Jurusan Sejarah - Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya 9

Jurusan Sejarah – Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Halo Sobat Zenius!

Elo punya minat dalam memahami gimana sejarah membentuk dunia kita? Kalau iya, jurusan sejarah cocok untuk elo!

Jurusan sejarah nggak cuma mempelajari berbagai peristiwa penting dalam sejarah manusia, tetapi juga aspek politik, budaya, dan ekonomi terkait peristiwa-peristiwa itu.

Seringkali jurusan sejarah dianggap sebagai jurusan yang isinya hanya menghafal kisah sejarah. Mungkin karena gaya belajarnya yang membosankan di bangku sekolah, ya?

Makanya, nggak jarang banyak yang berpendapat kalau semua orang bisa paham sejarah asal tahan dengerin materi, tanpa perlu kemampuan khusus. Eits, tetapi kenyataannya nggak segampang itu!

Diperlukan kemampuan interpretasi dan berpikir kronologis untuk melihat suatu peristiwa secara objektif. Nah, kalau elo penasaran ingin memahami lebih jauh tentang jurusan sejarah, baca terus artikel ini sampai habis, ya!

Baca juga:

Kampus 101: Panduan Jurusan Kuliah dari Zenius!

Kenal Lebih Dalam dengan Jurusan Sejarah!

Pertama-tama, buat tau lebih jauh tentang jurusan sejarah, kita harus paham bidang studi sejarah dulu.

Jurusan Sejarah memusatkan perhatian pada penyelidikan, analisis, dan interpretasi peristiwa-peristiwa di masa lalu. Di jurusan ini, kita akan belajar berbagai aspek-aspek sejarah, mulai dari sejarah dunia, sejarah negara, hingga sejarah sosial dan budaya. 

Mahasiswa sejarah juga akan belajar metodologi penelitian sejarah, keterampilan analisis kritis, dan belajar cara menyusun narasi sejarah yang koheren. Jadi, nggak cuma belajar kapan suatu perang terjadi atau siapa yang jadi raja pas zaman itu.

Elo juga bakal belajar konteks sosial, politik, budaya, dan ekonomi tentang suatu peristiwa. Jadi, nggak sekadar tahu tanggal, tapi juga bisa ngerti kenapa dan bagaimana suatu peristiwa terjadi.

Mata Kuliah Jurusan Sejarah

Mata kuliah jurusan sejarah
Mata Kuliah Jurusan Sejarah

Di jurusan sejarah, elo bakal ketemu berbagai mata kuliah yang seru! Pada awal masa perkuliahan biasanya elo akan mempelajari berbagai mata kuliah dasar, misalnya Pengantar Ilmu Sejarah, Sejarah Indonesia, Sejarah Dunia, Pengantar Sejarah Pemikiran Politik Indonesia, dan lain-lain. 

Di semester-semester selanjutnya, elo juga akan mempelajari mata kuliah lainnya yang lebih advanced seperti mata kuliah Sejarah Kesenian, Sejarah Diplomasi, Retorika Sejarah, Historioriografi, hingga Sejarah Media Massa.

Universitas yang Memiliki Jurusan Sejarah

universitas yang memiliki jurusan sejarah
Beberapa Universitas yang Memiliki Jurusan Sejarah

Sobat Zenius, apakah elo udah mulai tertarik dengan jurusan sejarah? Banyak banget perguruan tinggi di Indonesia yang punya Jurusan Sejarah.

Beberapa di antaranya adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Semarang (Unnes), dan Universitas Sebelas Maret. Nah, jurusan Sejarah di universitas-universitas ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. 

Selain perguruan tinggi yang udah gue sebutin, masih ada banyak lagi perguruan tinggi yang punya jurusan sejarah yang udah terakreditasi A. Jadi, kalau elo udah memutuskan mau lanjutin pendidikan elo di jurusan sejarah, elo bisa cek akreditasi jurusannya langsung di website resmi perguruan tinggi yang ingin elo tuju!

Baca juga:

Info Lengkap Jurusan Arkeologi

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Sejarah

Gue jadi pengen masuk jurusan sejarah, Zen! Tapi, gue bisa kerja apa aja setelah lulus?

Tenang, Sobat Zenius! Prospek kerja jurusan sejarah ini beragam banget, loh! Dengan kemampuan membaca, memahami hal dari beragam sudut pandang, dan analisis yang kuat, elo bisa mempertimbangkan beberapa pilihan karir berikut.

Jurnalis Sejarah

Buat elo yang suka ngulik perkembangan media dan sejarah, jadi jurnalis sejarah bisa jadi karier menarik. Di sini, elo nggak hanya menulis berita sehari-hari, tapi juga menggali cerita-cerita menarik dari masa lalu.

Elo bisa menelusuri kisah-kisah lama yang bisa menjadi komparasi dengan situasi saat ini dan memberikan wawasan kepada pembaca. Melalui tulisan, elo dapat menjelaskan ke para pembaca soal bagaimana peristiwa-peristiwa yang terjadi di hari ini dan di masa depan itu dipengaruhi oleh sejarah di masa lampau.

Ahli Sejarah atau Sejarawan

Pilihan karir untuk elo yang senang mendalami dunia riset juga terbuka lebar! Setelah lulus elo dapat menjadi sejarawan profesional. Tugas sejarawan nggak hanya berkutat di buku-buku sejarah. Lebih dari itu, mereka melakukan penelitian dan analisis mandiri untuk mengungkap rahasia-rahasia masa lalu.

Dengan penelitian, elo dapat berkontribusi pada pemahaman yang lebih dalam tentang sejarah dan mungkin mengungkapkan cerita-cerita lama yang luput dari diskusi sejarah yang mainstream. Selain itu, elo juga dapat menjadi ahli di objek atau situs-situs sejarah yang elo dalami.

Baca juga:

Info Lengkap Jurusan Antropologi

Pembuat Kebijakan Publik

Elo juga dapat memanfaatkan kemampuan elo tentang sejarah dalam dunia kebijakan publik. Dengan latar belakang sejarah dan kemampuan berpikir secara objektif, elo dapat membantu pemerintah atau lembaga swadaya masyarakat untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Seperti yang gue bilang tadi, lulusan dari jurusan sejarah pasti paham betul gimana peristiwa masa lalu bisa memengaruhi keadaan saat ini. Nah, pertimbangan ini bisa menjadi aset berharga dalam proses pembuatan kebijakan.

Penulis

Kalau elo hobi menulis, memilih karir sebagai penulis juga bisa jadi pilihan menarik. Sebagai lulusan sejarah, elo bisa menghidupkan kembali kisah-kisah masa lalu dan berbagi pengetahuan dengan orang lain. Elo bisa menulis buku non-fiksi, artikel, atau bekerja sebagai penulis lepas yang mengulas peristiwa sejarah. Nah, dengan pemahaman elo terkait perkembangan peradaban, elo juga bisa menjadi penulis fiksi sejarah hingga sci-fi. Menarik!

Content Creator

Siapa bilang lulusan sejarah kerjanya nggak kekinian? Lulusan sejarah bisa banget mengejar karir di industri kekinian, misalnya menjadi content creator yang membahas sejarah in a fun way. Dengan latar belakang sejarah yang kuat, elo bisa membawa aspek sejarah ke dalam berbagai konten elo, mulai dari konten makanan, travel, atau bahkan seni.

Baca juga:

Info Lengkap Jurusan Pariwisata

Sobat Zenius, kalau elo ngerasa “Oh! Ini nih Jurusan yang gue banget!” yuk, mulai persiapkan diri dari sekarang! Tapi, kalau elo masih bingung, nggak apa-apa! Mikirin jurusan itu memang perlu banyak pertimbangan, kok.

Nah, elo bisa cari tau lagi dengan lebih mengenal minat dan kemampuan diri, diskusi dengan kakak kelas, atau minta saran dari orang tua. Kalau elo masih belum yakin juga, elo bisa coba layanan konsultasi jurusan dari Zenius untuk membantu elo menentukan pilihan.

Pokoknya, pastiin keputusan yang elo ambil itu udah dipertimbangin matang-matang dan elo bisa bertanggung jawab dengan keputusan yang elo ambil itu, ya!

Penulis: Bintang Akbar

Bagikan Artikel Ini!