pujian untuk siswa

20 Jurusan Paling Diminati di SNMPTN, Mana yang Jadi Pilihan Lo?

Halo Sobat Zenius, apa kabar? Kembali lagi dengan Sabrina di sini. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah di depan mata nih, saatnya kita menyusun strategi supaya bisa lolos SNMPTN 2022. Kali ini, gue akan ngajak lo buat me-review jurusan yang paling diminati oleh peserta SNMPTN. Baca artikel ini sampai selesai, yuk!

Sebelum lebih jauh, gue mau tanya dulu nih, adakah di antara lo yang sudah menentukan mau kuliah di jurusan apa? Sudah mulai cari tahu SNMPTN 2022 kapan dibuka? Nah, lo tentu setuju kalau memilih jurusan saat SNMPTN gak boleh sembarangan, kan? Soalnya nasib lo selama kurang lebih empat tahun ke depan di Universitas akan ditentukan oleh pilihan lo saat mengikuti SNMPTN. 

Daftar Jurusan yang Paling Diminati Selama SNMPTN 2021

Sebagai referensi memilih jurusan, gue akan menjabarkan data jurusan yang paling diminati dari SNMPTN 2021 kemarin. Jurusan yang paling diminati ini berasal dari jurusan saintek (IPA) dan jurusan soshum (IPS):

20 jurusan saintek yang paling diminati selama SNMPTN 2021:

NoProdiPTNPresentase (%)Keketatan
1Teknik InformatikaUniversitas Padjadjaran1.00(keketatan 1:100)
2Farmasi Universitas Sebelas Maret1.10(keketatan 1:91)
3KeperawatanUniversitas Sultan Ageng Tirtayasa1.25(keketatan 1:80) 
4FarmasiUniversitas Syiah Kuala1.27(keketatan 1:79) 
5FarmasiUniversitas Padjadjaran1.30keketatan 1:77
6Farmasi 
Universitas Diponegoro1.33(keketatan 1:75)
7Gizi Universitas Pendidikan Indonesia1.43(keketatan 1:70)
8InformatikaUniversitas Sultan Ageng Tirtayasa1.46(keketatan 1:68) 
9FarmasiUniversitas Negeri Semarang 1.47(keketatan 1:68)
10PsikologiUniversitas Padjadjaran1.48(keketatan 1:67)
11Ilmu KomputerUniversitas Negeri Jakarta1.49(keketatan 1:67) 
12Teknik Informatika Universitas Hasanuddin1.52(keketatan 1:66)
13Psikologi, Universitas Sebelas Maret1.54(keketatan 1:65) 
14Informatika Universitas Sebelas Maret1.56(keketatan 1: 64) 
15Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta1.58(keketatan 1:63) 
16FarmasiUniversitas Hasanuddin1.64(keketatan 1:61)
17Teknik Informatika Politeknik Negeri Bandung1.65(keketatan 1:60)
18Gizi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa1.66(keketatan 1:60)
19FarmasiUniversitas Sumatera Utara1.69(keketatan 1:59)
20Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa1.70(keketatan 1:58

20 jurusan soshum yang paling diminati selama SNMPTN 2021:

NoProdi PTNPresentase (%) Keketatan
1Manajemen Universitas Negeri Jakarta0.78(keketatan 1:128)
2ManajemenUniversitas Padjadjaran0.91(keketatan 1:109)
3Ilmu KomunikasiUniversitas Negeri Jakarta0.99(keketatan 1:109)
4Ilmu Komunikasi
Universitas Padjadjaran0.99(keketatan 1:101)
5PGSD Universitas Sriwijaya1.17(keketatan 1:85) 
6ManajemenUniversitas Negeri Medan1.22(keketatan 1:82)
7ManajemenUniversitas Pendidikan Indonesia1.33(keketatan 1:75)
8PsikologiUniversitas Pendidikan Indonesia1.36(keketatan 1:74) 
9ManajemenUniversitas Gadjah Mada1.71(keketatan 1:58)
10Sastra InggrisUniversitas Negeri Jakarta1.75(keketatan 1:57)
11PGSDUniversitas Tanjungpura1.76(keketatan 1:57) 
12Akuntansi Universitas Negeri Jakarta1.77(keketatan 1:56)
13Manajemen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa1.79(keketatan 1:56)
14Bahasa dan Kebudayaan Korea Universitas Gadjah Mada1.8(keketatan 1:56)
15Pendidikan Vokasi Seni Kuliner Universitas Negeri Jakarta1.8(keketatan 1:56)
16Ilmu Hubungan InternasionalUniversitas Gadjah Mada1.85(keketatan 1:53)
17Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta1.9(keketatan 1:51) 
18Ilmu KomunikasiUniversitas Gadjah Mada1.97(keketatan 1:54)
19ManajemenUniversitas Hasanuddin1.98(keketatan 1:51)
20Ilmu PAIUniversitas Pendidikan Indonesia1.98(keketatan 1:51)

Nah itu tadi data dari 20 jurusan saintek dan soshum yang keluar sebagai jurusan yang paling diminati selama SNMPTN 2021. Gimana? Apakah jurusan incaran lo juga ada di daftar tersebut? Kalau ada jangan panik, karena meskipun keliatan di data ketat semua nih persaingannya, lo masih bisa masuk kok ke jurusan impian.

Faktor Penentu Lulus SNMPTN

Sudah tahu jurusan yang paling diminati di SNMPTN?

Hal ini dikarenakan jurusan paling diminati di SNMPTN itu tidak hanya menerima lo karena melihat nilai rapor, ada pertimbangan lain yang membuat universitas menerima mahasiswa baru jalur SNMPTN. Nih, gue kasih faktor-faktor apa saja yang bisa membuat siswa diterima di perguruan tinggi lewat SNMPTN:

Faktor Kualifikasi Siswa

Faktor ini adalah cara lulus SNMPTN yang melihat dari capaian siswa selama sekolah, dengan beberapa poin yang bisa menjadi penilaian antara lain:

Nilai rapor: meliputi besar nilai, konsistensi nilai, rata-rata nilai, dan nilai mapel tertentu

Prestasi siswa: bisa prestasi tingkat internasional, nasional, propinsi, hingga kabupaten/kota

Faktor Indeks Sekolah

Faktor kedua ini adalah cara lulus SNMPTN yang melihat dari indeks nilai sekolah di suatu PTN. Indeks SMA X di PTN A bisa berbeda dengan indeks SMA X di PTN B.

Faktor Pemerataan Daerah

Faktor ketiga ini berkaitan dengan kebijakan PTN untuk memberikan kuota/jatah kepada daerah yang kelak setelah lulus diharapkan bisa memajukan dan berkontribusi untuk daerah asal. 

Bisa jadi, beberapa siswa di daerah terpencil di Indonesia mendapatkan “jatah” daerah, meskipun sebetulnya nilai raport dan indeks sekolah mereka relatif tidak sebaik para pesaing peserta SNMPTN lain yang ada di kota besar.

Kalau sudah mendapatkan kesempatan mengikuti SNMPTN dan sudah memilih jurusan. Gue saranin lo segera melupakan SNMPTN, bukan berarti masa bodo ya. Berdoa untuk kesuksesan di SNMPTN, harus banget tapi kalo sampai berharap di SNMPTN secara berlebihan dan akhirnya lo gak memikirkan kemungkinan lain, juga salah besar. 

Gue udah jelasin diatas, banyak faktor-faktor lain yang bisa membuat siswa diterima di jurusan favorit atau jurusan paling diminati di SNMPTN. Kalau ternyata hasil SNMPTN tidak seperti yang lo harapkan, gak masalah karena jumlah siswa yang diterima SNMPTN emang gak banyak.

Berdasarkan data SNMPTN 2021 kemarin, total pendaftar SNMPTN tuh ada 854.599 ribu orang untuk jalur SNMPTN biasa ditambah dengan 134.134 ribu orang lewat SNMPTN KIP Kuliah. 

Tapi yang diterima hanya adal 110.459 ribu aja. Artinya dari semua yang mendaftar hanya ada 11,27 persen siswa yang diterima. Kecil banget kan?

Biar persiapan lo makin maksimal, lo juga perlu tahu informasi tips dan contoh nilai yang diterima SNMPTN di artikel ini: Lulus SNMPTN 2022 – Info dan Tips SNMPTN Terbaru!

Daftar jurusan yang paling diminati di SNMPTN, ada yang jadi incaran lo?
Total pendaftar dan total siswa yang diterima lewat SNMPTN 2021

Inilah pentingnya kenapa lo gak boleh terlalu berharap sama jurusan favorit atau jurusan yang paling diminati di SNMPTN. Lo juga harus siap tempur di jalur lain, misalnya lewat UTBK SBMPTN atau ujian mandiri. 

Nah, tips supaya lo siap untuk menghadapi UTBK SBMPTN salah satunya dengan banyakin ikutan try out SBMPTN. Kalo lo mau yang praktis, lebih fleksibel dan bisa dikerjain dari mana aja, lo bisa ikutan try out SBMPTN online.

Ngomongin try out UTBK online, Zenius juga sering mengadakan event TO UTBK, lho. Lewat try out ini lo bisa mencoba latihan dengan soal try out yang mirip sama soal UTBK asli. Ditambah sistem penilaian try out di Zenius sama dengan sistem penilain UTBK asli.

