jurusan perencanaan wilayah dan kota

Berkenalan dengan Jurusan Perencanaan Wilayah dan kota!

Pernah, nggak, elo ngerasa kalau wilayah yang elo tinggali kurang nyaman? Atau, pernah kah elo jalan-jalan ke suatu wilayah yang super asri dan teratur?

Ternyata, dalam mengatur wilayah-wilayah perkotaan dan pedesaan ada ilmunya, Sobat Zenius! Ilmu ini bisa elo pelajari dengan masuk ke jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota saat kuliah.

Yuk, kita kenalan lebih dekat dengan jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota! Kita bakal bahas apa aja yang dipelajari di jurusan perencanaan wilayah dan kota, universitas yang punya jurusan perencanaan wilayah dan kota, dan prospek karir untuk jurusan perencanaan wilayah dan kota. Let’s go kita simak!

Baca juga:

Cari Informasi Jurusan Impianmu dengan Kampus 101 dari Zenius!

Apa Itu Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota?

Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, atau biasa disingkat PWK, adalah jurusan yang secara spesifik mengkaji bagaimana kita merancang, mengatur, dan mengelola wilayah perkotaan maupun pedesaan agar menjadi tempat yang nyaman dan berkelanjutan.

Yup, kalau kita masuk di jurusan perencanaan wilayah dan kota, kita seakan-akan adalah arsitek yang merancang wilayah sebagai “bangunan” yang ditinggali oleh ratusan ribu orang. Menarik banget, kan?

Selama kuliah, kita akan belajar tentang berbagai aspek pembangunan kota, mulai dari perencanaan tata ruang hingga pengelolaan lingkungan hidup. Semua itu bertujuan agar kita dapat menciptakan kota-kota yang lebih baik untuk masa depan, guys!

Belajar Seru Lewat Praktikum Studio

Di dalam jurusan perencanaan wilayah dan kota, elo nggak cuma belajar teori aja. Elo justru bakal sering ketemu praktikum studio untuk beberapa mata kuliah. Praktikum ini adalah kesempatan elo untuk mengaplikasikan teori yang udah dipelajari ke dalam lingkungan nyata.

Praktikum studio ini challenging sekaligus fun, Sobat Zenius! Karena, elo bisa dapat pengalaman praktik dalam merencanakan dan melaksanakan proyek-proyek perencanaan perkotaan yang sesungguhnya.

Nggak cuma itu, elo juga bisa turun ke lapangan untuk memahami lingkungan yang sedang elo kerjakan. Lebih serunya lagi, elo juga bakal mendapat pembelajaran langsung tentang aspek ekonomi, lingkungan, hingga sosial. 

Baca juga:

Mata Kuliah dan Prospek Kerja Jurusan Arsitektur

Mata Kuliah Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Biar elo makin kebayang tentang jurusan perencanaan wilayah dan kota, mending kita liat beberapa mata kuliah yang bakal elo pelajari kalau masuk ke jurusan ini.

Mata Kuliah Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota
Mata Kuliah Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota. (Arsip Zenius)

Perencanaan Transportasi

Dalam mengelola wilayah dan kota, pastinya pengelolaan lalu lintas nggak bisa dilupakan. Nah, elo juga akan belajar tentang perencanaan transportasi di jurusan ini.

Mata kuliah ini akan membekali elo dengan pemahaman mendalam tentang sistem operasi transportasi dan cara merencanakan infrastruktur yang efisien dan berkelanjutan. Elo juga akan belajar analisis lalu lintas, transportasi publik, hingga teknologi transportasi. 

Dengan mata kuliah ini, elo akan belajar menghadapi tantangan dalam merencanakan aspek-aspek yang berhubungan dengan transportasi, apalagi dengan masalah kemacetan yang masih sering dijumpai di Indonesia.

Perencanaan Pesisir dan Pulau

Kalau elo suka dengan kehidupan pesisir, maka mata kuliah ini menarik dan cocok buat elo.

Di mata kuliah ini, elo akan belajar mengelola wilayah pesisir dan merencanakan pembangunan yang berkelanjutan di daerah ini. Elo juga bisa belajar aspek sosial budaya pesisir, serta kebijakan dan peraturan terkait perencanaan pesisir dan pulau. 

Mata kuliah ini relevan banget bagi calon-calon perencana kota di Indonesia, yang memiliki ribuan pulau dan garis pantai yang panjang. Pemahaman tentang perencanaan pesisir dan pulau sangat penting karena wilayah ini akan berkembang nantinya. 

