Panggilan dalam bahasa korea (Arsip Zenius)

Macam-Macam Panggilan dalam Bahasa Korea

Annyeonghaseyo Chingudeul, elo biasanya manggil bias favorit pake sebutan apa nih? Oppa atau Noona? Eits, tapi jangan sampai salah ya. Panggilan dalam bahasa Korea nggak seperti di Indonesia, lho

Kalau di Indonesia elo tinggal pakai ‘kakak’ untuk menyapa orang yang lebih tua. Berbeda dengan panggilan di bahasa kita, panggilan kakak dalam bahasa Korea berbeda-beda sesuai dengan siapa yang memanggilnya. 

Beberapa dari elo mungkin udah akrab sama beberapa panggilan dalam bahasa Korea. Namun tak jarang juga lho ternyata penggunaannya salah.

Makanya, gue mau ajak elo buat lebih akrab sama panggilan yang biasa elo dengar di drama Korea atau variety show kesukaan elo. Nggak usah pake lama, langsung cuss aja yuk ke pembahasan panggilan dalam Bahasa Korea.

Panggilan dalam Bahasa Korea

Kata panggil dalam bahasa Korea yang bakal dibahas di bagian ini kerap digunakan di kegiatan sehari-hari, lho. Kalau di bahasa Indonesia ya 11-12 sama pas elo pakai panggilan “Kak”, “Dek”, “Mas”, “Mbak, dan lainnya.

Jadi panggilan ini nggak cuma buat kakak ke adik kandung ya, bisa ke sesama teman berbeda umur ataupun senior di sekolah dan tempat kerja. 

  1. Oppa

Panggilan yang satu ini udah sering kita denger ya, apalagi buat panggil nama idol favorit kita. Oppa kini banyak diartikan sebagai panggilan sayang dari perempuan ke laki-laki.

Padahal makna kata oppa yang sebenarnya adalah panggilan kakak laki-laki dalam bahasa Korea. Nah, kata ini digunakan hanya oleh adik perempuan ke kakak laki-laki.

Kalau di Indonesia hampir mirip-mirip kayak kata “abang” ya.

  1. Nuna

Kalau oppa tadi adalah panggilan adik perempuan ke kakak laki-laki dalam bahasa Korea. Panggilan dalam bahasa korea ini juga hampir sama hanya gendernya yang dibalik.

Nuna adalah panggilan kakak perempuan dalam bahasa Korea oleh adik laki-laki. Jadi, kalau elo cewek dan punya adek cowok berarti elo akan dipanggil Nuna.

  1. Hyeong

Panggilan kakak laki-laki dalam bahasa korea selain Oppa juga ada Hyeong, lho. Bedanya panggilan ini diucapkan oleh adik laki-laki ke kakak laki-laki.

Makanya jangan heran kalau banyak idol cowok yang manggil seniornya dengan sebutan Hyeong.

Eonnie adalah panggilan dalam bahasa korea untuk kakak perempuan oleh adik perempuan.
Eonnie adalah panggilan dalam bahasa korea untuk kakak perempuan oleh adik perempuan. (Dok.Pexels)
  1. Eonnie

Panggilan perempuan dalam bahasa korea salah satunya adalah Eonnie. Eonnie adalah panggilan adik perempuan ke kakak perempuan dalam bahasa korea. 

Jadi panggilan dalam bahasa korea ini dipakai dari cewek ke cewek ya. Jangan sampai bingung ya panggilan dari adik ke kakak ini.

Nah, tadi udah panggilan kakak dalam bahasa Korea. Masa kakaknya aja nih yang disapa, adiknya juga ada panggilannya juga dong.

Langsung cek di bawah ini panggilan untuk adik dalam bahasa Korea.

  1. Namdongsaeng

Elo yang punya adik laki-laki bisa panggil mereka dengan panggilan Namdongsaeng. Berbeda dengan panggilan kakak dalam bahasa Korea tadi, panggilan untuk adik tidak bergantung pada gender yang memanggilnya.

Gampangnya gini nih, mau elo cowok atau cewek kalau memanggil adik laki-laki akan tetap Namdongsaeng ya.

  1. Yeodongsaeng 

Yup bener banget tebakan elo, yang ini adalah panggilan adik perempuan dalam bahasa Korea. Bisa nih elo pakai panggilannya buat manggil adik perempuan elo.

Oh iya, kebanyakan orang Korea juga memanggil adiknya dengan sebutan “Dongsaeng”. Arti dari panggilan dalam bahasa korea “Dongsaeng” adalah adik secara umum, jadi tidak dibedakan dengan gender lagi.

Belajar panggilan-panggilan dalam bahasa Korea gini jadi berasa kursus bahasa Korea online deh. Ngomong-ngomong gue ada rekomendasi kursus bahasa Korea buat elo yang ingin belajar lebih.

