Kumpulan soal PAT Semester 2 Bahasa Inggris Kelas 10.

Contoh Soal PAT Semester 2 Bahasa Inggris Kelas 10

Waktu seperti cepat berlalu, ya? Tiba-tiba sudah mendekati masa-masa PAT (Penilaian Akhir Tahun). Untuk membantu persiapan elo dalam menghadapi PAT Semester 2 Bahasa Inggris Kelas 10, gue punya beberapa kumpulan soal sebagai teman belajar elo. Cekidot!

Anak kembar makan daging paus. Apa kabar, Sobat Zenius? Seperti yang sudah gue singgung di awal, bahwa sebentar lagi akan ada PAT (Penilaian Akhir Tahun). Semoga, elo senantiasa diberikan kesehatan untuk melaksanakan PAT tersebut, ya!

Nah, salah satu materi yang diberikan dalam PAT adalah Bahasa Inggris. Apakah elo sudah mempersiapkan materinya? Sebagai pendahuluan, coba elo lihat kedua kalimat di bawah ini! 

Kalimat 1: “Can you ask Dad to come pick me up?

Kalimat 2: “Is your dad coming to the show?

Apakah elo melihat perbedaan kata “dad” dalam kedua kalimat di atas? Kalimat pertama menggunakan huruf kapital pada awal kata dad-nya, sedangkan kalimat kedua nggak pakai huruf kapital. Kenapa, sih, bisa berbeda begitu?

Kalau elo sudah mempelajari materi PAT Semester 2 Bahasa Inggris Kelas 10, gue yakin, elo pasti nggak bingung lagi dengan perbedaan kedua kalimat di atas. Karena, kedua kalimat tersebut mengandung materi part of speech, khususnya nouns dalam topik Grammar.

Oke, gue akan membahas materi tersebut langsung pada contoh soal yang akan gue uraikan di bawah ini. So, perhatikan contoh soalnya dan pahami pembahasannya, ya!

Topik Soal 1: Announcement Text

Elo pasti sering mendengar suatu pengumuman, kan?

Pengumuman atau dalam Bahasa Inggris disebut announcement text merupakan suatu pernyataan yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada publik.

Ada beberapa jenis announcement text, yaitu formal announcements yang biasanya ditemukan pada pengumuman pemerintah, dan informal announcement yang biasa ditemukan pada pengumuman pernikahan atau kelulusan.

Contoh announcement text.
Iklan, informasi kehilangan, events, job vacancy, dan wedding termasuk contoh announcement text. (Arsip Zenius)

Tipe soal yang biasanya keluar tentang announcement text adalah mengisi bagian yang rumpang, membuat pengumuman dari suatu bacaan atau kasus, dan mengurutkan kalimat supaya menjadi teks pengumuman yang terstruktur.

Baca Juga: Announcement Text – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Elo bisa lihat contoh soalnya di bawah ini.

Contoh Soal 1

(1) Come prepared to hear lots of information about his research in Indonesia while you enjoy the afternoon tea and barbecue.

(2) Come join us in celebrating this happy event.

(3) Dear family and friends,

(4) We will be holding a small party for his achievement in our backyard (see map over) on May 21 beginning at 2:00 p.m.

(5) See you later!

(6) Josh is finally graduating on May 24th from the University of Liverpool with a PhD in Earth Science.

Choose and arrange these text into one proper announcement!

A. 1-2-3-4-5-6.

B. 2-4-3-6-5-1.

C. 3-6-2-4-1-5.

D. 3-5-2-6-2-1.

E. 3-6-5-4-2-1.

Jawab: C. 3-6-2-4-1-5.

Pembahasan:

Sesuai dengan permintaan, elo diminta untuk menyusun urutan kalimat di atas menjadi sebuah announcement yang terstruktur.

