contoh CV

Pengertian, Struktur, dan Contoh CV – Materi Bahasa Inggris Kelas 12

Halo, Sobat Zenius, apa kabar nih? Sekarang gue akan membahas mengenai apa itu curriculum vitae atau yang biasa dikenal dengan CV. Tidak hanya itu, gue juga akan sharing beberapa contoh CV. 

Karena ini merupakan materi Bahasa Inggris kelas 12, gue nanti akan memberikan contoh CV bahasa Inggris. Agar dapat membantu elo untuk melamar kerja setelah lulus nanti.

Apa itu CV? Buat apa ya? So, simpelnya, CV adalah gambaran singkat tentang kehidupan elo.

Di dalam CV, elo ngejelasin selama hidup ini, ngapain aja, sekolah di mana, kerja apa, dan apa aja kegiatan selama sekolah dan kerja. Intinya, CV mengupas tuntas hidup elo deh.

Application letter dan CV biasanya sepaket nih digunakan buat ngelamar kerja. Recruiter bakal ngecek CV buat tahu elo itu orangnya kayak gimana, sepanjang hidup ngapain aja, dan cocok nggak buat diterima di perusahaan.

Manfaat Curriculum Vitae

Sebelum dapat contoh CV, elo harus tau dulu manfaat dari curriculum vitae adalah sebagai penjelasan tentang diri elo, semua informasi dan data diri.

Sehingga recruiter  yang membaca dan memeriksa CV elo bisa tau semua informasi diri yang elo berikan secara terperinci. 

Elo juga bisa mencantumkan kegiatan nonformal di luar pendidikan, seperti organisasi atau kursus. Dengan kata lain CV menjelaskan kriteria diri dalam bentuk teks.

Sehingga fungsi curriculum vitae, antara lain: 

a.    Memperkenalkan diri kepada perusahaan. 

b.   Memudahkan recruiter untuk mengklasifikasikan pelamar berdasarkan jenjang pendidikan dan pengalamannya. 

c.    Agar recruiter mengetahui kemampuan dan keterampilan pelamar.

Struktur Curriculum Vitae

Untuk membuat curriculum vitae, perlu membuatnya dengan struktur sebagai berikut:

  1. Basic information. Bagian ini berisi info dasar tentang diri, seperti nama lengkap, alamat e-mail, dan nomor telepon. Ada beberapa info yang bersifat opsional, seperti alamat rumah, akun media sosial, dan foto. Bisa juga masukin akun media sosial buat personal branding, begitu pula dengan foto. Tapi, penggunaan foto tergantung pada pekerjaan yang dilamar. Ada pekerjaan yang menilai dari penampilan, seperti reporter atau pramugari, tapi ada juga yang nggak mentingin adanya foto. Jadi, itu semua tergantung posisi yang dituju.

Kalau mau masukin foto, pastikan foto yang elo pasang nggak nge-blur dan kelihatan profesional, dengan latar belakang yang netral. 

Selain itu, cukup memperlihatkan penampakan dari kepala sampai pundak aja. Dan yang paling penting, sesuaikan penampilan dengan apa yang diharapkan perusahaan tersebut.

  1. Specific information. Bagian ini terdiri dari:
  • Latar belakang pendidikan.
  • Penghargaan yang pernah diraih. Bisa juga masukin kejuaraan yang pernah didapatkan. Melalui ini, bisa nunjukin kalau selain belajar, elo juga punya kelebihan dan talenta lainnya.
  • Pengalaman. Masukin pengalaman organisasi atau pekerjaan yang dimiliki.

3. Skills. Tulis kemampuan yang dimiliki, yang relevan dengan posisi yang dituju. Keahlian ini tergantung pada kemampuan yang dimiliki dan yang dibutuhin sama posisi tersebut. Misalnya, languages, computer, programs.

Contoh Curriculum Vitae

Ini waktunya gue kasih elo contoh CV, agar urusan lamaran kerja elo lancar jaya, Sobat Zenius.

Kurang lebih curriculum vitae bahasa Inggris itu mirip daftar riwayat hidup. Namun dewasa ini, udah jarang banget pelamar ngetik daftar riwayat hidup. Sekarang sebutannya CV Creative.

Untuk contoh CV lulusan SMA, magang, fresh graduate pun bentuknya sekarang sudah merupakan gambar yang sudah didesain sedemikian rupa untuk menarik recruiter

Jadi buatnya sudah tidak diketik lagi, melainkan didesain. Kalau gue bikin di Canva, kalau elo dapat menggunakan Photoshop bisa juga kok. 

Gue kasih contoh CV fresh graduate yang didesain dulu ya, nanti yang berbentuk teksnya setelahnya.

Contoh CV
Contoh CV Kreatif. (Arsip Zenius)

Contoh CV Fresh Graduate

Tenang, elo tetep bisa apply CV tanpa pengalaman kerja. Langsung aja gue kasih contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman kerja ya:

  1. Nama

Tulis nama terang dengan ukuran yang besar. Kalau nama terpampang besar, CV akan mudah di-notice. Bisa juga masukin foto di samping nama terang.

