Ilustrasi Fakultas MIPA IPB

Daya Tampung, Passing Grade, dan Akreditasi Fakultas MIPA IPB

Berencana buat lanjutin kuliah di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB (FMIPA IPB)? Sebelum daftar, simak dulu informasi lengkapnya.

Sobat Zenius, mungkin elo pernah dengar teman elo ngomong gini, “Gue mau kuliah sains. Soalnya gue suka banget tiap praktik di laboratorium!” 

Memang, kata “sains” sering otomatis bikin orang berpikir soal ilmu-ilmu yang mengharuskan adanya penelitian dan observasi di lab, kayak Biologi, Kimia, dan Fisika. Ternyata, pengertian sains itu lebih luas, lho.

Gue menemukan fakta itu setelah membaca tulisan Hana yang ini: Hari Sains Dunia – Sejarah dan Perkembangan Sains. Istilah sains itu pada intinya merujuk pada ilmu pengetahuan yang bersifat empiris. Makanya, sains nggak melulu soal Biologi, tapi ada juga ilmu Ekonomi di dalamnya.

Sebagian kecil dari sains pastinya udah elo pelajari juga di sekolah, ya. Kalau elo mau nerusin sampai ke jenjang kuliah, ada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB (FMIPA IPB). Fakultas ini khusus mempelajari ilmu alam, ya, dengan tambahan Matematika juga.

Selain itu, ada total 9 pilihan jurusan kuliah buat elo. Ada apa aja, sih? Yuk, kepoin aja langsung! 

Kenalan dengan FMIPA IPB

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) di IPB merupakan salah satu fakultas yang panjang sejarahnya. Sebelum fakultas ini resmi dibangun, para ahli dan dosen di IPB melakukan perundingan dan memutuskan kalau fakultas dari bidang eksakta ini wajib diadakan. 

Baru pada tahun 1970, departemen dengan latar belakang ilmu sains dan matematika dibuka, yaitu Departemen IPA serta Statistika dan Komputasi. Keduanya masih berada di bawah naungan Fakultas Pertanian kala itu.

Tidak berselang lama, tepatnya pada tahun 1979, IPB mulai mempersiapkan pendirian FMIPA. Akhirnya FMIPA resmi disahkan pada tahun 1982.

Baca Juga: Info Kuliah, Jurusan, dan Syarat Masuk Fakultas MIPA UI

Jurusan FMIPA IPB

Sama seperti fakultas lainnya, jurusan FMIPA IPB juga dibuka untuk tiga jenjang pendidikan yang bisa elo pilih sesuai dengan pendidikan terakhir elo. Ada apa aja jenjang pendidikannya? 

  • Jenjang Sarjana (S1) untuk lulusan SMA sederajat,
  • Jenjang Magister (S2) untuk lulusan sarjana, dan 
  • Jenjang Doktoral (S3) untuk lulusan magister. 

Khusus buat elo yang mau nerusin pendidikan di jenjang sarjana, ada 9 pilihan jurusan buat elo, nih. Ini daftar selengkapnya, ya!

  • Jurusan Statistika dan Sains Data
  • Jurusan Meteorologi Terapan
  • Jurusan Biologi
  • Jurusan Kimia
  • Jurusan Matematika
  • Jurusan Ilmu Komputer
  • Jurusan Fisika
  • Jurusan Biokimia
  • Jurusan Aktuaria

Beragam banget, kan? Supaya elo nggak bingung dan bisa menentukan jurusan yang sesuai minat elo, gue akan bahas satu per satu jurusan secara mendetail, ya. Nggak cuma dunia perkuliahannya aja, tapi prospek kerja tiap jurusan juga. Yuk, langsung aja!

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

Jurusan FMIPA IPB untuk Jenjang S1

Fakultas yang sudah dapat akreditasi A dari BAN-PT ini punya sembilan jurusan/program studi (prodi) S1 yang bisa elo pilih sesuai dengan minat. Sebelum gue bahas satu per satu prodinya, gue bakal sedikit jelasin tentang sistem perkuliahannya dulu, ya.

Jadi, perkuliahan di FMIPA IPB itu nggak akan sepenuhnya elo jalani di ruang kelas. Kok bisa? Iya, soalnya beberapa jurusannya bakal belajar di laboratorium. Ingat kan bahasan gue di awal tadi? FMIPA IPB khusus mempelajari studi ilmu alam, jadi elo akan banyak melakukan riset di lab. Makanya, kuliah di FMIPA IPB bakal seru banget!

Setelah diterima dan jadi mahasiswa baru di FMIPA IPB, beban studi yang bakal elo jalani ada 144 hingga 160 SKS dengan lama studi kurang lebih 8-12 semester. 

