Noun – Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Contoh Kalimatnya

Materi noun (Arsip Zenius)

Kalau gue ngomongin tentang noun, kira-kira apa yang lewat di pikiran elo? Iya, bener sih, pengertian noun itu adalah kata benda. Bisa nyebutin tentang banyak kata benda. Mulai dari door atau pintu. Atau malah nyebutin binatang kayak kucing atau cat di Bahasa Inggris.

Tapi sebenarnya, elo tau nggak sih, kalau noun itu nggak cuma buat kata benda yang ada wujudnya aja? Iya! Jadi, noun ini bisa digunakan untuk kata benda yang nggak berwujud juga. Contohnya, kayak perasaan seseorang yang lagi bahagia atau happiness.

Lho, jadi, sebenarnya apa yang dimaksud dengan noun, sih?

Supaya elo makin paham, temenin gue bahas materinya di sini, ya! Gue bakal ngebahas pengertian, fungsi, jenis-jenis noun, contoh kata, contoh kalimat, sampai contoh soal yang lengkap sama pembahasannya. Menarik banget, kan?

Psst … materi noun ini juga bakal muncul di UTBK, lho. Sambil belajar tentang materinya, elo juga bisa banget latihan ngerjain soal try out buat persiapan UTBK yang udah disediain sama Zenius. Langsung aja elo cek di sini, ya! 

Apa Itu Noun?

Oke, jadi sebenarnya noun itu apa, sih? Pengertian noun adalah jenis kata yang digunakan untuk menyatakan sesuatu yang dibendakan. Gimana? Bingung, nggak? Gini deh, simpelnya, noun adalah kata benda

Tapi, kata benda yang dimaksud di sini nggak buat benda mati aja, ya. Noun juga bisa mengarah ke nama seseorang sampai nama tempat.

Nah, noun ini termasuk ke parts of speech atau salah satu struktur penting sebuah kalimat dalam berbahasa. Jadi, kalau misalnya elo mau ngobrol sama orang, itu pasti ada noun-nya. Yap, PASTI! Kenapa? Karena sebagian besar kata yang kita gunakan itu termasuk ke noun atau kata benda.

Kalau di Bahasa Indonesia sendiri, noun atau nomina ini ter-klasifikasi menjadi dua. Pertama, nomina dasar. Sesuai namanya, kata benda di sini juga emang yang dasarnya aja. Contohnya, pintu, ide, atau udara.

Kedua, ada yang namanya nomina turunan. Simpelnya, kata-katanya ini mengandung imbuhan. Contohnya, kata bersama. Kalau ditambahin imbuhan di awal dan belakang kata, jadinya kebersamaan. Nah, penambahan ini yang dinamain nomina turunan.

Kalau contoh kata noun sendiri tuh sebenarnya banyak banget. Mulai dari doll atau boneka, bed atau kasur, sampai sadness atau kesedihan. Buat contoh lengkapnya, bakal gue bahas di bawah, ya.

Tapi, sebelum itu, kira-kira kenapa sih, harus ada noun di Bahasa Inggris? Soalnya, fungsi noun di Bahasa Inggris ini beragam banget.

Baca Juga: Jenis Pronoun dan Contohnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 10 

Fungsi Noun

Nah, sekarang elo udah tau pengertian noun, nih. Terus, gue mau lanjut bahas ke fungsi-fungsinya yang beragam. Jadi, fungsi noun itu bisa digunakan untuk beberapa hal.

Noun Sebagai Subjek

Pertama, fungsi noun bisa digunakan sebagai subjek yang berpasangan dengan kata kerja. Coba gue kasih contoh kalimat noun sebagai subjek, ya. Misalnya, “Lala cooks an instant noodles” yang artinya “Lala masak mi instan”. Nah, nama Lala di sini merupakan noun sebagai subjek yang diikuti sama kata kerja, masak.

Noun Sebagai Objek

Selain bisa menjadi subjek, fungsi noun juga bisa jadi objek. Contohnya gue ambil sama kayak yang di atas, ya. Kalimat noun “Lala cooks an instant noodles” sebenernya mengandung noun objek. Elo bisa nebak, nggak? 

Bener banget! Instant noodles di kalimat itu termasuk ke noun.

Noun Sebagai Pelengkap

Nggak cuma jadi subjek atau objek aja, nih. Elo bahkan bisa menggunakan fungsi noun sebagai pelengkap kalimat. Kok, bisa? 

Nih, gue coba kasih contoh kalimat noun sebagai pelengkap, ya. Misalnya, “Lala is a chef”. 

Bisa nebak nggak, yang mana noun-nya? Iya! Chef adalah noun karena melengkapi kalimat tersebut.

Sampai sini udah paham belum, nih? Kalau udah, kita lanjut lagi, yuk!

Jenis-Jenis Noun

Selain pengertian noun dan fungsinya, gue mau ngajak elo juga buat bahas jenis-jenis noun. Emangnya, noun ada jenisnya, ya? Banyak! 

Jenis-jenis noun (Arsip Zenius)
Jenis-jenis noun (Arsip Zenius)

Tapi tenang aja, biar elo nggak bingung, gue mau bahas jenis-jenis noun secara singkat, padat, dan tentunya jelas. Ini gue coba bagi ke lima kategori umum dari jenis-jenis noun, ya.

  1. Proper Noun dan Common Noun

Pertama, ada proper dan common. Apaan, tuh? Kalau common noun ini merujuk ke hal-hal yang umum. Contohnya kayak cat, plant, city, ramen. Yap. Beberapa contoh yang gue sebutin itu lebih ke hal-hal umumnya. 

Tapi, ada juga yang versi spesifiknya, yaitu proper noun. Proper noun merupakan kata benda secara spesifik yang penulisannya harus pakai kapital. Contohnya, nama seseorang atau binatang peliharaan. Kalau gue ambil contoh dari common noun, misalnya kayak cat. Nah, kata spesifik dari cat ini bisa diubah jadi nama kucingnya, Kitty misalnya.

Terus, common noun umum kan kayak city. Nah, proper noun versi spesifiknya ini jadi ke nama negara tertentu kayak Jakarta, atau Paris.

Nah, gue punya contoh kalimat proper noun, nih, “My teacher, Mrs. Poole, has two cats; Kitty and Fluffy”. Nah, nama lengkap orang dan binatang di setiap awal katanya harus pakai kapital karena termasuk ke proper noun.

  1. Countable dan Uncountable noun

Terus, ada juga countable dan uncountable noun. Apa itu countable noun? Nah, countable noun adalah kata benda yang bisa dihitung. Contohnya, people atau orang, fruit atau buah, animal atau binatang. Elo bisa ngeliat dan hitung pakai jari kalau ada binatang, kan? Nah, itu namanya countable noun.

Terus, apa itu uncountable noun? Kalau uncountable noun sendiri adalah kata benda yang nggak bisa dihitung. Contohnya nih, salt atau garam, water atau air. Nah, elo nggak bisa ngitung ada berapa butir garam, kan? Makanya itu dinamain uncountable noun.

Kalau money atau uang, menurut elo masuk ke countable atau uncountable noun? Bener banget! Masuknya ke uncountable noun. Kenapa money termasuk ke uncountable noun? Meskipun kita bisa ngitung uang dari jumlah lembar atau koinnya, tapi nilai dari uang tersebut berbeda. Jadi, money ini menghitungnya berdasarkan nominal, bukan jumlah lembar.

  1. Singular dan Plural Noun

Lanjut, ada lagi singular dan plural noun, nih. Singular noun dan plural noun ini tuh ibarat anaknya dari countable noun. Maksudnya? Iya, jadi singular sama plural tuh sama-sama bisa dihitung.

Apa itu singular noun? Singular noun adalah kata benda yang merujuk ke orang, benda, atau tempat yang jumlahnya cuma satu. Contoh singular noun yaitu dog atau anjing, food atau makanan, sampai house atau rumah. Intinya, jumlah dari singular noun ini cuma satu.

Terus, apa itu plural noun? Plural noun merupakan kata benda yang jumlahnya lebih dari satu. Kayak kebalikannya si singular. Contoh plural noun ini beragam banget. Mulai dari dogs, foods, sampai houses. Intinya, jumlah noun di sini tuh lebih dari satu. Biasanya ada yang ditambahkan s/es di belakang katanya.

  1. Concrete dan Abstract Noun

Ada lagi nih, concrete dan abstract noun. Kalau concrete noun merupakan kata benda yang merepresentasikan objek yang konkrit. Contohnya, gimana? Elo bisa cari tahu contoh lengkapnya di Pengertian Concrete Noun Beserta Kalimatnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 10, ya!

Sedangkan kalau abstract noun sendiri merupakan kata benda yang merujuk ke kondisi, kepercayaan, sampai konsep. Simpelnya, abstract noun ini nggak bisa diidentifikasi atau dilihat keberadaannya. Contohnya, love atau cinta. Love ini nggak bisa elo lihat pakai mata, kan? Makanya disebut sebagai abstract noun. Soalnya, cuma bisa elo rasain atau bisa dibilang ke sebuah kondisi aja.