Setelah mengikuti try out supaya bisa masuk jurusan yang paling diminati di SNMPTN terbaru, lengkap dengan tips lolos SNMPTN. Baca ulasannya di sini!adalah lo bisa mengevaluasi hasil try out dengan memahami materi dari soal-soal yang sebelumnya belum bisa lo jawab. Untuk itu, lo harus mencari tempat try out yang menyediakan penjelasan lengkap dari setiap soal.

Bukan cuman dikasih kunci jawaban, tapi lo gak tau ini asal jawabnnya dari mana. Kalo lo ikut try out bareng Zenius, lo gak perlu khawatir karena Zenius selalu memberikan jawaban dan penjelasan try out lengkap dalam bentuk video yang lebih mudah dipahami.

Kalo mau tau lebih lanjut gimana cara ikutan try out bareng Zenius, lo bisa baca artikel ini ya: Yuk Try Out Online di Zenius, Makin Siap Kejar UTBK!

Khusus UTBK SBMPTN, lo bisa memulai dengan banyakin ikut try out UTBK SBMPTN, bisa yang offline atau kalo mau lebih praktis dan fleksibel karena bisa dikerjain dimana aja, lo bisa ikut try out online. 

Itu tadi tips buat lo yang mungkin kurang beruntung di SNMPTN. Nah kalo ternyata lulus SNMPTN, sebenarnya setelah lulus SNMPTN apa yang harus dilakukan sih?

Kalau akhirnya diberi kesempatan masuk jurusan yang paling diminati di SNMPTN, artinya lo juga harus segera mempersiapkan hal-hal yang diperlukan setelah pengumuman. 

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Lulus SNMPTN

Nah, kalau lo sudah paham tentang faktor penentu kelulusan SNMPTN, mungkin lo juga bakal bertanya setelah lulus SNMPTN apa yang harus dilakukan? Berikut ini udah gue rangkum langkah apa aja yang harus disiapkan setelah pengumuman SNMPTN, antara lain:

Cari Tahu dan Siapkan Berkas Verifikasi Data SNMPTN

Cari tahu mengenai dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan untuk daftar ulang SNMPTN. Syarat-syarat administrasi adalah hal yang sangat penting, jangan menyepelekan jadwal pendaftaran ulang atau berkas-berkas yang harus diserahkan saat pendaftaran ulang nanti ya. 

Pantau Jadwal Daftar Ulang SNMPTN

Supaya gak ketinggalan info, penting buat lo untuk mantengin website atau sosial media official dari universitas tempat lo diterima. Fungsinya supaya kalau ada pengumuman daftar ulang lo bisa langsung tau kapan dan dimana.

Gabung Grup Jurusan

Biasanya, setelah hasil SNMPTN diumumkan, para mahasiswa baru akan membuat grup komunikasi. Baik yang diarahkan oleh panitia orientasi fakultas/jurusan atau atas inisitaif mereka sendiri. 

Sangat penting untuk lo untuk masuk ke grup ini, supaya lo gak ketinggalan informasi mengenai perkuliahan dan lo bisa lebih mengenal teman seangkatan.

Cari Tau Seputar Kurikulum Jurusan

Jawaban dari pertanyaan, “Setelah lulus SNMPTN apa yang harus dilakukan?” lainnya adalah cari tau mengenai kurikulum jurusan, mata kuliah yang akan lo pelajari sampai buku-buku apa yang biasanya dipakai saat kuliah. Ini penting banget supaya lo bisa cepat beradaptasi dengan pelajaran yang akan lo terima di kuliah. 

Cek Peluang Beasiswa

Selanjutnya adalah mengecek peluang beasiswa. Ini bisa lo lakukan di awal masuk perkuliahan karena biasanya beasiswa punya standar dan kriteria yang harus dipenuhi. Misalnya Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari semester 1-4 harus diatas 3,00. Nah, artinya lo harus belajar yang rajin supaya IPK lo selama di kuliah gak jeblok dan lo bisa apply untuk beasiswa.

Cari Tau Lingkungan Sekitar Kampus

Langkah apa saja yang harus disiapkan setelah pengumuman SNMPTN selanjutnya adalah mencari tahu lingkungan sekitar kampus. Ini berguna supaya lo bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan baru yang akan lo tinggali selama kurang lebih 4 tahun kedepan.

Cari tahu mengenai tempat tinggal (kost), tempat makan, toko perlengkapan alat tulis, tempat fotokopi, sampai tempat ngopi/nongkrong yang tersedia di sekitar kampus. Selain akan mempermudah lo untuk beradaptasi di lingkungan baru, juga akan mempermudah lo mengatur budget untuk kebutuhan hidup selama kuliah.

Nah, segitu dulu informasi yang bisa gue sampaikan mengenai jurusan yang paling diminati di SNMPTN terbaru, lengkap dengan tips lolos SNMPTN.

Kalo lo masih penasaran dengan tips dan trik SNMPTN lainnya, lo bisa mantengin youtube channel Zenius di bawah ini:

Bagikan artikel ini