Belajar Bahasa Inggris

5 Tips Jitu Belajar Bahasa Inggris Anti-Bosan

Artikel ini membahas beberapa tips menarik untuk belajar Bahasa Inggris dengan seru.

Kalo lo ingin ditemani audio pas lagi baca, silahkan play video di bawah ini:

Halo sobat Zenius! Kembali lagi bersama gue, Grace. Hari ini gue ingin berbagi soal rahasia jago Bahasa Inggris dengan cara yang seru. Dari dulu gue selalu dicap jago Bahasa Inggris sama teman-teman dan guru-guru gue. Mereka dulu takjub banget — kok bisa ya kosakata gue itu luas untuk ukuran anak SD. Sebenarnya.. gue punya rahasia dan gue akan berbagi rahasia ini ke kalian semua. Yang jelas, rahasia ini bukan semata-mata belajar Bahasa Inggris dari buku sekolah.

Tentu aja belajar Bahasa Inggris di sekolah itu juga penting dan bermanfaat. Akan tetapi, gue justru lebih sering berhasil mendapatkan kosakata baru dari aktivitas seru di luar sekolah. Dengan kegiatan-kegiatan ini, gue juga jadi merasa familiar dengan tata Bahasa Inggris. Secara tidak sadar, gue jadi tahu tata bahasa atau grammar  yang sesuai dengan kaidah Bahasa Inggris yang baik.

Kalian semua pasti tahu kan bahwa Bahasa Inggris itu adalah salah satu bahasa yang biasa dipakai secara luas di kalangan  internasional. Dijamin  deh, kalian akan punya banyak sekali keuntungan bila bisa bahasa yang satu ini. Dengan menguasai Bahasa Inggris, kalian akan mudah memahami banyak ilmu dari berbagai sumber dan mendapatkan kesempatan lebih luas untuk bekerja di berbagai bidang. Nah, kira-kira bagaimana ya cara belajar Bahasa Inggris dengan seru?

Saat ini kita termasuk beruntung lahir di era di mana komunikasi dan teknologi sangat maju. Kita bisa dengan mudah mengakses berbagai teknologi dan media menarik yang bisa memperkaya pengetahuan dan mengasah kemampuan kita dalam berbahasa Inggris. Penasaran bagaimana caranya? Yuk langsung aja simak 5 tips jitu belajar Bahasa Inggris anti bosan.

Belajar Bahasa Inggris
Belajar Bahasa Inggris Itu Menyenangkan

1. Bermain Game

Belajar Bahasa Inggris Dengan Game
Belajar Bahasa Inggris Dengan Game

Ini adalah salah satu tips favorit gue. Dari dulu gue emang suka banget main game, baik game komputer maupun di telepon genggam. Berkat main game, dulu gue selalu dianggap jago Bahasa Inggris sama guru-guru dan teman-teman gue. Kok bisa?

Percaya atau tidak, game adalah sumber vocabulary yang sangat mumpuni. Kalau kita hanya bergantung pada percakapan sehari-hari untuk memperkaya kosakata kita, tentu kata-kata yang kita pakai terbatas. Apalagi kalau kita tidak punya banyak teman untuk berbicara Bahasa Inggris.

Nah sekarang bayangin aja, gue dari SD sampai sekarang itu udah main banyak banget game yang berbeda, seperti Age of Empire, Cooking Mama, Dishonored, Fables, Fall Out, Mobile Legends,PokΓ¨mon, Harvest Moon,  Titan Quest, Ragnarok Online, Spore, The Legend of Zelda, The Sims, PUBG, dan masih ratusan lagi kalau disebut satu-satu. Hampir semua game yang gue mainkan itu berbahasa Inggris.

Nah, ketika gue main Harvest Moon, gue jadi hafal tuh semua hewan ternak, nama-nama sayur dan buah, dan alat-alat pertanian. Sedangkan saat bermain The Sims, gue jadi hafal banget kosakata pekerjaan, nama-nama furnitur, dan berbagai benda yang ada di Bumi ini. Ketika gue main Ragnarok Online, gue jadi tau nama-nama benda yang dipakai ketika kita berperang dan  gue jadi punya teman dari negara lain yang secara otomatis mendorong gue buat berbahasa Inggris. Wah, gue menikmati banget belajar Bahasa Inggris sambil main game. Bahkan, rasanya gue nggak belajar, tapi setelah main game udah hafal dan tau semua kosakata baru. Gimana? Kalian punya pengalaman seperti ini nggak?

