5 Cara Memilih Jurusan SNMPTN yang Tepat ala Zenius

SNMPTN

Hi Sobat Zenius, gimana nih persiapan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) lo? Sudah tau cara memilih jurusan SNMPTN yang tepat? Buat yang masih bimbang, tenang aja, kali ini gue mau berbagi 5 cara memilih jurusan di PTN impian lo.

Kali ini gue bakalan kupas tuntas mengenai ketentuan LTMPT terhadap pemilihan Program Studi (Prodi), berbagi strategi memilih jurusan SNMPTN, serta mencoba menjawab pertanyaan Sobat Zenius yang masih wondering pilih dua jurusan di satu kampus tuh boleh gak ya? Dan beberapa pertanyaan lain perihal SNMPTN. Yuk langsung aja ke pembahasan pertama, mengenai ketentuan LTMPT.

Ketentuan LTMPT Mengenai Pemilihan Prodi

Sebelum gue sharing 5 cara memilih jurusan SNMPTN yang tepat, ada baiknya lo tau dulu nih ketentuan pilihan program studi dari LTMPT. Jadi jurusan yang sudah lo idamkan sejak lama terasa semakin nyata dan mudah diraih ketika lo tau ketentuannya.

Ketentuan LTMPT memiliki tiga poin penting dalam pemilihan jurusan SNMPTN, ialah:

1. Peserta SNMPTN dapat memilih dua program studi di satu atau dua PTN.

2. Jika memilih dua Prodi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan sekolah asal. Kalau hanya memilih satu Prodi, lo dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.

3. Disarankan tidak lintas minat, namun hal ini tergantung PTN yang dituju ya, Sobat Zenius.

Nanti gue akan jelaskan lebih detail pada pertanyaan yang muncul terkait penjurusan ini di bagian bawah, atau lo mau tau dulu cara daftar SNMPTN, klik di sini ya. Sekarang gue mau berbagi tips jitu memilih jurusan SNMPTN. 

Strategi Memilih Jurusan SNMPTN

jurusan SNMPTN
Source: Unsplash

Sebenarnya pada bagian ini gue cuma mau mengelaborasi tentang mengenali diri sendiri, tapi sepertinya Sobat Zenius membutuhkan strategi memilih jurusan SNMPTN yang lebih jitu. Agar tidak merasa salah pilih jurusan, lalu terjebak, kemudian membuat lo gak semangat kuliah di pertengahan. Gue gak mau Sobat Zenius berada dalam posisi itu. Jadi, gue sekarang mau coba berbagi 5 cara memilih jurusan SNMPTN yang tepat. Baiklah, ini caranya:

  1. Pahami Minat dan Bakat

Mulailah mengenali diri lebih baik, Sobat Zenius. Kalau lo mau coba tes minat dan bakat, itu bisa banget lo lakuin. Akan tetapi nanti setelah lo dapat hasilnya, lo harus juga nih cari ke dalam diri lo, memastikan kembali bahwa hasil dari tes minat dan bakat itu memang benar-benar sesuai dengan yang lo inginkan dan idamkan sejak lama. Lo juga  bisa nih memproyeksikan diri lo lima tahun ke depan. Profesi apa yang ingin lo geluti nantinya dengan jurusan tersebut.

  1. Riset Jurusan yang Dipilih

Selanjutnya, ini penting Sobat Zenius. Lo benar-benar perlu mengetahui sebanyak-banyaknya seluk beluk jurusan dan PTN yang dituju.

Memiliki bekal informasi yang banyak mengenai jurusan dan kampus impian agar lo semakin yakin. Informasi kan sekarang sudah berada dalam genggaman lo, bisa lo baca artikel, sosial media, informasi di website kampus yang lo tuju, tanya-tanya kakak kelas yang sudah kuliah di kampus idaman, atau bisa juga ikut sosialisasi dari PTN yang biasanya diselenggarakan di sekolah.

Apa aja yang perlu gue gali, Yes? Banyak! Mulai dari mata kuliah, lokasi kampus atau kalau lo menargetkan PTN di luar kota, bisa sekalian lo cari tau tempat tinggal sementara lo di dekat kampus. Reputasi kampus, tenaga pengajarnya, ikatan alumni, biaya pendidikan. Kenapa biaya pendidikan? Serius, ini perlu lo ketahui juga. Agar lo bisa bertanggung jawab menyelesaikan kuliah lo dengan baik dan IPK yang baik. Bisa jadi kebanggaan orang tua yang sudah membiayai. Selanjutnya prospek karir. 

Lo juga bisa nih cari tahu kuota di PTN tersebut. Bisa juga cari tahu jurusan yang paling diminati pada artikel ini, dan jurusan SNMPTN yang jarang diminati di sini.

  1. Konsultasi dengan Orang Dekat

Perlu juga tanya pendapat orang tua mengenai pilihan lo. Diskusikan pilihan jurusan kuliah bisa juga dengan ahlinya, terdekat di sekolah bisa sama guru BK. Boleh juga lo share dengan teman seperjuangan, tapi jangan sampai lo terinfluence ikutan temen buat memilih jurusan yang sama dengan dia ketika kalian bertukar informasi mengenai jurusan yang diminati. Arti lain, jangan sampai lo milih jurusan karena lo ikut-ikutan, aja.

