komunisme_zenius_education

Paham Komunisme itu Gimana sih?

Kali ini, kita akan membahas apa itu komunisme, dari asal-usulnya hingga ciri-ciri dan tujuannya.

Sobat Zenius, kalo elo ditanya apa itu komunisme, kira-kira elo bakalan jelasin kayak gimana sih?

Coba simpan dulu ya jawaban elo di dalam hati. Sekarang, kita berkelana dulu ke masa lalu untuk mencari tahu cikal bakal paham komunisme dan kemudian bahas implementasi komunisme sepanjang sejarah.

Nanti, setelah elo baca artikel ini, elo kasih tahu gue ya, apa komunisme menurut elo di kolom komentar.

Latar Belakang Komunisme

Kisah ini dimulai pada abad ke-19, ketika manusia sudah mengenal alat berbasis mesin uap dan mengembangkan berbagai inovasi di bidang industri seperti alat pintal.

Seiring dengan berkembangnya revolusi industri yang pertama, pabrik dan buruh terus bertambah. 

ilustrasi_buruh_zenius_education
Ilustrasi Buruh dan Pekerja (Dok: Pixabay)

Orang yang dulunya bekerja sebagai tukang pembuat sepatu, penjahit, dan pengusaha rumahan mandiri, berubah pekerjaan menjadi pekerja atau buruh.

Mereka nggak mungkin melanjutkan usaha mereka yang dulu. Produk buatan pabrik jauh lebih murah dan cepat untuk dibuat. Selain itu, mereka juga nggak punya uang buat membeli alat atau teknologi pabrik.

Ratusan deretan manusia bekerja dan asap abu-abu mengepul dari gerbong pabrik, menandakan betapa sibuk dan suburnya dunia industri.

pekerja_industri_zenius_education
Pekerja atau Buruh Industri (Dok: limerickwriter via pinterest, History Crunch, Forrester)

Sekilas, ini terdengar seperti kemajuan yang hakiki, bukan? Produksi meningkat pesat, ribuan tenaga kerja terserap, dan teknologi terus berkembang.

Masalahnya, revolusi industri ini nggak berpihak kepada kaum buruh yang susah payah membanting tulang dengan jam kerja yang nggak manusiawi.

Selain upah yang sangat minim, keamanan para pekerja juga nggak terjaga. Singkatnya, kaum buruh ini diperas oleh orang-orang yang berkuasa akan modal dan peralatan industri yang ada.

Kaum pekerja ini nggak punya banyak pilihan. Kalo berhenti bekerja, tuan tanah dan rentenir sudah menunggu bayaran. Selain itu, para pekerja ini juga nggak punya modal maupun alat untuk memulai usaha sendiri.

Jadi, mau nggak mau, mereka terperangkap dalam eksploitasi para pemegang modal. Situasi ini mendorong tercetusnya sebuah pemahaman atau pemikiran yang dikenal sebagai marxisme, yang menjadi dasar dari komunisme.

Jadi, Siapa Pencetus Komunisme?

karl_marx_friedrich_engels_zenius_education
Karl Marx dan Friedrich Engels (Arsip Zenius Blog 2022)

Nah, paham komunisme yang dikenal sekarang awalnya dicetuskan oleh Karl Marx dan sahabatnya, Friedrich Engels, sebagai respons terhadap revolusi industri di Eropa.

Mereka merumuskan buah pikiran yang disebut Marxisme yang dipublikasikan lewat The Communist Manifesto pada tahun 1848. 

Pada dasarnya, Marxisme ini paham yang melawan penindasan terhadap buruh. Menurut teori ini, buruh pantas mendapatkan upah yang memadai dan lingkungan kerja yang baik supaya nggak berbahaya dan sakit-sakitan.

Marxisme bisa dikatakan sebuah teori yang menjadi acuan komunisme. Bisa dibilang, komunisme merupakan contoh implementasi praktis dari Marxisme. 

Makanya, Karl Marx seringkali dianggap sebagai The Father of Communism (Bapak Komunisme). 

