Rumus Regangan dan Perbedaannya dengan Tegangan

Rumus Regangan

Artikel ini membahas tentang rumus regangan. Pelajari cara menghitung regangan disertai dengan contoh soal dan pembahasannya.

Sebelum ngebahas tentang regangan, temen-temen udah pada belajarin tegangan belum ya? Tegangan yang gua maksud ini tegangan elastisitas. Pastiin temen-temen udah paham ya tentang tegangan elastisitas itu! Materinya masih berhubungan nih, tegangan dan regangan ini sama-sama di dalam ranah elastisitas.

Kalau temen-temen udah paham bagus deh, artinya udah pinter dah fisika lu. Dengan bekal tegangan tadi, kita langsung gas ngebahas tentang regangan! Dibaca sampai abis ya guys.

Apa Perbedaan dari Regangan dan Tegangan?

Kalau kita mau bandingin regangan dengan tegangan, tentu kita harus tau dulu pengertiannya dong. Singkatnya, tegangan ini adalah gaya yang bekerja per satuan luas. Penjelasan panjangnya, temen-temen bisa cek di artikel tegangan elastisitas yang udah gua cantumin sebelumnya.

Rumus Regangan
Dok: Pexels

Regangan (strain) ini merupakan ukuran perubahan relatif dari ukuran dan bentuk suatu benda yang mengalami tegangan. Kita bisa sebut juga regangan sebagai rasio dari pertambahan panjang dengan panjang mula-mula benda. Dari informasi ini kita bisa pahamin bahwa regangan ini adalah respon atau tanggapan suatu benda terhadap tegangan yang diberikan dari luar. 

Oke dari pengertian-pengertian itu gua bisa ngerangkumin buat temen-temen kalau tegangan ini adalah gaya yang bekerja di benda elastis, sementara regangan ini rasio perubahan panjang di benda elastis dari gaya tegangan tersebut. Yang tegangan gayanya, sementara yang regangan perubahan panjangnya, gampang kan? 

Rumus Regangan

Untuk mempermudah pemahaman temen-temen tentang regangan, kalian bisa perhatiin dulu gambar suatu benda elastis yang diberikan gaya tegangan.

Rumus Regangan
Dok: Zenius

Gambar di atas ini nunjukin kalau benda elastis itu mengalami pertambahan panjang dari gaya tegangan tersebut. Regangan yang kita cari adalah perbandingan antara pertambahan panjang benda dengan panjang benda mula-mula. Kita bisa cari regangan dengan rumus berikut ini:

Rumus Regangan dan Perbedaannya dengan Tegangan 41

Keterangan:

ε: Regangan

ΔL: Pertambahan panjang (m)

Lo: Panjang mula-mula (m)

Info tambahan buat temen-temen nih, pada daerah elastis besarnya tegangan berbanding lurus dengan regangan. Regangan ini tidak memiliki satuan atau disebut juga sebagai tidak berdimensi.

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh Soal 1

Sebuah karet dengan panjang mula-mula sebesar 150 cm ditarik oleh Nina. Akibatnya karet tersebut mengalami pertambahan panjang sebesar 5 cm. Berapakah regangan dari karet tersebut?

Pembahasan:

Diktahui:

Lo = 150 cm

ΔL = 5 cm

Ditanya: ε

Jawab:

Lo = 150 cm =  1,5 m

ΔL = 5 cm = 0,05 m

Rumus Regangan dan Perbedaannya dengan Tegangan 41

Rumus Regangan dan Perbedaannya dengan Tegangan 43

Jadi regangan dari karet tersebut adalah 3.

Contoh Soal 2

Bila diketahui suatu tali dengan panjang mula-mula 250 cm mengalami regangan sebesar 0,012. Berapakah pertambahan panjang pada tali tersebut?

Diketahui:

Lo = 250 cm

ε = 0,012 

Ditanya: ΔL

Jawab:

Lo = 250 cm = 2,5 m

Rumus Regangan dan Perbedaannya dengan Tegangan 41

Rumus Regangan dan Perbedaannya dengan Tegangan 45

ΔL = 0.03 m

Jadi pertambahan panjang pada tali tersebut adalah 0,03 meter.

Kita udah belajarin rumus regangan, pengertiannya, dan contoh soalnya. Tapi manfaat dari regangan itu apa sih? Tentu aja ada banyak ya manfaatnya, tapi gua mau kasih satu contoh yang menurut gua paling keren. Contoh benda yang gua maksud itu adalah katapel yang sering dieja (dengan salah) sebagai ketapel. Temen-temen mungkin pernah mainin katapal pas masih kecil atau setidaknya lihat di film kartun. Elastisitas dan regangan dari karet memungkinkan katapel melontarkan batu atau peluru lainnya ke target yang dituju. Sekarang lu tau deh kalau regangan itu bisa dipersenjatai!

Rumus Regangan
Dok: Pixabay

Kurang lebih gitu deh segala tentang regangan guys, semoga bisa ngebantu pembelajaran fisika kalian ya! Untuk pertanyaan atau diskusi lainnya yang temen-temen mau sampaikan, langsung aja kalian tulis di kolom komentar. Selain itu kalian juga bisa cek materi-materi fisika Zenius lainnya seperti berikut ini.

Video Materi:

Parameter Elastisitas

Aplikasi Tegangan Permukaan

Tegangan dan Kuat Arus Listrik AC

Baca Juga:

Hukum Charles: Bunyi, Rumus, Penerapan, dan Contoh Soal

Hukum Gay Lussac: Bunyi, Rumus, Contoh Soal, dan Penerapan

Tekanan Zat Padat : Rumus, 3 Contoh Soal dan Pembahasan

Bagikan Artikel Ini!