Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Pengertian Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Manfaatnya

Saat memasuki tahun ajaran baru di setiap tingkatan baik SD kelas 1, SMP kelas 7, SMA kelas 9, atau universitas, setiap siswa/siswi yang terdaftar diwajibkan untuk mengikuti masa pengenalan lingkungan sekolah. Kegiatan yang memiliki tujuan untuk mengenalkan lingkungan sekolah ini memiliki banyak manfaat.

Pengertian Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) sering dikenal juga dengan istilah MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik Baru) atau MOS (Masa Orientasi Siswa). Kegiatan ini menjadi salah satu rutinitas setiap menyambut peserta didik yang baru naik tingkat.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Baik sekolah negeri maupun swasta mereka biasanya menggunakan cara ini untuk mengenalkan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru. Jika di tingkatan kuliah atau Perguruan Tinggi, biasanya dikenal dengan istilah OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus).

Masa pengenalan lingkungan sekolah ini menjadi salah satu upaya pihak sekolah untuk melatih kedisiplinan, ketahanan mental, dan meningkatkan keakraban sesama teman atau kakak kelas. Para siswa akan dikenalkan dengan lingkungan sekolah mereka tak terkecuali dengan guru hingga karyawan.

Tujuan dan Manfaat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Berdasarkan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No.18 tahun 2016, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ini memiliki beberapa tujuan dan manfaat. Berikut ini tujuan dan manfaat masa pengenalan lingkungan sekolah yang perlu Kamu ketahui, di antaranya:

1. Membantu siswa/siswi untuk mengenali potensi yang ada dalam diri mereka
2. Mengenalkan peserta didik baru dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya agar mereka lebih mudah beradaptasi
3. Memberikan informasi kepada peserta didik baru tentang lingkungan sekolah mulai dari sarana dan prasarana sekolah, fasilitas umum, guru dan karyawan, hingga aspek keamanan lainnya
4. Meningkatkan semangat dan motivasi peserta didik baru untuk belajar dengan lebih efektif
5. Membangun interaksi yang positif antar siswa maupun warga sekolah lainnya agar timbul keakraban
6. Menanamkan nilai-nilai positif seperti kemandirian, kejujuran, sikap saling menghargai, kedisplinan, menghormati keanekaragaman, persatuan, hidup bersih, dan lain sebagainya

Pro Kontra Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Kegiatan MOS (Masa Orientasi Sekolah) yang bertujuan untuk mengenalkan peserta didik baru dengan lingkungan sekolahnya ini pernah menuai pro dan kontra. Pasalnya banyak yang beranggapan bahwa kegiatan ini tidak terlalu penting karena seringkali dijadikan ajang perploncoan dan senioritas.

Hal ini dikarenakan beberapa kali muncul berita tentang siswa yang meninggal setelah mengikuti kegiatan tersebut. Akhirnya pada tahun 2015, Anies Baswedan yang masih menjabat sebagai Menteri Pendidikan melakukan inspeksi dan menginstrusikan kegiatan MOS dengan batasan tertentu.

Namun, ternyata kegiatan tersebut masih terus berlangsung hingga akhirnya pada 11 Juli 2016 kegiatan MOS secara resmi dilarang. Kegiatan pengenalan sekolah tetap dilakukan saat jam belajar dan sebagai gantinya ada peraturan tentang tata cara pengenalan sekolah yang harus diikuti.

Baca Juga Artikel Lainnya dari Zenius

Langsung Nikah Setelah Lulus Sekolah, Aman kan?
Mengenal Kesalahan Logika Beban Pembuktian
Ngapain Sih Berpikir Kritis?
Ikan Cupang: Cantik-cantik Kok Suka Berantem?
Buat Apa Ada Suatu Negara? Emang Ada Fungsinya?
Benci Mendengar Rekaman Suara Sendiri, Kok Bisa?
Proses Mumifikasi dalam Tradisi Mesir Kuno

Batasan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Untuk mencegah adanya aktivitas perploncoan dan senioritas yang berlebihan, pemerintah pun membuat peraturan khusus tentang kegiatan MOS. Beberapa di antaranya adalah dengan melarang atribut tertentu yang harus dikenakan saat masa pengenalan lingkungan sekolah. Apa saja itu?

• Kaos kaki yang tidak senada warnanya dan sengaja dibuat berwarna-warni tidak simetris
• Penggunaan tas belanja plastik, tas karung, dan sejenisnya selama kegiatan pengenalan sekolah
• Aksesoris yang dianggap tidak wajar yang biasanya dikenakan di atas kepala
• Papan nama yang dibuat aneh dan rumit untuk menyulitkan peserta didik baru
• Atribut lain yang tidak berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar

Selain itu, secara tegas pemerintah juga melarang beberapa aktivitas selama masa pengenalan lingkungan sekolah seperti yang tertuang dalah Permendikbud tahun 2016 No.18. Berikut ini beberapa jenis kegiatan yang dilarang dalam aktivitas tersebut, di antaranya:

• Menghitung sesuatu yang tidak logis dan tidak bermanfaat seperti menghitung jumlah semut, gula, nasi, dan lain sebagainya
• Mewajibkan peserta didik baru untuk membawa produk dengan merek tertentu yang telah ditentukan oleh panitia
• Meminum minuman atau memakan makanan milik siswa lainnya
• Memberikan hukuman yang tidak mendidik seperti hukuman fisik yang mengarah ke tindakan kekerasan, menyiramkan air, dan lain sebagainya
• Memberikan tugas atau PR yang tidak masuk akal dan tidak relevan dengan kegiatan belajar mengajar

Tips Mempersiapkan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah
Sebagai peserta didik baru, tentu Kamu akan sangat antusias ketika hari pertama masuk sekolah. Kamu akan bertemu dengan teman-teman baru, guru, dan melihat lingkungan sekolah baru dengan menyenangkan. Agar kesan pertama masuk sekolah tetap menyenangkan, ada beberapa tipsnya:

1. Cari Teman Baru

Sebagai murid baru mungkin Kamu belum memiliki teman sama sekali yang satu kelas maupun satu sekolah. Tak perlu ragu untuk mengajak berkenalan teman baru yang Kamu temui di lingkungan sekolah. Perkenalkan nama diri, kelas, dan asal sebagai tahap awal mencari teman.
Dengan memiliki teman baru, Kamu akan lebih mudah untuk bertukar informasi apa saja yang dibutuhkan selama masa pengenalan lingkungan sekolah. Kamu juga bisa saling bertukar cerita dan pengalaman dengan seru dan menyenangkan.

2. Persiapkan Perlengkapan yang Diperlukan

Saat awal-awal masuk sekolah, kegiatan belajar mengajar biasanya belum sepenuhnya aktif. Namun, Kamu tetap harus mempersiapkan perlengkapan sekolah yang diperlukan. Siapkan seragam yang lengkap, alat tulis, dan buku catatan seperlunya.

3. Bawa Bekal

Berhubung masih hari pertama masuk sekolah, mungkin Kamu akan merasa ragu atau malu-malu makan di kantin. Oleh karena itu, siapkan bekal dari rumah yang bisa di makan di kelas. Selain lebih hemat, Kamu juga bisa menjalin keakraban dengan saling bertukar lauk.

Dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin saat masa pengenalan lingkungan sekolah, Kamu pun akan lebih percaya diri dan bisa menghadapi hari dengan lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk membuat checklist kegiatan orientasi yang harus dan sudah dilakukan.

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini