalah Rp800 ribu per bulan.
  5. Telah dikeluarkan uang sebanyak Rp12 juta untuk biaya produksi.
  6. Masih harus dibayar biaya sebesar Rp22 juta untuk panggung dan dekorasinya.
  7. Harga tiket yang terjual adalah Rp150 ribu per tiket.
  8. Penerimaan pemasukan sponsor sebesar Rp6 juta.
  9. Kapasitas lapangan sekolah untuk pentas seni sebanyak 400 penonton.
  10. Guru dan kepala sekolah tidak akan hadir dalam acara tersebut.

Berdasarkan informasi akuntansi di atas, keputusan ekonomi yang tepat untuk diambil Zahra adalah….

A. menambah penjualan tiket sebanyak-banyaknya untuk memenuhi kebutuhan keuangan pentas seni.

B. memberikan laporan keuangan pada guru dan orang tua murid agar dapat memberikan sumbangan.

C. memaksimalkan penjualan tiket dan menambah pemasukan sponsorship untuk mendukung kegiatan pentas seni.

D. mengganti tema dekorasi agar lebih terlihat mahal dan glamor.

E. mempertimbangkan untuk menambah bintang tamu yang lebih terkenal agar pendatang semakin banyak.

Jawaban: C. memaksimalkan penjualan tiket dan menambah pemasukan sponsorship untuk mendukung kegiatan pentas seni.

Pembahasan:

Dalam ilmu ekonomi, tujuan kita ketika membuat suatu keputusan adalah pemasukan > pengeluaran. Dari informasi di atas, yang termasuk pemasukan adalah poin 2, yaitu penjualan sebanyak 300 tiket dan poin 8, yaitu pemasukan sponsor sebesar Rp6 juta.

Kita rinci pemasukan tersebut.

Pemasukan = penjualan tiket + sponsor = 300 (Rp150.000) + Rp6.000.000 = Rp45.000.000 + Rp6.000.000 = Rp51.000.000.

Sekarang, tentukan poin-poin yang termasuk pengeluaran. Diperoleh poin 3, yaitu honor untuk band sebesar Rp35 juta, poin 5 untuk keperluan publikasi sebesar Rp12 juta, poin 6 untuk panggung dan dekorasi sebesar Rp22 juta.

Kita rinci lagi pengeluaran tersebut.

Pengeluaran = honor band + publikasi + panggung dan dekorasi = Rp35.000.000 + Rp12.000.000 + Rp22.000.000 = Rp69.000.000.

Dari situ kita lihat, bahwa saat ini pengeluaran lebih besar daripada pemasukan (Rp51.000.000 < Rp69.000.000). Artinya, kita masih minus biaya pemasukan sebesar Rp18.000.000.

Nah, kita bantu Zahra selaku ketua pelaksana untuk mendapatkan strategi yang paling tepat dalam memenuhi kekurangan biaya tersebut. Coba lihat pilihan-pilihannya.

A. Strategi A kalau dilihat sekilas memang nggak salah, tapi coba, deh, perhatikan lagi. “Menambah penjualan tiket sebanyak-banyaknya”, kan di informasi akuntansi diketahui bahwa kapasitas lapangan sekolah hanya ada 400 orang. Kalau dihitung kekurangan tiket yang belum terjual ada 100, berarti 100 x Rp150.000 = Rp15.000.000. Nah, masih kurang Rp3 juta lagi untuk menutup pengeluaran yang masih kurang Rp18 juta. Jadi, strategi ini nggak bisa, ya.

B. Strategi B juga bisa dibilang oke, tapi kita punya informasi akuntansi di poin 10, bahwa guru dan kepala sekolah nggak akan hadir dalam acara. Jadi, guru-guru akan lepas tangan, nih. Kalau meminta sumbangan ke guru dan orang tua pun, belum tentu bisa mendapatkan dana Rp18 juta. Jadi, strategi ini kurang tepat, ya.

C. Strategi C kalau Zahra memaksimalkan tiketnya mencapai 400 tiket, maksimal menambah pemasukan Rp15 juta. Masih kurang Rp3 juta lagi. Namun, strategi C juga menambah pemasukan sponsorship. Artinya, kekurangannya bisa ditutup dari masuknya dana sponsor. Strategi C bisa kita ambil, nih.