Sekarang, gue mulai bahas beberapa jurusan yang ada di fakultas ini aja. Yuk, simak.

Informasi Jurusan Fakultas MIPA IPB
Informasi Jurusan Fakultas MIPA IPB (admisi.ipb.ac.id)

Jurusan Statistika dan Sains Data

Jurusan Statistika dan Sains Data IPB menyatukan dua ilmu yang bisa elo pelajari secara bersamaan. Di ranah statistika, elo akan belajar tentang bagaimana cara mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan juga menganalisis data agar hasil dari analisis tersebut bisa digunakan untuk informasi dan pengambilan keputusan.

Sedangkan di sains data, elo akan belajar tentang bagaimana cara mempelajari suatu data yang terstruktur dan juga data yang tidak terstruktur. Contohnya data demografi, keuangan, foto, email, dan masih banyak lagi.

Begitu lulus dari jurusan ini, dua keahlian yang sangat dicari perekrut kerja bakal ada dalam genggaman elo. Yap, banyak banget iklan lowongan kerja untuk posisi data scientist. Profesi ini sangat membutuhkan bekal ilmu pengolahan data yang elo pelajari selama berkuliah di Jurusan Statistika dan Sains Data IPB.

Jurusan Meteorologi Terapan

Siapa nih, yang masih kebayang-bayang peran Song Kang di drama series Forecasting Love and Weather? Kalau Song Kang jadi pegawai BMKG Korea, elo juga bisa kerja di BMKG negara kita, lho. 

Sebelumnya, elo harus pilih jurusan kuliah yang sesuai juga, dong. Nah, Jurusan Meteorologi Terapan IPB pas banget buat mendukung mimpi elo itu.  Di jurusan ini, elo akan sering ketemu dengan materi yang berhubungan dengan ilmu cuaca dan iklim. Elo juga akan banyak mengamati gejala-gejala alam atmosfer dan kebumian.

Diharapkan setelah elo lulus, elo mampu mengolah data dan informasi cuaca/iklim untuk layanan masyarakat. .

Jurusan Biologi

Di Jurusan Biologi IPB, elo akan belajar seputar hewan, manusia, dan tumbuhan. Ada juga materi tentang genetika, reproduksi, fisiologi, ekologi, sistem organisme, dan lainnya. Pada intinya, elo akan membedah kehidupan setiap makhluk hidup dari yang terkecil sampai terbesar, termasuk diri elo sendiri! 

Makanya nih, elo bakal kaya dengan ilmu dan keahlian selepas lulus dari Jurusan Biologi IPB. 

Elo bisa manfaatin pengetahuan yang elo punya untuk berkarier sebagai peneliti, contohnya di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Di sana, banyak ahli dengan spesialisasi kepakaran yang kece banget, salah satunya ahli herpetologi, pakar hewan reptil dan amfibi. Semoga elo bisa bergabung jadi salah satunya, ya!

Jurusan Kimia

Di Jurusan Kimia IPB, elo akan belajar tentang interaksi dari berbagai senyawa kimia, seperti senyawa organik dan anorganik, protein, dan masih banyak lagi.

Dengan keahlian yang nantinya elo dapatkan, kesempatan kerja elo bervariasi banget, lho. Elo bisa berkecimpung di industri F&B (makanan dan minuman), obat-obatan, sampai kosmetik.

Jurusan Matematika

Sebagai mahasiswa Jurusan Matematika IPB, elo bakal belajar nggak jauh dari materi-materi pas SMA, nih. Elo masih akan bertemu materi geometri, aljabar, matematika diskrit, dan masih banyak lagi.

Lulusan jurusan ini bisa dibilang punya peluang kerja yang sangat fleksibel. Selama belajar matematika di bangku kuliah, elo udah terbiasa mengasah logika. Kalau cara berpikir elo udah ciamik, otomatis kerjaan apapun bisa elo jalanin.

Jurusan Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer IPB khusus untuk elo yang minat banget sama teknologi komputer. Elo akan belajar tentang pemrograman, rekayasa perangkat lunak, cara memprogram website, sistem operasi, jaringan komputer, dan lainnya.

Nah, ngomongin prospek kerja jurusan ini, kayaknya nggak perlu diragukan lagi. Zaman sekarang, kayaknya nyaris semua bisnis punya website, ya? Makanya, perekrut kerja pun banyak mencari orang yang bisa mengelola website, deh.   

Jurusan Fisika

Di Jurusan Fisika IPB, materi perkuliahannya juga masih menyentuh beberapa bab fisika di sekolah. Tapi, pastinya akan ada materi fisika yang lebih menantang, nih, seperti fisika komputasi.