BACA JUGA: Mengenal Tokoh Sosiologi dan Teorinya – Sosiologi Kelas 10

Sedangkan, Friedrich Engels memang nggak diberi gelar Bapak Komunisme, tapi bukan berarti Engels nggak berkontribusi banyak lho. 

Selain ikut berkolaborasi dalam penulisan The Communist Manifesto, Engels juga membiayai Marx dalam penelitiannya dan menjadi editor untuk publikasi ulang The Communist Manifesto setelah Marx meninggal.

Untuk membahas marxisme dengan lebih jelas lagi, coba deh elo tonton video di bawah ini. Pastikan elo sudah login akun Zenius supaya bisa akses videonya ya.

VIDEO: Marxisme, Komunisme, Sosialisme

marxisme_komunisme_zenius_education

Dari video barusan, sudah jelaskan apa itu marxisme dan latar belakangnya?

Jadi, sebenarnya marxisme itu merupakan teori yang menjelaskan bagaimana masyarakat kapital terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kaum borjuis (orang kaya, pemodal, tuan tanah) dan proletariat (pekeja atau buruh).

Kaum borjuis itu terus menjadi kaya karena mengeksploitasi kaum buruh. Namun, kaum buruh atau pekerja nggak menyadari hal tersebut.

Teori ini kemudian mengemukakan diperlukannya sebuah revolusi dimana kaum buruh bangkit dan sadar akan keadaan yang ada.

Nah, sekarang kita bahas apa itu komunisme ya.

Apa itu Komunisme?

Jadi, apa yang dimaksud dengan ideologi komunisme? Sebenarnya ini tergantung sih. Seiring dengan berjalannya waktu, komunisme di berbagai negara itu memiliki dasar yang sama namun bisa sedikit berbeda.

Pada umumnya, ideologi komunisme itu mengacu pada paham dimana aset dan modal itu harus dimiliki bersama, serta kepentingan bersama itu utama.

Jadi, biasanya pemerintah yang mengatur perekonomian, termasuk semua sumber daya dan aktivitas ekonomi.

Sehingga, nggak ada tuh kelompok yang kaya sendiri dan nggak ada juga yang namanya perusahaan swasta. 

Semuanya sudah diatur oleh pemerintah pusat. Harga barang dan komoditas pun juga sudah diregulasi.

Model Komunisme Leninisme

Ide dasar komunisme sebenarnya sudah pernah didiskusikan pada zaman dulu. Bahkan, pada era hidup Plato dan Aristoteles!

Namun, memang Karl Marx dan Friedrich Engels yang mempopulerkan ide komunisme yang kita kenal sekarang.

Setelah Marx dan Engels mempublikasikan manifesto mereka, implementasi tersebut mulai tersebar di berbagai penjuru dunia, dengan adaptasi yang disesuaikan dengan keadaan negara-negara yang ada.

Setelah kematian Marx, ide komunisme ini baru diangkat dan diimplementasikan secara praktis setelah adanya Revolusi Rusia.

Saat itu, Rusia sedang dalam keadaan genting, dimana rakyat nggak puas dengan pemerintah yang saat itu dipimpin oleh seorang kaisar dengan kekuasaan absolut.

Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai Revolusi Rusia, coba deh baca artikel di bawah ini.

BACA JUGA: Latar Belakang dan Dampak Revolusi Rusia

Secara singkat, Vladimir Lenin yang mempelajari Marxisme, mengimplementasikan ideologi komunisme-sosialisme terhadap Rusia setelah pemerintah berhasil dikudeta.

Lalu, mulai muncul model komunisme leninisme dan model komunisme lainnya yang berhubungan dengan marxism juga.

Apa saja model komunisme turunan marxism? Berikut ini beberapa contohnya.

Model Komunisme Tokoh Penting
Marxism–Leninism Joseph Stalin
Stalinism Joseph Stalin
Trotskyism Leon Trotsky
Maoism Mao Zedong
Eurocommunism Enrico Berlinguer

Ciri-Ciri Ideologi Komunisme

ciri_komunisme_zenius_education
Ciri-Ciri Komunisme (Arsip Zenius Blog 2022)

Berikut ini beberapa ciri-ciri atau karakteristik ideologi komunisme yang biasanya dibahas di pelajaran kewarganegaraan dan ilmu sosial.