2. Mendengarkan Lagu

Belajar Bahasa Inggris Dengan MEndengarkan Lagu
Belajar Bahasa Inggris Dengan Mendengarkan Lagu

Siapa penyanyi favorit kalian? Kalau gue sih, suka banget sama Ariana Grande. Gue selalu dengerin lagu-lagu dia dan secara nggak langsung gue jadi melatih pendengaran dan pengucapan gue ketika gue ikut nyanyi. Ketika gue dengerin lagu Bahasa Inggris, gue jadi tahu pengucapan Bahasa Inggris yang tepat dan pastinya, gue sangat menikmati momen itu. Oh ya, kalian bisa ngga kasih gue rekomendasi lagu Bahasa Inggris yang menurut kalian bagus? Coba kasih tahu di kolom komentar ya.

3. Membaca Bacaan

Belajar Bahasa Inggris Dengan Membaca
Belajar Bahasa Inggris Dengan Membaca

Jujur aja deh, ngga semua orang suka baca buku. Tapi, sebenarnya membaca buku adalah salah satu cara terbaik buat belajar Bahasa Inggris. Ketika kita baca buku novel, kita dibawa ke dunia yang ada di dalam novel tersebut. Kita jadi tahu banyak kosakata dan juga tata bahasa Bahasa Inggris yang sesuai dengan situasi yang ada di cerita novel tersebut. Jadi, kalau kalian emang suka baca buku baik fiksi maupun nonfiksi, kalian punya kelebihan yang sangat menguntungkan lho.

Baca Juga Artikel Lainnya Tentang Bahasa Inggris dari Zenius

3 Hal Tentang Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Yang WAJIB Lo Tahu!
5 Ungkapan Maaf Dalam Bahasa Inggris
5 Tips Jitu Belajar Bahasa Inggris Anti-Bosan
7 Salah Kaprah Penggunaan Bahasa Inggris
Idiom dalam Bahasa Inggris
Siapa Bilang Bahasa Inggris itu Ribet
Tips Ngerjain Soal Reading pada UTBK Bahasa Inggris
Greetings: Menyapa dalam Bahasa Inggris

Terus gimana dong kalau nggak suka baca buku? Jujur semakin dewasa gue malah jadi nggak terlalu hobi baca buku. Tapi, begitu gue menemukan buku yang gue bener-bener suka, gue akan selesaiin buku itu. Dulu waktu gue masih sekolah, gue suka banget baca buku-buku dongeng Bahasa Inggris apalagi karya-karya Hans Christian Andersen. Sedangkan kalau sekarang, gue lebih banyak baca artikel baik berita ataupun artikel pengetahuan. Gue merasa buku, artikel, koran, ataupun majalah benar-benar bermanfaat untuk menambah pengetahuan umum dan juga mengasah kemampuan Bahasa Inggris kita. Lumayan kan bisa nambah dua ilmu sekaligus. Kalau kalian suka baca buku apa?

4. Menonton Video

Belajar Bahasa Inggris Dengan Menonton Video Bahasa Inggris
Belajar Bahasa Inggris Dengan Menonton Video Bahasa Inggris

Apabila kalian suka nonton film atau series, besar kemungkinannya kalian nonton film atau series Barat. Apakah kalian masih bergantung dengan subtitle Bahasa Indonesia? Nggak masalah kok, gue pun juga dulu awalnya wajib pakai subtitle Bahasa Indonesia. Namun lama-lama gue cukup terbiasa mendengarkan perkataan para aktor dalam Bahasa Inggris dan mulai bisa mengerti perkataan mereka. Akhirnya gue mulai mengganti subtitle menjadi Bahasa Inggris. Mungkin kalian bertanya-tanya: kalau emang bisa Bahasa Inggris, kenapa masih pakai subtitle?

Awalnya gue masih pakai subtitle Bahasa Inggris karena terkadang pengucapan para aktor di film tertentu agak cepat dan memiliki aksen yang tidak biasa. Namun, ternyata setelah gue masuk ke Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, dosen gue memberi tahu bahwa sebenarnya menggunakan subtitle Bahasa Inggris itu ada keuntungan tersendiri lho. Dengan menggunakan subtitle Bahasa Inggris, kita jadi tahu bagaimana spelling atau penulisan Bahasa Inggris yang benar sambil juga mendengarkan pengucapan yang tepat.

