Apa yang Bisa Dilakukan Guru Saat Siswa Diminta untuk Belajar di Rumah? 9

Apa yang Bisa Dilakukan Guru Saat Siswa Diminta untuk Belajar di Rumah?

Bapak dan Ibu Guru sekalian, virus corona yang saat ini mewabah membuat beberapa pemerintah daerah memutuskan untuk memindahkan kegiatan belajar para siswa dari sekolah ke rumah. Kebijakan ini mungkin meninggalkan pertanyaan bagi para guru sekalian, bagaimana peran guru dalam menghadapi kebijakan ini? Terlebih dengan adanya teknologi dan munculnya beberapa penyedia layanan pendidikan yang memungkinkan para siswa untuk belajar bahkan tanpa dampingan guru? 

peran guru
Technology photo created by freepik – www.freepik.com

Sebagai pelopor pendidikan berbasis teknologi di Indonesia, Zenius percaya peran guru tidak tergantikan. Guru bisa tetap berperan aktif dan memastikan proses belajar siswa terus berjalan di tengah krisis ini. 

Zenius hadir untuk membantu guru menjalankan perannya sebagai pengajar utama dalam keadaan seperti sekarang. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah flipped classroom. Aslinya, metode ini ditujukan supaya siswa dapat belajar materi pelajaran di rumah, lalu membahasnya di sekolah. Kita bisa meminjam konsep ini dan mengaplikasikannya untuk keadaan sekarang. Bapak/Ibu Guru bisa mengarahkan siswa untuk mempelajari materi tertentu di rumah, lalu membahasnya secara live menggunakan teknologi (kelas online).

Kehadiran Zenius dapat dimanfaatkan untuk mengadakan flipped classroom. Zenius menyediakan 80.000 video belajar dan ratusan ribu soal latihan dari jenjang SD-SMA, termasuk persiapan UNBK.

Peran Guru Melalui Teknologi untuk Membantu Belajar di Rumah

  • Whatsapp group, untuk sarana komunikasi ke murid
  • Facebook Live, untuk sarana pengajaran jarak jauh

Para guru bisa membagikan beberapa video atau soal dari platform Zenius yang sesuai dengan materi ajarnya kepada para siswa melalui Whatsapp Group. Dengan cara seperti itu para siswa tetap belajar tanpa keluar dari materi yang sedang dibahas di dalam kelas dan saat kegiatan belajar dikembalikan ke sekolah, para siswa tidak akan ketinggalan materi pelajaran. Bapak/Ibu guru lalu bisa mengadakan sesi pengajaran live untuk membahas video atau soal tadi lewat Facebook Live.

Zenius menawarkan beberapa skema pengajaran jarak jauh yang bisa dijadikan panduan oleh para guru sekalian dalam mengajar. Kami menyediakan pula panduan untuk membuat Whatsapp group, melakukan Facebook Live, lembar pengumpulan jawaban soal secara jarak jauh, panduan merancang pertanyaan jarak jauh, dll.

Sekian artikel yang membahas peran guru selama murid belajar di rumah. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya

Panduan Belajar UTBK 2021

Tips Belajar Bahasa Inggris