    • Komunisme mengutamakan perjuangan kelas seperti perlawanan kaum proletariat (buruh dan pekerja) dengan kaum borjuis (kapitalis).
    • Umumnya penganut komunis menganggap Tuhan nggak ada alias ateis. Marx pernah mengatakan bahwa agama itu seperti opium (sejenis narkoba) untuk orang. Menurutnya, agama bisa digunakan para bos untuk membuat para pekerja menerima nasib dan perlakuan buruk. 
    • Kepemilikan barang, alat, dan aset lainnya milik bersama. Ini bisa dibilang merupakan ciri paling terkenal dari paham komunisme ya. Berhubung segala sumber daya itu milik umum atau komunal, nggak ada yang namanya hak milik pribadi.
    • Kepentingan bersama (seperti kelompok atau negara) diutamakan.
  • Continuous revolution, artinya revolusi komunis ini terus menjalar ke seluruh dunia.

Tujuan Komunisme

komunisme_milik_bersama_zenius_education
Ilustrasi Tujuan Komunisme (Arsip Zenius 2020)

Sekarang kita sudah mengenali apa itu komunisme dan ciri-cirinya. Kira-kira, apakah elo sudah bisa menyimpulkan apa tujuan penerapan ideologi tersebut?

Tujuan utamanya adalah untuk membuat rakyat sejahtera. Iya, harapan dari peniadaan kelas dan perataan kepemilikan sebenarnya agar semua rakyat bisa merasa sama dan sejahtera.

Asal-usul Lambang Palu Arit

Coba lihat simbol pada gambar  di bawah ini.

palu_arit_lambang_komunisme_zenius_education
Lambang Komunisme Palu Arit (Arsip Zenius Blog 2022)

Wah, pastinya elo langsung kepikiran sama komunisme dan Uni Soviet ya. Elo tahu nggak gimana awalnya lambang palu arit yang ikonik ini ada? 

Pada tahun 1917, ada sebuah kompetisi desain lambang Soviet. Nah, pemenangnya adalah Yevgeny Ivanovich Kamzolkin dengan desain seperti ini.

Yevgeny_Ivanovich_Kamzolkin_dan_Desain_Palu_Arit_Zenius_education
Yevgeny Ivanovich Kamzolkin dan Desain Palu Arit (Dok: THE SANGHA KOMMUNE (SSR) 2018)

Desain yang menang itu berupa palu dan arit yang berada di atas bola dunia di dalam sinar matahari, yang dikelilingi padi, di bawah sebuah bintang, dengan tulisan “proletarians of the world, unite!” (kaum proletariat di dunia, bersatu!) dalam enam bahasa.

Lambang palu dan arit ini merepresentasikan solidaritas para kaum pekerja dan petani. 

Perbedaan Komunisme dan Sosialisme

Dulu perbedaan komunisme dan sosialisme seringkali menjadi bahan perdebatan. Apalagi, Karl Marx dulu menggunakan dua istilah ini secara bergantian untuk mendeskripsikan hal yang sama.

Sebenarnya, ada beberapa kunci perbedaan antara komunisme dan sosialisme. Agar lebih mudah, coba lihat tabel di bawah ini ya.

Komunisme Sosialisme
Nggak ada properti atau aset pribadi, semua hal serba dimiliki bersama. Semua diatur oleh pemerintah sentral. Tiap individu masih boleh memiliki properti atau aset pribadi, namun produksi industri tetap dimiliki bersama dan diatur oleh pemerintah terpilih.
Setiap orang mendapatkan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Setiap orang mendapatkan sesuai dengan porsi kontribusi mereka.

Sebagai catatan, belum ada satupun negara di dunia yang berhasil mencapai komunisme atau sosialisme murni. 