Selain drama dan film, gue suka banget nonton YouTube. Walau nggak semua, tapi kebanyakan video yang gue tonton itu dalam Bahasa Inggris. Gue suka nonton vlog, video dokumentari,  video how to dan juga video-video lucu. Salah satu channel favorit gue adalah DW Documentary. Saluran YouTube ini menyediakan berbagai video dokumentari tentang isu-isu yang ada di dunia ini. Video mereka sangat berkualitas dan biasanya disuguhkan dalam Bahasa Inggris. Walau mereka kadang menyediakan subtitle, tetap saja akan menguntungkan kalau kita paham Bahasa Inggris. Pertama, tidak semua video mereka memiliki subtitle. Kedua, terkadang sebenarnya agak berbeda artinya ketika kita membaca subtitle bila dibandingkan dengan arti perkataan asli Bahasa Inggris si pembicara. Nah, kalau kalian suka nonton film atau video apa nih?

5. Menjelajahi Media Sosial

Belajar Bahasa Inggris Dengan Media Sosial
Belajar Bahasa Inggris Dengan Media Sosial

Coba sekarang kalian pikirkan jawaban pertanyaan ini: apa hal yang kalian sukai? Nah, apapun jawaban kalian, mau itu adalah suatu hobi, organisasi, makanan, atau mungkin seseorang, kalian bisa menemukan itu semua di media sosial. Kalian bisa memanfaatkan media sosial untuk belajar Bahasa Inggris sesuai dengan minat kalian.

Misalnya, kalian sangat suka memasak. Kalian bisa nih mencari akun instagram yang memiliki konten tentang resep-resep makanan dan juga tips memasak yang baik dalam Bahasa Inggris. Jadi, selain memberikan kalian informasi tentang hal yang kalian senangi, kalian juga bisa belajar Bahasa Inggris. Apabila ternyata ada kosakata baru yang tidak ketahui saat melihat resep tersebut, kalian bisa coba-coba menebak arti kosakata tersebut berdasarkan gambar dan konteks yang ada. Lalu, coba kalian pastikan apakah tebakan kalian benar melalui kamus atau bertanya kepada orang lain.

Setelah memahami resep yang di share melalui instagram tersebut, kalian juga bisa mencoba untuk meninggalkan komentar positif dalam Bahasa Inggris seperti ‘thank you for the recipe’ (terima kasih untuk resepnya), ‘wow it looks delicious’ (wah itu terlihat enak), atau mungkin ‘I will try it at home’ (aku akan mencobanya di rumah). Wah ternyata media sosial yang sangat dekat dengan kita sebenarnya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kita ya.

Oke itu semua seru..tapi gue harus mulai dari mana?

Tenang, sebenarnya tidak ada aturan kaku tentang bagaimana cara mulai belajar Bahasa Inggris. Yang terpenting adalah kemauan dari dalam diri lo sendiri. Percayalah, apapun bisa lo pelajari asal lo sendiri memang memiliki niat atau motivasi. Carilah alasan buat lo untuk belajar Bahasa Inggris. Contohnya seperti ingin bisa Bahasa Inggris agar bisa berbicara dengan idola lo, menjadi pramugari yang berkeliling dunia, atau bahkan se-simple agar bisa bermain game seru tanpa harus bingung ketika pilihan Bahasa Indonesia tidak tersedia.

Sebenarnya, sekolah di Indonesia sudah memiliki kurikulum Bahasa Inggris agar kita memiliki alur yang lebih jelas ketika belajar Bahasa Inggris. Namun, lebih baik kalau lo tidak hanya belajar Bahasa Inggris di sekolah dan juga berusaha mengekspos diri lo terhadap Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan seperti di atas.

Nah, kalau kalian seandainya butuh teman belajar Bahasa Inggris, Zenius selalu setia kok ada di sini buat lo. Di Zenius, lo bisa mengakses ratusan video Bahasa Inggris yang menarik sehingga lo bisa menonton video dengan konsep yang sangat mudah dimengerti.  Langsung saja coba download aplikasinya dan rasakan manfaatnya.

Kenapa Zenius?

  • 10 tahun lebih berpengalaman mengajar online
  • Pembelajaran Live, interaktif dan seru, bikin betah belajar
  • Belajar Live dari tutor-tutor terbaik Indonesia
  • Gaya bahasa yang santai dan mudah dipahami
  • Ratusan ribu Alumni yang sukses meraih tujuan belajarnya
  • Koleksi konten edukasi terbesar dan terlengkap dengan 80.000 lebih video pembelajaran

Baca Juga Artikel Bahasa Inggris Lainnya

Kenapa Menguasai Bahasa Inggris itu Penting?

Lemot dalam Belajar Bahasa Inggris: Gimana Dong Ujian Gue?

4 Prinsip Utama dalam Belajar Bahasa Asing

Belajar Bahasa Inggris dengan menyenangkan lewat Blog Zenius
Ayo Download Zenius Sekarang!