Hari Kartini 2021

Hari Kartini 2021: Cara Kita Merayakan Kebangkitan Perempuan

Perayaan Hari Kartini 2021 akan jatuh pada 21 April 2021. Hari nasional yang selalu dirayakan untuk mendedikasikan tokoh Pahlawan Nasional, Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau banyak orang menyebutnya dengan R.A. Kartini. Tokoh yang berasal dari Jawa ini dikenal masyarakat luas sebagai pelopor kebangkitan perempuan Pribumi Nusantara.

Kenapa 21 April?

Pada tanggal 21 April memang diperingati sebagai Hari Kartini. Lalu, apa sih alasan tanggal 21 April itu dipilih sebaagai Hari Kartini?

Pada Tanggal 2 Mei 1964, Presiden Republik Indonesia, yakni Dr. Ir. H. Soekarno mengeluarkan ketetapan Presiden RI No. 108 tahun 1964 untuk mengangkat R.A. Kartini sebagai pahlawan Kemerdekaan Nasional.

BACA JUGA: Biografi RA Kartini

Nah, ternyata tanggal tersebut dipilih karena pada tanggal tersebut merupakan hari kelahiran Sang Pahlawan Nasional Raden Ajeng Kartini, yakni pada 21 April 1879.

Hari Kartini 2021
Illustrasi wajah RA Kartini yang dibuat pertama kali oleh komikus dari Medan Zam Nuldyn (Geotimes)

Profil Singkat RA Kartini

Kartini merupakan putri dari Bupati Jepara, yaitu Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan istrinya yakni Ibu M.A. Ngasirah. Sang Pahlawan Nasional Raden Ajeng Kartini menikah pada umur yang masih relatif muda, yaitu pada usia 24 tahun. Pada saat itu, Kartini menikah dengan Bupati Rembang, yakni Raden Adipati Djojodiningrat.

Selamat Hari Kartini 2021
Sumber: Perpustakaan Nasional (OnSearch) Bersama RA. Kartini bergambar bersama R.M.A.A. Djojoadiningrat (suami) dan putri tiri RA. Kartini yg dipeluk tgl. 13 Sept. 1904.

Apa Perjuangan RA Kartini?

Buat kamu yang belum tahu, perjuangan RA Kartini adalah melawan diskriminasi untuk mendorong perempuan modern untuk bisa melawan stereotip daripada perempuan yang ujungnya menjadi ibu rumah tangga saja. Pada intinya, sebagai perempuan RA Kartini mayakini bahwa sejatinya perempuan memiliki hak dan kesempatan yang sama rata dalam setiap mengejar mimpi dan cita-cita untuk mendapatkan dan merasakan pendidikan yang tinggi.

Hari Kartini 2021 dan Pesan Bijak Kartini

Hingga tahun 2021 ini, RA Kartini telah puluhan tahun menjadi inspirasi banyak perempuan di Indonesia. Kepeduliannya terhadap pendidikan dan kaum perempuan tidak bisa diragukan lagi. Maka dari itu, sangat layak Ia menjadi Tokoh Pahlawan Nasional Indonesia karena memang Ia begitu lekat di kehidupan masyarakat sampai sekarang.

Pada Hari Kartini 2021 ini, Zenius membuat sebuah kisah yang dibungkus dalam animasi yang keren banget. Saksikan kisah lengkap perjalanan Kartini dari gelap menuju cahaya di video original production oleh Zenius hanya di aplikasi Zenius!

Kegemarannya dalam membaca dan menulis, menjadikan dirinya sebagai sosok yang menginspirasi bagi banyak orang. Kumpulan suratnya bahkan dibukukan dengan judul “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Karya tersebut menjadi sangat fenomenal di Indonesia.

Ini dia 10 Kalimat bijak dari Kartini yang sangat menginspirasi banyak orang, yang mungkin bisa kamu bagikan kepada teman-teman, atau mungkin bisa kamu kutip untuk status di media sosial kamu dalam memperingati Hari Kartini 2021.

1 Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam.

2 Dalam tangan anaklah terletak masa depan dan dalam tangan ibulah tergenggam anak yang merupakan masa depan itu.

3 Karena ada bunga mati, maka banyaklah buah yang tumbuh, demikianlah pula dalam hidup manusia, bukan? Karena ada angan-angan muda mati, kadang-kadang timbullah angan-angan lain yang lebih sempurna, yang boleh menjadikan buah.

4 Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya.

5 Karena bila taraf hidup kesenian suatu bangsa tinggi, maka budi bangsa itu sendiri adalah suatu puisi.

6 Tiada barang mustahil di dunia ini! Dan sesuatu barang yang hari ini kita teriak-teriakan mustahil sama sekali, besok merupakan kenyataan yang tidak dapat disangkal!

7 Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang.