Struktur announcement text.
Urutan announcement text terdiri dari informasi 5W+1H (what, when, who, where, why, how). (Arsip Zenius)

Kita mulai dari kalimat pada poin (1) Come prepared to hear lots of information about his research in Indonesia while you enjoy the afternoon tea and barbecue. Ada kata “his” atau “-nya”, yang berarti kalimat ini merupakan pelengkap dari kalimat sebelumnya. Jadi, bukan awalan sebuah announcement, ya.

Masuk ke poin (2) Come join us in celebrating this happy event. Ada kata “this happy event”, sedangkan, kita belum tahu, nih, happy event yang dimaksud itu apa. Iya, nggak? Jadi, kalimat pada poin (2) bukan awalan juga, ya.

Poin (3) Dear family and friends. Nah, kalimat sapaan seperti ini biasanya digunakan sebagai pembuka suatu announcement. Jadi, poin (3) adalah kalimat pertama.

Poin (4) We will be holding a small party for his achievement in our backyard (see map over) on May 21 beginning at 2:00 p.m. Ada kata “his” juga pada kalimat ini. Sedangkan, kita belum tahu, nih, his yang dimaksud itu siapa dan apa hubungannya dengan happy event. Jadi, kalimat pada poin (4) sudah pasti bukan lanjutan dari poin (3).

Selanjutnya, kita masuk ke poin (5) See you later! Kalimat seperti ini biasanya menjadi penutup sebuah announcement, ya. Jadi, bukan lanjutan dari poin (3) juga, nih.

Terakhir, poin (6) Josh is finally graduating on May 24th from the University of Liverpool with a PhD in Earth Science. Nah, di kalimat ini sudah ada penjelasan tentang siapa orang yang dari tadi dimaksud dalam kalimat sebelumnya, sekaligus menceritakan happy event, yaitu si Josh yang lulus dari University of Liverpool.

Jadi, urutan yang paling tepat untuk menyusun announcement di atas adalah C. 3-6-2-4-1-5.

Contoh Soal 2

ANNOUNCEMENT

Due to the high demand on our vanilla custard bread product, we’re facing a shortage of this product. We will bake new bread every Monday and Friday.

For anyone who’s interested in trying our legendary bread, please pre-order 3 days before baking days.

First pre-order will be opened this week. DM us on our official Instagram for pre-order.

Don’t forget!

Juna Bakery

The announcement is addressed to ….

A. People who want to be legendary.

B. People who have Instagram.

C. People who want to pre-order vanilla custard bread.

D. People who want to DM Juna Bakery.

E. People who want to bake legendary bread.

Jawab: C. People who want to pre-order vanilla custard bread.

Pembahasan: 

Pertanyaan untuk soal kedua ini adalah siapa orang yang ditujukan dalam pengumuman di atas? Is addressed to artinya dialamatkan kepada, ya.

Kira-kira, untuk siapa, sih, teks pengumuman tersebut ditujukan? Coba elo perhatikan lagi announcement text di atas! Jawabannya dapat ditemukan pada bagian “For anyone who’s interested in trying our legendary bread” (bread refers to vanilla custard beard).

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. People who want to pre-order vanilla custard bread.

Topik Soal 2: Recount Text

Recount text itu apaan, sih?

Recount text merupakan teks yang merekonstruksi kejadian-kejadian di masa lampau secara berurutan.

Oh, ternyata, recount text itu menceritakan kejadian di masa lampau. Lalu, apakah recount text ini sama dengan narrative text? Nggak, ya, guys. Keduanya memiliki perbedaan.

Recount text digunakan untuk menceritakan ulang suatu peristiwa atau kejadian, bukan untuk menghibur pembaca. Selain itu, recount text lebih fokus kepada alur ceritanya. Nah, ini dia alur atau struktur dari recount text.

Struktur recount text.
Recount text terdiri dari orientation, sequence of events, dan re-orientation. (Arsip Zenius)

Elo bisa nonton materi lengkapnya tentang recount text di sini.

Contoh Soal 3

Which of the following is an example of factual recount text?