Artinya, negara-negara yang sekarang mengimplementasikan komunisme atau sosialisme, biasanya masih punya pengecualian tertentu yang nggak memenuhi ideologi tersebut.

Negara yang Menganut Komunisme

Selanjutnya, berikut ini berbagai negara yang pernah menganut dan yang masih berkaitan dengan paham komunisme hingga sekarang.

Kalo ada tambahan negara dan informasi, boleh banget ya elo komen di kolom komentar. Nanti, kita bisa diskusi bareng.

Negara Komunis Saat Ini

negara_komunis_zenius_education
Negara yang Berkaitan dengan Paham Komunis (Arsip Zenius Blog 2022)

Saat ini, ada lima negara yang berkaitan dengan ideologi komunis, seperti Cina, Cuba, Laos, Korea Utara, dan Vietnam.

Implementasi komunisme di tiap negara ini tentu berbeda-beda ketentuannya, namun memiliki dasar pemahaman yang sama.

Negara yang Pernah Komunis

Berikut ini negara yang pernah mengimplementasikan ideologi komunis atau setidaknya pernah berkaitan dengan paham komunis.

  • Bagian dari Uni Soviet: Armenia, Azerbaijan, Belarus, Estonia, Georgia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Latvia, Lithuania, Moldova, Rusia, Tajikistan, Turkmenistan, Ukraine, dan Uzbekistan.
  • Asia: Afghanistan, Cambodia, Mongolia, dan Yemen.
  • Afrika: Angola, Benin, Dem Rep. of Congo, Ethiopia, Somalia, Eritrea, dan Mozambique.
  • Balkan: Albania, Bosnia and Herzegovina, Bulgaria, Croatia, Rep. of Macedonia, Montenegro, Serbia,dan Slovenia.
  • Negara lain di bawah kontrol Soviet: Bulgaria, Republik Czech, Jerman Timur, Hungaria, Polandia, Romania, dan Slovakia.

BACA JUGA: Tembok Berlin: Sejarah Kebangkitan dan Keruntuhannya

Penutup

Oke, Sobat Zenius, itulah pembahasan singkat soal komunisme. Mungkin, paham ini seringkali dipandang sebagai ajaran sesat atau ideologi kelompok bagian ‘kiri’ yang harus dilawan. 

Namun, kalo dilihat lagi, sebenarnya cikal bakal komunisme, marxisme, lebih merupakan sebuah teori atau analisis terhadap situasi dunia industri untuk memihak kepada kaum pekerja demi mencapai masyarakat yang adil dan makmur.

Bagaimana Sobat Zenius, jadi apa pendapat elo soal paham yang satu ini? Jawab di kolom komentar ya.

Kalo elo punya pertanyaan maupun pernyataan, jangan ragu buat komen di kolom komentar juga, oke? Sampai sini dulu artikel kali ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya, ciao!

BACA JUGA: Penalaran Sejarah: Kenapa Manusia Memilih Berdemokrasi?

Referensi

Communism – Britannica (updated 2021)

Communism – Investopedia (updated 2020)

Communism – Society National Geographic (n.d.)

Communist Countries – WorldAtlas (n.d.)

Communist Countries, Past and Present – Infoplease (updated 2017)

Difference between Marxism and Communism – BYJU (n.d.)

Difference Between Communism and Marxism (With Table) – Ask Any Difference (n.d.)

Everyone knows about Karl Marx, but what about Friedrich Engels? – The Conversation (2018)

How Are Socialism and Communism Different? – History (updated 2020)

Know why Karl Marx called religion “the opium of the people” and his dream of a communist revolution – Britannica (n.d.)

Latar Belakang dan Dampak Revolusi Rusia – Materi Sejarah Kelas 11 – Zenius (2022)

Marxism – Britannica (2021)

Mystical emblem: The secrets of the hammer and sickle – Russia Beyond (2014)

Prolog Materi: Runtuhnya Komunisme – Zenius (n.d)

Timeline: Communism – HistoryWorld via Oxford Reference (2012)

Bagikan Artikel Ini!