penilaian akhir semester

Siap PAS, Tingkatkan Nilai Ujian Dengan Fitur-Fitur Zenius

Halo Sobat Zenius, Apa kabarnya nih? Gue sudah dengar kalau waktu Penilaian Akhir Semester sudah di depan mata. PAS dilaksanakan sebagai aturan baru untuk ujian kenaikan kelas serta memenuhi persyaratan menyelesaikan program belajar. Namun tetap tenang, karena Zenius akan nemenin, bantuin, serta kasih solusi buat lo! Yups, kali ini gue bakalan sharing ke lo tentang PAS.

Di sini gue akan berikan beberapa tips belajar yang asyik untuk bikin lo Siap PAS! Gue punya nih langkah-langkah mengatasi kemalasan dalam belajar menghadapi Penilaian Akhir Semester yang Zenius banget! Tentunya gue akan gunakan semua fitur Zenius yang keren untuk membantu lo. Gue mau lo bilang gini “GUE SIAP PAS, Yes!” Gimana kalau langsung masuk aja nih ke topik utama, yang merupakan Penilaian Akhir Semester. Gasss!

Apa Itu PAS?

Mungkin lo memang sudah kenal dengan PAS, tapi alangkah baiknya sebelum gue ngomongin langkah dan tips belajar menghadapi Penilaian Akhir Semester gue mengingatkan kembali Sobat Zenius dengan, Apa Itu PAS?

So, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 1 tahun 2021, yang diterbitkan per tanggal 1 Februari 2021, aturan baru ujian kenaikan kelas dilakukan melalui Penilaian Akhir Semester (PAS). Hal tersebut mencakup mekanisme penyelenggaraan Penilaian Akhir Semester selama masa pembelajaran daring. Secara, kita tahu bersama bahwa Indonesia masih dilanda pandemi COVID-19. Hal ini adalah salah satu upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19. 

Dulunya PAS sahabat kita ini adalah Ujian Akhir Semester (UAS) yang dilaksanakan tiap akhir semester ganjil. Kok ganjil doang? Kalau UAS kan untuk ganjil dan genap. Iya, karena kalau semester genap, namanya Penilaian Akhir Tahun (PAT). Tapi itu jangan dibahas di sini, kita harus fokus aja ke PAS yang rasanya tinggal besok. Hehehe… Penilaian Akhir Semester bertujuan menguji capaian pembelajaran selama 6 bulan. 

Nah, untuk aturan dan syarat Penilaian Akhir Semester lebih jelas ada di artikel ini. Habis baca ini lo boleh lanjut baca ke sana, karena sekarang gue mau kasih langkah-langkah mengatasi kemalasan dalam belajar. Lanjut…

Cara Belajar Menjelang Penilaian Akhir Semester

apa itu pas
Penilaian Akhir Semester

Sobat Zenius pasti tau Jerome Polin dong? Jerome yang merupakan salah satu alumni Zenius ini punya langkah-langkah mengatasi kemalasan dalam belajar yang bisa lo gunain buat belajar menjelang PAS. Biar Sobat Zenius semakin terpacu semangatnya gitu kalau sudah lihat yang bicara bersamaan dengan bukti suksesnya. 

  1. Belajar dengan Metode 50:10

Metode 50:10 berarti dalam waktu satu jam lo bisa bagi waktu nih. 50 menit untuk fokus belajar, dan 10 menit untuk istirahat sebentar. Karena belajar dengan waktu yang terlalu lama malahan akan bikin pelajaran tidak terserap dengan baik oleh otak lo. 

Oh iya, menurut penelitian Harvard University dan Rockefeller University, waktu terbaik bagi otak buat belajar antara pukul 18.00-20.00. Jadi, lo bisa tuh atur waktu 2 X 50:10. Misal: 50 menit pertama untuk pendalaman materi, 10 menit istirahat sejenak. 50 menit kedua lo pake untuk latihan soal, 10 menit istirahat. Habis itu lo boleh tidur deh.

Penilaian Akhir Semester
Kerja Optimal Bagi Otak
  1. Buat Target Belajar

Bikin target belajar, mulai dari berapa banyak soal yang mau lo selesaiin, berapa banyak materi, terus materi yang sudah diprioritaskan. Ada juga nih artikel Zenius buat lo bikin jadwal belajar yang efektif. Coba deh!

  1. Reward and Punishment

Kalau target lo selesai, lo boleh banget nih kasih hadiah buat diri sendiri. Seperti main game online. Tapi kalau kebalikannya, lo belum reach target, lo harus fair untuk kasih punishment ke diri sendiri. Seperti gak ada game online seminggu. Hal ini berguna untuk membantu lo lebih disiplin.