8 Bukan laki-laki yang hendak kami lawan, melainkan pendapat kolot dan adat usang.

9 Alangkah ajaibnya rasa kasih sayang. Rasa cinta adalah surga dan neraka yang menjadi satu.

10 Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.

Ucapan Selamat Hari Kartini 2021 dalam Bahasa Indonesia

Raden Adjeng Kartini atau akrab disebut Ibu Kartini merupakan sosok perempuan yang luar biasa bagi banyak perempuan di Indonesia. Putri bangsawan ini di masanya sangat terganggu dengan adanya isu terkait gender. Sebagai perempuan, Kartini selalu ingin menyuarakan hak-haknya.

Teruntuk kamu yang ingin meneruskan kembali semangat juang Sang Pahlawan Nasional RA Kartini, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satu yang paling mudah adalah mengucapkan “Selamat Hari Kartini” pada ibu dan perempuan-perempuan yang kamu rasa sangat berjasa di hidup kamu.

Dikutip dari beberapa sumber, ada beberapa ucapan “Selamat Hari Kartini 2021” yang bisa kamu berikan kepada pada perempuan-perempuan hebat dalam hidup kamu, diantaranya:

1 Selamat Hari Kartini untukmu dan semoga kamu menjadi perempuan yang lebih baik bagi bangsa Indonesia. Buatlah Tanah Airmu bangga. Tetaplah kuat melawan segala diskriminasi yang ada.

2 Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan di Indonesia. Jadilah pelita yang tak pernah padam, selalu bersinar dengan kecerdasan yang kamu miliki. Selamat Hari Kartini.

3 Selamat Hari Kartini untuk semua perempuan Indonesia. Teruslah bahagia dan menginspirasi.

4 Mati satu tumbuh seribu. Kartini mungkin sudah tiada, namun semangat juangnya tidak boleh padam. Maju terus para Kartini muda Indonesia. Selamat Hari Kartini.

5 Kami kaum putri punya jalan terang gapai mimpi hingga sederajat dengan laki-laki berkat perjuangan Kartini. Niat dan perjuangannya membela kaum putri membuat namanya wangi menebar harum sejati.

6 Majulah perempuan di Indonesia. Harumkan Indonesia, jangan menjadi orang yang melemah dan diam melihat diskriminasi di Indonesia. Selamat Hari Kartini.

7 Pekerjaan paling mulia di dunia adalah pekerjaan ibu. Kerjanya multidisiplin ilmu, jam kerjanya tidak menentu, semua dilakukan tulus tanpa menggerutu, tidak digaji pun tetap setuju. Maka, Tuhan meletakkan surga ditelapak kaki Ibu. Selamat Hari Kartini.

8 Selamat Hari Kartini untuk para perempuan Indonesia. Semoga para Kartini senantiasa berprestasi selalu dan penuh semangat.

Ucapan Selamat Hari Kartini 2021 dalam Bahasa Inggris

Jika kita sudah membahas mengenai ucapan “Selamat Hari Kartini 2021” dalam bahasa Indonesia, ada beberapa ucapan yang bisa kamu ucapkan dengan menggunakan Bahasa Inggris juga, diantaranya:

1 Happy kartini day for indonesian students. Hope you always get the ambitions to reach your dream. Happy kartini day!

2 Happy Kartini day for mother, sister, and my beloved. And I hope that the soul of Kartini always in your life. Happy Kartini day!

3 Many things can make you fall down, but the only one that makes you fall down is yourself. Happy Kartini day!

4 My life never to be beautiful like now without you. Thank you to be Kartini in my life. Happy Kartini day!

5 Happy Kartini day for all of the women in Indonesia, to be the fire that never quit, always bright from your brightness.

6 Make your life colorful and make your story like R.A Kartini. Happy Kartini day!

7 Thank you that you are helping us until now. Because if Indonesia does not has a woman just like you, I think that I will never be a person just now. Happy Kartini day!

8 Always dreaming and reach the big dream is in your hand. Kartini’s dream that wants to be prosperity is her dream. No one can make it real, if not us. Happy Kartini day!

Hari Raya Kartini
Kartini, bukan tentang Kebaya

Pada akhirnya, di Hari Kartini 2021 ini, kita dapat mengerti dengan melihat semua perjuangan yang telah dilakukan R.A. Kartini. Ada sikap-sikap yang bisa kita teladani dan bahkan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sikap-sikap tersebut diantaranya adalah sabar, semangat dan teguh dalam berjuang. Konteksnya kita dapat berjuang dalam berbagai hal. Selain itu memiliki kemauan yang kuat dan tidak pernah berhenti untuk belajar serta gigih dalam mengejar cita-cita adalah sesuatu yang bisa kita teladani. Akhir kata, Selamat Hari Kartini 2021 semuanya!