A. A police report about an accident.

B. A dairy entry about your activity in Hawaii.

C. A detailed explanation of a day in the life of a pirate.

D. A blog article retelling your experience on visiting a farm.

E. A personal letter about a day in your life.

Jawab: A. A police report about an accident.

Pembahasan:

Recount text yang faktual harus membahas mengenai suatu kejadian nyata secara apa adanya. Meskipun, dairy, detailed explanation, blog article, dan personal letter bisa dikategorikan dalam kejadian nyata, namun penjelasan tersebut belum tentu sepenuhnya berdasarkan fakta yang spesifik.

Sedangkan, laporan polisi tentang kejadian kecelakaan sudah pasti berdasarkan fakta dan dijelaskan secara terstruktur. Sehingga, jawaban yang paling tepat adalah A.

Contoh Soal 4

… we went, we always saw very friendly people here.

Fill in the blank with the correct word(s)!

A. Could.

B. Where.

C. When.

D. Always.

E. Wherever.

Jawab: E. Wherever.

Pembahasan:

Maksud dari kalimat di atas adalah “kemana pun kita pergi, kita selalu bertemu orang yang ramah”. Nah, kata “kemana pun” bisa kita temukan pada Bahasa Inggris dengan adverb wherever.

Sehingga, kalimat yang lengkap menjadi wherever we went, we always saw very friendly people here. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah E.

Baca Juga: Recount text: Definisi, tujuan, Struktur, dan Contoh

Topik Soal 3: Narrative Text

Sebelumnya, gue sudah bahas tentang recount text, yang merupakan cerita masa lalu dengan penjelasan secara berurutan. Jadi, recount text itu bukan untuk menghibur pembaca, melainkan untuk merekonstruksi cerita.

Nah, teks yang bertujuan untuk menghibur pembaca adalah narrative text.

Narravite text merupakan cerita fiksi yang bertujuan untuk menghibur pembaca.

Beberapa contoh soal yang biasa muncul dalam PAT Semester 2 Bahasa Inggris Kelas 10 adalah sebagai berikut.

Contoh Soal 5

Narrative text is a fiction, what is its main purpose?

A. To describe an object or phenomenon.

B. To recall one’s past experiences.

C. To entertain the reader with a story.

D. To explain reality.

E. To bring the reader to do something or act in a certain way.

Jawab: C. To entertain the reader with a story.

Pembahasan:

Suatu text narasi atau narrative text nggak harus ditulis berdasarkan fakta, kok. Karena, tujuan utama dari teks ini adalah untuk menghibur pembacanya. Jadi, teks narasi ini nggak seperti recount text yang perlu ditulis berdasarkan fakta dan terstruktur.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah C. To entertain the reader with a story.

Contoh Soal 6

This is a story of Uncle Rabbit and the coyote. The rabbit came to a big rock, and there he deceived the coyote. He was leaning on the rock when the coyote came by.

“What are you doing, brother?” the coyote asked the rabbit.

“Come here quickly, brother, the sky is falling down on top of us. Lean against the rock hold it up while I go for a stick. We’ll prop it up with that,” said the rabbit to the coyote.

“All right,” said the coyote and began holding it up with all his might. Since the coyote was so stupid, he did exactly what the rabbit told him to. The rabbit had said that he was going to get a stick, but he went and left the coyote holding up the rock. When the rabbit didn’t return the coyote shouted:

….

The rabbit still didn’t come back.

“No matter, I’m going to leave even though the sky may fall down on top of us,” said the coyote. But when he ran away he fell into a ravine. The rabbit never came back to the rock and the coyote was lost.

Source: worldoftales.com

Which of the following is the most suitable to complete the text?

A. “I found the monkey, he is here.”

B. “Come back, brother! The weight of the rock has made me tired.”

C. “Please help me choose the stone.”

D. “Hey, brother! Can you help me cross the river?”

E. “Hey big coyote! Please come back!”

Jawab: B. “Come back, brother! The weight of the rock has made me tired.”