  1. Memahami Konsekuensi Pilihan

Mengetahui konsekuensi dari pilihan jurusan kuliah yang dipilih itu penting. Lo harus bisa melihat sisi positif dan negatifnya, supaya dapat menentukan pilihan yang tepat dan tidak merasa salah jurusan.

  1. Cari Tahu Peluang Bidang Kerja

Pastinya setelah lulus lo mau menghasilkan uang sendiri, dapat pekerjaan sesuai jurusan kuliah dan passion lo, sehingga dapat menyatakan mandiri secara finansial tanpa membebani orang tua lagi. Alangkah baiknya setelah mengetahui minat dan bakat, cari tahu sebanyak mungkin peluang pekerjaan setelah lo lulus kuliah nanti.

Kalau lo masih merasa kurang yakin dengan penjelasan gue di atas, ada rumus memilih jurusan yang ditulis teman gue dan bisa banget lo baca.

Pertanyaan yang Sering Muncul Mengenai Pemilihan Jurusan SNMPTN

Sebenarnya jurusan apa saja yang ada di SNMPTN? Banyak sekali Sobat Zenius, karena terlalu banyak ini sering kali membuat lo bingung, makanya gue kasih tips untuk memilih jurusan, menggali potensi diri dan mengetahui keinginan hati lo, hehehe… Gue tahu banget kalau pertanyaannnya gak berhenti sampai di situ aja, oleh sebab itu gue mau coba menjawab beberapa pertanyaan yang sering muncul.

Berapa Jurusan yang Bisa Dipilih di SNMPTN

Sesuai ketentuan LTMPT yang sudah gue sebutkan di atas, lo hanya boleh memilih dua jurusan. Gue rasa ini menjawab pertanyaan, penjelasan lain akan dijawab pada pertanyaan selanjutnya.

Apakah SNMPTN Bisa Memilih 2 Universitas?

Hal ini agak tricky ya Sobat Zenius. Kalau lo sudah tentukan satu Prodi, tapi lo mau coba peruntungan di dua PTN, lalu lo bingung bagaimana cara membuat daftar jurusan SNMPTN di kedua PTN yang berbeda. Gini contohnya ya:

Misalnya lo sekolah di Yogyakarta:

Pilihan 1: Psikologi, UGM (Yogyakarta)

Pilihan 2: Psikologi, UNDIP (Semarang)

Jadi lo dapat memilih dua PTN berbeda asalkan satu dari pilihan PTN tersebut masih satu daerah dengan SMA lo. Prodi SNMPTN pada pilihan kedua memiliki peluang lolos lebih besar daripada pilihan pertama. So, jangan salah nempatinnya ya, Sobat Zenius.

Terus, kalau dua Prodi berbeda di dua PTN berbeda juga, gimana? Bisa! Gas! Tapi aturannya tetap sama ya. Harus satu provinsi SMA dan pilihan kedua berpeluang lolos lebih besar. Contohnya:

Misalnya lo sekolah di Jakarta

Pilihan 1: Manajemen, Universitas Udayana (Bali)

Pilihan 2: Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta (Jakarta)

Apakah SNMPTN Bisa Lintas Jurusan?

Mmmmm… Gimana ya? Sebetulnya bisa Sobat Zenius, hanya saja LTMPT tidak menyarankan. Pilihan ini tergantung pada PTN-nya. Hal lain yang patut dipertimbangkan: Pikirkan ulang lagi, jangan terburu-buru, dan jangan sampai hanya karena lo anak IPS dan sahabat lo IPA lalu ia mau ambil jurusan Biologi Murni terus lo ikutan. Lo harus siap belajar lebih keras dan cerdas. Terus… kemungkinan besar lo gak bisa ikutan SNMPTN, jadi lo harus siapkan back up plan untuk ikut tes SBMPTN dan Ujian Mandiri.  

Apakah Bisa Memilih 2 Jurusan Berbeda di Satu PTN?

Jawabannya, tentu bisa. Pilih 2 Jurusan di 2 PTN berbeda saja bisa, apalagi dua jurusan di satu PTN. Eits… tapi pastiin dulu PTN-nya berada di satu provinsi sekolah lo sekarang. Contoh:

Misalnya lo sekolah di Bandung

Pilihan 1: Kedokteran, UNPAD (Bandung)

Pilihan 2: Kedokteran Gigi, UNPAD (Bandung)

Kalau lo perhatiin cara gue urutin jurusan SNMPTN di atas, bisa diliat kalau gue urutkan jurusan dengan keketatan yang lebih tinggi ada di urutan pertama. Jurusan populer biasanya cenderung difavoritkan dan dipilih oleh banyak calon mahasiswa. Maka, peluang lolos SNMPTN pada jurusan favorit tersebut menjadi semakin kecil. Tapi, layak dicoba.

Perhatiin juga, jurusan pada urutan kedua cenderung berada pada satu bidang ilmu dengan pilihan pertama. Kalau lo tertarik dengan ilmu kesehatan, jurusan kebidanan masih berada di lingkup ilmu yang linear dengan kedokteran. Gue rasa itu cara memilih jurusan SNMPTN yang tepat.

Sejauh ini gimana, Sobat Zenius? Semakin jelas dan dekat kan pilihan jurusan SNMPTN yang align dengan cita-cita serta passion lo? Kalau lo butuh latihan soal untuk mengasah kemampuan menuju UTBK, bisa langsung cobain Try Out Online di Zenius. See you next time, jaga kesehatan, siapkan diri untuk berbagai ujian dan semangat terus!

Bagikan Artikel Ini!