  1. About Me

Bagian ini berisi deskripsi diri secara singkat. Pastikan deskripsi tersebut relevan sama pekerjaan yang dilamar. Misalnya, baru aja lulus SMA dan mau ngelamar di bidang desain grafis. Bisa bikin deskripsi diri seperti “An eager high school graduate with a great interest in art, design, and illustration.

  1. Educational Background

Tulis riwayat pendidikan yang ditempuh. Cukup masukin pendidikan terakhir, yaitu SMA. Tidak perlu dari SD ya, apalagi TK. Kasih tahu juga kegiatan selama di sekolah, berapa lama, dan tanggung jawab dalam kegiatan itu.

Contoh:

2015 – 2018

Mentari Senior High School Jakarta

Actively participated in the Mentari High School community as a leader and a student. Consistently maintained grades of official honor student standing.

  1. Experiences

Ini adalah bagian yang bikin bertanya-tanya ada gak contoh CV bahasa Inggris untuk fresh graduate? Gimana bikin CV-nya? 

Ketika belum punya pengalaman kerja, elo bisa mengisi bagian ini dengan pengalaman organisasi, kerelawanan, kepanitiaan, beserta deskripsi singkat tentang tanggung jawab saat itu.

Contoh:

Club President & Founder

Mentari Young Artists Club (2017-2018)

Oversaw all official club activities, such as workshops and exhibitions. Oriented all club members for delegations of quarterly tasks and goals.

  1. Achievements

Tulis pencapaian-pencapaian selama sekolah. Pencapaian dapat berupa perlombaan yang pernah  diikuti, atau kejuaraan yang pernah didapatkan. 

Tapi ingat, tulis pencapaian kompetisi yang cakupannya regional dan nasional ya. Ya kali menang lomba makan kerupuk antar RT dimasukin. Hehehe ….

Contoh:

Jakarta Millenials and Service Award – 2018

The Most Outstanding Speaker in High School Category

  1. Skills

Tulis keahlian yang dimiliki, yang relevan dengan posisi yang ingin dilamar. Misalnya, kalau ngelamar kerjaan di bidang desain, bisa masukin skill drawing, designing, writing. Tambahin juga aplikasi-aplikasi desain yang dikuasai, seperti Photoshop, Adobe Illustration, dan lain-lain.

Di bagian ini, bisa juga menaruh link portofolio buat menambah nilai plus.

  1. Contact

Masukkan kontak yang bisa dihubungi, bisa e-mail maupun nomor telepon.

Contoh CV Bahasa Inggris Menggunakan Teks

Sekarang gue akan memberikan contoh CV lulusan SMA dalam bentuk teks.

CURRICULUM VITAE

PERSONAL DETAILS

Name : Aksara Raya

Date of birth : June 27th, 1997

Gender : Female

Address : Lancar Raya 12. Central Jakarta

Marital status : Single

Religion : Islam

Nationality : Indonesian

Phone : (0852) 11334477

Cellphone : 0821116677

E-mail : rayaksara@gmail.com

EDUCATION DETAILS

2000 – 2006 State Elementary School 1 Central Jakarta

2006 – 2009 State Junior High School 119 Central Jakarta

2009 – 2012 State Senior High School 27 Central Jakarta

SKILLS

Internet marketing

Microsoft Office

English (Active)

PERSONALITY

Honest, kind, hardworking, diligent, tolerant, ready to work with a team, disciplined, and responsible.

I declare that the information above is actually made and provided here by me, all in good faith.

Skill Apa yang Paling Dicari Perusahaan?

Ketika elo mikir tentang skill apa yang harus dimasukin ke dalam cover letter, atau job application letter dan curriculum vitae, posisikan dulu diri elo sebagai pemilik perusahaan yang dilamar. Coba bayangin, kira-kira apa sih yang dibutuhkan perusahaan dari karyawannya?

  1. Great customer service skill

Dalam membangun bisnis pastilah memikirnya adalah mendapatkan keuntungan. Dari mana keuntungan itu? Ya…dari pelanggan. 

Pernah denger nggak slogan “Kepuasan Anda adalah kebahagiaan kami?” Nah, persis banget kasusnya sama slogan itu. Kalau pelanggan puas, maka mereka bakal terus menggunakan produk atau jasa dari perusahaan yang muasin dia. 

Hasilnya, perusahaan tersebut dapat untung. So, perusahaan butuh orang yang bisa berempati kepada pelanggan dan bakal berusaha maksimal buat memberikan pelayanan terbaik.

  1. Great teamwork skill

Saat bekerja, kita nggak mungkin kerja sendiri, kecuali hacker yang hidupnya cuma di dalam kamar, 10 hari 10 malam makan mie instan sambil main laptop.

Di perusahaan, pasti akan menjalani kerja tim. Orang yang bisa bekerja tim dengan baik bakal bekerja untuk kepentingan bersama, dan nggak mentingin kemauan sendiri.

