Hari Anak Nasional Diperingati Saat Pandemi, Apa Pentingnya? 57

Hari Anak Nasional Diperingati Saat Pandemi, Apa Pentingnya?

Artikel ini akan membahas pentingnya hari anak nasional untuk kesejahteraan dan masa depan anak serta aktivitas-aktivitas seru untuk merayakannya.

Apakah lo sudah tau kalau pada tanggal 23 Juli, Indonesia memperingati Hari Anak Nasional (HAN)? Kalau belum, kemungkinan lo akan berpikir, “Lah, ada? Buat apa sih ada perayaan hari anak segala?” Ternyata merayakan HAN sangat penting, lho. Yuk simak info menarik tentang HAN!

Hari Anak Nasional Bersejarah

Hari Anak Sedunia diperingati tanggal 1 Juni setiap tahunnya. Lantas, mengapa HAN diperingati tanggal 23 Juli? Emang ada apa sih sampai beda tanggal begitu? Mengutip dari CNN, Undang-Undang Kesejahteraan Anak disahkan pada tanggal 23 Juli 1979. Dengan latar belakang tersebut, keluarlah Keputusan Presiden RI Nomor 44 Tahun 1984 yang menjanjikan tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional.

Tujuan Hari Anak Nasional

Nah, sekarang lo udah tahu sejarah terbentuknya HAN, sekarang apa sih tujuan dari HAN? Sepenting apa tujuannya sampai harus diperingati? 

Keputusan Presiden RI Nomor 44 Tahun 1984 Pasal 2 menyebutkan bahwa HAN bertujuan untuk meningkatkan kesadaran anak untuk menghargai dan menghormati orang tua, berjiwa dan penuh semangat, dan berbakti kepada bangsa dan negaranya. Dengan demikian, HAN diselenggarakan dengan upaya kesejahteraan bukan hanya untuk anak, tapi juga orang tua.

Hari Anak Nasional Penting Untuk Masa Depan Anak

Kebahagiaan anak tidak dapat diukur hanya dengan melihat anak-anak disekitar kita saja, atau bahkan diri kita sendiri. Sayangnya, di DKI Jakarta sendiri masih terjadi kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Mengutip dari Portal Statistik Sektoral Provinsi DKI Jakarta, jumlah korban kekerasan pada perempuan dan anak berjumla 913 orang pada tahun 2020 saja.

Hari Anak Nasional Diperingati Saat Pandemi, Apa Pentingnya? 58
Data kekerasan yang diterima oleh anak di Jakarta tahun 2020 (Sumber: https://statistik.jakarta.go.id/)

Terus, apa pengaruhnya dengan kesuksesan anak nanti?

Mengutip dari Fimela, studi yang dilaksanakan oleh empat universitas yaitu Penn State, Duke University, Vanderbilt University dan the University of Washington menunjukkan bahwa kebahagiaan anak saat kecil berpengaruh besar pada kesuksesan mereka 20 tahun kemudian. Kesuksesan anak nanti tidak hanya baik bagi anak itu sendiri, melainkan orang tua dan negaranya, lho

Dengan adanya HAN, diharapkan agar kesadaran atas kesejahteraan anak dapat lebih meningkat sehingga kasus kekerasan maupun ketidaksetaraan hak antar anak dapat menurun seiring waktunya. 

Hari Anak Nasional Bukan Cuma Untuk Anak Kecil 

Kalau lo kira HAN hanya diperuntukkan untuk anak TK saja, lo salah nih. Berdasarkan UU No.3 tahun 1997, kategori anak adalah orang yang berusia 8 (delapan) sampai 18 (delapan belas) tahun! Jadi, buat lo yang masih duduk di bangku SMA, kemungkinan besar lo ini masih anak-anak. Maka dari itu, sempatkanlah untuk memanfaatkan hari ini sebaik-baiknya. Hm, apa aja ya yang bisa lo lakukan selama pandemi? 

Aktivitas Seru Hari Anak Nasional Saat Pandemi

Hari Anak Nasional Diperingati Saat Pandemi, Apa Pentingnya? 59
Hari Anak Nasional lebih lengkap dengan mengembangkan kreativitas (Dok: Canva).

1. Asah Kreativitas

Banyak banget kegiatan asyik yang bisa lo lakuin cuma di rumah doang! Salah satunya adalah melakukan hobi yang melatih kreativitas lo seperti menggambar, menari, menyulam, dan lain-lain. Lo juga bisa membeli peralatan Do It Yourself (DIY) yang tentunya beragam jenis-jenisnya melalui situs belanja online.

Hari Anak Nasional Diperingati Saat Pandemi, Apa Pentingnya? 60
Kangen jangan ditahan tapi diucapkan! (Dok: Canva)

2. Menghubungi Kerabat

Semakin ramai semakin seru! Lo bisa manfaatkan HAN untuk berkomunikasi bersama keluarga bahkan teman melalui video call. Aktivitas yang bisa lo lakuin bersama nggak cuma sebatas ngobrol-ngobrol aja, gim yang dapat dimainkan secara daring pun banyak, lho. Lo bisa ajak orang-orang terdekat lo merayakan HAN dengan main bersama di situs dan aplikasi yang mendukung multiplayer seperti gartic.io, Kahoot, GeoGuessr, dan lain-lain!

Hari Anak Nasional Diperingati Saat Pandemi, Apa Pentingnya? 61
Hari Anak Nasional akan lebih berarti kalau lo donasikan barang-barang yang sudah tidak terpakai! (Dok: Canva).

3. Berdonasi

Jika kita sudah memiliki apa yang kita butuhkan, maka saatnya untuk berpikir apakah orang lain telah mendapatkan fasilitas yang kita dapat? Berdonasi merupakan salah satu cara untuk merayakan HAN. Selain membuat hati kamu merasa senang, kamu juga dapat membuat orang lain merasa bahagia!

Hari Anak Nasional Diperingati Saat Pandemi, Apa Pentingnya? 62
Zencore melatih fundamentals, lo! (Dok: Canva)

4. Push Rank di Zencore

Sudah tahu belum sih kalau di aplikasi zenius, lo bisa push rank? Yap. Lo nggak salah baca, kok. Zenius sekarang punya Zencore! Di Zencore, lo bisa belajar dari dasar banget sampai otak lo terlatih untuk menjawab berbagai macam soal. Selain edukatif, Zencore juga nggak bosenin! Soal-soalnya seru abis, dan pembahasannya pun gampang dimengerti.

Hari Anak Nasional Diperingati Saat Pandemi, Apa Pentingnya? 63
Klik untuk main Zencore di aplikasi Zenius!

5. Nonton Live Class Zenius

Ada berbagai kelas seru di aplikasi Zenius yang kamu bisa akses secara gratis, lho! Salah satunya adalah Zen15 yang akan membahas seputar Hari Anak Nasional. Kelasnya bisa kamu tonton di hari Senin, Rabu, dan Jum’at jam 15.00 WIB, dicatat ya biar kamu ngga akan ketinggalan! Selain pembahasan, kamu juga bisa tanya langsung sama tutor Zenius. Gue yakin banget lo ga akan nyesel nontonnya, deh!

Zen15 Spesial Hari Anak Nasional

Nah, apa aktivitas HAN versi lo? Jangan lupa beri komentar di bawah!

Baca Juga:

Pancasila, Cara Memperingati dan Contoh Ucapan Hari Lahir Pancasila 2021

Hari Pendidikan Nasional 2021 adalah Penghormatan untuk Ki Hadjar Dewantara

Hari Kartini 2021: Cara Kita Merayakan Kebangkitan Perempuan