Jurusan Biokimia

Secara umum, Jurusan Biokimia IPB mempelajari seputar aspek kimia dalam kehidupan. Intinya sih, belajar tentang reaksi kimia yang berlangsung di dalam makhluk hidup, seperti proses terbentuknya protein, karbohidrat, dan sebagainya. 

Jurusan Aktuaria

Aktuaria merupakan salah satu cabang ilmu dari matematika. Bedanya, di Jurusan Aktuaria IPB ini elo secara spesifik bakal belajar matematika untuk keperluan asuransi, nih. Yang bakal elo pelajari mulai dari pengelolaan risiko, premi, portofolio keuangan, dan lain-lain.

Karena itu, peluang kerja elo selepas lulus nanti tentu saja di dunia yang nggak jauh-jauh dari bisnis asuransi. Tapi, kalau mau coba karier lainnya juga bisa, kok. Dengan ilmu yang elo punya, elo bisa bekerja secara mandiri sebagai pengelola investasi.

Syarat Masuk FMIPA IPB

Syarat masuk yang harus elo perhatiin sebelum fix daftar ke FMIPA IPB ini wajib banget buat disimak. Berikut informasinya:

  • Lulusan SMA dan sederajat, maksimal 3 tahun dari masa pendaftaran
  • Berasal dari jurusan IPA atau Saintek
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Bebas narkoba

Baca Juga: Info Kuliah, Jurusan, dan Syarat Masuk Fakultas MIPA UGM

Daya Tampung FMIPA IPB

Nah, selain syarat masuk, ada lagi satu hal yang harus elo perhatiin, yaitu daya tampung dan juga peminat dari setiap jalur masuk yang dibuka oleh IPB nih.

Sekedar informasi, ada tiga jalur masuk yang umumnya bisa elo ikuti nih, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan juga SM-IPB. Supaya elo bisa memperkirakan berapa besar kemungkinan elo bisa masuk jurusan yang elo pilih, gue bakal kasih infografis tentang daya tampung dan peminatnya di bawah ini ya. Yuk, simak!

Informasi Jurusan Fakultas MIPA IPB
Informasi Daya Tampung Fakultas MIPA IPB (admisi.ipb.ac.id)

Baca Juga: Info Kuliah, Akreditasi, dan Prodi Fakultas MIPA UNPAD

Gelar dari FMIPA IPB

Ilustrasi Gelar Ilustrasi Fakultas MIPA IPB 
Ilustrasi Gelar Fakultas MIPA IPB (Arsip Zenius)

Setelah elo lulus dari fakultas ini, gelar apa ya yang bakal elo sandang? Nah, gelar yang bakal elo dapetin nanti itu tergantung dari jenjang pendidikan yang diambil. Berikut gue kasih informasi tentang gelar dari FMIPA IPB.

  • Gelar S.Stat untuk lulusan Sarjana Statistika FMIPA IPB,
  • Gelar S.Si untuk lulusan Sarjana FMIPA IPB,
  • Gelar S.Mat untuk lulusan Sarjana Matematika FMIPA IPB,
  • Gelar S.Kom untuk lulusan Sarjana Ilmu Komputer FMIPA IPB,
  • Gelar M.Si untuk lulusan Magister FMIPA IPB, dan
  • Gelar Dr untuk lulusan Doktor FMIPA IPB.

Nah, itu dia informasi dari FMIPA IPB yang wajib banget elo tau. Semoga Informasi tadi bisa membantu, ya. Selamat belajar lagi. 

Eits, jangan lupa, elo masih harus bersiap buat ujian masuk kampus ini. Pelajari tipe soal tes UTBK SBMPTN, pengerjaan, sampai sistem penilaiannya. Zenius udah punya playlist belajar UTBK yang lengkap, nih. 

Persiapan UTBK: Materi Belajar, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Selain itu, elo juga bisa coba ikutan try out berbagai ujian masuk kampus sebelum menghadapi ujian seriusnya nanti. Supaya elo terbiasa dengan variasi tipe soal yang ada. Cusss lLangsung aja ikutan try out online Zenius dengan klik banner di bawah ini! 

Try Out Zenius Ujian Mandiri PTN

Referensi:

Profil FMIPA IPB – FMIPA IPB

Ujian Masuk FMIPA IPB – Admisi IPB

Pangkalan Data Universitas – SIDATA PTN

Hari Sains Dunia dan Perkembangannya – Zenius Education

Sejarah Matematika – UNKRIS 

Bagikan Artikel Ini!