  1. Great communication skill

Calon karyawan harus bisa berkomunikasi dengan baik dan efektif serta asertif. Misalnya, kalau lagi diskusi atau rapat, elo bisa menyampaikan pendapat dengan baik dan bisa dimengerti orang lain. Sebaliknya, elo juga harus bisa memahami dan menerima pendapat orang lain.

  1. Great time management skill

Perusahaan membutuhkan orang yang bertanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaannya. Selain memberikan hasil yang bagus, elo juga harus bisa menyelesaikan tugas tepat waktu. 

Soalnya, elo akan menghadapi kerjaan yang nggak sedikit. Kalau nggak bisa bagi waktu dengan baik, elo bakal keteteran.

  1. Great critical thinking and problem solving abilities

Sebuah perusahaan juga bakal nyari orang yang bisa berpikir kritis dan mampu menyelesaikan permasalahan. Tanpa hal itu, perusahaan nggak akan berkembang, apalagi sukses.

So, kelima skills di atas merupakan kemampuan yang paling banyak dicari perusahaan. Meskipun begitu, ketika elo menulis cover letter bahasa Inggris, tetap sesuaikan skills dengan posisi yang dilamar. 

Jangan lupa menuliskan secara singkat tentang pengalaman pribadi dalam menggunakan skills tersebut, biar meyakinkan recruiter bahwa elo cocok untuk posisi itu.

Tips agar Lamaran Dilirik Recruiter

Sebelumnya, gue udah menjelaskan tentang cara bikin job application letter bahasa Inggris melalui e-mail. Setelah ngirim email lamaran, yang perlu dilakukan adalah berdoa, menunggu, dan berharap e-mail dibalas recruiter.

“Kalau udah lama ngirim lamaran tapi nggak dibalas-balas, gimana ya?”

Yang perlu diketahui adalah bahwa ketika elo ngelamar kerjaan itu, ada puluhan atau bahkan ratusan orang lainnya yang juga ngelamar di perusahaan tersebut. 

Apalagi, kalau tempat yang elo lamar adalah perusahaan bonafit, maka saingan makin banyak. Bahkan, ada kemungkinan bahwa email yang dikirim bakal tenggelam, saking banyaknya orang yang apply lamaran.

Di bawah ini, gue kasih beberapa tips agar job application letter, CV, cover letter elo dilirik recruiter dan nggak bakal ditenggelamkan oleh para saingan dan ketidakpastian.

Simak baik-baik ya!

  1. Gunakan alamat e-mail yang profesional. Mungkin nama e-mail terkesan sepele, padahal penting banget buat diperhatikan. Pastikan e-mail yang dipake buat ngirim lamaran kerja nggak pakai nama alay, seperti loveyou123@zen.com, korbanghosting@zen.com, dan semacamnya. E-mail kayak gitu dianggap nggak profesional dan nggak nunjukin keseriusan. Kalau kayak gitu mah…bakal dicuekin. So, pastikan elo menggunakan username yang rapi, dan kalau bisa nama elo aja. Kalau mau pakai angka, gunakan 1-2 angka aja.
  2. Tulis subject email yang nyambung. Biasanya, iklan lowongan kerja bakal ngasih tahu subject yang perlu ditulis. Kalaupun nggak, cukup menulis nama lengkap dan posisi yang dilamar. Nulisnya gak perlu pakai huruf kapital semua ya. Dan jangan sampai subject dikosongin. Nanti, e-mail dari elo dikira spam dan nggak bakal dibuka deh.
  3. Terangkan secara jelas dan singkat. Di cover letter yang udah dilampirin, pasti udah nulis alasan dan bukti kenapa pantas mendapatkan posisi itu. So, nggak usah tulis lagi alasan tersebut di body e-mail. Cukup tulis tujuan e-mail dan posisi yang dilamar dengan bahasa formal. Selain itu, pastikan berkas-berkas yang diperlukan udah dilampirkan dalam attachments.
  4. Tambahkan tanda tangan profesional. Elo perlu nambahin tanda tangan elektronik berupa nama lengkap, e-mail, nomor HP, dan LinkedIn ID.

Intinya, kalau dari e-mail aja udah kelihatan nggak profesional, recruiter jadi males buat ngelihat application letter dan CV elo. Kalau dari awal recruiter udah males, kesempatan buat dapetin pekerjaan itu juga semakin kecil. So, selalu ingat peraturan di atas ya.

Itulah pembahasan mengenai contoh CV beserta kiat-kiat agar lamaran elo dilirik oleh recruiter.

Sobat Zenius, elo bisa lihat Video Pembahasan CV dengan klik link ini. Dan elo bisa pelajari materi terkait dengan curriculum vitae di link bawah ini:

Cover Letter

Surat Lamaran Kerja

Panduan Lengkap Membuat CV

Sobat Zenius, semoga contoh CV bahasa Inggris di atas bermanfaat untuk materi di sekolah maupun dalam melamar kerja, ya! See you next time!

Bagikan Artikel Ini!