D. Strategi D ini justru akan menambah biaya pengeluaran, karena mengganti tema dekorasi menjadi lebih glamor.

E. Strategi E mirip-mirip dengan D, yaitu akan semakin menambah pengeluaran, karena harus menambah bintang tamu yang lebih terkenal.

Elo bisa cek materi tentang akuntansi sebagai sistem informasi pada video belajar Zenius di sini.

Topik Soal: Persamaan Dasar Akuntansi

Masih berhubungan dengan topik sebelumnya, yaitu tentang akuntansi. Kali ini, elo akan menemukan berbagai soal mengenai klasifikasi akun, harta berwujud dan tidak berwujud, dan berbagai hal lainnya tentang persamaan dasar akuntansi.

Soal yang keluar akan setipe ini.

Contoh Soal 4

Dari data transaksi di bawah ini, manakah yang tidak memengaruhi persamaan dasar akuntansi?

A. Penyetoran modal awal ke dalam bisnis.

B. Penarikan uang untuk keperluan pribadi.

C. Pegawai yang dipecat.

D. Peralatan yang dibeli secara kredit.

E. Penyusutan peralatan di akhir periode.

Jawab: C. Pegawai yang dipecat.

Pembahasan:

Perlu elo ingat, bahwa hal-hal yang memengaruhi persamaan dasar akuntansi adalah hal yang berkaitan dengan perubahan akun-akun Harta, Utang, Modal, dan akun lain yang memengaruhinya.

Pemecatan pegawai itu nggak berpengaruh pada persamaan dasar akuntansi. Kenapa? Karena, nggak ada transaksi keuangan yang berlangsung, sehingga nggak akan memengaruhi akun-akun tersebut.

Nih, elo juga bisa pelajari lagi tentang persamaan dasar akuntansi dan kelompok akun pada gambar di bawah ini.

Pembahasan materi persamaan dasar akuntansi dan kelompok akun.
Mengenal persamaan dasar akuntansi beserta kelompok akun riil dan nominal. (Arsip Zenius)

Selain itu, elo juga akan menemukan soal hitungan, khususnya pada subtopik analisis transaksi. Perhatikan contoh soal dan pembahasannya berikut ini.

Contoh Soal 5

Pada tanggal 10 Agustus 2020, Zahra melakukan pembelian 5 unit komputer yang masing-masing harganya Rp15 juta. Karena satu hal, Zahra baru bisa melunasinya senilai Rp50 juta. Bagaimana transaksi tersebut memengaruhi persamaan dasar akuntansi?

Jawaban: Harta berupa peralatan bertambah senilai Rp75 juta untuk 5 unit. Harta berupa kas berkurang senilai Rp50 juta. Kewajiban bertambah senilai Rp25 juta.

Pembahasan:

Sebenarnya, perhitungan dari tipe soal di atas nggak banyak, kok, guys. Elo hanya perlu merinci dan memasukkannya ke dalam kategori tertentu.

Pertama, elo rinci dulu informasi yang diketahui pada soal. Barang yang dibeli oleh Zahra adalah komputer, di mana komputer bisa dikategorikan sebagai peralatan kantor.

Harga untuk 1 unit komputer adalah Rp15.000.000. Sedangkan, yang dibeli oleh Zahra sebanyak 5 unit. Kita kalikan, ya. Rp15.000.000 x 5 = Rp75.000.000.

Zahra baru membayar sebanyak Rp50.000.000. Artinya, Zahra punya utang sebanyak Rp75.000.000 – Rp50.000.000 = Rp25.000.000.

Nah, pengaruh terhadap persamaan dasar akuntansi, yaitu:

Peralatan bertambah (↑) = Rp75.000.000.

Kas berkurang (↓)           = Rp50.000.000.

Utang bertambah (↑)       = Rp25.000.000.

Sudah paham sampai sini, kan?

Baca Juga: Dasar-Dasar Akuntansi – Materi Ekonomi Kelas 12

Topik Soal: Akuntansi Perusahaan Jasa

Elo masih ingat materi tentang perusahaan jasa, nggak? Coba, elo ingat-ingat lagi, ada berapa jenis perusahaan menurut akuntansi? Yap, ada 3, yaitu perusahaan jasa, perusahaan dagang, dan perusahaan manufaktur.