Nah, di mata kuliah ini elo juga bisa terlibat di proyek-proyek lapangan yang berhubungan dengan survei dan analisis di daerah pesisir atau pulau. Gimana, seru banget kan?

Perumahan dan Permukiman

Ngomongin tentang perencanaan wilayah dan kota, rasanya kurang pas kalo nggak ngomongin perumahan dan permukiman juga.

Mata kuliah Perumahan dan Pemukiman adalah mata kuliah inti dalam jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota. Fokus utama dari mata kuliah ini adalah memahami peran perumahan dalam pembangunan perkotaan dan gimana merencanakan permukiman yang berkelanjutan.

Di mata kuliah ini elo akan mempelajari banyak aspek terkait hunian dan permukiman. Mulai dari konsep perumahan, perumahan inklusif, hingga desain pemukiman. Elo pun jadi paham gimana merencanakan perumahan dan pemukiman yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Baca juga:

Apa yang Dipelajari dalam Jurusan Teknik Sipil?

Universitas yang Memiliki Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Ada beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang memiliki jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota. Apa aja? Yuk, kita cari tahu sama-sama!

Universitas yang Memiliki Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota
Universitas yang Memiliki Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota. (Arsip Zenius)

Baca juga:

Info Kuliah di Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan ITB

Prospek Karir Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Sobat Zenius, jurusan perencanaan wilayah dan kota punya prospek karir yang menarik. Yuk, kita coba lihat dan pelajari beberapa!

Prospek Karir Lulusan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota
Prospek Karir Lulusan Perencanaan Wilayah dan Kota. (Arsip Zenius)

Perencana Wilayah dan Kota

Perencana wilayah dan kota merupakan profesi yang jadi target utama lulusan jurusan perencanaan wilayah dan kota. Profesi ini bertanggung jawab dalam merencanakan perkotaan, wilayah, atau lingkungan khusus untuk menciptakan perkotaan yang fungsional dan estetis. 

Dalam perencanaannya, perencana wilayah dan kota juga mengatur zonasi, lokasi taman kota, dan transportasi umum. Perencana wilayah dan kota bisa bekerja di lembaga pemerintahan, organisasi non-profit, hingga perusahaan konsultan perencanaan

Perencana Perumahan

Masih ingat dengan mata kuliah perumahan dan pemukiman yang tadi kita bahas? Nah, nyambung dari mata kuliah itu, lulusan jurusan ini bisa jadi perencana perumahan! Perencana perumahan fokus pada pengembangan pemukiman yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Pastinya tugas utamanya adalah merancang perumahan, apartemen, kompleks perumahan, dan lingkungan hunian yang berkelanjutan. Perencana perumahan juga mempertimbangkan aspek sosial dan budaya dalam desain permukiman.

Penasihat Kebijakan Publik

Nggak cuma berkarir sebagai perencana, lulusan jurusan perencanaan wilayah dan kota juga bisa jadi penasihat kebijakan publik! Penasihat kebijakan publik dari jurusan perencanaan wilayah dan kota akan fokus pada kebijakan perkotaan, pemukiman, dan wilayah.

Melalui pengembangan kebijakan tersebut, penasihat bisa berkontribusi dalam pembuatan perkotaan yang inklusif hingga berkelanjutan. Penasihat kebijakan publik bisa bekerja di lembaga pemerintahan maupun organisasi non-profit.

Baca juga:

Mari Berkenalan dengan Fakultas Teknik, Universitas Indonesia

Selain profesi-profesi di atas, peluang kerja yang ditawarkan untuk jurusan perencanaan wilayah dan kota masih banyak lagi. Oleh karena itu, penting banget nih untuk kamu mulai merencanakan cita-cita kamu. Jangan lupa juga untuk menentukan keputusan serta tujuan dalam memilih jurusan yang pas buat kamu nanti!

Apa Ini Jurusan yang Tepat untuk Kamu?

Apakah jurusan perencanaan wilayah dan kota adalah jurusan yang pas buat kamu? Atau ternyata masih ngerasa belum tepat?

Kalo ternyata masih ngerasa bingung, yuk pelan-pelan cari tahu jurusan lainnya!

Zenius siap nemenin kamu explore banyak jurusan lainnya bareng Kampus 101. Langsung cobain dengan klik banner di bawah untuk download panduan jurusan secara gratis. Selamat explore lagi!

Berkenalan dengan Jurusan Perencanaan Wilayah dan kota! 9

Penulis: Nadira Armatia Alifah

Bagikan Artikel Ini!