Pembahasan: 

Berdasarkan soal, elo diminta untuk mengisi kalimat rumpang yang terdapat dalam teks. Kira-kira, kalimat apa, sih, yang paling sesuai untuk mengisi kalimat di atas hingga menjadi cerita yang terstruktur?

Caranya, elo pahami dulu cerita pada teks di atas. Teks tersebut menceritakan sebuah dongeng tentang kelinci dan anjing hutan. Kelinci mencoba menipu si anjing hutan dengan mengatakan bahwa langit akan runtuh di atas kita, sehingga kelinci meminta anjing hutan untuk bersandar ke batu besar dan memegangnya. Sementara, kelinci akan pergi untuk mencari tongkat yang bisa menahan batu besar tersebut.

Sayangnya, kelinci nggak balik lagi ke tempat di mana anjing hutan sedang memegang batu besar. Karena nggak balik-balik, anjing hutan kemudian berteriak. Nah, elo diminta untuk mencari kalimat yang sesuai dengan yang diteriakkan oleh anjing hutan kepada kelinci.

Perhatikan juga kalimat selanjutnya, bahwa kelinci masih nggak balik-balik juga. Sehingga, kalimat yang paling cocok untuk mengisi rumpang tersebut adalah B. “Come back, brother! The weight of the rock has made me tired.” Jadi, anjing hutan berteriak kepada kelinci dan memintanya untuk kembali, karena ia sudah lelah memegang batu besar.

Contoh Soal 7

Little Red Hen lived (1) …. She spent almost all of her time walking about the barnyard. In her picketty-pecketty fashion, scratching everywhere for worms. She dearly loved fat, delicious worms and felt they were absolutely necessary to the health of her children.

As often as she found a worm she would call “Chuck-chuck-chuck!” to her chickies. When they were gathered about her, she would distribute choice morsels of her tid-bit. A busy little body was she!

A cat usually napped lazily (2) …, not event bothering herself to scare the rat who ran here and there as he pleased. And as for the pig who lived in the sty—he did not care what happened so long as he could eat and grow fat.

One day the Little Red hend found a seed. It was a Wheat Seed, but the Little Red Hen was so accustomed (3) … that supposed this to some new and perhaps very delicious kind of meat. She bit it gently and found that it resembled a worm in no way whatsoever as to taste although because it was long and slender, a Little Red Hen might easily be fooled by its appearance.

Sumber: americanfolklore.net

Fill in the blanks to complete the text above!

A. In a nest, in the river, to grow tall.

B. In a barnyard, on the hencoop, to farm the hive.

C. In barnyard, behind the barn door, to budg and worms.

D. In a nest, to look for mice, to swim near the lake.

E. Across a barnyard, for the Red Hen, to the nest.

Jawab: C. In barnyard, behind the barn door, to budg and worms.

Pembahasan:

Tipe soal kali ini datang dari narrative text yang tujuannya adalah untuk menghibur pembaca. Pada bacaan tersebut, ternyata ada tiga bagian yang rumpang. Nah, elo diminta untuk mengisi kekosongan kata pada kalimat yang rumpang di atas.

Kata rumpang pada poin (1) membahas tentang tempat tinggal dari the Little Red Hen. Poin (2) membahas tentang tempat seekor kucing yang sedang tidur siang. Poin (3) membahas tentang kebiasaan the Little Red Hen, sehingga ia merasa bahwa biji gandum yang ia temukan termasuk salah satu jenis daging yang enak.

Dari poin-poin di atas, manakah yang sekiranya sesuai dengan bacaan di atas? Yap, jawaban yang paling sesuai adalah C. In barnyard, behind the barn door, to bugs and worms. Bahwa the Little Red Hen tinggal di lumbung, seekor kucing sedang tidur siang di belakang pintu lumbung, dan ia terbiasa memakan serangga dan cacing, sehingga saat menemukan biji gandum dikira sejenis daging yang enak. Paham, ya, sampai sini?