  1. Belajar Melalui Banyak Sumber

Ilmu kan sekarang sudah tersebar di manapun. Buka youtube search channelnya Zenius lo bisa belajar dari live class di sana. Tidak hanya itu, lo bisa banget tambah wawasan dengan membaca buku.

  1. Masuk Komunitas Belajar

Bikin kelompok belajar! Bisa dari temen kelas, temen main atau temen les di Zenius. Tapi ini jangan sampai beralih fungsi jadi kelompok bermain ya. Fokus PAS!

  1. Cari Suasana Baru

Pandemi ini bikin lo gak bisa ke sekolah. Jadi lo mungkin merasa bosan di rumah terus. Bisa nih, lo minta izin sama ortu untuk belajar di luar. Cari aja tempat yang lo sukai, agar lo gak suntuk belajar di kamar terus.

Fitur-Fitur Zenius yang Membantu PAS

fitur-fitur zenius
Fitur Zenius

Kini masuk ke bagian yang paling gue sukai. Kenapa? Karena Zenius memang se-helpful itu! Gak usah berlama-lama deh, gue semangat banget mau bikin lo pinter beneran.

Kalau lo klik ini akan lo lihat, berbagai fitur: Video Materi dan Latihan Soal, Live Class, Prediksi PAS. Ada masih banyak lainnya, Sobat Zenius. 

Zenius Land untuk kelas 4,5,6 SD. Nanti untuk adik-adik Sekolah Dasar akan ada juga prediksi soal PAS. Begitupun SMP. Kalau adik-adik mau langsung coba latihan soal, bisa langsung ke sini ya. Tapi link di bawah ini hanya bisa diakses dengan Zenius App, soooo…download dulu ya:

Prediksi PAS SD

Prediksi PAS SMP

Sekarang buat lo yang di SMA. Secara kalian sudah besar, dan bisa akses semua fitur keren Zenius. Gue akan show off satu-satu fitur apa aja yang bisa membantu lo:

Video Materi dan Latihan Soal

Ada ratusan ribu video dan latihan soal untuk SD, SMP, SMA yang siap banget nemenin lo belajar, kapanpun, mulai dari mana aja. Sobat Zenius kalau mau lihat video materi dan latihan soal, as simply as klik ini ya! Setiap bab materi dilengkapi dengan pembelajaran konsep dan latihan soal untuk mengevaluasi pemahaman lo. 

Kalau di artikel ini salah satu tips belajar menjelang Penilaian Akhir Semester, mengasah fundamental skill lo. Video materi ini tepat banget untuk mempertajam konsep dasar materi. Dan latihan soal digunakan untuk mengevaluasi pemahaman lo.

Live Class

Lo udah perkaya fundamental skill lo dengan menonton video pembahasan materi. Ini saatnya lo belajar lebih interaktif secara live bareng tutor dengan fitur Live Class Zenius. Pemahaman materi akan lebih mantap lagi dengan tambahan insight keren dari tutor-tutor andalan Zenius.

Prediksi PAS

Lewat fitur ini lo bisa banget mengevaluasi pemahaman lo. Fitur Prediksi PAS, dirancang khusus sebagai simulasi ujian. Jadi, lo akan merasakan situasi ujian Penilaian Akhir Semester seperti aslinya. Gak cuma seperti latihan soal ujian biasa. Lo bakalan dikasih waktu terbatas saat mengerjakan soal, pokoknya persis banget kaya Penilaian Akhir Semester yang sebenarnya deh!

Sekarang, gue mau kasih lo link Prediksi PAS buat lo latihan nih:

Prediksi PAS Kelas 10

Prediksi PAS Kelas 11

Prediksi PAS Kelas 12

ZenBot

Kalo fitur canggih Zenius satu ini sih sahabat gue nih. ZenBot sering banget bantuin gue dari kesulitan menjawab soal Matematika, Fisika dan Kimia. Biasanya gue foto soal, terus kirim ke ZenBot. Kalau lo pakai Zenius App, nanti lo bisa langsung klik gambar ZenBot atau lo boleh nih fotoin soalnya terus kirim ke WhatsApp ini.

Sobat Zenius bisa pakai semua fitur melalui website dan Zenius App ya. Kalau lo udah beneran siap hadapi PAS, serta mulai tidak bisa menahan diri untuk mengerjakan latihan soal prediksi PAS di Zenius secara gratis, log in ke akun Zenius lo kemudian langsung aja klik ‘Mau Siap PAS’ pada gambar di bawah ini.

penilaian akhir semester

Ok deh Sobat Zenius, silakan menjelajahi semua fitur-fitur keren Zenius yang siap menemani, dan membantu PAS lo. Semangat terus ya, dan inget Siap Hadapi PAS, Mulai Dari Mana Aja!

Bagikan artikel ini: