Rumus Tegangan

Rumus Tegangan Elastisitas

Artikel ini membahas tentang rumus tegangan elastisitas disertai dengan contoh soal dan pembahasannya.

Hello temen-temen semua! Kita bakalan ngebahas tentang rumus tegangan elastisitas, biasanya bahas fisika gini bakalan seru nih. Tegangan yang kita omongin berhubungan dengan elastisitas guys. Jadi jangan sampe ketuker sama tegangan listrik yaa, kita enggak ngebahas itu hari ini. Tapi kalau kalian mau belajar tentang listrik-listrikan, bisa banget dicek artikel berikut yang membahas tentang kuat arus listrik

Tau ga sih lu kalau bahasa Inggrisnya tegangan itu stress? Emang sih dalam bahasa Inggris satu kata bisa banyak arti, tapi menarik aja gitu. Jangan-jangan ilmuwan yang mempelajari tegangan jadi stress makanya disebutnya begitu hahaha. Tapi tenang aja kawan-kawan kita bakalan belajarin rumus tegangan tanpa stress, untuk itu dibaca sampai habis ya artikelnya!

Elastisitas

Sebelum kita belajarin rumus tegangan, kita harus bahas dulu elastisitas. Kalau kita paham konsep elastisitas, harepannya sih nanti belajarin rumus tegangan jadi gampang dan mudah dicerna. Elastisitas ini adalah kecenderungan bahan padat untuk kembali ke bentuk aslinya setelah terdeformasi. Jadi benda elastis itu adalah benda yang ketika ditarik/direnggangkan masih bisa kembali ke bentuk semula setelah dilepas. Contoh benda elastis yang pasti lu pada pernah pake adalah gelang karet.

Rumus Tegangan
Dok: Pixabay

Nah, lawan dari elastis ini adalah plastis. Benda plastis itu ga bisa balik ke bentuk awalnya ketika lu tarik. Contoh benda plastis adalah plastisin, dari namanya aja udah ketauan banget ya. Temen-temen harus tau kalau ga ada benda yang sepenuhnya 100% elastis maupun 100% plastis. Gua kasih contoh dari gelang karet ya, ketika lu tarik dan lepas dia bakal balik ke bentuk awalnya (elastis), tapi kalau lu tarik pakai tenaga lu sekenceng-kencengnya kemungkinan besar gelang karet lu bakalan putus dan ga bisa kembali ke bentuk awalnya (plastis).

Rumus Tegangan

Setelah paham tentang elastisitas, kita bakalan bahas rumus tegangan. Tegangan ini adalah perbandingan antara gaya yang bekerja pada suatu benda dengan luas penampang benda tersebut. Dengan kata lain, tegangan adalah gaya yang bekerja per satuan luas. Gaya dari tegangan inilah yang menyebabkan suatu benda meregang atau berubah bentuk. Oke kalau udah paham, berikut adalah rumus tegangan.

Rumus Tegangan Elastisitas 65

Penjelasan:

F: Gaya (N)

A: Luas penampang (m2)

σ : Tegangan  (N/m2)

Simbol σ dibaca sebagai sigma ya guys. Mungkin temen-temen yang jago fisika menyadari satu hal nih. Kok seperti rumus tekanan ya? Ini karena tegangan dan tekanan mempunyai dimensi yang sama, sehingga persamaannya akan sama jika satuannya sama. Menarik ya? Kalau udah paham mari kita lanjut ke contoh soal deh!

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh Soal 1

Diketahui diameter tali yang dipegang Ivan adalah 4 cm. Tali tersebut Ivan tarik dengan gaya sebesar 100 N. Berapakah tegangan tali yang ditarik Ivan?

Pembahasan:

Diketahui:

d = 4 cm = 0,04 m

F = 100 N

Ditanya: σ

Jawab:

r = 0,04/2 = 0,02

A = π × r²

A = 3,14 × 0,02²

A = 3,14 × 0,0004

A = 0.001256

A = 12,56 × 10-4

Rumus Tegangan Elastisitas 66

Rumus Tegangan Elastisitas 67

σ = 7,96 × 104 N/m2

Jadi, tegangan tali yang ditarik Ivan adalah 7,96 × 104 N/m2

Contoh Soal 2

Jika seutas tali mengalami tegangan sebesar 25,5 × 105 N/m2 dan memiliki diameter sebesar 1 cm, berapakah besar gaya tarik yang dialami tali tersebut?

Pembahasan:

Diketahui:

d = 1 cm = 0,01 m

σ = 25,5 × 105 N/m2

Ditanya: F

Jawab:

r = 0,01/2 = 0,005

Rumus Tegangan Elastisitas 68

Rumus Tegangan Elastisitas 69

Rumus Tegangan Elastisitas 70

Rumus Tegangan Elastisitas 71

Rumus Tegangan Elastisitas 72

F =  200,175 N

Jadi gaya tarik yang dialami tali tersebut adalah 200,175 N

Jadi gitu guys rumus tegangan elastisitas, semoga materi Zenius kali ini ngebantu. Kasih tau gua deh pendapat kalian di kolom komentar, apakah susah atau gampang fisika, mau curhat tugas numpuk juga boleh, sebebas dan senyaman pendapat kalian aja! Kalau masih pada punya waktu luang, jangan lupa buat cek materi-materi fisika lain berikut ya! Kali aja nanti pas dibahas udah hafal duluan.

Elastisitas Zat Padat

Tegangan Permukaan

Rumus Hukum Ohm dalam Rangkaian Listrik