  1. Compound Noun

Dan yang terakhir, ada compound noun. Nah, compound noun ini merupakan kata benda yang dibentuk dengan cara menggabungkan dua kata atau lebih. Contohnya ada best friend yang artinya sahabat. 

Uniknya, compound noun bisa memiliki arti yang berbeda dari kata dasarnya, lho. Contohnya, kata hot dogs atau sosis. Kalau diartikan katanya satu per satu ke bahasa Indonesia, harusnya jadi anjing panas, kan? Tapi, penggabungan dua kata di compound noun ini bisa banget merubah artinya menjadi sosis.

Gimana sih, caranya membentuk compound noun? Ada macam-macam, elo bisa langsung cari tahu lebih rinci tentang materinya dengan cara klik banner di bawah ini, ya!

Pelajari materi Bahasa Inggris di video materi belajar Zenius

Baca Juga: Materi Bahasa Inggris Kelas 10: Congratulations and Responding to Congratulations 

Contoh Noun

Nah, sekarang elo udah tau pengertian noun, fungsinya, sampai jenis-jenisnya. Makanya, gue mau ngajak elo lanjut buat cari tau tentang contoh noun, nih.

Kayak gimana aja sih, contoh noun? Nah, gue ngebagi contoh noun ke dua bagian, nih. Ada contoh kata noun, dan contoh kalimat noun. Yuk, bahas bareng-bareng!

Contoh Kata Noun

Contoh kata noun yang bisa elo temui di kehidupan sehari-hari sebenernya banyak banget, tau. Ini dia beberapa contoh kata noun.

Contoh kata noun (Arsip Zenius)
Contoh kata noun (Arsip Zenius)

Dari ribuan contoh kata noun, gue cuma nyebutin beberapa aja di atas, nih. Nah, elo boleh banget tambahin contoh kata noun lainnya di kolom komentar, ya!

Contoh Kalimat Noun

Selain contoh kata noun, gue juga punya beberapa contoh kalimat noun buat referensi pembelajaran elo. 

 Contoh kalimat noun (Arsip Zenius)
 Contoh kalimat noun (Arsip Zenius)

Kalau elo punya tambahan contoh kalimat noun lain, boleh banget share di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Materi Bahasa Inggris Kelas 10: Self Introduction dan Contohnya! 

Contoh Soal Noun

Oke, sekarang elo udah tau sampai contoh kalimatnya. Supaya elo semakin ngerti sama pembelajaran kali ini, gue mau kasih beberapa contoh soal noun. 

Contoh Soal 1

Mana dari kalimat di bawah ini yang termasuk ke kalimat proper noun?

a. The library is commonplace for students to spend time with their friends.

b. My cousin loves the Online game so bad.

c. Do you know where is Samuel?

d. I lost my wallet yesterday.

e. Cindy and brittany play a big role in that game.

Jawaban:

Ketika menggunakan proper noun, biasanya kita harus menggunakan huruf kapital pada kata benda yang ditulis. Maka dari itu, jawaban c adalah yang paling tepat karena penggunaan nama Samuel ditulis dengan huruf kapital.

Contoh Soal 2

Pilih satu kalimat di bawah ini yang mengandung abstract noun!

a. It is a bit cloudy, she cannot see the stars.

b. The new baby brings a lot of happiness to the family.

c. My brother put his car in a garage last week.

d. I always enjoy a cup of tea before leaving my house in the morning.

e. The math teacher did not give us any homework yesterday.

Jawaban:

Kata benda abstrak atau abstract noun biasanya menggambarkan sebuah konsep atau kondisi yang wujudnya tidak dapat terlihat secara fisik. Misalnya, pada kata happiness di pilihan jawaban b.

Nah, itu dia pembahasan kita hari ini tentang nouns. Lengkap banget, kan? Mulai dari pengertiannya, fungsi, jenis, sampai penjabaran contoh kata dan kalimat noun. 

Kalau dari elo sendiri, gimana? Udah paham sejauh ini? Oh iya, Zenius juga punya materi Bahasa Inggris yang nggak kalah keren dan menarik, lho. Video materi Bahasa Inggris di bawah ini langsung diajarin sama Sabda! Penasaran? Tonton videonya langsung, ya!

Referensi

Parts of Speech – Materi UTBK Zenius

10 Types of Nouns Used in English Language – Thesaurus (2021)

Function of Nouns – Towson University

Part of Speech: Nouns – Materi Zenius Kelas 10

Bagikan Artikel Ini!