Konsep dan Ciri Reaksi Kondensasi – Materi Kimia Kelas 12

Pembelajaran Reaksi Kondensasi

Sobat Zenius, kalau elo dengar kata “berubah”, apa yang ada di pikiran elo? Gue kasih waktu 3 detik buat elo pikirin, ya. 

1 … 

2 … 

3 … 

Ayo jujur, elo mikirin apa?

Berubah perasaan? Hm … itu sih cukup perasaan dia aja yang berubah buat elo. Sifat? Itu juga kayaknya sifat dia yang berubah padahal elo lagi sayang-sayangnya, ya?

Bahasan kita kali ini mau ngobrolin tentang perubahan, tapi bukan sifat sama perasaannya dia, ya. Materi kali ini ngebahas tentang perubahan senyawa dalam reaksi kondensasi. 

Hah? Apaan tuh? Biar elo nggak makin penasaran, langsung aja yuk kita belajar bareng di sini!

Reaksi Kondensasi

Ilustrasi molekul dalam reaksi kondensasi
Ilustrasi molekul dalam reaksi kondensasi (Dok. Unsplash)

Apa itu reaksi kondensasi? Hm …. Gue coba mengolah pengertiannya pakai kata-kata yang gampang dimengerti, ya.

Simpelnya gini, reaksi kondensasi atau yang biasa dikenal dengan reaksi dehidrasi merupakan penggabungan dua senyawa yang menghasilkan senyawa baru dengan cara melepas molekul sederhana yaitu air. 

Tapi, satu hal yang perlu elo catat nih, nggak semua jenis senyawa bisa digabungkan dan membentuk reaksi kondensasi ya. 

Nah, ada beberapa pembentukan senyawa yang bisa dibentuk dari reaksi kondensasi, salah satunya yaitu polimer.

Polimer sendiri merupakan senyawa raksasa yang disusun dari satuan unit yang berulang-ulang. Nah, satuan unit dari polimer ini kalau di Kimia dikenalnya sama kata monomer.

Contoh pasangan polimer yang terbentuk melalui reaksi kondensasi adalah protein dengan monomer asam amino yang digabungkan.

Contoh lainnya nih, pasangan polimer yang terbentuk melalui reaksi kondensasi juga bisa melalui nilon 66 dengan monomer asam adipat yang digabungkan dengan heksametilendiamin.

Intinya, reaksi kondensasi ini bisa terjadi karena adanya penggabungan senyawa atau zat.

Ngomong-ngomong soal zat, elo bisa baca juga salah satu artikelnya Zenius tentang 3 Macam Zat, Perubahan Fisika dan Kimia nih. Lumayan banget lho, bisa nambah wawasan dasar elo juga.

Ciri Reaksi Kondensasi

Oke, kita udah bahas secara umum tentang reaksi kondensasi di atas. Terus, sekarang gue mau lanjut lebih rinci lagi nih bahas cirinya. Apa aja sih ciri reaksi kondensasi?

Pertama, ciri reaksi kondensasi adalah terjadinya penggabungan dua molekul yang sejenis maupun nggak sejenis. 

Kedua, proses penggabungan dua molekul itu juga dibarengi nih sama proses pelepasan molekul sederhana berupa air. 

Bagaimana mekanisme reaksi kondensasinya? Sama kayak ciri yang udah gue sebutin di atas. Jadi, yang perlu elo ingat itu ada dua ya, yaitu penggabungan dan pelepasan molekul sederhana.

Supaya makin jelas di bayangan, gue coba kasih contoh ya.

Misalnya, ada dua molekul ini:

R–O     dan    H–O–R 

     |

    H

Gimana sih, proses penggabungan sama pelepasan molekul sederhananya?

Nah, di atas udah gue kasih contoh dua molekul alkohol. Kalau mau digabung, jangan lupa bahwa ada pelepasannya dulu.

Contoh penggabungan molekul
Penggabungan dan pelepasan molekul dalam reaksi kondensasi (Arsip Zenius)

Yap! Molekul sederhana yang bakal dilepas yaitu H₂O. Ada yang tau itu molekul apa? Bener banget! Itu merupakan molekul air.