Baca Juga: Narrative Text – Pengertian, Struktur, dan Contoh Soa

Topik Soal 4: Simple Past Tense and Present Perfect Tense

Elo pasti sudah nggak asing lagi dengan topik yang satu ini, iya, kan? Topik ini menjadi sebuah aturan dalam mengekspresikan dan menjelaskan sesuatu. Namun, sebelum itu elo perlu tahu dulu tentang verb atau yang biasa dikenal juga dengan doing words.

Pengertian verb dan tujuannya.
Verb dikenal juga dengan doing words untuk menjawab pertanyaan apa yang sudah terjadi, sedang terjadi, dan akan terjadi. (Arsip Zenius)

Elo bisa mempelajari materi tentang topik ini dalam video materi belajar Zenius di sini.

Nah, untuk contoh soal tentang topik ini bisa elo cek di bawah ini.

Contoh Soal 8

… waiting at the train station at 7 pm yesterday?

Fill in the blank with the correct word(s)!

A. Was.

B. Waited.

C. Was he.

D. Were he.

E. Were he.

Jawab: C. Was he.

Masih tipe soal yang sama, yaitu mengisi kalimat rumpang untuk melengkapi sebuah kalimat atau cerita. Berdasarkan teks di atas, kalimat tersebut membahas hari kemarin atau yang telah lalu, sehingga bentuk kalimatnya adalah past.

Selanjutnya, ada verb-ing pada kalimat, yaitu waiting yang merupakan karakteristik dari past continuous. Informasi selanjutnya yang bisa kita peroleh dari kalimat di atas adalah berupa kalimat pertanyaan atau interrogative sentence.

Sehingga, kalimat di atas adalah bentuk dari interrogative sentence pada past continuous. Nah, ciri-ciri dari past continuous interrogative sentence adalah di awali dengan to be (was/were) + subject.

Jadi, jawaban yang paling cocok untuk mengisi kalimat rumpang di atas adalah C. Was he.

Baca Juga: Simple Past Tense – Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimatnya

Contoh Soal 9

Which of these sentence is written in the correct order?

A. She paid the debt monthly two years ago.

B. She has delivered milk here for 2 years in August 2021.

C. The school was opened in 2002 five days a week.

D. Robby visited his grandparents last year for five days.

E. I took the train to school when I was in high school daily.

Jawab: A. She paid the debt monthly two years ago.

Pembahasan:

Tipe soal seperti ini juga sering muncul, lho, guys. Elo diminta untuk menentukan, manakah di antara pilihan tersebut yang memiliki struktur kalimat paling tepat.

Kalau dilihat dari kalimat-kalimat pada pilihan ganda di atas, struktur yang dimaksud bisa jadi tentang urutan waktu, ya. Elo masih ingat, nggak, gimana cara menulis urutan waktu yang tepat dalam Bahasa Inggris?

Yap, elo perlu mengetahui tentang adverb of time. Biasanya, urutannya dimulai dengan how long atau seberapa lama kejadian tersebut berlangsung, how often atau seberapa sering kejadian tersebut berlangsung, dan when atau kapan kejadian tersebut berlangsung.

Sesuai urutan tersebut, maka jawaban yang paling tepat adalah A. She paid the debt monthly two years ago.

Baca Juga: Rumus Present Perfect Tense – Materi Bahasa Inggris Kelas 12

*****

Gimana, gimana? Sudah paham dengan contoh soal dan pembahasan PAT Semester 2 Bahasa Inggris Kelas 10 di atas? Elo juga bisa banget nonton pembahasan materi dari uraian di atas di video pembahasan prediksi soal PAT dengan klik banner di bawah ini!

Belajar lebih lanjut tentang contoh soal PAT di sini

Referensi:

The Rabbit and The Coyote (South American Folktale) — World of Tales.

The Little Red Hen — American Folklore.

Bagikan Artikel Ini!