Tapi sebelum gue kasih tahu, masih ada yang perlu elo pelajari lagi nih tentang panggilan dalam bahasa Korea lainnya. Kali ini gue mau ajak elo belajar tentang panggilan keluarga dalam bahasa Korea.

belajar bahasa korea zenius

Panggilan dalam Bahasa Korea untuk Keluarga

  1. Abeoji

Abeoji dalam bahasa korea berarti ayah. Panggilan ayah dalam bahasa Korea yang satu ini merupakan bentuk formalnya.

Nah untuk panggilan yang lebih santai atau non-formal, elo bisa pakai sebutan Appa.

  1. Eomeoni

Kalau yang tadi adalah panggilan untuk ayah, yang satu ini adalah panggilan ibu dalam bahasa Korea. Kata panggil lain yang bisa elo gunakan untuk ibu salah satunya adalah Eomma.

Elo lebih ingin manggil ibu pakai panggilan Eomoni atau Eomma nih?

  1. Samchon

Kalau lihat laki-laki yang lebih tua elo biasanya manggil pakai panggilan “Om” kan? Nah, Samchon juga gitu penggunaannya.

Samchon adalah panggilan paman dalam bahasa Korea. Tapi kata panggil “Samchon” lebih general penggunaannya.

Kalau elo ingin memanggil paman kandung alias saudara kandung ayah, elo pakai istilah “Chin-samchon” dan “we-samchon” untuk paman dari pihak ibu.

  1. Gomo/Imo

Ada om, ada tante. Ada samchon, ada Imo dong. Yup bener banget, Gomo atau Imo adalah panggilan bibi dalam bahasa Korea.

Gomo dipakai untuk bibi dari keluarga ayah sedangkan Imo merupakan bibi dari keluarga ibu. 

  1. Harabeoji

Ngomongin keluarga rasanya nggak lengkap kalau nggak ngomongin kakek-nenek ya. Yups yang satu ini adalah panggilan untuk kakek dalam bahasa Korea. 

Untuk bedain kakek dari keluarga ayah tinggal elo tambahin “chin” dan “we” untuk keluarga ibu. Jadinya gini nih, chin-harabeoji atau we-harabeoji.

  1. Halmeoni

Panggilan keluarga dalam bahasa Korea selain Harabeoji alias kakek, ada pula Halmeoni yaitu nenek. Ngomong-ngomong elo ada kenangan indah apa aja nih dengan Halmeoni?

  1. Sachon

Panggilan untuk sepupu ada juga, lho. Sachon arti umumnya adalah sepupu. Tapi kalau elo mau panggil kakak sepupu cewek elo pakai Sachon nuna dan kakak sepupu cowok dengan Sachon oppa.

Selain panggilan keluarga dalam bahasa Korea, ada kata panggil lain yang bisa elo pakai juga. Elo mungkin udah sering denger istilah “Ahjumma” dan “Ahjussi”.

Ajumma dipakai untuk memanggil wanita paruh baya antara 30-40an gitu. Nah, Ahjussi untuk pria paruh baya juga nih. Kedua panggilan tersebut merupakan panggilan untuk orang yang lebih tua dalam bahasa Korea.

Kata panggil di atas lebih sering digunakan untuk orang yang belum dikenal. Namun panggilan tersebut kadang dianggap kurang sopan untuk sebagian orang.

Okay, sekarang udah tahu ya panggilan dalam bahasa Korea yang bisa elo pakai. Panggilan kayak Oppa, Nuna, Onnie, Hyeong itu bisa elo pakai banget kalau ketemu senior atau junior, elo.

Eits hampir lupa, tadi gue kan mau ngasih tau tentang kursus bahasa Korea online buat elo. Dengerin dulu deh, biaya kursus bahasa korea tuh nggak harus mahal kok.

Pas banget nih Zenius punya program khusus bahasa Korea yang seru banget buat elo ikutin. Program Zenius bahasa Korea ini diberi nama Learn Korean With BTS (LKWB).

Nggak bohong kan kalau gue bilang seru, pake kurikulum buku BTS gitu, lho. Itu salah satu keseruannya aja ya. Yang gak kalah seru tentunya pelajaran bahasa Korea yang bakal elo pelajari nantinya.

Elo bisa belajar bahasa sehari-hari, membaca dan menulis hangul, sampai belajar budayanya juga. Pokoknya seru banget deh.

Oh iya, Learn Korean With BTS (LKWB) udah memasuki batch ke-3, lho. Tapi tenang aja, akan mulai lagi di bulan Mei 2022 mendatang. Nggak mau ketinggalan dong ya.

Kalau elo tertarik untuk belajar lebih banyak dan makin paham bahasa Korea, langsung klik banner di bawah ini dan cek keuntungan apa yang bakal elo dapat bareng Learn Korean With BTS (LKWB).

bahasa korea sehari-hari
Klik banner untuk daftar sekarang!

Selamat belajar, Chingu!

Bagikan Artikel Ini!