soal simak ui bahasa inggris

Cara Efektif Mengerjakan Soal Pilihan Ganda

Sebagian orang mungkin menganggap mengerjakan soal pilihan ganda lebih gampang dibandingkan dengan esai. Alasan tersebut cukup sederhana yaitu dikarenakan terdapat opsi pilihan. Padahal, ada beberapa tips agar Kamu tidak memilih secara asal.

Beberapa Cara Efektif Mengerjakan Soal Pilihan Ganda

soal pilihan ganda zenius education

Dikarenakan pilihan ganda memberikan sinyal terhadap jawaban dari pertanyaan, maka hal tersebut membuatnya tak begitu sulit. Namun, hal itu tidak jarang mengerjakannya secara asal disebabkan kesulitan. Untuk menghindarinya, berikut beberapa tips mengisi pilihan ganda.

1. Cari Pilihan yang Salah

Pada dasarnya, mencari jawaban benar memang lebih sulit jika dibandingkan dengan yang salah. Itulah mengapa, Kamu harus menemukan terlebih dahulu hasil yang bukan atau tidak mungkin dijadikan jawabannya. Hal ini guna memperkecil pilihan sehingga lebih bisa fokus.

Apabila pilihan ganda sudah menjadi lebih sedikit, maka tugas Kamu adalah mencari jawaban yang salah berikutnya. Tentu hal ini guna membuatnya semakin kecil sehingga yang tadinya 4 pilihan dan kini hanya 2. Alhasil, kemungkinan besar jawabannya ada diantara dua ganda itu.

2. Baca Semua Pilihan Gandanya

Terkadang bingung mencari jawaban yang bukan berarti tidak mengetahuinya, hanya saja lupa. Itulah mengapa sangat disarankan untuk membaca semua pilihan gandanya secara berulang. Hal tersebut guna merangsang otak supaya ingat perihal apa yang sudah dipelajari.

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Mengetahui Resensi Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Membedakan Unsur Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Mengerti Bahasa Panda
Cara Menulis Puisi yang Baik
Cara Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Dengan begitu, besar kemungkinan Kamu akan secara perlahan mengingat apa jawaban dari pertanyaannya. Meskipun dihadapi beberapa pilihan, setidaknya diantara semua ganda, ada satu atau dua yang diyakinkan benar. Kemudian, cobalah kembali baca ulang sampai ingat.

3. Tandai Jawaban yang Mendekati Benar

Setelah melewati beberapa proses untuk bisa menemukan pilihan, maka munculah jawaban yang mungkin mendekati benar. Jika begitu, jangan lupa untuk memberikannya tanda kalau Kamu memang belum yakin. Hal ini bertujuan untuk nantinya dilakukan evaluasi tahap dua.

Evaluasi tahap adalah, ketika Kamu sudah menyelesaikan semua soal dan masih punya waktu maka kembali ke pertanyaan sebelumnya. Dengan jawaban yang telah ditandai lagi, setidaknya fokus tidak akan terbagi dan hanya berusaha meyakini benar atau salah pilihan.

4. Cari Jawaban yang Tak Logis

Sering kali, dalam mengerjakan soal pilihan ganda pasti terdapat jawaban yang dirasa kalimat atau tulisan tidak logis. Hal tersebut dapat Kamu lihat dari susunan kata atau tanda bacanya yang berantakan. Dengan begitu, ini bisa dijadikan opsi bahwa itu adalah bukan pilihannya.

Jika Kamu sudah memastikan kalau bukan pilihannya, maka berikan tanda. Dengan begitu, yang tadinya terdapat 4 jawaban kini hanya tersisa 2 saja. Alhasil, kemungkinan besar jawaban ada diantaranya sehingga bisa mencoba untuk dicari tahu kembali mana pilihannya.

5. Menebak Secara Cerdas

Cara efektif mengerjakan soal pilihan ganda berikutnya adalah dengan menebak secara cerdas. Tentu metode ini sangat sering digunakan apabila sudah mencapai level menyerah dan waktu ujian habis. Maka, jalan terakhirnya adalah mencari jawabannya dengan menebak.

Namun, terlepas dari itu, ada yang harus Kamu perhatikan ketika ingin menebak jawabannya. Pastikan bahwa soal sudah dibaca dengan seksama bahkan dilakukan secara berulang. Lalu, memberikan jeda sebentar untuk berpikir, jika sudah mentok maka tebak yang paling mungkin.

6. Cari Jawaban yang Bersifat Informatif

Jalan lain yang mungkin bisa Kamu gunakan dalam mengerjakan soal pilihan ganda untuk menemukan pilihan benar adalah, cari jawaban yang bersifat informatif. Hal ini bertujuan guna mengambil keputusan terhadap pilihan yang mungkin itu jawabannya. Jadi, baca dengan seksama terlebih dahulu soalnya.

Selain itu, hal yang harus diperhatikan adalah relevansi antara soal dan jawabannya. Jangan sampai, sifatnya informatif tapi melancong jauh dari pertanyaan. Jadi perhatikan, apakah jawabannya sesuai dan selaras dengan pembahasannya, apabila benar, berikan tanda.

7. Cari Jawaban yang Kamu Yakini Benar

Pada dasarnya metode ini hampir sama dengan menebak secara cerdas, hanya saja ada satu jawaban yang diyakini. Masalahnya adalah, kurangnya penekanan akan bukti atau data kalau memang itu jawabannya yang benar. Namun, secara insting, pilihan tersebut dipercayai.

Kalau sudah dalam situasi seperti itu, maka langsung saja Kamu tandai atau mungkin langsung jawab. Namun, syaratnya sudah membaca soal dan pilihan gandanya secara detail. Harapannya adalah guna meningkatkan daya rangsangan otak untuk meyakinkan jawaban.

8. Baca Soal Secara Berulang

Terkadang untuk menemukan jawaban yang sebenaknya, Kamu hanya perlu memperhatikan soal dengan seksama. Itulah mengapa wajib membacanya secara berulang agar bisa menemukan pilihannya. tTerlebih jika soal tersebut bisa dikatakan sangat panjang.

Biasanya, hal ini terjadi pada pelajaran bahasa Indonesia. Dimana isi soalnya berupa cerita ataupun rangkaian kalimat yang harus diperhatikan. Hal ini tentu dibutuhkan konsentrasi agar memahaminya dengan benar. Alhasil, jawaban akan ditemukan secara mudah.

9. Dahulukan Soal yang Kamu Tahu Jawabannya

Terlepas dari semua metode yang bisa membantu Kamu menjawab dan mengerjakan soal pilihan ganda, tantu hal ini juga sangat penting. Apabila dirasa masih bingung terhadap beberapa pertanyaan, maka tinggalkan saja. Kerjakan terlebih dahulu soal yang jawabannya sudah diketahui.

Hal ini bertujuan agar tidak membuang-buang waktu karena harus memikirkan satu soal saja. Itulah mengapa, sangat disarankan agar meninggalkannya saja dahulu. Nanti, apabila waktu masih tersisa, maka gunakan untuk mencari jawaban yang belum terisi tadi.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa cara efektif mengerjakan soal pilihan ganda. Apabila sudah mentok dan tak tahu akan jawabannya, maka tips diatas bisa diterapkan. Namun, hal utama dari semuanya adalah belajar dengan benar guna persiapan ujian.

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Bagikan artikel ini