Jadi, kalau molekul sederhana di situ, yang berupa air, sudah dilepaskan, maka penggabungan molekulnya menjadi R–O–R.

Gimana? Sejauh ini udah paham belum? Kalau elo merasa kurang nangkap contoh yang gue kasih, nggak perlu khawatir! Soalnya, tutor Zenius juga punya penjelasan lengkapnya lewat video. Langsung aja di klik gambarnya ya biar elo makin tercerahkan sama materi ini.

Belajar kimia di video materi Zenius

Selain itu, elo bisa baca juga nih tentang materi Mengenal Gaya antar Molekul dalam Kimia supaya pemahaman tentang molekulnya makin mantap.

Contoh Soal Reaksi Kondensasi dan Pembahasannya

Abis elo baca-baca materi di atas, gimana menurut elo pribadi? Nggak susah, kan? Tips dari gue supaya elo lancar belajar Kimia, intinya tuh dipahami aja secara konsep.

Kalau dari konsepnya elo udah paham, baru deh belajar jawab contoh-contoh soal. Nah, ini gue kasih tiga contoh soal yang bisa elo jadiin buat latihan juga. Semangat ya ngerjainnya!

Contoh Soal 1

Berikut ini pernyataan yang tepat mengenai reaksi kondensasi adalah …

a. Bergabungnya dua molekul yang memiliki karbanion di dalamnya

b. Bergabungnya dua molekul yang memiliki karbon radikal

c. Bergabungnya dua molekul yang memiliki karbokation di dalamnya

d. Bergabungnya dua molekul yang memiliki gugus fungsi yang sama maupun berbeda

Jawaban:

Reaksi kondensasi adalah terjadinya penggabungan dua molekul yang sejenis atau berbeda, disertai adanya pelepasan molekul sederhana. Jadi, jawabannya adalah d.

Contoh Soal 2

Ketika 2 molekul asam amino bereaksi maka akan terjadi…

a. Pelepasan air atau H₂O

b. Pelepasan alkohol

c. Pelepasan NH₃

d. Pelepasan O₂

Jawaban:

Pada pembentukan protein maka reaksi antara asam amino satu dengan asam amino lainnya akan menghasilkan protein dan melepaskan molekul air. Jadi, jawabannya adalah a.

Contoh Soal 3

          O         O

          II         II

Jika molekul asam amino berupa H₂N–CH–C–OH dan H–N–CH–C–OH digabung, 

    I           I     I

    R         H   R

bagaimanakah hasil reaksi kondensasinya?

    II         II

a. H₂N–OH–C–N–CH–C–OH

I        I     I

R      H    R

b.           O         O

    II         II

H₂N–CH–C–N–CH–C–OH

I        I     I

R       H    R

c. H₂N–C–O–N–CH–C–OH

I        I     I

N      R    H

d.            II         O

  O         II

H₂N–CH–C–OH–CH–C–CH

I        I     I

R      H    R

Jawaban:

Ketika kedua molekul asam amino di atas bergabung, mereka akan melepaskan molekul sederhana terlebih dahulu yaitu H₂O. Pada umumnya, setiap kedua asam amino bergabung, molekul yang akan dilepaskan yaitu H₂O.

Hasil reaksi kondensasi
Penggabungan molekul asam amino dalam reaksi kondensasi (Arsip Zenius)

Di atas, gue kasih cara penggabungannya berupa molekul air. Setelah dilepaskan, maka hasil reaksi kondensasi dari asam amino di atas yaitu:

    O           O

    II           II

 H₂N–CH–C–N–CH–C–OH

I         I     I

R       H    R

Jadi, jawabannya adalah b.

Di atas, gue sempat bahas kalau cara belajar Kimia itu memahami dari konsepnya. Gimana sih, cara cepat supaya elo langsung nangkap konsepnya? 

Nah, pas banget nih pernah dibahas sama salah satu tutor Zenius. Bisa elo tonton supaya belajar Kimianya makin lancar. Oke?

Ada yang nggak kalah menarik dari belajar konsep nih. Buat elo yang mau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pelajaran Kimia, Zenius punya tips Belajar Strategis Menghadapi UTBK Kimia yang bisa banget elo baca.

Bagikan Artikel Ini!