Perusahaan jasa adalah yang kegiatan utamanya membuat produk tidak berwujud berupa jasa atau layanan. Contohnya salon dan bengkel. Kemudian, ada perusahaan dagang, yaitu yang kegiatan utamanya membeli barang dari pemasok, kemudian langsung dijual kembali tanpa mengubah bentuk. Contohnya toko sembako dan elektronik.

Ada lagi, yaitu perusahaan manufaktur yang kegiatan utamanya mengubah barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi untuk dijual ke konsumen. Contohnya pabrik garmen dan pabrik mi instan.

Nah, pada topik ini, elo akan menemukan soal seputar materi yang barusan gue sampaikan. Selain itu, elo juga akan menemukan soal seputar debit kredit, siklus akuntansi di perusahaan jasa, pemindahbukuan, jurnal, dan tahap pelaporan.

Contoh Soal 6

Dalam jurnal umum, pembelian perlengkapan secara tunai dicatat dengan cara ….

A. mendebit akun Perlengkapan dan mengkredit akun Kas.

B. mendebit akun Peralatan dan mengkredit akun Kas.

C. mendebit akun Pembelian dan mengkredit akun Kas.

D. mendebit akun Kas dan mengkredit akun Perlengkapan.

E. mendebit akun Perlengkapan dan mengkredit akun Utang.

Jawab: A. mendebit akun Perlengkapan dan mengkredit akun Kas.

Pembahasan:

Fungsi jurnal umum adalah mencatat transaksi keuangan yang terjadi di dalam perusahaan secara terperinci dan lengkap, mencatat bukti transaksi keuangan secara berurutan sesuai dengan tanggal terjadinya transaksi, menganalisis transaksi dan menentukan akun mana yang harus didebit ataupun yang harus dikredit, dan memberikan keterangan seputar transaksi keuangan yang terjadi di dalam perusahaan secara jelas dan apa adanya.

Dari soal di atas, pembelian perlengkapan secara tunai akan masuk dalam transaksi pembelian Perlengkapan secara tunai, di mana Perlengkapan bertambah (D) dan Kas berkurang (K).

Contoh Soal 7

Perhatikan buku besar berikut ini.

Buku besar kas dalam contoh soal PAT Semester 2 Ekonomi Kelas 12.
Contoh buku besar kas. (Arsip Zenius)

Pada proses pemindahbukuan, ada kekeliruan dalam menjumlahkan saldo buku besar. Pada tanggal berapakah kekeliruan tersebut terjadi?

A. 2.

B. 4.

C. 5.

D. 6.

E. 7.

Jawab: C. 5.

Pembahasan:

Tujuan dari tahap pemindahanbukuan (buku besar), yaitu untuk mengelompokkan masing-masing akun untuk mempermudah mengetahui saldo akhir dari masing-masing akun tersebut.

Untuk menghitung saldo akun pada buku besar, maka:

  • saldo Debit dengan Debit (bertambah).
  • saldo Kredit dengan Kredit (bertambah).
  • saldo Debit dengan Kredit (berkurang).
  • saldo Kredit dengan Debit (berkurang).

Jadi, seharusnya pada tanggal 5 Januari, saldo kas berkurang Rp100.000 dan berubah menjadi Rp115.000.

Untuk mengetahui tahap pemindahbukuan, elo bisa nonton video belajarnya di sini.

Topik Soal: Akuntansi Perusahaan Dagang

Topik ini akan membahas tentang karakteristik dan jenis akun perusahaan dagang, syarat pembayaran, syarat penyerahan barang, persediaan barang dagang secara periodik dan perpetual, pencatatan metode periodik dan perpetual, serta jurnal khusus dan umum.

Tipe soalnya kurang lebih seperti ini, guys.

Contoh Soal 8

Zahra memiliki bisnis dropship baju Korea. Bisnis tersebut menerapkan margin keuntungan sebesar 10% dari harga pembelian produk. Apabila terdapat penjualan senilai Rp200.000 secara tunai, gimana jurnal yang tepat untuk mencatat transaksi tersebut?

Jawab: Pembelian (D) 180.000, Kas (D) 200.000, dan Penjualan (K) 200.000.

Pembahasan:

Zahra mendapatkan pesanan senilai Rp200.000. Nah, Zahra mengambil keuntungan sebesar 10% dari harga aslinya. Dengan begitu, harga baju yang Zahra beli dari Korea sebesar Rp180.000.

Lalu, dalam usaha dropship, setiap transaksi penjualan berarti pembelian, maka jurnalnya bisa dicatat sebagai berikut:

Pembelian (D) 180.000 Kas (K)180.000.

Kas (D) 200.000 dan Penjualan (K) 200.000.

Atau, bisa juga ditulis sebagai berikut.

Pembelian (D) 180.000, Kas (D) 200.000, dan Penjualan (K) 200.000. Hal itu karena akun kas ditulis dua kali.

Elo bisa cek materi tentang karakteristik perusahaan dagang pada link video belajar di sini.

Contoh Soal 9

Kalau mengatur persediaan barang dagang menggunakan metode periodik, maka ….

A. pada akhir periode nggak perlu melakukan penyesuaian persediaan barang dagang.

B. persediaan barang dagang akan terus-menerus dicatat.

C. harga pokok penjualan akan selalu terlihat di setiap transaksi penjualan barang dagang.

D. metode periodik hanya bisa menggunakan FIFO sebagai cara mengatur persediaannya.

E. harus melakukan stock opname untuk mengetahui persediaan akhir barang dagang.

Jawab: E. harus melakukan stock opname untuk mengetahui persediaan akhir barang dagang.

Pembahasan:

Hayoo, masih ingat, nggak, sama materi persediaan barang periodik dan perpetual? Apa sih, perbedaannya? Nih, perbedaannya.

  • Metode periodik merupakan persediaan barang dagang yang nggak dicatat secara terus-menerus, sehingga harus dilakukan stock opname.
  • Metode perpetual merupakan persediaan barang dagang yang dilakukan secara terus-menerus, sehingga nggak perlu dilakukan stock opname.

Elo bisa cek metode periodik pada infografis berikut ini.

Pengertian metode periodik dalam contoh soal PAT semester 2 Ekonomi kelas 12.
Kapan dan bagaimana proses metode periodik berlangsung. (Arsip Zenius)

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai metode persediaan barang periodik, elo bisa cek tulisan berikut ini.

Baca Juga: Sistem Persediaan Periodik – Materi Ekonomi Kelas 12

Contoh Soal 10

Pada tanggal 28 Juni 2021, toko Berkah Jaya menerima pembayaran piutang atas penjualan pada tanggal 15 Juni 2021 senilai Rp2.000.000 dengan syarat 2/10, n/30. Transaksi tersebut akan dicatat pada jurnal penerimaan kas pada kolom ….

Jawaban: Kas (D) dan piutang (K).

Pembahasan:

Transaksi penerimaan piutang pada jurnal penerimaan kas akan memengaruhi akun:

  • Kas bertambah (D).
  • Piutang berkurang (K).

Elo juga bisa cek bagan jurnal khusus di bawah ini untuk mengetahui cakupan-cakupannya.

Bagan cakupan jurnal khusus secara tunai dan kredit.
Bagan jurnal khusus. (Arsip Zenius)

Setelah membahas beberapa contoh soal dan pembahasannya di atas, elo sudah siap menghadapi PAT semester 2 Ekonomi kelas 12, belum? Kalau masih kurang puas dengan contoh soal dan pembahasan di atas, elo bisa mendalami materinya dengan nonton video pembahasan PAT Semester 2 Ekonomi Kelas 12 dengan klik banner di bawah ini.

CTA banner PAT contoh soal ujian sekolah

*****

Gimana nih, sampai sini sudah kebayang, kan, sama soal-soal yang mungkin keluar di PAT semester 2 Ekonomi Kelas 12? Elo juga bisa melatih kemampuan dengan level soal yang mirip UTBK beneran di Try Out bareng Zenius.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Nilai UTBK Tinggi Agar Lolos PTN Impian

Bagikan Artikel Ini!