lambang pancasila

Pancasila, Cara Memperingati dan Contoh Ucapan Hari Lahir Pancasila 2021

Artikel ini berisi informasi tentang bunyi Pancasila, cara memperingati, dan contoh ucapan Hari Lahir Pancasila. Simak selengkapnya di sini!

Halo pembaca setia Zenius! Siapa yang tau ada momen apa di setiap tanggal 1 Juni? Yap, setiap tanggal 1 Juni akan diperingati Hari Lahir Pancasila berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Tahun ini, peringatan tersebut jatuh pada hari Selasa (1/6/2021) dan ditetapkan sebagai hari libur nasional. Jadi, buat kamu yang bertanya-tanya kenapa hari ini libur, udah dapat jawabannya ya.

lambang pancasila
Pancasila dan Bendera Merah Putih (sumber gambar: bpip.go.id)

Bunyi Pancasila

Pancasila sendiri merupakan ideologi negara Indonesia yang harus dijadikan pedoman dalam berbangsa dan bernegara. Coba kita sebutkan bareng-bareng kelima silanya, yuk!

“Pancasila:

  • Ketuhanan yang Maha Esa
  • Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  • Persatuan Indonesia
  • Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
  • Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia”

Sebagai bangsa Indonesia, kita harus hafal dan mengamalkan Pancasila. Terlebih bagi pelajar yang udah jelas setiap hari Senin bakal ketemu sama Pancasila waktu upacara bendera (kalau kondisi gak pandemi ya, guys. Hihihi).

Cara Memperingati Hari Lahir Pancasila 2021

Biasanya, peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan dengan upacara bendera. Namun, seperti yang kita ketahui saat ini, bahwa pemerintah sedang gencar mencegah, mengendalikan, dan memutus rantai penyebaran COVID-19. Maka dari itu, pelaksanaan upacara bendera akan dilakukan secara virtual kombinasi.

  • Mengikuti Upacara Bendera Virtual

Gimana caranya? Kamu bisa mengikuti upacara melalui siaran langsung di kanal Youtube atau media sosial Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan siaran televisi dari tempat tinggal masing-masing. Selain itu, setiap kantor dan instansi pemerintahan juga diminta untuk mengibarkan Bendera Merah Putih selama satu hari untuk memperingati Hari Lahir Pancasila.

  • Mengkampanyekan Logo, Tema, dan Latar Belakang Virtual

Adakah cara lain yang bisa kita lakukan lagi? Ada, guys. BPIP sendiri meminta kepada masyarakat untuk ikut memeriahkan peringatan lahirnya Pancasila di berbagai media, baik cetak, elektronik, hingga media sosial dengan mengkampanyekan tema, logo, atau menggunakan latar belakang virtual. Kamu bisa download langsung di website resmi BPIP tentang Harlah Pancasila 2021.

  • Membuat dan Mengirimkan Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila

Untuk kampanye, kamu pasti lebih mudah menggunakan media sosial kan? Nah, salah satu cara menarik lainnya yang bisa kamu gunakan untuk memeriahkan Harlah Pancasila 2021 adalah ucapan selamat Hari Lahir Pancasila. Ucapan ini bisa kamu gunakan untuk caption di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya.

logo dan ucapan hari lahir pancasila 2021
Logo Hari Lahir Pancasila 2021 (sumber gambar: bpip.go.id)

Contoh Ucapan Hari Lahir Pancasila

Ada beberapa inspirasi ucapan Hari Lahir Pancasila yang bisa kamu gunakan lho, guys. Dengan begitu, kamu juga bisa menyebarkan semangat yang membara kepada banyak orang layaknya para pejuang dulu saat mencetuskan nama dan merumuskan Pancasila.

  • “Mari amalkan Pancasila dan bersatu untuk Indonesia! Selamat Harlah Pancasila Tahun 2021!”
  • “Pancasila membuat perbedaan menjadi kekayaan, merajut keragaman menjadi keindahan, dan jarak menjadi persatuan. Selamat Harlah Pancasila 1 Juni 2021!”
  • “Tuhan kita berbeda, suku kita berbeda, bahasa kita berbeda. Tapi, ideologi kita satu, yaitu Pancasila. Mari jaga persatuan Indonesia!”
  • “Semua orang bisa mengaku cinta Indonesia, paling Pancasila, menjunjung Nasionalisme. Tapi, hanya sedikit orang yang mampu merawat perbedaan di sekitarnya ketika ujian keragaman datang menghadang”.
  • Kuat karena bersatu, bersatu karena kuat – Ir. Soekarno.
  • Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan” – Ir. Soekarno.
  • Pancasila lahir sebagai perekat ke-bhinnekaan Indonesia, Ia mengandung nilai-nilai luhur sebagai pedoman dalam berbangsa dan bernegara”.
  • Selamat memperingati Hari Lahirnya Pancasila! Semoga kita senantiasa mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya”.
  • Mari kita teruskan perjuangan dan cita-cita leluhur bangsa Indonesia, jangan sampai Pancasila hanya sebagai legenda semata”.

Itu dia beberapa referensi ucapan Hari Lahir Pancasila yang bisa kamu gunakan untuk memeriahkan peringatan hari ini. Jangan jadikan ucapan di atas hanya sebatas kalimat, namun tanamkan juga dalam jiwa kita ya, guys. Selamat Hari Lahir Pancasila!

 

Baca Juga Artikel Lainnya

Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, Bukan Cuma Soal Pidato Soekarno

2 Mei: Hardiknas dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia

Bagikan artikel ini: